10 Tablet Samsung Terbaru dan Spesifikasinya (Agustus 2022)


Samsung merupakan salah satu produsen yang tidak pernah absen dalam merilis tablet. Meskipun tidak sebanyak produk smartphone seri Galaxy, tablet buatan Samsung selalu berhasil menggaet hati para konsumen. Hal tersebut tidak lain karena kualitas serta fitur yang selalu disuguhkan dalam tablet-tablet andalannya.

Nah, jika Anda berencana untuk membeli tablet terbaru, tidak ada salahnya untuk melirik tablet dari Samsung. Pasalnya, kali ini Carisinyal mengulas daftar tablet Samsung terbaru yang bisa Anda jadikan pilihan di tahun ini. Apa sajakah itu?

1. Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Layar PLS TFT 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.299.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Salah satu tablet Samsung di 2022 yang punya kualitas tinggi di segmen harga menengah adalah Galaxy Tab S6 Lite (2022). Ini berbeda dengan Galaxy Tab S6 Lite yang dirilis pada 2020. Versi baru ini, memiliki dapur pacu yang lebih gahar dengan Snapdragon 720G.

Jika dibandingkan dengan Exynos 9611 yang mengotaki model keluaran 2020, tablet ini mengalami peningkatan performa CPU 1,5 kali lipat dan GPU 1,6 kali lipat lebih baik. Artinya, dengan Galaxy Tab S6 Lite (2022), Anda dapat menjalankan beragam aktivitas dengan lebih lancar.

Hadir dengan stylus S Pen yang tersedia dari boks penjualannya, pengguna dapat meningkatkan produktivitasnya dengan mencatat menggunakan stylus pada layar seluas 10,4 inci. Resolusi layar yang mengusung WUXGA+ juga memastikan teks dan gambar yang ditampilkan dapat terlihat dengan detil tajam.

Konfigurasi RAM dan memori internal tablet ini juga terbilang cukup dan memadai, yakni RAM 4 GB dengan penyipanan 128 GB. Tak lupa, tersedia juga slot microSD terpisah yang mendukung hingga kapasitas 1 TB.

Jika Anda seorang pegawai kantoran yang membutuhkan tablet berkualitas untuk menunjang produktivitas, Galaxy Tab S6 Lite (2022) ini dijamin cocok. Pelaku kreasi konten juga akan merasakan benefit melimpah lantaran tablet memiliki kamera yang memadai.

2. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra
Layar Super AMOLED 14.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 11200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.999.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Mungkin Anda tidak menyangka rupanya masih ada tablet Android yang sanggup menyaingi pamor keluarga iPad series dari Apple. Siapa lagi kalau bukan Samsung sebagai produsennya? Ya, ini adalah Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang dibekali dengan begitu banyak keunggulan, terutama dari sisi layar, performa, dan juga desain.

Ia menghadirkan layar berukuran 14,6 inci yang sangat besar, pada resolusi 2960 x 1848 piksel. Jelas saja, panelnya sudah menggunakan Super AMOLED yang tawarkan tingkat kecerahan puncak hingga 420 nit, dan tersertifikasi HDR10+.

Selain dapat tetap terang di bawah terik matahari, kontras rasio layar yang tinggi membuat pengalaman menonton semakin menyenangkan.

Ia pun sudah hadirkan fitur Multi Active Windows yang memudahkan aktivitas multi-tasking dengan sempurna. Hadirkan chipset flagship Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm dan GPU Adreno 730, tablet powerful ini selalu siap jalankan aplikasi apapun yang ingin Anda jalankan.

Hadir dengan dukungan stylus, layarnya ini mendukung latensi sentuhan sebesar 2,8 milidetik, serupa dengan yang dipakai pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Dengan begini, Anda tidak akan merasakan delay sedikitpun saat menulis ataupun menggambar menggunakan S Pen.

Hadirnya dua lensa di depan membuat tablet ini jadi pilihan solid untuk vlogging atau grup selfie. Pasalnya, ia turut hadirkan kamera ultrawide dengan FOV 120 derajat yang dapat memuat lebih banyak area dalam satu frame. Tablet high end ini tersedia dalam dua varian, yakni WiFi-only dan 5G. Tertarik?

3. Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Samsung Galaxy Tab S8 Plus
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.999.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Selain Ultra, seri Galaxy Tab S8 juga tersedia dalam varian Plus yang merupakan satu tingkat di bawahnya. Di tablet ini, untungnya Anda masih dibekali dengan segala hal baik yang dimiliki Ultra, seperti performa tangguh Snapdragon 8 Gen 1 dengan layar panel Super AMOLED yang sama cerahnya, walau ukurannya berkurang menjadi 12,4 inci.

Baca juga  20 HP vivo Terbaru yang Rilis di Indonesia (Agustus 2022)

Dengan WiFi 6E sebagai protokol WiFi yang didukungnya, Anda pun bisa terhubung dengan pita jaringan 6 GHz. Dan jika Anda memilih varian jaringan seluler, Galaxy Tab S8 Plus ini juga menyuguhkan jaringan 5G yang kecepatan unduhannya berkali-kali lipat lebih tinggi dibanding LTE.

Bagi pencinta dunia seni dan desain, tablet ini tentunya masih mendukung penggunaan S Pen seperti varian Ultra. Menariknya latensi S Pen di Tab S8 Plus serupa dengan versi Ultra, yakni tingkat presisi yang rendah: 2,8 milidetik. Hal ini membuat pengguna serasa menulis di atas kertas.

Dari sisi fotografi, ia tidak berbeda jauh dengan Ultra. Masih mengusung dual camera yang mencakup 13 MP wide-angle dan 6 MP ultrawide.

Meski begitu, Samsung memutuskan untuk mengurangi jumlah kamera depannya menjadi single camera. Tapi jangan khawatir, meski hanya satu, ia tetap mengusung fungsi ultrawide (12 MP) dengan FOV 120 derajat untuk menunjang selfie group.

4. Samsung Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8
Layar LTPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Jika Anda merasa varian-varian Plus dan Ultra kemahalan ataupun overkill, masih ada Samsung Galaxy Tab S8 standar yang siap menjadi pilihan. Ia hadir dengan ukuran layar paling kecil dibanding kedua varian lain, yakni hanya 11 inci pada resolusi 1600 x 2560 piksel. Jadi, lebih mudah dimasukkan ke tas ataupun dipegang lama-lama.

Yang disayangkan, varian ini tidak lagi menggunakan panel layar Super AMOLED, melainkan hanya TFT LCD. Masih terbilang bagus sih sebenarnya, namun tidak menyuguhkan kontras rasio sebaik kedua “saudara”-nya. Terlebih lagi, tidak ada sertifikasi HDR10+.

Namun jika Anda sering bermain game, setidaknya ia masih suguhkan refresh rate 120 Hz untuk meningkatkan pengalaman visual Anda. Dan karena absennya Super AMOLED, lokasi sensor pemindai jari pun tidak lagi terletak di dalam layar, melainkan menyatu dengan tombol Power.

Hal baiknya, Anda tetap dapat merasakan pengalaman desktop terbaik berkat Samsung Wireless DeX dengan cara menghubungkannya ke monitor secara nirkabel.

Tidak ada pengurangan performa juga dari varian reguler ini. Sebab, ia masih menyuguhkan Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan SoC next-gen untuk kemampuan komputasi yang prima.

Seperti kedua varian lain, Samsung Galaxy Tab S8 juga tersedia pada varian WiFi-only (mendukung hingga protokol WiFi 6), serta versi 5G.

5. Samsung Galaxy Tab A8

Samsung Galaxy Tab A8 LTE
Layar PLS TFT 10.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Punya budget terbatas tidak perlu halangi niat Anda untuk mendapatkan tablet berkualitas. Sudah ada Samsung Galaxy Tab A8 yang akan membuat siapapun tercengang. Di harganya yang hanya 3 juta (jika Anda memilih varian WiFi-only), Anda sudah dapat rasakan performa kencang Unisoc T618.

Yap, bukan lagi gunakan Snapdragon ataupun MediaTek, SoC Unisoc tersebut tidak boleh dianggap remeh walau tidak termasuk pilihan chipset yang populer di industri.

Sebab, Unisoc T618 ini sudah memiliki arsitektur ARM Cortex A75 berkekuatan 2 GHz sebagai inti performa, yang menjadikannya siap untuk dipakai bermain game berat.

Ada harga ada barang, walau ia termasuk tablet berkualitas di harganya, tapi varian jaringan selulernya masih mentok di LTE dan belum 5G. Jelas saja, wong Unisoc T618 saja bukan chipset 5G, kok. Omong-omong, varian LTE-nya bisa Anda beli di harga 4 jutaan.

Baca juga  15 Aplikasi untuk Edit Background Foto Terbaik di Android

Namun tenang saja, setidaknya Galaxy Tab A8 ini memiliki peningkatan drastis dibanding generasi pendahulu (Galaxy Tab A7) yang menggunakan Snapdragon 662.

Pendahulunya tersebut terbilang kurang ideal karena GPU Adreno 610 miliknya hanya berlari pada frekuensi 600 MHz. Masih kalah dibanding Mali G52 MP2 pada Unisoc T618 yang clocked pada 850 MHz.

Selain itu, Galaxy Tab A8 juga akan semakin terasa kekinian karena sudah memiliki fitur fingerprint scanner di samping bodi. Anda pun tidak perlu lagi harus andalkan PIN dan pattern seperti Galaxy Tab A7.

6. Samsung Galaxy Tab Active3

Samsung Galaxy Tab Active3 1
Layar PLS TFT 8 inci
Chipset Exynos 9810
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.999.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Yang satu ini dipasarkan untuk segmentasi yang lebih khusus. Soalnya, Samsung Galaxy Tab Active3 ini hadirkan fitur-fitur ketahanan bodi yang unik, seperti sertifikasi IP68 yang menjaganya dari kerusakkan akibat terjatuh di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Seolah tidak cukup, tersedia pula serta sertifikasi militer MIL-STD-810H yang semakin membuatnya tahan banting di kondisi ekstrim.

Karena dikhususkan untuk hal-hal yang bersifat industrial, Samsung Galaxy Tab Active3 juga tidak mengharuskan Anda mencopot sarung tangan kerja untuk menggunakannya. Layar PLS IPS-nya yang berukuran 8 inci ini dirancang dengan tingkat responsivitas tinggi terhadap sentuhan.

Tablet ini bahkan didatangkan dengan dukungan stylus untuk kemudahan pengguna dalam bernavigasi ataupun menorehkan hal-hal penting saat sedang bertugas di lapangan.

Bukan itu saja, tablet ini juga merupakan segelintir dari tablet non-flagship yang turut hadirkan fitur Samsung DeX untuk berikan pengalaman desktop yang optimal saat dihubungkan ke monitor.

Galaxy Tab Active3 bahkan sudah mendukung WiFi 6 dan Dual Antenna MIMO agar pengguna senantiasa terhubung dengan internet secara stabil dan cepat.

Samsung mengerti bahwa terkadang petugas lapangan sulit mendapatkan akses WiFi. Oleh karena itu, tersedia juga varian LTE agar pengguna tidak harus selamanya terkukung di satu tempat untuk dapatkan internet.

7. Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G
Layar TFT 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.499.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Samsung meluncurkan tablet Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G secara resmi di Indonesia pada Juni 2021. Tablet ini hadir untuk melengkapi dua Galaxy Tab S7 series (Galaxy Tab S7 dan S7 Plus) yang meluncur duluan pada Juni 2020.

Jika dilihat dari banderol harganya, Rp9 jutaan, dapat ditebak bahwa tablet ini memang diperuntukkan untuk kelas pekerja. Adanya fitur S-Pen berlatensi rendah, empat speaker stereo yang disetel AKG, dan baterai besar dengan teknologi pengisian cepat 45 W jadi penegas selanjutnya.

Namun, karena tablet ini adalah Fan Edition (FE), otomatis ada beberapa hal yang dipangkas agar harganya juga ikut menyusut. Misalnya, chipset yang terpasang adalah SoC kelas menengah Snapdragon 750G, dan layarnya memakai panel PLS TFT tanpa refresh rate tinggi.

Meski demikian, hal itu tidak mengurangi pengalaman terbaik dalam menggunakannya. Adapun Galaxy Tab S7 FE 5G ini dibekali RAM 6 GB, memori internal 128 GB, dan slot microSD khusus untuk perluasan ruang simpan sampai 1 TB.

8. Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Samsung Galaxy Tab A7 Lite
Layar TFT 8.7 inci
Chipset MediaTek Helio P22T
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2021
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Pelajar dan mahasiswa butuh perangkat terjangkau yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar secara daring. Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini pun bisa menjadi perangkat andalan buat mereka. Harga tablet ini saat dirilis secara resmi di Indonesia (Juni, 2021) tidak mahal, sekitar Rp2 jutaan.

Baca juga  10 HP yang Sedang Trend di Indonesia (Juli 2022)

Performa memang bukan fokus utama di tablet ini. Namun, SoC MediaTek Helio P22T sudah cukup untuk menjadikan Galaxy Tab A7 Lite mengakomodasi berbagai pekerjaan ringan ala pelajar. Malah, dengan harga yang murah, pembeli tetap mendapat material aluminium di tablet ini.

Fitur keren dan sifatnya esensial tak luput dari tablet ini. Seperti Samsung Knox (fitur keamanan), speaker stereo dengan teknologi Dolby, jack audio 3,5 mm, fitur pengawasan orang tua “Samsung Kids”, dan fitur pengoperasian satu tangan.

Adapun Galaxy Tab A7 Lite dibekali memori 3/32 GB yang bisa diperluas sampai 1 TB dengan slot microSD khusus.

9. Samsung Galaxy Tab A7 LTE

Samsung Galaxy Tab A7 LTE
Layar PLS TFT 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Nyatanya, tidak semua produk Samsung itu ditujukan untuk segmen atas saja. Ada pula tablet seri A seperti Galaxy Tab A7 yang harganya cukup terjangkau kendati tetap memberikan pengalaman yang baik pada penggunanya.

Dengan layar berdiagonal 10,4 inci yang memakai panel IPS LCD, ukuran layar besar tersebut sudah lebih dari cukup untuk menunjang kegiatan hiburan maupun bekerja.

Yang menjadi unik pada tablet ini adalah ia sudah menawarkan quad speaker dengan standar kualitas Dolby Atmos di harganya yang murah, sehingga penikmat film ataupun series dapat merasakan kegiatan konsumsi konten dengan lebih khidmat.

Bodinya yang cukup ramping juga menjadi kesukaan setiap orang, dengan bobot yang masih berada di bawah setengah kilogram. Orang tua maupun anak-anak tetap bisa menggunakannya dengan mudah dan membawanya ke manapun mereka mau.

Memang, bezelnya terbilang cukup tebal ketimbang Galaxy Tab S7. Dan tablet inipun nampaknya tidak dapat memberikan performa terbaik di dunia untuk menjalankan game berat pada grafis tertinggi.

Ini karena chipset Snapdragon 662-nya memang termasuk dalam SoC entry level. Namanya juga tablet murah, tentu wajar jika ada beberapa hal yang dikorbankan, bukan?

10. Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7+
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865+
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
13 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.000.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Samsung tidak mengenal lelah untuk melahirkan produk flagship dengan inovasi terkini. Setelah sukses dengan seri-seri S20 dan Note20, kini merk asal Korea Selatan ini turut menancapkan dominasinya pada pasar tablet.

Ya, inilah Samsung Galaxy Tab S7+ yang menghadirkan layar berpanelkan Super AMOLED dengan ukuran 12,4 inci serta mengandalkan chipset tercanggih Snapdragon 865+.

Semua yang dihadirkan pada tablet ini sangat future-proof, dengan baterai berkapasitas 10.090 mAh yang begitu besar, penggunaan S Pen dengan latensi 9 milidetik, dukungan laju penyegaran 12 Hz, dan masih banyak lagi keunggulan yang bisa Anda rasakan.

Kemampuan fast charging 45W-nya juga hadir untuk menunjang produktivitas agar semakin lancar tanpa harus menunggu lama untuk mengecas tablet.

Sementara itu, dukungan memori internal hingga 512 GB dan RAM 8 GB sungguh layak diapresiasi, terlebih mengingat tablet ini tetap menghadirkan slot microSDXC khusus hingga 1 TB.

Tidak lupa, Anda juga tetap bisa menikmati bermain game atau menonton film dengan khidmat walau tanpa earphone. Pasalnya, tablet canggih ini juga dilengkapi dengan empat speaker yang dibuat pada standar AKG untuk hasil suara yang nendang dan berkualitas tinggi.

Nah itulah 10 rekomendasi tablet Samsung terbaru yang bisa Anda pertimbangkan. Silakan pilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Adakah salah satu tablet di atas yang ingin Anda beli?


https://actoncloud.com