Mau Beli TV Baru? Intip 5 Perbedaan Smart TV dan Android TV Ini


Di tengah pertumbuhan gadget dan alat elektronik, televisi atau televisi masih menjadi salah satu produk elektronik yang ada disetiap rumah sebagai sarana hiburan bagi anggota keluarga. Menariknya, saat ini ada banyak merek dan tipe TV yang dijual di Indonesia.

Hal ini tentu membingungkan karena banyak orang ingin mencari produk TV terbaik. Apalagi saat ini pasar elektronik diramaikan dengan hadirnya cerdik TV dan Android TV.

Kebingungan masyarakat yang ingin mencari TV baru untuk keluarga bukan tanpa alasan. Karena masih banyak orang yang salah tentang perbedaan cerdik TV dan Android TV.

Terlebih lagi, beberapa produsen terus merilis pembaruan teknologi untuk kedua jenis TV tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru mengenal teknologi, sulit untuk memilih produk televisi mana yang akan menghiasi rumah Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sebelum memahami perbedaannya cerdik TV dan Android TV, ini akan membantu Anda mengetahui apa artinya sebelumnya.

Televisi pintar

Smart TV Samsung

Cerdik TV adalah TV yang digunakan untuk lebih dari sekedar menonton TV. Namun, perangkat elektronik ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti komputer. Ini karena produk ini memiliki sistem operasi dan perangkat koneksi yang terpasang untuk menyambungkan TV ke Internet.

Biasanya, sistem operasi yang ada adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh produsen TV atau bekerja sama dengan mitra pengembangan sistem operasi khusus TV.

Sistem memiliki beberapa fungsi tambahan sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, beberapa produsen cerdik TV telah menambahkan beberapa aplikasi hiburan dan jejaring sosial. Ini termasuk Netflix, YouTube dan Facebook.

Android TV

playtron android tv_
Android TV

Android TV pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 untuk memanjakan pengguna Android yang ingin mengakses berbagai aplikasi Android dari TV mereka.

Baca juga  10 Tablet dengan Layar 7 inch Terbaru (Agustus 2022)

Secara umum, Android TV mirip dengan Smart TV. Dalam arti tertentu, Android TV juga bisa disebut Smart TV. Namun, tidak semua Smart TV disebut Android TV. Pasalnya, banyak smart TV yang tidak mendukung sistem operasi Android.

Android TV disebut Android TV. Biasanya, Android TV jenis ini memiliki fitur dan ekosistem Android Google, seperti PlayStore dan layanan Google lainnya.

Pada tahun 2020, Google sebenarnya melakukan rebranding. Produk Android TV telah diganti namanya menjadi Google TV. Nama Android TV saja cenderung lebih kuat di banyak masyarakat. Oleh karena itu, dalam artikel ini hanya akan disebut Android TV.

Perbedaan antara Smart TV dan Android TV

Cerdik TV dan Android TV sebenarnya mirip. Android TV bahkan memiliki hampir semua fitur cerdik TELEVISI. Lalu apa perbedaannya? cerdik TV dan Android TV? Berikut pembahasannya.

1. Sistem operasi

apel tv_

Sebagaimana dibahas pada bagian sebelumnya, cerdik Televisi memiliki sistem operasi bawaannya sendiri, tergantung pada produsennya.

Tidak mengherankan bahwa Anda akan menemukan banyak di pasar cerdik TV dengan sistem operasi yang berbeda. Sebut saja sistem operasi Tizen Samsung, Web OS LG, tvOS Apple TV, dan lainnya. Semua sistem operasi ini memiliki fitur dan manfaat yang berbeda. Sayangnya, sistem operasi ditampilkan di cerdik TV cukup mendasar.

Sedangkan Android TV, seperti namanya, hanya menggunakan sistem operasi Android. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena sistem operasi Android mudah digunakan, terutama bagi Anda yang smartphone Android. Perangkat Android TV dapat terhubung ke smartphone Android. Ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Perbedaan cerdik TV dibandingkan dengan TV Android lainnya antarmuka pengguna. Menggunakan cerdik Televisi sebenarnya lebih sederhana, mirip dengan televisi konvensional. Berbeda antarmuka pengguna di AndroidTV. Pasalnya, sistem Android lebih nyaman digunakan di perangkat. layar sentuh.

Nah, untuk Android TV tanpa wajah layar sentuh, itu akan menjadi kendala. Jadi jangan heran beberapa TV Android menyediakan terpencil khusus untuk membuat Android TV lebih mudah digunakan.

Baca juga  15 Game Menjadi Dokter Terbaik di Smartphone Android

2. Tentang memperbarui sistem operasi

tv pintar samsung__1

Perbedaan cerdik TV dan Android TV terdekat pembaruan sistem operasi. Mengetahui sistem operasi yang berbeda pada dua, ternyata pembaruan Sistem operasi yang ditawarkan pada kedua produk TV tersebut juga berbeda. Per pembaruan sistem, tampaknya Android TV lebih unggul cerdik TELEVISI.

Pembuat TV Android lebih baik dan lebih sulit dalam hal pengiriman pembaruan untuk meningkatkan aplikasi dan meningkatkan kinerja untuk mengalir MEDIA MASSA. Ini bukan kecelakaan. Karena pengembangan sistem operasi aktif, karena digunakan dalam smartphone juga.

Perbedaan dari produsen cerdik TELEVISI. Produk tidak memiliki item orang lain yang menggunakan sistem operasi cerdik TELEVISI. Akibatnya, sistem operasi cerdik Televisi kurang berkembang.

Kenyamanan pembaruan juga berfungsi dengan baik di Android TV. Pasalnya, Android TV mudah terhubung ke Wi-Fi dan koneksi lainnya. Sedangkan cerdik Terkadang TV memiliki konektivitas terbatas, sehingga sulit untuk pembaruan sistem operasi.

3. Mendukung berbagai aplikasi dan fungsi

netflix_

Perbedaan cerdik TV dan Android TV yang paling mencolok tentunya adalah aplikasi. Android TV lebih baik karena memiliki banyak aplikasi berkat Google Play Store. Itu sebabnya Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang biasanya Anda temukan smartphone Android.


https://actoncloud.com