7 Rekomendasi Tablet dengan RAM 8 GB Terbaru (Agustus 2022)


Berbeda dengan smartphone, tablet umumnya jarang dihadirkan dengan RAM yang besar. Soalnya, ponsel dinilai lebih sering digunakan ketimbang tablet yang penggunaannya cenderung lebih jarang. Itu mengapa, permintaan akan smartphone dengan RAM besar lebih tinggi ketimbang tablet.

Namun, ada juga sebagian orang yang tidak hanya gunakan tablet sebagai perangkat pendamping. Banyak juga yang memakai tablet sebagai “laptop alternatif” yang bisa digunakan untuk mencatat hasil rapat, pengeditan grafis, ataupun hal-hal produktif lainnya.

Karena itu, tablet dengan RAM besar seperti tablet RAM 6 GB misalnya sudah mulai banyak dicari. Sayangnya, karena seiiring aplikasi yang tambah berat dan membutuhkan resource besar, kebutuhan tablet dengan RAM lebih dari 6 GB pun kian marak.

Karena itu, bagi Anda yang berniat mencari tablet untuk kegiatan berat, Carisinyal telah kumpulkan beberapa tablet dengan RAM 8 GB terbaru yang cocok dijadikan persenjataan Anda dalam keseharian. Simak daftarnya berikut ini.

1. Huawei MatePad Pro 11 (2022)

Layar OLED 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
13 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 8300 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Bagi yang mencari tablet di rentang harga flagship yang punya segalanya, Anda bisa pertimbangkan Huawei MatePad Pro 11 keluaran tahun 2022 ini. Tablet dengan HarmonyOS 3.0 ini menawarkan kemudahan antarmuka yang tak kalah menariknya dibandingkan tablet lain yang hadir dengan Android.

Tablet dengan RAM 8 GB ini amat cocok untuk digunakan aktivitas multi-tasking, memiliki fitur Multi-Window yang dapat menampilkan sebanyak empat jendela aplikasi secara bersamaan melalui antarmuka split-screen dan jendela mengambang (floating window).

Keberadaan fitur Super Device juga membuatnya sanggup terhubung secara praktis dan instan dengan ekosistem aksesoris lainnya, seperti laptop Huawei, smartwatch, TWS, dan lain-lain.

Tablet Huawei MatePad Pro 11 ini juga diketahui sebagai salah satu yang tertipis dan teringan di dunia, tawarkan ketebalan yang hanya 5,9 mm dengan bobot mulai dari 449 gram. Ini tentu sebuah kelebihan yang tidak main-main, mengingat ponsel pintar saja sudah banyak yang ketebalannya mencapai 8 mm bahkan lebih.

Sudah pasti, Huawei MatePad Pro 11 adalah tablet dengan RAM 8 GB yang tak hanya ideal untuk multi-tasking, tapi juga cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

2. Apple iPad Air 2022

Apple iPad Air (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000

Produk besutan Apple memang terkenal akan harganya yang selangit, tapi iPad Air 2022 (generasi ke-5) ini dipastikan worth it untuk Anda yang mencari tablet terbaik untuk desain, produktivitas, dan bermain gim.

iPad Air 5 sudah tidak lagi gunakan Apple A14 Bionic sebagai chipset-nya seperti generasi sebelumnya, melainkan sudah gunakan Apple M1 yang juga mentenagai MacBook Air.

Chipset M1 tersebut merupakan kali pertama Apple memutuskan untuk hijrah dari prosesor Intel menjadi silikon Apple agar mendapatkan performa lebih tinggi dengan daya yang lebih hemat.

Baca juga  10 Rekomendasi Netbook yang Murah dan Berkualitas 2022

Apple mengklaim bahwa iPad Air 5 mengalami peningkatan performa CPU sebesar 60% dan GPU sebanyak dua kali lipat ketimbang iPad Air 4. Apple iPad Air 2022 juga menghadirkan peningkatan di sektor kamera selfie yang kini mengusung fungsi ultrawide, guna mencakup lebih banyak luas pemandangan pada sekali jepretan.

Kamera selfie tersebut juga telah mendukung fitur Center Stage yang dapat menjaga subjek agar senantiasa berada di tengah, sekalipun ia bergerak. Adapun ketika ada subjek-subjek lainnya yang baru masuk frame, kamera akan melakukan penyesuaian dengan cara meletakkan mereka semua di tengah.

Terlepas dari performa yang meningkat drastis, iPad Air 5 memiliki ketahanan baterai yang sama dengan iPad Air 4 yakni antara 9 hingga 10 jam pemakaian.

Jika Anda seorang content creator di platform YouTube, performa Apple M1 di tablet ini sungguh setara dengan laptop yang biasa digunakan untuk sehari-hari, bahkan lebih baik. Rendering video berdurasi panjang atau model 3D sudah tidak lagi menjadi hal menakutkan.

3. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

galaxy tab s8 ultra_
Layar Super AMOLED 14.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 11200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.999.000

Ada kalanya konsumen terbagi antara ingin membeli laptop karena mendukung penggunaan multi-tasking yang lebih nyaman, namun ingin mendapatkan tablet karena portabilitasnya yang tinggi serta nyaman digunakan untuk menulis dan menggambar lantaran hadir dengan stylus.

Untungnya saja, pengguna bisa mendapatkan keduanya dalam satu perangkat sekaligus yaitu Samsung Galaxy Tab S8 Ultra. Berkat dapur pacunya yang bertenaga tinggi, tablet tidak akan mudah ngelag saat membuka banyak aplikasi sekaligus.

Bukan hanya itu, tablet yang hadir dengan RAM 8 GB ini juga bawakan fitur multi-tasking keren untuk mendukung produktivitias. Yang pertama adalah fitur split-screen yang dapat menampilkan tiga jendela sekaligus. Hal ini juga akan memudahkan pengguna melakukan perpindahan file secara drag and drop.

Kemudian, ada juga fitur Continue on another app yang dapat melanjutkan aktivitas tablet pada ponsel Samsung Galaxy selama kedua perangkat terhubung pada jaringan WiFi yang sama, keduanya mengaktifkan Bluetooth dan terhubung ke akun Samsung yang sama.

Ini berguna ketika sedang browsing, di mana pengguna dapat melanjutkan aktivitas perselancaran di ponsel secara seamless. Pun ketika menyalin teks di tablet, clipboard pada tablet akan disinkronkan dengan smartphone sehingga bisa melakukan penempelan (paste) pada ponsel.

Ingin menampilkan lebih dari tiga jendela secara bersamaan? Gunakan saja fitur pin jendela. Jika sebuah aplikasi di-pinned, maka ia akan senantiasa ditampilkan di layar apapun yang terjadi.

Jika penampakkan jendela ini menghalangi jendela lainnya, Anda bisa mengatur opacity-nya juga agar terlihat transparan. Secara praktik, ini mengizinkan pengguna untuk buka 4 aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 435 Paling Murah (Agustus 2022)

Hadirnya S Pen di tablet ini juga pastinya akan memudahkan pengguna dalam mencatat. Tersedia fitur yang dapat menyulap hasil tulisan tangan menjadi teks digital biasa yang editable. S Pen diketahui memiliki tingkat sensitivitas sebanyak 4.096 tekanan serta memiliki low latency serendah 2,8 milidetik agar pengalaman S Pen menyerupai pulpen sesungguhnya.

Pada intinya, Galaxy Tab S8 Ultra merupakan tablet serba bisa yang cocok untuk menunjang produktivitas. Bagi Anda yang pekerja kantoran, tablet ini akan memudahkan Anda mencatat isi rapat dan mengonversikannya ke teks secara instan.

4. Samsung Galaxy Tab S8 Plus

galaxy tab s8 plus_
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.999.000

Galaxy Tab S8+ hadir sebagai varian yang lebih terjangkau dari Ultra. Meski lebih murah, spesifikasi dan beberapa kelebihannya tidak jauh berbeda dengan Ultra. Sehingga, Anda dapat merasakan kehebatan seri Galaxy Tab S8 dengan budget lebih minim.

S Pen miliknya menghadirkan latensi yang sedikit lebih tinggi, yakni 6.2 milidetik alih-alih 2.8 milidetik. Tapi, Anda kemungkinan tidak akan begitu merasakan perbedaannya di dunia nyata. Beberapa fitur multi-tasking-nya pun turut hadir seperti split-screen, continue on another app, dan sebagainya.

Ukuran layar dan dimensi tablet ini memang lebih kecil dari Pro, sehingga bobotnya pun lebih ringan di angka 567 gram. Dengan kata lain, Anda bisa menganggap varian Plus ini sebagai versi “kecil” dari Ultra lantaran spesifikasinya yang nyaris sama.

5. Samsung Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8
Layar LTPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


6 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

Di antara ketiga anggota Galaxy Tab S8 series, versi reguler ini ditempatkan di urutan paling bawah. Fitur dan kenyamanan S Pen-nya serupa dengan Plus karena memiliki latensi yang sama yaitu 6.2 milidetik.

Ini merupakan satu-satunya varian yang tidak menggunakan panel Super AMOLED, melainkan TFT LCD. Meski begitu, tablet ini masih dibekali dengan refresh rate 120 Hz yang membuat pergerakkan layar 2x lipat lebih mulus, baik saat navigasi antarmuka, scrolling medsos, maupun bermain gim.

Di pasar Indonesia, versi reguler merupakan satu-satunya yang tersedia dalam dua varian, yaitu WiFi saja dan juga jaringan seluler 5G. Ini akan cocok untuk Anda yang sangat terpentok budget dan tidak mempermasalahkan absennya jaringan seluler demi mendapatkan banderol harga lebih terjangkau.

6. Apple iPad Pro 11 (2021)

Apple iPad Pro 11 (2021)_
Layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


10 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 7538 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000

iPad Pro 11 (2021) yang merupakan generasi ke-5 ini membawakan sejumlah peningkatan drastis ketimbang iPad Pro 11 generasi ke-4. Salah satunya adalah penambahan dukungan jaringan seluler 5G.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop yang Bagus untuk Programer 2022

Selain itu, generasi ke-5 ini juga merupakan kali pertama seri iPad Pro menggunakan chipset Apple M1 setelah seri-seri sebelumnya selalu diotaki oleh Apple A Bionic series.

Anda juga kini dapat merasakan lonjakan kecepatan transfer data antar perangkat lantaran tablet ini punya USB-C yang mendukung Thunderbolt 3 dan juga USB 4.

Dengan antarmuka USB tersebut, pengguna dimungkinkan untuk melakukan transfer data hingga kecepatan 40 Gb per detik dan juga bisa dihubungkan dengan monitor eksternal.

Tidak lupa, perangkat pintar besutan Apple ini juga kini menghadirkan kamera depan ultrawide dengan FOV 122 derajat untuk melakukan selfie ataupun video call. Ini merupakan perangkat pertama yang hadirkan fitur Center Stage pada kamera depan, sebuah fitur yang juga diadopsi ke iPad Air 2022.

Adapun fitur unik lainnya yang nyaris tidak dimiliki tablet lainnya adalah kehadiran sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) yang dapat meningkatkan pengalaman AR (Augmented Reality) ke jenjang berikutnya.

Dengan LiDAR tersebut, iPad Pro 11 juga dapat digunakan untuk mengukur dimensi ruangan secara real time untuk keperluan arsitektur ataupun dekorasi interior. Pas banget bagi Anda yang suka menghias dalaman rumah dengan perabot-perabot dari IKEA.

7. Apple iPad Pro 12.9 (2021)

Apple iPad Pro 12.9 (2021)_
Layar Liquid Retina XDR mini-LED LCD 12.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


10 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 10758 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000

Selain varian yang gunakan ukuran layar 11 inci, iPad Pro generasi ke-5 juga hadir dengan ukuran layar 12,9 inci. Tapi jangan dikira perbedaannya hanya di ukuran layar, ya. Pasalnya, sejumlah teknologi yang dibawakan varian ini juga cukup meningkat drastis.

Layar varian ini menggunakan mini LED HDR yang disebut dengan Liquid Retina XDR Display. Layar tersebut menghadirkan kontras rasio yang sangat tinggi, mencapai 1.000.000:1 serta tingkat kecerahan layar yang mencapai 1000 nit. Saat melihat konten HDR, peak brightness yang dicapai juga sangat tinggi yakni mencapai 1600 nit.

Dengan kualitas tampilan serta ukuran layar yang lebih tinggi, menandakan bahwa iPad Pro 12.9 (2021) memang cocoknya digunakan untuk aktivitas yang berhubungan soal grafis. Anda bisa melakukan kegiatan videografi dan mengeditnya di aplikasi edit video.

Berkat gamut warna P3 yang didukungnya, Anda pun bisa lebih leluasa dalam menyesuaikan editan grafis pada tablet dan mengomunikasikannya dengan klien secara akurat. Bagi Anda yang hobi nge-vlog, Anda pun bisa meningkatkan kualitas konten secara praktis dengan gunakan fitur Center Stage yang akan senantiasa menempatkan subjek di tengah frame.

Demikianlah sejumlah tablet dengan RAM 8 GB terbaru yang bisa dipertimbangkan. Sebagian cocok untuk multi-tasking, sebagiannya lagi hadir untuk menunjang aktivitas fotografi, bermain gim, dan juga pengeditan grafis. Sudah tentukan pilihan yang cocok untuk Anda?


https://actoncloud.com