Yuk Kenali Generasi Prosesor Intel dari yang Paling Baru Sampai Masa Lalu


Ketika kita membahas sebuah perangkat komputer, tentunya tidak akan lepas dari yang namanya Processor. Komponen ini mirip dengan “otak” seseorang, yang bertanggung jawab atas kontrol pusat dan koordinasi semua fungsi komputer.

Prosesor merupakan perangkat terpenting dalam komputer, tanpa komponen ini komputer tidak dapat bekerja. Dapat juga dikatakan bahwa prosesor adalah pelaksana dari suatu program atau instruksi.

Komponen utama komputer ini sudah terpasang penyambung diberikan papan utama dan dapat diganti oleh prosesor lain, dalam kondisi yang sesuai penyambung apa yang ada di dalam? motherboard. Prosesor juga mempengaruhi kecepatan komputer.

Saat ini, beberapa perusahaan prosesor terkemuka sedang menghadirkan produk unggulannya, salah satunya adalah Intel. Prosesor Intel tidak hanya terkenal, tetapi juga diakui sebagai pionir dalam dunia teknologi khususnya di bidang komputer.

Prosesor Intel ini tidak bisa kita lihat dari luar komputer atau laptop, komponen ini sudah terpasang di dalamnya. Kamu tahu? Jika ternyata prosesor Intel memiliki seri atau produk berbeda yang terus ditingkatkan atau Menyegarkan kadang-kadang.

Tentu saja, Anda harus tahu tentang ini, bukan tanpa alasan mengetahui atau pembaruan tentang perkembangan processor intel akan bermanfaat bagi anda saat membeli komputer atau laptop. Dengan cara ini Anda terhindar dari penipuan oleh penjual.

Agar tidak penasaran, Cari Signal selanjutnya akan membahas berbagai seri prosesor Intel dari waktu ke waktu tergantung generasinya. Baca saja sampai habis Sehat!

1. Generasi Danau Alder

Intel Alder Lake secara resmi diluncurkan pada acara Consumer Technology Association (CES) 2022. Kode Danau Alder ini mengacu pada Intel Core Generasi ke-12.”

Intel Alder Lake menjadi prosesor yang menarik karena pengenalan sistem cluster, yaitu P-Core untuk kinerja dan E-Core untuk efisiensi daya. Sistem ini agak mengingatkan pada kluster prosesor pada chip smartphone.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop Acer Paling Murah (Juli 2022)

Pada awal pengenalan Alder Lake, Intel memperkenalkan H-series, ada S-series, P-series, dan U-series.

Intel Alder Lake S menawarkan kemampuan prosesor hingga 16 core dan 24 thread dengan TDP yang mampu memberikan daya 35-65W. Intel mengklaim bahwa prosesor ini 1,35 kali lebih cepat dalam mode multi-threaded dibandingkan dengan prosesor Intel Core generasi ke-10. Peningkatan performa juga terjadi di sektor grafis.

Seri Intel Alder Lake S menampilkan Intel UHD Graphics 770 berdasarkan arsitektur Intel Xe untuk mendukung tampilan virtual.

Untuk seri H, Intel memperkenalkan prosesor dengan 4 core CPU (6 core P dan 8 E core) dan 20 thread dengan rentang TDP 35-45W.

Intel juga memperkenalkan seri P dan U untuk notebook. P-series adalah prosesor Intel Alder Lake untuk laptop dengan desain tipis tetapi persyaratan kinerja tinggi. Sedangkan seri U yang berjalan pada rentang TDP 9-15W juga didesain untuk laptop yang lebih tipis.

Selain itu, ada juga beberapa seri baru, seperti seri HX untuk game dan workstation, serta seri E. Anda dapat mengetahui berbagai jenis prosesor dan tentang Alde Lake di situs resmi Intel tentang Alder Lake.

2 generasi Danau Harimau

Generasi Danau Harimau
*Sumber: https://www.medcom.id/technology/

Seperti yang kita ketahui, peradaban terus berkembang, terbukti dengan dirilisnya prosesor generasi terbaru Intel yang disebut Tiger Lake. Prosesor generasi kesebelas ini menggunakan CPU dan GPU 1nm++. Prosesor ini ditujukan untuk kinerja yang lebih tinggi dan penghematan baterai.

Tiger Lake pada laptop memiliki sembilan SKU produk 4-core/8-thread, sedangkan seri yang lebih rendah memiliki fitur 2-core/4-thread, dan beberapa di antaranya menggunakan Intel Iris Xe dan Intel UHD Graphics GPUs. Selain itu, generasi ini cenderung disandingkan dengan laptop dengan desain yang ringan dan tipis. Bagi anda yang ingin memeriksa Laptop dengan prosesor Intel Tiger Lake, berikut beberapa seri dari generasi ini:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-1185G7
  • Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7
  • Prosesor Intel® Core™ i3-1115G4
Baca juga  10 Ultrabook Tipis yang Murah dan Berkualitas Tahun 2022

Wow, ada banyak seri prosesor Intel yang keluar dari waktu ke waktu. Jika Anda dapat mengetahui generasi komputer atau laptop perangkat Anda dan seri apa? Coba cek laptopnya, biasanya di stiker yang ditempel ada tulisan Intel keyboard!

3. Danau Meriam/Pembuatan Danau Es

Danau Meriam Generasi
*Sumber: https://www.techspot.com/

Cannon Lake, prosesor Intel generasi kesepuluh, menghadirkan kinerja ultra-tinggi. Generasi yang dirilis pada 2018 memiliki teknologi 10nm baru.

Juga dikenal sebagai Ice Like, generasi ini menggunakan penyambung BGA1526, mendukung DDR4 3200 dan LPDDR4X 3733. Tidak hanya generasi ini yang dilengkapi dengan WiFi 6, HDR 4K, teknologi Thunderbolt 3 dan sistem pintar lainnya. Berikut adalah beberapa seri prosesor generasi Cannon Like/Ice Lake:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-1065G7
  • Prosesor Intel® Core™ i7-1068NG7
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1035G4
  • Prosesor Intel® Core™ i3-1005G1

4. Generasi danau kopi

Generasi Danau Kopi
*Sumber: https://www.tomshardware.com/

Nama unik untuk prosesor Intel generasi berikutnya adalah Coffee Lake. Generasi kesembilan ini diterbitkan pada tahun 2017. Generasi ini mampu mengatasi batas hingga 4 dasar pada CPU.

Intel membangun heat sink (HIS) terintegrasi ke dalam CPU untuk menghilangkan panas karena panas yang dihasilkan oleh inti CPU Coffee Lake sangat besar.


https://actoncloud.com