7 Perbedaan vivo Y01 dan Y02, HP Murah dengan Desain Menarik


Pada Desember 2022, Vivo memperbarui varian ponsel entry-levelnya di pasar Indonesia dengan memperkenalkan Vivo Y02. Ini adalah smartphone murah yang dirancang untuk pengguna pemula yang baru belajar cara menggunakan ponsel sistem Android, atau untuk siswa yang membutuhkan ponsel untuk menjelajah web atau hiburan.

Kehadiran Vivo Y02 menggantikan varian Vivo Y01 yang dirilis pada April 2022 lalu. Ponsel dengan harga terjangkau ini memiliki desain dan konektivitas yang baik. Tak heran jika ponsel ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat baik untuk bekerja maupun bermain. Oleh karena itu, baterai yang diunggulkan pada ponsel ini terbilang awet digunakan.

Tentu menarik membandingkan Vivo Y02 dengan seri sebelumnya, yakni Vivo Y01. Pasalnya, produsen menjual kedua produk tersebut dengan harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Apa perbedaan antara Vivo Y01 dan Vivo Y02? Fitur baru apa yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Vivo Y01

Layar LCD IPS 6,51″.
Chipset MediaTek Helio R35
RAM 2gb, 3gb
Memori batin 32 GB
Kamera

8 MP (lebar)

Baterai Lipo 5000 mAh
Keuntungan Baca di sini

Spesifikasi Vivo Y02

vivo Y02
Layar LCD IPS 6,51″.
Chipset MediaTek Helio R22
RAM 3 GB
Memori batin 32 GB
Kamera

8 MP (lebar)

Baterai Lipo 5000 mAh
Keuntungan Baca di sini

Perbedaan antara Vivo Y01 dan Vivo Y02

Vivo Y01 sukses di pasar Indonesia karena memiliki dapur pacu tercepat di kelasnya namun tetap hemat energi. Tentu menarik untuk melihat peningkatan yang akan ditawarkan di Vivo Y02. Apa yang lebih baik di antara keduanya? Simak perbedaannya di bawah ini.

1. Kotak plastik yang sama, desain berbeda

bodi vivo y01_

Vivo Y01 dan Vivo Y02 dirancang untuk bersaing di pasar ponsel terjangkau. Oleh karena itu, produsen mengandalkan desain yang tidak jauh berbeda, yakni desain busana yang sederhana. Keduanya juga masih menggunakan casing plastik.

Menurut Vivo, ponsel Vivo Y01 memiliki desain yang disebut 3D Slim. Desain ini berfokus pada bodi ramping dengan bagian belakang casing bergaris bertekstur. Bagian samping casing juga dibuat agak melengkung. Desain ini dihadirkan sedemikian rupa agar ponsel lebih mudah digenggam.

Kamera belakang HP Vivo ini menggunakan modul persegi sederhana. Modul kotak hitam menampung 1 kamera dengan lampu kilat LED besar di bawahnya. Modul ini juga memuat label AI untuk menunjukkan keberadaan teknologi AI di kamera ini.

Sedangkan desain bodi Vivo Y02 terlihat lebih kokoh dan minimalis dengan modul kamera yang lebih modern. Bagian belakang kasing dibuat dalam warna solid dengan lapisan matte. Vivo mengklaim bahwa bagian belakang casing tahan gores dan sidik jari.

vivoy02

Untuk bagian samping, Vivo menggunakan teknologi 2.5D Flat. Side case ini masih cukup nyaman untuk gaming dan aktivitas lainnya. Side case ini juga membuat handphone terlihat lebih mewah dibanding handphone entry-level lainnya.

Di bagian belakang Y02, Vivo juga memperkenalkan desain modul kamera baru. Anda akan menemukan desain modul persegi dengan warna berkilau. Modul persegi besar ini memiliki modul bulat di dalamnya. Jadi, di lingkaran baru ini ada kamera utama dan lampu kilat LED. Sektor modular ini terlihat mewah untuk kelas HP 1 jutaan.

Membahas sisi depannya, kedua seri HP Vivo Y ini memiliki desain casing depan yang sama. Keduanya juga menggunakan model kamera depan yang sama, yakni model tetesan air terletak di tengah layar.

Membahas dimensi Vivo Y01, Vivo cukup ramping dengan ketebalan 8.3mm dan berat 178 gram. Ukurannya cukup tipis dan tipis untuk sebuah ponsel entry level. Sedangkan Vivo Y02 memiliki ketebalan bodi 8.5mm dan berat 186 gram. Tnetu Vivo Y01 akan lebih nyaman untuk digenggam atau dibawa bepergian.

Keunikan Vivo Y01 adalah slot kartu SIM terletak di bagian atas casing, bukan di samping. Hal ini menambah aura mewah ponsel ini.

2. Perubahan minimal untuk layar lebar

layar vivo y01_

Untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti membalas pesan, mengakses jejaring sosial, dan bermain game, baik Vivo Y01 maupun Vivo Y02 sama-sama dibekali layar seluas 6,51 inci. Layarnya cukup lebar untuk ukuran ponsel murah yang rata-rata berukuran antara 6,2 hingga 6,3 inci.

Sedikit disayangkan, layar kedua ponsel ini masih menggunakan resolusi layar HD+ (1600 x 720 piksel). Namun, resolusi layar ini masih dianggap dapat diterima untuk ponsel Android murah.

Keunggulan lainnya adalah panel IPS yang digunakan mampu memberikan pengalaman visual yang jelas dan detail. Selain itu, Vivo Y01 memiliki tepian layar yang sedikit lebih tipis dari ponsel ini dibandingkan Vivo Y02. Hal ini membuat layar tampak lebih lebar, dan bermain game atau browsing menjadi lebih imersif tanpa terganggu tepian layar.

Untuk melindungi layar dari goresan, kedua layar dilengkapi anti gores sederhana dari pabrikan.

3. Sama-sama MediaTek Helio, beda seri

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Masih banyak spekulasi bahwa ponsel entry level memiliki performa yang dangkal, Vivo mencoba menyanggahnya dengan varian Y01 dan Y02. Keduanya menggunakan chipset buatan MediaTek dengan konfigurasi RAM besar.

Berbeda dengan Vivo Y01, ponsel 4G ini ditenagai oleh chipset Mediatek Helio P35. Ini adalah SOC entry-level dengan teknologi proses 12nm, yang memiliki konfigurasi octa-core, yaitu 4 core Cortex A53 (2.3GHz) dan 4 core Cortex A53 (1.8GHz). Sepertinya chipset ini tidak didesain untuk multitasking yang berat dan hanya cocok untuk pemakaian umum.

Untuk mendukung grafis dan performa, Vivo menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320 dan RAM sebesar 2GB. Untuk penyimpanan, ponsel android ini dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB.


https://actoncloud.com

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop Gaming Murah Berkualitas Tahun 2022