Review WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB, Performa Kencang di Kelasnya


Siapa yang tidak kenal dengan nama WD atau Western Digital. WD merupakan perusahaan ternama asal USA yang dikenal sebagai produsen aksesoris dan perlengkapan komputer. Tak hanya HDD, WD juga serius memproduksi SSD untuk pasar tersebut. Bahkan, WD mengakuisisi SanDisk pada tahun 2016.

SSD dari WD ini memiliki kualitas dan performa yang kompetitif di kelasnya. Oleh karena itu, kami beruntung berkesempatan untuk mencoba salah satu produk terbaik di kelasnya. Produk tersebut bernama WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB.

WD_BLACK SN750 SE 1TB NVMe SSD diposisikan sebagai produk PCIe 4.0 di kelasnya Tingkat pertama. Jadi tidak mengherankan jika kinerjanya tidak sebaik SN850 sebagai produk. unggulan-dia. Namun jangan khawatir, performa WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB cukup tangguh dan tinggi di kelasnya.

Daripada ngorek, langsung saja simak review WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD berikut ini. Sebelum itu mari kita lihat dulu spesifikasi yang ditawarkannya.

Spesifikasi WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB

  • Kapasitas: 1 TB (tersedia 250 GB, 500 GB, dan 1 TB)
  • Antarmuka: PCIe Gen4 x4 dengan NVMe 1.4
  • tegangan:
  • Suhu kerja: 0°C hingga 70°C
  • Faktor bentuk: M.2
  • Berat: 7,5 gram
  • Ukuran: 80 (L) x 22 (W) x 2,38 (H) mm
  • MTBF:
  • Menjamin: garansi terbatas 5 tahun
  • Total: 600 TB

Jika melihat spesifikasinya, interface yang digunakan seri SE ini lebih baru, yaitu PCIe Gen4 x4 dengan NVMe 1.4. Sedangkan untuk seri non-SE masih menggunakan interface PCIe Gen3 x4. Dengan kata lain, tingkat transmisi yang dihasilkan juga tinggi.

Sedangkan untuk kompatibilitas, seri SE masih menggunakan faktor bentuk M.2 dengan antarmuka PCIe dan NVMe. Jika masih bingung, silahkan baca artikel jenis SSD yang sudah dibahas sebelumnya.

Baca juga  Begini Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP realme Dengan Mudah

Selain itu, spesifikasi juga mencantumkan TBW perangkat yang diuji, yaitu WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB. WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD juga memiliki opsi. penyimpanan yang lainnya adalah 250 GB dengan 200 TBW. Dan ada opsi 500 GB dengan 300 TBW.

Sebagai informasi: TBW atau TeraByte Tertulis adalah batas penggunaan kemampuan tulis SSD. Sederhananya, semakin sering SSD menulis data, semakin pendek umur SSD tersebut.

Misalnya SSD NVMe WD_BLACK SN750 SE 1TB yang kami uji diklaim memiliki TBW hingga 600TB atau 600.000GB. Ketika hingga 100 GB data ditulis ke SSD, usia SSD dikurangi menjadi 599900 GB atau 599 TB 900 GB.

Angka tersebut terbilang cukup besar dan mampu memberikan umur sebuah SSD yang cukup lama. Bahkan menurutnya SSD ini bisa bertahan hingga 5 tahun bahkan lebih tergantung pemakaian.
Menariknya, WD_BLACK SN750 SE 1TB NVMe SSD sudah dicover garansi 5 tahun. Namun untuk mendapatkan garansi resmi dari WD tentunya harus membeli produk original atau asli. Cara membedakannya juga cukup mudah, karena produk asli memiliki stiker garansi ORI (Resmi Asli Indonesia).

Pertanyaannya, jika kapasitas TBW tercapai, apa yang akan terjadi pada SSD? Jika ini terjadi, SSD tidak lagi dapat menulis data, tetapi masih dapat membaca data. Dengan kata lain, SSD tidak bisa lagi berfungsi normal.

Konfigurasi pengujian

SSD WD_BLACK SN750 SE NVMe 1TB

Perlu diketahui sebelum pengujian bahwa WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB ini telah diuji dalam konfigurasi desktop. Hasil pengujian dan performa tidak akan sama jika digunakan di komputer yang berbeda. Akan ada sedikit perbedaan jika SSD ini digunakan di PC atau laptop dengan spesifikasi atau konfigurasi yang berbeda.

Baca juga  15 HP dengan Memori Internal 1TB Terbaru (Desember 2022)

SSD NVMe WD_BLACK SN750 SE 1TB ini telah diuji pada PC desktop dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • CPU: Intel Core i7 10700F 2.90GHz
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 1650
  • RAM: 16.0GB DDR4 Saluran Ganda 1330MHz
  • motherboard: Micro-Star International Co. OOO B460M PRO (MS-7S88) (U3E1)
  • SSD 1: T-Force 500 GB SATA III
  • SSD 2: WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB

SSD 1 yang digunakan adalah SSD utama tempat boot Windows. SSD 2 adalah SSD yang diuji dalam ulasan ini.

Penolakan tanggung jawab:

WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD ini mendukung antarmuka atau antarmuka PCIe Gen4 x4. Sementara itu, komputer yang diuji menggunakan motherboard MSI B460M PRO hanya mendukung antarmuka PCIe Gen3. Karena itu, hasil pengujian akan sedikit berbeda jika SSD ini dipasang motherboard sudah didukung antarmuka PCIe Gen4.

Isi kotak

SSD WD_BLACK SN750 SE NVMe 1TB

Ketika WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD 1TB tiba, dikemas dalam kotak hitam seperti pada gambar di atas. Desain kotaknya terlihat cukup meyakinkan, tulisan WD_BLACK tertutupi oleh gambar barangnya.

Selain itu, akan ada berbagai informasi umum di dalam kotak yang dapat Anda baca tentang SSD. Informasi mulai dari kapasitas, garansi, informasi cara safari dan permainan diskdll.

Kotaknya hanya berisi 1TB WD_BLACK SN750 SE NVMe SSD, disertai dengan panduan pengguna kecil.

Desain

SSD WD_BLACK SN750 SE NVMe 1TB

Seperti SSD M.2 NVMe yang beredar, bentuk SSD ini cenderung lumrah dan mainstream. Ini adalah lembaran panjang dengan informasi produk terlampir. Untuk warna papan SSD ini berwarna hitam pekat, seperti namanya.

Juga, SSD ini memiliki PCB celah tunggal di port. Kemudian tampilannya juga cukup ringkas tanpa apapun radiator pada sasis SSD. Saat dipasang, warna dan desain SSD ini tidak terlihat. Karena, motherboard sudah diberikan radiator terutama dalam kualitas keamanan dan pendinginan.

Baca juga  10 Situs Nonton Film Gratis Pengganti LK21 dan IndoXXI

Hal ini karena SSD NVMe WD_BLACK SN750 SE 1TB dapat menghasilkan panas yang cukup banyak. Namun, ini normal untuk SSD cepat. Anda hanya perlu memastikan sirkulasi udara dalam kasus Anda mapan.

Keanehan

SSD WD_BLACK SN750 SE NVMe 1TB

Produk WD ini benar-benar dirancang untuk membuat Anda tetap aktif. permainan dan entertainment, karena saat menggunakan interface PCIe Gen4, kapasitas penyimpanan yang ditawarkan cukup besar. SSD ini dapat menyimpan game dan file besar lainnya.


https://actoncloud.com