Inilah 6 Jenis Sistem Operasi yang Digunakan Smart TV


Semenjak saluran TV analog dihentikan, banyak orang Indonesia yang mencarinya. awalan untuk mengakses saluran TV digital. Selain membeli awalan Selain itu, pilihan lain untuk tetap bisa menikmati hiburan TV adalah dengan membeli Smart TV yang memiliki lebih banyak fitur dan pilihan.

Selain mendukung saluran nasional digital, Smart TV juga memiliki fungsi yang mirip dengan smartphone yang kami gunakan yaitu kemampuan untuk menonton youtube, netflix dan lain-lain platform siaran Lainnya. Namun, ada banyak variasi cerdas TV di pasaran sering membingungkan orang kebanyakan.

Alasannya, ada beberapa cerdas TV yang menggunakan sistem operasi selain Android TV, menawarkan berbagai fitur dan kemudahan navigasi. Aduhbenar-benar apa saja omong-omong sistem operasi yang paling umum digunakan cerdas TELEVISI? Tak perlu heran, berikut adalah daftar sistem operasinya cerdas TV yang dapat Anda temukan di pasaran saat ini.

1.TV Android

Sepertinya sistem operasi ini yang paling banyak didengar bukan? yaAndroid TV adalah sistem operasi cerdas TV yang saat ini paling banyak digunakan. Dari segi interface, Anda bisa mengenali navigasinya dengan cukup mudah dan familiar, karena tidak jauh berbeda dengan perangkat Android pada umumnya (misalnya, smartphone dan tablet).

Karena Android merupakan salah satu produk Google, jangan heran jika menemukan fitur Google Assistant di dalamnya. Asisten Google berfungsi untuk membuka video, game, atau aplikasi hanya dengan perintah suara.

Sama seperti di ponsel cerdas, Anda juga dapat mengakses Google Play store untuk mengunduh dan menginstal aplikasi apa pun yang tersedia.

Tetap omong-omong Sudah ada lebih dari 5.000 aplikasi dan game yang bisa dipasang di Android TV. Mulailah dengan aplikasi siaran global, seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Amazon Prime Video, untuk platform Anda dapat menemukan program nasional seperti Vidio, WeTV, dan MaxStream di sini.

Baca juga  Pengertian, Jenis, dan Contoh Perhitungannya

Kamu juga bisa kamu tahu instal game balap seperti Asphalt atau game kasual dan klasik seperti Final Fantasy IX, Crossy Road, Minecraft Story Mode dan masih banyak lagi.

Bagaimana jika Anda ingin menginstal game Android yang tidak ada di Play Store? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memindahkan file .apk ke TV Anda lalu menginstalnya secara manual. Tetapi metode ini mungkin berhasil atau tidak, tergantung pada jenis TV dan aplikasi yang Anda gunakan.

Menariknya, cerdas TV dengan sistem operasi Android TV juga biasanya memiliki fitur built-in disebut Chromecast, yang bisa pantulan cermin Layar ponsel Android dan iOS ke layar TV. Lakukan saja pasangan pada jaringan Wi-Fi yang sama, konten layar mungkincermin ke TV Anda tanpa kabel. Praktis, bukan?

Mengingat Android TV adalah sistem operasi sumber terbuka, semua merek TV bebas menerapkannya di produk mereka. Merk Android TV yang bisa Anda temukan sangat beragam mulai dari Samsung, TCL, Changhong, Sony Bravia, Xiaomi TV, Realm TV, Panasonic, Phillips dan lainnya.

Perlu diingat bahwa Google sudah mulai mengganti nama Android TV. Google mengubah namanya dari Android TV menjadi Google TV pada tahun 2020. Itu bukan hanya nama. Google TV menyediakan antarmuka dan fitur tambahan yang memungkinkan pengguna berinteraksi lebih baik dengan TV.

2. Api TV

tv api amazon_

Yang satu ini mungkin tidak jauh berbeda dengan Android TV. Soalnya, Fire TV juga dibangun di atas Android. Perbedaannya adalah Fire OS di Fire TV mendapatkan mod dan mod dari Amazon.

Sirkuit omong-omong Anda akan mendapatkan pengalaman navigasi dan antarmuka yang tidak berbeda dengan Android TV. Namun, sekarang Anda tidak dapat menginstal aplikasi dari Google Play Store. Sebaliknya ada toko aplikasi yang mewakili ekosistem aplikasi Fire TV.

Baca juga  Simak 4 Cara Restart HP Samsung yang Mudah dan Cepat

Sama seperti di Android, Anda dapat menggunakan fitur pencarian universal untuk menanyakan cuaca, informasi, atau kontrol suara. Namun alih-alih Asisten Google, fungsi Alexa digunakan.

Fire TV sendiri terbagi menjadi beberapa varian perangkat yaitu Fire TV Stick, Fire TV Cube, dan Fire TV Edition. Saat ini,, cerdas TV yang menggunakan Fire OS disebut sebagai Fire TV Edition.

Intinya, Fire OS on Fire TV Edition memberikan pengalaman yang tidak berbeda dengan Android TV. Namun bedanya, Fire TV memiliki fitur pencarian yang tidak sebaik Android dalam menyajikan informasi yang relevan berdasarkan kata kunci yang Anda cari.

Jika Anda menggunakan ekosistem di rumah Rumah Pintar dari Amazon seperti Alexa, dan jika Anda lebih sering menonton Amazon Prime Video, menggunakan Fire TV adalah pilihan yang bagus. Jika Anda tertarik menggunakan Fire TV, Anda bisa menemukannya dari sejumlah merek seperti Amazon Fire TV, Insignia, Toshiba, dan Hisense.

3. RokuOS

Roku OS_

Beberapa TV bermerek TCL masih menggunakan Roku OS daripada Android dan ini merupakan topik yang cukup menarik untuk dibahas. Roku TV adalah sistem operasi dengan antarmuka yang lebih sederhana dan sederhanasehingga cocok untuk digunakan oleh orang tua yang menolak komplikasi.


https://actoncloud.com