Inilah Berbagai Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro


Sepak terjang ponsel flagship Xiaomi di 2022 cukup mengganas. Mereka hadirkan Xiaomi 12 series di akhir 202. Kemudian berlanjut dengan kedatangan Xiaomi 12S series di Juli 2022 yang terdiri dari Xiaomi 12, Xiaomi 12S Pro, dan Xiaomi 12S Ultra. 

Menariknya ada Xiaomi 12S Pro yang nyatanya memiliki banyak persamaan dan beberapa perbedaan dengan Xiaomi 12 Pro. Kedua ponsel tersebut akan jadi bahan pembahasan dalam artikel ini.

Xiaomi 12 Pro awalnya menjadi varian tertinggi Xiaomi 12 series. HP ini menawarkan layar yang lebar, chipset terbaik di masanya serta sektor kamera ala profesional. Tentu semua sektor tersebut membuat HP ini unggul dibanding HP flagship lainnya.

Meski sudah unggul, Xiaomi seakan belum nyaman dengan spesifikasi Xiaomi 12 Pro. Maka dari itu, Xiaomi 12S Pro dirilis dengan sejumlah ubahan kekinian di bagian dapur pacu, kamera dan baterai. Menariknya, ada beberapa sektor dalam HP ini yang masih sama.

Maka dari itu, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


50 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi Xiaomi 12S Pro

Xiaomi 12S Pro

Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro

Setelah Anda membaca spesifikasi dari kedua model Xiaomi 12 Pro diatas, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benak Anda tentang perbedaan lain dari kedua perangkat tersebut. Tenang, hanya di Carisinyal Anda akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Sisi Desain

desain xiaomi 12 pro
Desain Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro pada dasarnya memiliki desain yang sama cantik bahkan mirip. HP ini memiliki dua lengkung bodi di sisi kiri dan kanan. Pengurangan lengkung tersebut dimaksudkan agar risiko layar mengalami salah sentuh dapat dikurangi.

Desain bodi ini membuat genggaman tangan Anda pada kedua HP terasa lebih nyaman dan terasa mewah dengan permukaan lapis kaca yang halus di bodi depan maupun belakangnya. Xiaomi juga sudah menggunakan rangka aluminium terbaru yang lebih kuat tapi ringan. 

Memang sedikit disayangkan, Xiaomi hanya menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass 5 di bodi belakang. Padahal sudah banyak HP flagship yang memakai lapisan kaca Gorilla Glass Victus di bodi depan maupun belakang.

Lebih lanjut, beberapa pernak-pernik kedua ponsel juga terlihat berbeda. Misalnya penempatan kamera depan dan modul kamera belakang. 

xiaomi 12s pro_
Desain Xiaomi 12S Pro

Walaupun sekilas tampak sama, Xiaomi 12S Pro dibekali tulisan Leica pada modulnya dan Xiaomi 12 Pro hanya tulisan 50 MP. Tulisan ini membuat kamera ponsel terbaru pada 12S Pro ini tampak lebih mewah.

Baca juga  Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme Pad Mini

Masih dibagian modul kamera belakang, Modul kamera belakang kedua HP Xiaomi ini punya empat partisi yang diisi oleh masing-masing lensa kamera dan lampu flash. Namun, seluruh partisi tersebut memiliki kelir sama – menyesuaikan warna penutup belakang. Tiap-tiap partisi hanya dipisahkan oleh garis.

Berlanjut ke dimensi kedua ponsel. Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro  punya dimensi yang sama yakni 163.6 x 74.6 x 8.2 mm dengan bobot 204 gram. Keduanya memang tampak bongsor namun ramping sehingga nyaman dibawa beraktivitas harian.

Bodinya yang tipis membuat produsen Xiaomi harus memutar otak untuk menempatkan sensor sidik jari. Hasilnya, Xiaomi menaruh pemindai sidik jari di atas layar. 

Meski sudah berlapis kaca, ternyata kesan bodi plastik yang ringkih masih nampak di desain bodi kedua HP Xiaomi ini. Apalagi, Xiaomi tidak menghadirkan fitur IP rating. Ponsel pun tampak bukan seperti ponsel kelas mewah.

2. Tampilan

layar xiaomi 12 pro_

Untuk bagian layar, baik Xiaomi 12 Pro maupun 12S Pro sama-sama menggunakan teknologi layar yang tepat dan sesuai kelasnya. Sejumlah fitur baru juga sudah diberikan agar layar HP ini bisa bersaing dengan ponsel flagship lainnya. 

HP flagship ini sama-sama menggunakan layar berukuran 6,73 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel. Layar ini sudah dibekali panel AMOLED LTPO, teknologi Dolby Vision dan HDR10+ sehingga tampilan gambar dan video lebih jelas dan warna yang akurat.

Penggunaan panel LTPO membuat refresh rate lebih dinamis. Selain itu, panel jenis ini memiliki tingkat penyesuaian cepat dan akurat. Tidak hanya itu, keunggulan panel jenis ini juga menghasilkan tampilan yang jernih dan lebih halus.

Mengenai tingkat kecerahan, Xiaomi 12S Pro diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 1000 nit. Tingkat kecerahan itu lebih tinggi ketimbang yang bisa diraih Xiaomi 12 Pro yang hanya 970 nit.

Beralih ke bagian teknologi layar, kedua HP Xiaomi ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling hingga 480 Hz. Teknologi ini membuat sektor animasi lebih halus dan cepat. 

Selain itu, layar HP ini juga lebih cepat merespon gerakan jari jemari di layar. Terdapat juga teknologi yang memungkinkan Anda mengubah resolusi layar. Sayangnya, teknologi layar ini baru bisa digunakan optimal saat Game Turbo diaktifkan. 

3. Dapur Pacu

Snapdragon-8-Gen-1-1_

Xiaomi 12 Pro masih mengusung chipset yang sama dengan Xiaomi 12 yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 4 nm. Di dalam chipset ini terdapat delapan core CPU yang dibagi dalam tiga klaster.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.0 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.5 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) yang masuk dalam klaster efisiensi.

Snapdragon 8 Gen 1 juga didukung oleh GPU Adreno 730 (818 MHz), DSP Hexagon dan ISP Spectra generasi terbaru, serta modem internal 5G X65. Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi percaya HP ini masih mampu bertarung di jajaran HP flagship saat ini.

xiaomi 12s

Beralih ke Snapdragon 8 Plus Gen 1. Cip ini dirancang dengan proses fabrikasi yang sama yakni 4 nm. Tidak heran sejumlah komponen pendukung masih sama dengan seri Snapdragon 8 Gen 1. 

Baca juga  Exynos 1280 Setara Apa? Berikut 5 Chipset Saingannya

Chipset ini memiliki konfigurasi delapan core CPU yang seluruhnya terbagi dalam tiga klaster dengan sejumlah peningkatan.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

Meski peningkatan Snapdragon 8 Plus Gen 1 tidak terlalu besar, ternyata cukup mempengaruhi performa. Menurut gizmochina, Xiaomi 12S Pro tidak lagi terasa panas berlebih saat digunakan bermain game. Tidak hanya itu, frame rate juga lebih stabil saat digunakan bermain game.

4. Kamera

xiaomi 12s pro kamera 2_

Konfigurasi kamera yang digunakan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro tidak berbeda jauh. Keduanya memakai tiga kamera belakang yang terdiri atas kamera utama, kamera telephoto, dan kamera ultra-wide.

Produsen Xiaomi mengganti kamera macro menjadi kamera telephoto. Hal ini sesuai dengan tren saat ini dimana kamera telephoto lebih dicari pengguna untuk memotret dan merekam objek jarak jauh.

Untuk spesifikasi kameranya, kedua HP Xiaomi ini mengusung kamera telephoto 50 MP, bukaan f/1.9,  PDAF, dan 2X Optical Zoom. Yang membedakan di sektor kamera ini, Xiaomi 12 Pro memakai lensa 48 mm dan Xiaomi 12S Pro lensa 50mm.

Membedah kamera utama 12 Pro, Xiaomi memasang sensor SONY IMX 707 50 MP dengan bukaan f/1.9, dilengkapi Dual PIXEL PDAF dan OIS. Lalu kamera ultra-wide-nya memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/2.2.

Beralih ke kamera Xiaomi 12S Pro, hadir dengan modul kamera yang sama, HP ini juga mengusung tiga kamera belakang ditambah lampu flash. Komposisi kameranya ialah kamera utama sensor SONY IMX 50 MP bukaan f/1.9 Dual PIXEL PDAF dan OIS, dan kamera ultra-wide 50 MP f/2.2.

Untuk kamera depan kedua HP Xiaomi terbaru ini sudah terpasang kamera 32 MP f/2.5 dengan sensor mumpuni untuk selfie di berbagai kondisi cahaya. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail dan dinamis.

Perihal perekaman video, resolusi 8K 24 fps dengan fitur OIS adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.

Terakhir, karena Xiaomi 12S Pro merupakan hasil kerjasama dengan Leica, maka aplikasi kamera HP Xiaomi ini menggunakan aplikasi kamera baru dengan watermark khas Leica. Berbeda dengan Xiaomi 12 Pro yang masih menggunakan aplikasi bawaan MIUI 13.

5. Baterai

xiaomi 12s pro fast charging_

Meski menggunakan nama Pro, ukuran bodi Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro memang cukup tipis. Hal ini berimbas pada kapasitas baterai yang kecil yakni 4600 mAh. Menariknya meski kapasitasnya turun, Xiaomi malah meningkatkan dukungan pengisian cepatnya.

Baca juga  15 HP dengan Wireless Reverse Charging Terbaru (Agustus 2022)

Benar saja, Kedua HP Xiaomi memperoleh dukungan pengisian cepat yang super besar 120W. Fitur ini diklaim mampu membuat pengisian baterai dari kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 18 menit saja di Xiaomi 12 Pro.

Teknologi pengisian cepat 120W juga disematkan pada Xiaomi 12S Pro. Namun, pengisian baterai dari kondisi 0 sampai 100 persen butuh waktu sedikit lebih lama, yakni 19 menit.

6. Konektivitas

NFC

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel hampir sama. Jaringan seluler 5G, Bluetooth 5.2, dan NFC sudah didukung. Namun, generasi WiFi yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda.

Xiaomi 12S Pro mendukung hingga WiFi 6e, sementara Xiaomi 12 Pro mampu menangkap sinyal WiFi 6 dan WiFi 6e. Dari segi kecepatan dan bandwidth, WiFi 6 dan WiFi 6e sebenarnya serupa. Namun, WiFi 6e bisa beroperasi di spektrum 6 GHz, bukan hanya 2,4 GHz dan 5 GHz.

Kemampuan berjalan di spektrum 6 Ghz memungkinkan koneksi WiFi 6e lancar karena kepadatan dapat dihindari. Salah satu tandanya adalah latensi atau ping yang rendah.

7. Speaker

xiaomi 12 pro

Untuk Anda yang sedang menentukan satu di antara kedua HP Xiaomi terbaru ini, sebaiknya Anda memperhatikan juga detail audio. Untungnya, Xiaomi sudah menghadirkan speaker stereo dalam seri ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi dari Harman Kardon dan DOLBY Atmos untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Uniknya, dalam Xiaomi 12 Pro dengan chipset Qualcomm, produsen memasang 4 buah speaker yang artinya merupakan dual stereo speaker.

Speaker utama note Xiaomi 12 Pro ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece. 

Penempatan speaker juga cukup baik alhasil suara yang dihasilkan seakan menyebar. Anda pun dapat lebih puas menikmati multimedia atau bermain game di HP Android 5G ini. Dengan teknologi yang diusung ini, suara yang dihasilkan terdengar cukup lantang dan jernih.

Simpulan

Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro merupakan HP flagship yang hadir dengan daya tarik layar, kamera, dan baterai. Apalagi, dalam seri 12S Pro, Xiaomi sudah bekerja sama dengan produsen Leica, sehingga sektor kamera yang dihadirkan terasa mewah dan lebih akurat warnanya.

Dari sisi dapur pacu, Xiaomi 12S Pro juga unggul karena memiliki chipset lebih baru dan memiliki kecepatan yang lebih baik. Varian Pro juga memiliki memori penyimpanan yang lebih besar. 

Bila Anda peduli pada sektor audio, tentu Xiaomi 12 Pro layak dipilih. Pasalnya, HP ini memiliki dual stereo speaker dengan dukungan teknologi audio berkelas.

Bagaimanapun Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di berbagai sektor. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan Xiaomi 12 Pro atau Xiaomi 12S Pro?


https://actoncloud.com