10 Tablet dengan Layar Ukuran 10 inch Terbaru (Agustus 2022)


Kurang puas jika menonton video ataupun bermain game dengan layar handphone yang terbilang kecil? Mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk memiliki tablet komputer atau tablet. Mengingat, tablet umumnya hadirkan layar di atas 7 inci. Contohnya, banyak produsen yang hadirkan tablet dengan layar 8 inci.

Jika layar 8 inci terasa kurang, Anda bisa memilih tablet dengan layar yang lebih tinggi atau lebih luas.

Dengan layar yang luas, Anda bisa dengan leluasa bermain game serta menikmati berbagai film favorit di akhir pekan. Membaca e-book juga akan semakin nyaman jika Anda menggunakan tablet.

Karena itu, pada artikel kali ini, Carisinyal hadirkan daftar tablet 10 inch terbaru dari berbagai brand seperti Apple, Samsung, Huawei, dan lainnya. Berbagai tablet ini hadir dengan layar 10 inch yang sangat luas dan nyaman untuk digunakan. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Layar PLS TFT 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Untuk dapat menunjang aktivitas work from anywhere, Samsung menghadirkan tablet berkualitas di kelas harga menengah yaitu Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Tablet dengan ukuran layar 10,4 inci ini menghadirkan resolusi WUXGA+ untuk tingkat ketajaman yang optimal.

Layar tersebut sudah terbilang memadai untuk aktivitas produktif maupun hiburan, didukung dengan chipset bertenaga tinggi Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8 nm untuk performa gaming tanpa lag.

Kehadiran Snapdragon 720G ini juga merupakan angin segar bagi Galaxy Tab S6 Lite, setelah sebelumnya mengusung Exynos 9611 pada model yang dirilis tahun 2020.

Konon, performa Snapdragon 720G ini mengalami peningkatan performa CPU 1,5 kali lipat dan GPU 1,6 kali lipat dibanding Exynos 9611 pada model 2020.

Menariknya lagi, Galaxy Tab S6 Lite yang diluncurkan tahun 2022 ini sudah menghadirkan S Pen di dalam boks penjualannya.

Serangkaian keunggulan lainnya pun turut hadir, seperti baterai badak 7.040 mAh dan speaker stereo yang didukung oleh AKG. Selain itu, ada juga kamera wide-angle 8 MP yang mendukung perekaman [email protected] dan HDR, serta antarmuka One UI 4.0 berbasiskan Android 12.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022) adalah tablet yang cocok digunakan oleh pelajar maupun pekerja yang ingin lakukan produktivitas di mana pun dan kapan pun. Tablet juga akan cocok digunakan oleh pelaku kreatif yang ingin menciptakan karya seni digital dengan memanfaatkan S Pen.

2. Apple iPad Air (2022)

Apple iPad Air (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Setelah dua tahun tidak terdengar kabarnya, akhirnya Apple meluncurkan penerus dari iPad Air generasi ke-4 yang dirilis pada tahun 2020, yakni iPad Air generasi ke-5.

Nah, sebagai penerus, tentu iPad Air 5 keluaran tahun 2022 ini menghaidrkan peningkatan yang drastis. Peningkatan pertama datang dari dapur pacunya yang kini menggunakan chipset Apple M1 alih-alih Bionic.

Keputusan menggunakan Apple M1 di iPad Air 5 ini merupakan sebuah hal yang besar, lantaran hal ini membuat performanya meningkat berlipat-lipat pesat dan punya kinerja setara dengan MacBook Air ataupun laptop kelas atas lainnya.

Kemudian, peningkatan kedua adalah kamera depannya yang kini mengusung fungsi ultrawide di resolusi 12 MP. Kamera selfie tersebut mendukung bidang keluasan 122 derajat sehingga dapat memuat lebih banyak orang dalam satu frame.

Tersedia pula fitur Center Stage untuk pertama kalinya di seri iPad Air, di mana kamera akan senantiasa meletakkan wajah subjek di tengah-tengah sekalipun subjek berpindah-pindah lokasi. Adapun ketika orang lain yang baru memasuki frame, kamera akan menyesuaikan kembali komposisinya agar kedua subjek berada di tengah.

Baca juga  10 HP Samsung Terbaik di Bawah 3 Jutaan (September 2022)

Panel layarnya yang gunakan Liquid Retina IPS LCD memiliki ukuran 10,9 inci pada resolusi 1640 x 2360 piksel. Layar juga mendukung fitur True Tone sehingga komposisi warna pada layar dapat disesaikan secara otomatis berdasarkan pencahayaan lingkungan sekitar.

Fitur-fitur menarik ini membuat iPad Air 5 cocok digunakan oleh para content creator profesional. Kamera selfienya mendukung sisi sinematis yang bekerja secara otomatis sehingga memudahkan pengguna dalam hasilkan konten berkualitas.

Selain itu, iPad Air 5 juga memiliki performa tertinggi di dunia untuk menunjang segala urusan pengeditan grafis, baik itu gambar 2D, 3D, ataupun video berukuran besar. Disarankan untuk membeli Apple Pencil generasi ke-2 dan Magic Keyboard secara terpisah agar produktivitas semakin lancar.

3. Huawei MatePad 2022

Huawei MatePad 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Huawei MatePad 10.4 2022 atau bisa disebut MatePad 2022 saja, merupakan tablet kelas menengah yang dirilis dengan harga Rp4 jutaan. Tablet ini memiliki layar IPS LCD dengan resolusi 2K yang cukup tajam. Karena tablet ini ditujukan untuk menunjang produktivitas, layarnya disematkan fitur-fitur menarik.

Mulai dari dukungan pena stylus M Pencil, sampai sertifikasi anti-flicker dan minim emisi cahaya biru dari TUV Rheinland. Huawei MatePad 2022 juga mendukung pemakaian keyboard Huawei, tetapi juga dijual terpisah seperti M Pencil.

Di luar kegiatan produktivitas, tablet dengan konektivitas WiFi ini tetap nyaman digunakan. Misalnya untuk menonton film. Hal ini wajar mengingat si tablet dipasangi empat buah speaker. Huawei mengklaim, tablet ini bisa bertahan 12 jam untuk menonton video secara lokal (offline).

4. Samsung Galaxy Tab A8

Samsung Galaxy Tab A8 LTE
Layar PLS TFT 10.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Samsung Galaxy Tab A8 merupakan tablet entry-level yang memiliki ukuran layar 10,5 inci, pada resolusi 1200 x 1920 piksel pada aspek tasio 16:10. Adapun untuk kerapatan pikselnya, sebesar 216 ppi dengan panel TFT.

Di bagian dapur pacunya, ia mengandalkan Unisoc Tiger T618 dengan proses fabrikasi 12 nm dan kartu pengolah grafis berupa Mali G52 MP2. Jangan khawatir soal performanya. Meski tidak suguhkan SoC dari MediaTek ataupun Qualcomm, namun chipset Unisoc tersebut sudah gunakan inti ARM Cortex A75 2 GHz sebagai unit performa tinggi, siap memainkan game berat.

Ia juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar di angka 7040 mAh, disertai fast charging 15 W. Hal ini membantu pengguna yang selalu sibuk, tidak perlu khawatir tablet mati saat digunakan karena baterainya yang tahan lama.

Uniknya lagi, ia sudah dikantongi dengan sensor fingerprint scanner yang menyatu dengan tombol Power, terlepas dari harganya yang terhitung murah meriah. Sebuah peningkatan dibanding Galaxy Tab A7 keluaran tahun 2020 yang belum memiliki fitur keamanan yang praktis tersebut.

5. Advan Tab Sketsa 2

Advan Tab Sketsa 2
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset UNISOC Tiger T310
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
8 MP
()
Baterai Li-Ion 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Sebagai tablet keluaran merk lokal, Advan Tab Sketsa 2 sungguh terasa begitu worth it dengan segala benefit yang ditawarkannya. Bayangkan saja, di harganya yang hanya 2 jutaan, ia sudah menawarkan Anda stylus dan keyboard magnetis di dalam boks pembeliannya.

Baca juga  10 Laptop dengan RAM 8 GB Paling Murah di Tahun 2022

Layarnya menggunakan panel IPS LCD berukuran 10 inci yang cukup terang dan enak digunakan untuk menggambar. Anda pun akan disuguhkan dengan performa menawan berkat kehadiran chipset Unisoc Tiger T310 di dalamnya.

Meski bukan SoC MediaTek ataupun Qualcomm, SoC Unisoc tersebut sudah mampu menawarkan pengalaman gaming menarik, bahkan bisa menjalankan PUBG Mobile dengan frame rate tinggi. Ia juga didukung dengan RAM 4 GB LPDDR4X dan memori internal 64 GB.

Baterainya punya kapasitas jumbo 6.000 mAh yang dijamin bisa tahan seharian penuh, serta memiliki jenis port pengisian USB Type-C yang notabene merupakan peningkatan dibanding Advan Tab Sketsa 1 dengan port microUSB.

6. Nokia T20

Nokia T20
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 8200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Persaingan merk smartphone di Indonesia memang sangat ketat. Hal itu membuat Nokia yang usianya tergolong baru (sejak kembali dengan Android) belum menjadi favorit. Sambil terus berupaya di pasar smartphone, Nokia mencari peruntungan di pasar tablet. Perangkat pertama mereka yang meluncur di Indonesia adalah Nokia T20.

Tablet ini dilepas dengan harga Rp3 jutaan. Sebagaimana produk Nokia pada umumnya, tablet ini mengedepankan kualitas rancan bangun yang baik. Hal itu dibuktikan dengan penyematan material aluminium pada penutup belakang si tablet. Selain itu, Nokia T20 juga dilengkapi dengan sertifikasi IP52 sebagai jaminan tahan debu dan percikan air.

Sementara itu, sisi jeroan tablet ini juga oke. Ia dibekali SoC Unisoc T610 yang tangguh, setara dengan Snapdragon 662 dan MediaTek Helio G80. Nokia T20 makin menarik karena punya layar lebar (IPS 10,4 inci) speaker stereo, baterai jumbo, slot microSD khusus untuk menampung memori eksternal hingga 512 GB.

7. Advan Tab VX

Advan Tab VX
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 6200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Alasan orang memilih tablet adalah layarnya yang bisa memanjakan mata. Untuk urusan ini, Advan Tab VX tentu bisa Anda lirik. Pasalnya, tablet Rp3 jutaan ini memiliki layar 10,4 inci. Panel yang digunakan adalah IPS LCD dengan resolusi 1200 x 2000 piksel.

Layar tablet ini cocok digunakan untuk main gim, menonton film, hingga video conference. Menariknya, Advan menjejalkan macam-macam fitur buat layar Advan Tab VX. Mulai dari penyelaras temperatur warna dengan lingkungan, pengatur kecerahan otomatis, peningkat definisi gambar, hingga teknologi untuk meminimalkan emisi cahaya biru.

Ada juga peningkat visual yang aktif saat tablet dipakai di luar ruangan pada siang hari. Untuk melengkapi kelebihan yang ada pada layar si tablet, Advan menyematkan speaker stereo berjumlah empat. Alhasil, pengalaman multimedia dengan Advan Tab VX makin menyenangkan.

8. Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11
Layar IPS LCD 10.95 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Salah satu aset penting yang dimiliki Huawei MatePad 11 (2021) ini adalah layarnya. Ya, layar tablet ini punya bentangan yang cukup luas, tepatnya 10,95 inci. Layar dengan teknologi panel IPS LCD ini memakai resolusi 2560 x 1600 piksel dengan kepadatan piksel 276 ppi.

Baca juga  6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4 yang Perlu Anda Tahu

Kemudian, hal yang menjadi penegas bahwa tablet ini berada di tataran flagship adalah dukungan refresh rate 120 Hz, dan gamut warna bertaraf DCI-P3.

Huawei pun sangat menjaga kenyamanan pengguna dengan menekan serendah mungkin radiasi cahaya biru (sertifikasi TUV Rheinland), dan menyematkan teknologi untuk mengurangi jumlah kedipan layar pada level kecerahan rendah (anti-flickering).

Oh iya, MatePad 11 (2021 juga dibekali Huawei M-Pencil. Pena stylus tersebut akan membantu Anda dalam bernavigasi maupun melakukan edit gambar dan video.

Tablet dengan SoC premium Snapdragon 865 ini dirilis dengan harga Rp7 jutaan. Magnetic Keyboard dan mouse wireless masuk dalam paket penjualan. Tertarik membelinya?

9. Olike EduTab E3

Olike EduTab E3
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7200 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Olike EduTab E3 memang ditujukan untuk segmen anak. Namun, karena punya bentang layar 10 inci, tablet ini juga enak dipakai untuk menonton film dan bermain game. Apalagi layar yang dipakainya ini mengusung resolusi Full HD, dan didukung panel IPS LCD. Gambar yang dihasilkan tentu cukup jernih.

Yang menarik lagi, ada fitur eye protection untuk menjaga kesehatan mata. Orang yang hobi menonton film maraton juga wajib menjajal daya tahan baterai tablet ini yang kapasitasnya cukup besar, yakni 7200 mAh. Lebih lanjut, alasan yang membuat Olike EduTab E3 bisa dipakai untuk main gim adalah chipset dan RAM yang digunakan.

Ya, chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio P35, sedangkan RAM-nya 4 GB. Dua komponen tersebut sudah cukup dijadikan modal buat tablet untuk menjalankan gim seperti Mobile Legends dan PUBG M dengan lancar.

10. Huawei MatePad T10s

HUAWEI MatePad T10s Spesifikasi
Layar IPS LCD 10.1 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Di awal bulan September 2020, Huawei merilis tablet berikutnya dengan tajuk Huawei MatePad T10s. Dari spesifikasi dan harganya, Anda bisa melihat bahwa tablet ini cukup menawarkan value yang menarik. Dengan seharga Rp2,6 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang tablet berukuran 10,1 inci ini.

Sementara agar bisa menampung aplikasi yang banyak, tersedia juga kapasitas memori internal sebesar 64 GB dengan RAM 3 GB. Cukup layak untuk tablet semurah ini.

Baterai yang dihadirkannya namun terasa kurang besar, berada di angka 5.100 mAh. Pasalnya, tablet yang layarnya cukup besar pasti lebih boros baterai ketimbang ponsel, dan alangkah lebih worth it lagi kalau kapasitasnya berada di rentang 7.000 mAh. Tapi cukup dimaklumi untuk tablet entry-level.

Tablet ini juga hadir dengan dukungan stereo speaker yang mengusung setelan Harman Kardon, memberikan pengalaman suara spasial untuk kegiatan menonton atau bermain game yang imersif.

Bagi Anda yang membutuhkan tablet untuk belajar anak, Huawei MatePad T10s ini juga sangat cocok karena ada layanan Kids Corner. Fitur ini berguna untuk membatasi jenis konten yang bisa diakses, serta memonitor sudah berapa lama anak menggunakan tablet. Tertarik?

Itulah daftar tablet 10 inch terbaru yang bisa Anda jadikan pilihan saat ini. Silakan pilih tablet yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda. Manakah tablet yang paling menjadi favorit Anda?


https://actoncloud.com