Yuk, Coba 15 Software Karaoke Terbaik untuk PC dan Laptop


Di zaman yang serba canggih ini, berkaraoke tidak perlu lagi menggunakan alat khusus atau pergi ke tempat khusus. Hanya dengan laptop dan PC, kita saat ini sudah bisa berkaraoke sepanjang hari.

Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan membahas beberapa software karaoke terbaik untuk PC dan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Apakah ada aplikasi karaokean yang gratis dan bisa digunakan secara offline? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel berikut ini, ya.

1. KaraFun

KaraFun merupakan software karaoke paling populer yang ada saat ini. ini memiliki tampilan seperti iTunes sehingga sangat mudah untuk digunakan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan lagu, menghubungkan microphone, dan klik tombol play untuk mulai bernyanyi.

KaraFun juga memiliki library khusus yang berisi lebih dari 17 ribu lagu dari banyak genre berbeda. Namun untuk mengakses library tersebut Anda harus membayar sebesar $5.99 untuk akses selama 48 jam dan $9.99 untuk akses selama satu bulan penuh.

Jika tidak ingin mengunduh software-nya, KaraFun juga menyediakan web player yang dapat diakses secara online. Terdapat juga aplikasi mobile bagi Anda yang ingin berkaraoke dimana saja. Aplikasi mobile tersebut memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan versi desktop-nya.

Kelebihan lainnya dari KaraFun adalah tersedianya fitur-fitur unik seperti pitch change, live recording, mic effects, tempo change, dan lainnya. Ada pula fitur remote control yang sayangnya hanya bisa diakses jika Anda berlangganan premium. Unduh KaraFun di sini.

2. Kanto Karaoke

kanto karaoke_

Kanto Karaoke juga tak kalah bagus dari KaraFun. Software ini memiliki banyak fitur yang mendukung untuk melakukan aktivitas karaoke. Hanya saja, Anda harus menambahkan sendiri lagu-lagu yang ingin dinyanyikan.

Kami mencoba menambahkan lagu instrumental dengan format MP3 dan berkaraoke tanpa menggunakan mikrofon tambahan, lalu merekamnya dengan fitur recording dalam software ini. Sayangnya, suara kami tak begitu terdengar jelas. Jadi, jika ingin merekam saat berkaraoke, pastikan Anda menggunakan mikrofon tambahan, ya. 

Untuk mendukung kenyamanan Anda saat berkaraoke, software ini juga menyajikan fitur pengaturan audio yang cukup lengkap. Ada pengaturan kunci nada, mic delay, pitch, dan lain sebagainya.

Khusus pengguna Mac, jangan lupa unduh plugin tambahan dar web resmi Kanto Karaoke agar dapat merekam aktivitas karaoke Anda, ya. 

Sekadar info, software ini juga menyediakan versi berbayar untuk pengguna yang ingin mengakses fitur lengkapnya. Biayanya dimulai dari $49.00.

3. Karaoke 5

karaoke 5_

Karaoke 5 merupakan software karaoke terbaik selanjutnya dengan menyuguhkan berbagai macam fitur menarik seperti synchronizer, syllabication, mixer, dan lainnya. Software ini juga mendukung multi bahasa sehingga cocok bagi pengguna dari berbagai belahan dunia.

Menariknya selain untuk berkaraoke, software ini juga dapat digunakan untuk memodifikasi dan membuat file karaoke. Namun untuk menggunakan fitur tersebut Anda harus mendaftar dan juga membayar biaya berlangganan untuk proses aktivasinya.

4. KaraokeKanta

Karaokekanta

KaraokeKanta merupakan software karaoke untuk komputer yang kaya fitur. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah sinkronisasi rekaman suara dan lagu, pemutar format MID dan KAR, swap voice dan membuat band virtual, serta merubah tone dan kecepatan lagu.

Baca juga  15 Aplikasi Android Terbaik untuk Penggemar Anime Manga

Di dalam software ini Anda juga bisa menyimpan dan mengatur lagu ke dalam folder agar mudah dicari jika ingin menyanyikannya lagi. KaraokeKanta juga tersedia dalam versi berbayar jika Anda menginginkan berbagai fitur yang lebih canggih lagi.

5. One Karaoke

one karaoke

Berikutnya, ada salah satu software karaoke terbaik yang patut dipertimbangkan, yakni One Karaoke. Software yang satu ini sangat ideal untuk karaoke di rumah, hotel, restoran, bahkan tempat khusus untuk berkaraoke.

Software dengan interface yang sederhana ini sangat mudah digunakan dan bisa dipakai meskipun oleh orang yang awam sekalipun.

Aplikasi ini mampu menjalankan file dengan berbagai format yang berbeda. One Karaoke memang dirancang khusus untuk orang-orang yang gemar karaoke, tetapi ingin berkaraoke di rumah tanpa perlu pergi ke tempat karaoke.

Ayo, segera install One Karaoke di PC Anda dan nyanyikan lagu favorit Anda kapan pun dan di mana pun Anda inginkan.

6. Aria Karaoke Pro

aria karaoke pro

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk berkaraoke adalah Aria Karaoke Pro. Aplikasi yang merupakan besutan Digital 1 Media ini memiliki antarmuka yang tidak berbeda jauh dengan aplikasi lainnya sehingga sama-sama mudah digunakan.

Ada juga beberapa fitur menarik yang semakin mempermudah navigasinya. Contohnya, Anda bisa mengatur volume serta pitch suara saat lagu sedang berjalan. Kemudian, ada juga fitur Karaoke Locker untuk membeli berbagai track lagu yang jumlahnya hingga puluhan ribu. Banyak sekali, bukan?

Kalau tidak ingin membeli track di aplikasinya, Anda pun tentu bisa menambahkan lagu sendiri dengan tombol yang tersedia, baik dengan memindai folder, mengimpor dari file playlist berformat M3U, maupun menyeleksi lagu secara manual.

Sayangnya aplikasi ini merupakan freemium. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keseluruhan fitur premiumnya, Anda harus membeli lisensi Pro seharga Rp1,2 jutaan. Yuk unduh Aria Karaoke Pro di link ini!

7. Siglos Karaoke Professional

software karaoke terbaik siglos

Siglos Karaoke Professional merupakan pilihan yang tepat jika Anda menginginkan software karaoke yang dibekali dengan berbagai fitur canggih. Ya, tidak seperti software lainnya yang didesain untuk pengguna umum, Siglos dibuat khusus untuk para professional.

Fitur-fitur canggih yang dimilikinya di antaranya adalah singer rotation management untuk mengatur jadwal penyanyi, singer announcement untuk mengumumkan nama penyanyi, dan fitur promosi bagi para promotor dan juga pemilik bar serta klub karaoke.

Tentu saja fiturnya yang lengkap tersebut tidak disediakan secara gratis. Software Siglos Karaoke Professional ini dijual seharga $99. Harga tersebut belum termasuk lagu karena Anda harus membelinya secara terpisah. Namun Anda juga tetap bisa menggunakan video dari YouTube jika ingin tidak ingin membeli lagu-lagunya tersebut.

Jika Anda memiliki bar atau usaha karaoke, maka software ini layak untuk Anda miliki. Namun jika hanya untuk penggunaan pribadi maka lebih baik gunakan software lain saja karena Siglos tidak memiliki online library, tidak ada versi web dan mobile, serta tampilannya kurang bersahabat untuk pengguna awam.

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade A72, HP Entry-Level ZTE

8. PCDJ Karaoki

software karaoke terbaik karaoki

PCDJ Karaoki tampaknya memperbaiki kekurangan dari Siglos yaitu dengan menghadirkan tampilan antar muka yang lebih baik namun tetap dibekali dengan fitur-fitur professional. Secara umum, software ini lebih mudah diopersikan ketimbang Siglos.

Software ini dibekali dengan berbagai macam fitur kelas atas seperti dukungan terhadap berbagai format file, singer rotation, dan singer display. Software ini juga memiliki library yang intuitif dan bisa menampilkan lirik pada dua layar sekaligus.

Karaoki juga memiliki library lagu berbasis awan yang bernama KaraokeCloudPro. Library tersebut memiliki lebih dari 13 ribu koleksi lagu dan dapat diakses dengan biaya berlangganan sebesar $99 perbulan. Untuk software Karaoki-nya sendiri dijual seharga $99. 

9. iStar

software karaoke terbaik istar

Software yang selanjutnya adalah iStar yang juga dikhususkan bagi pengguna Mac. Software ini dapat diunduh secara gratis dan memiliki tampilan yang mudah dioperasikan oleh siapa saja. Cara menggunakannya juga cukup simpel, masukkan lagu, pasang mic, dan mulailah bernyanyi.

Software ini mendukung hampir semua jenis format file yang populer seperti KAR, AIFF, MP3, dan lainnya serta bisa juga mengimpor lagu dari CD. Semua fitur dasar dari aplikasi karaoke terdapat di iStar, namun jika Anda menginginkan aplikasi yang lebih kaya fitur, maka pilihlah kJams. 

10. kJams

kjams_

kJams merupakan software karaoke yang khusus bagi para pengguna sistem operasi Mac. Tampilan yang dimilikinya sangat mirip dengan iTunes sehingga akan mudah dioperasikan oleh para pengguna Mac.

Cara kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan pemutar musik buatan Apple tersebut, di mana kita hanya tinggal menambahkan lagu ke library kemudian klik play untuk mulai bernyanyi.

kJams hadir dengan versi lite dan versi pro. Versi lite hanya menyuguhkan fitur-fitur dasar karaoke seperti memainkan berbagai format musik, mengatur playlist, pitch, tempo, dan lainnya. Software ini juga sudah mendukung penggunaan AppleRemote control.

Sedangkan pada versi pro terdapat berbagai macam fitur terbaik seperti singer management tool, aplikasi native iPhone, serta dapat menampilkan lirik pada layar kedua. kJams juga memiliki built-in music store yang menyediakan berbagai macam lagu terbaru dan terpopuler.

Meskipun terdiri dari versi lite dan versi pro, namun keduanya tidaklah free atau gratis. Dikutip dari udemy.com, kJams versi lite dibanderol seharga $40 sedangkan untuk versi pro seharga $110. Cukup mahal untuk standar kantong orang Indonesia. Download

11. Advanced Karaoke Player

Advanced Karaoke Player

Ingin software karaoke gratis? Anda bisa pilih software Advanced Karaoke Player. Ini adalah aplikasi untuk melakukan karaoke di PC secara gratis juga mudah. Tak hanya itu saja, bahkan Advanced Karaoke Player memiliki antar muka yang simpel dan tidak bikin pusing.

Istimewanya lagi, Advanced Karaoke Player ini mampu untuk mengatur file dengan cepat. Bahkan, Anda bisa menjalankan video dengan format MP3+G, DAT, MPG, AVI, MKV, MP4, WMV, ASF, VOB, RM, dan RMVB. Tunggu apa lagi, ayo dapatkan aplikasinya di sini.

Baca juga  20 Laptop Lenovo Terbaru di Indonesia (September 2022)

12. CDG Plug-in Winamp

CDG Plug-in Winamp

Sudah tidak asing dengan software pemutar musik Winamp? Ya, software satu ini juga bisa Anda andalkan untuk karaokean secara gratis dan mudah. Dengan aplikais CDG Plug-in Winamp, Anda bisa merasakan sensasi karaokean secara asik dan seru.

Anda hanya perlu memasukkan lagu dengan format karaoke, kemudian bernyanyilah! Tak hanya itu saja, bahkan CDG Plug-in Winamp ini mampu untuk memainkan lagu dengan beragam format dan akan langsung diubah ke dalam format MP3+G. Mudah, ya?

13. Walaoke

Walaoke_

Selanjutnya, ada Walaoke. Aplikasi yang dikembangkan oleh Walasoft ini bisa Anda gunakan secara gratis. Fitur yang dibawa oleh Walaoke juga cukup lengkap. Anda dapat memutar audio dengan berbagai format. Di antaranya ada MP3, MIDI dan OGG.

Aplikasinya pun mampu memutar video dengan format MP4, WMV, AVI, dan lain sebagainya. Saat berkaraoke, liriknya dapat muncul langsung, bahkan dengan warna yang berbeda untuk suara laki-laki dan perempuan. Anda juga dapat mengganti warna font lirik sesuai selera.

14. LYRX

LYRX KARAOKE_

LYRX cocok untuk Anda yang mencari software karaoke dengan user interface dan fitur yang lebih modern. Sekadar info, jika Anda menggunakan Mac, audio yang ada pada iTunes bisa langsung diimpor ke LYRX, lho. Sangat praktis, bukan?

Tentu, LYRX mendukung berbagai format audio dan video juga, hampir serupa dengan software yang sudah kami bahas di sini. Salah satu format audio yang didukung adalah MP3. 

Oh iya, jika ingin memperoleh pengalaman berkaraoke yang lebih seru, Anda dapat menyambungkan mikrofon ke perangkat yang digunakan. Serunya, Anda juga bisa merekam aktivitas berkaraoke dengan LYRX.

Masih banyak fitur-fitur lain yang dapat dinikmati di LYRX oleh para pengguna. Sayangnya, software ini berbayar. Anda bisa langsung membelinya dengan harga $79.95, atau sekitar Rp1,1 jutaan.

15. TunePrompter

Aplikasi karaoke TunePrompter ini sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa langsung menambahkan file audio berformat MP3 untuk mulai berkaraoke dengan TunePrompter ini. Jika ingin menambahkan lirik lagu, tersedia fitur pencari lirik dalam software. 

Cari lirik lagu yang ingin dinyanyikan lewat fitur tersebut, kemudian salin dan tempel liriknya di dalam software. Setelahnya, Anda hanya perlu menekan tombol Sync Lyrics untuk menyambungkan lirik yang dicari ke lagu yang ingin dinyanyikan.

Aplikasi ini dapat berjalan di Mac OS, dan Anda dapat memakainya dengan gratis. Hanya saja, TunePrompter tak akan berjalan di MacBook dengan OS terbaru seperti OS Monterrey atau Big Sur. Aplikasinya hanya bisa beroperasi di Mac OS versi lama.

Itulah beberapa software karaoke terbaik untuk PC dan laptop Windows serta Mac yang ada saat ini. Semua aplikasi karaoke tadi tidak kalah serunya dengan tempat karaoke, seperti Inul Vista lho. Bahkan, beberapa aplikasinya bisa diunduh secara gratis. Jadi, aplikasi karaoke mana yang paling Anda andalkan?

Atau Anda lebih suka karaoke melalui Hp Android? Kalau begitu, Jika Anda ingin berkaraoke lewat perangkat Android, silakan baca tips triknya di sini.


https://actoncloud.com