Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G


Perkembangan jaringan 5G di Indonesia membuat beberapa produsen mulai menjual ponsel dengan jaringan 5G. Beberapa ponsel 5G yang ditampilkan memang ponsel baru. Namun, ada juga ponsel 5G yang merupakan versi pembaruan dari ponsel 4G.

Menariknya, di pasar global, Samsung pertama kali merilis Samsung Galaxy A13 5G pada Desember 2021 dan kemudian merilis Samsung Galaxy A13 versi 4G pada Maret 2022.

Memiliki dua ponsel terbaru ini memang merupakan bentuk upaya Samsung untuk memperbarui lini produknya, khususnya handset Rs 2 juta. Untuk itu, ada sejumlah spesifikasi yang berbeda di kedua ponsel Samsung ini.

Saat ini,, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan tentang apa perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G. Simak fitur utama kedua ponsel tersebut sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Layar Mohon TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori batin 128 GB
Kamera

50MP (lebar)

5 MP (ultra lebar)

2MP (makro)

2MP (kedalaman)

Baterai lithium polimer 5000 mAh
Harga sekarang Rp 2.599.000
Gunakan kode voucher CARIST10 untuk mendapatkan diskon 10% Sinyal Pencarian Toko Shopi dan Tokopedia. Klik disini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A13 5G

Samsung Galaxy A13 5G
Layar Silakan TFT 6,5 inci
Chipset Dimensi MediaTek 700
RAM 4GB
Memori batin 64 GB
Kamera

50MP (lebar)

2MP (makro)

2MP (kedalaman)

Baterai lithium polimer 5000 mAh
Masalah harga Rp –
Gunakan kode voucher CARIST10 untuk mendapatkan diskon 10% Sinyal Pencarian Toko Shopi dan Tokopedia. Klik disini!

Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Samsung Galaxy A13 5G

Samsung menonjol dengan fitur 5G pada Samsung Galaxy A13 5G. Namun, bukan hanya itu yang membedakan Samsung Galaxy A13 dengan Galaxy A13 5G. Anda dapat menemukan semua perbedaan antara kedua ponsel di paragraf berikut.

1. Menawarkan desain minimalis

Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G memiliki desain serupa. Yang membedakannya adalah desain kamera belakang. Versi 4G hadir dengan empat kamera sedangkan versi 5G hanya memiliki tiga kamera belakang.

Di bagian belakang, desain kameranya mirip dengan Samsung Galaxy S22 Ultra. Tidak ada tonjolan besar dari modul kamera. Sensor yang ada dari setiap kamera diproduksi secara terpisah. Seolah dibuat menyatu dengan bodi dan ini memberikan kesan mewah. Desain kamera belakang ini dinilai lebih nyaman dan memudahkan meletakkan ponsel di atas meja.

Keduanya masih menggunakan desain bodi plastik minimalis dengan finishing glossy. Hal ini membuat case rentan terhadap sidik jari dan licin. Namun, berkat sisi casing yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam di tangan Anda.

Keunggulan HP Rs 2 juta ini juga ada di bagian sensor sidik jari. Samsung kini telah menempatkan sensor sidik jari bersama dengan tombol power di samping. Lokasi ini memungkinkan Anda membuka dan mengunci ponsel dengan cepat dan mudah.

Kenyamanan ponsel ini untuk penggunaan sehari-hari juga didukung dengan dimensi yang pas, percayalah, dimensinya 165,1 x 76,4 x 8,8 mm pada versi 4G dan dimensi 164,5 x 76,5 x 8,8 mm. Kedua smartphone Android juga memiliki berat yang sama – 195 gram. Dimensinya cukup ideal untuk penggunaan sehari-hari, meski terkesan berat. .

2. Panel layar yang sama, resolusi yang berbeda

layar galaksi a13__1

Layar merupakan bagian penting dari sebuah ponsel. Oleh karena itu, Samsung cukup memperkenalkan perubahan pada Galaxy A13 versi 4G. Perubahan ini diharapkan membuat Anda tetap tertarik dengan ponsel Android ini, meskipun masih bergantung pada jaringan 4G.

Perbaikan yang tampak di bagian samping layar adalah Samsung Galaxy A13 menggunakan resolusi layar terbaik, yakni resolusi Full HD+. Selain itu, layar 6,6 inci ini memiliki kerapatan piksel 400 ppi dan dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 anti gores. Perbarui frekuensi standar 60Hz.

Sedangkan Galaxy A13 5G masih menggunakan layar HD+. Selain itu, layar 6,5 inci ini memiliki kerapatan piksel 270 ppi, yang sayangnya tidak dilindungi oleh lapisan anti gores yang berkualitas. Namun, layar HP ini sudah dilengkapi dengan Perbarui frekuensi 90Hz.

Jika tidak, kedua ponsel masih menggunakan panel LCD PLS. Panel ini adalah panel di layar yang diproduksi oleh Samsung, dan kualitas tampilannya mirip dengan panel IPS. Sudut pandang layar ini juga cukup lebar sehingga cocok untuk bermain game atau menonton video.

Layar kedua ponsel Samsung ini juga mendukung sertifikasi Widevine L1, sehingga Anda dapat melakukan streaming film dalam kualitas HD yang tajam.

3. Chipset 4G vs 5G

ukuran-700-5g

Kedua ponsel Samsung terbaru ini hadir dengan dua landasan pacu yang berbeda. Hal ini dilakukan oleh Samsung untuk memenuhi permintaan pasar saat ini.

Samsung Galaxy A13 kini ditenagai oleh chipset milik Samsung Exynos 850. Prosesor octa-core ini didesain menggunakan teknologi 8nm. Untuk kinerja chipset-memiliki Frekuensi jam hingga 2 GHz dan didukung oleh GPU Mali G52.

Samsung juga memperkenalkan fitur RAM Plus, memungkinkan Anda untuk menambahkan 4 GB RAM virtual ke 4 GB RAM asli. Sayangnya, penambahan RAM dianggap kurang maksimal. Karena masih ada lag saat berpindah antar aplikasi.

Sedangkan Samsung Galaxy A13 5G menggunakan chipset Mediatek Dimensity 700. chipset mid-range dengan proses 7nm yang sudah mendukung kemampuan 5G.

Prosesor octa-core ini terdiri dari dua core Cortex A76 pada 2.2GHz dan enam core Cortex A55 pada 2.0GHz sebagai penghemat daya. Selain itu, ada dukungan GPU Mali G57 dan RAM 4 GB. Berkat karakteristik ini, ponsel dapat digunakan dengan nyaman untuk multitasking dan bermain game dengan lancar.

4. Jumlah kamera belakang yang berbeda

Samsung Galaxy A13 5G

Seperti yang sudah dibahas di bagian desain, perbedaan kedua ponsel Samsung ini terletak pada kameranya. Memang konfigurasi kamera yang digunakan pada Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G tidak jauh berbeda. Hanya saja Samsung Galaxy A13 5G tidak memiliki kamera. ekstra lebar.

Meski murah, Samsung tetap menghadirkan kamera belakang berkualitas di seri Galaxy A13 ini. Untuk kamera utama, sama-sama menggunakan kamera utama 50MP dengan aperture f/1.8 dengan PDAF. Selain kamera utama, terdapat kamera depth 2MP f/2.4 dan kamera makro 2MP f/2.4.

Untuk varian 4G, Samsung kembali dengan kamera ekstra lebar 5 MP setelah sebelumnya hilang dari versi 5G. Kamera ini memiliki aperture f/2.2 dan bidang pandang 123 derajat. Kamera ini memiliki sudut yang cukup lebar dengan keseimbangan putih yang seimbang.

Kekurangan dari kamera HP ini adalah fitur yang ada di aplikasi kamera tidak lengkap. Selain itu, untuk penggunaan malam hari, hasil fotonya kurang maksimal. Namun, dengan pencahayaan yang melimpah, seperti siang hari, foto-foto tersebut memiliki kualitas yang memadai dengan kontras yang tepat.

Perbedaan kamera berlanjut di sektor kamera depan. Samsung Galaxy A13 menggunakan kamera 8 megapiksel f/2.2. Sedangkan Samsung Galaxy A13 versi 5G hanya menggunakan kamera depan 5MP dengan bukaan f/2.0. Hasil kameranya cukup memuaskan, meski kedua kamera depannya memiliki resolusi yang pas-pasan.

5. Baterai

baterai galaksi a13_

Samsung menggunakan baterai berkapasitas standar pada umumnya yaitu 5000 mAh. Menariknya, performa baterai ini sedikit berbeda. Hal ini mungkin disebabkan oleh dua ponsel yang menggunakan chipset yang berbeda.

Samsung Galaxy A13 versi 4G yang menggunakan chipset Exynos sebenarnya lebih hemat daya dibandingkan versi 5G yang menggunakan chipset Mediatek. Versi 5G mengkonsumsi sedikit lebih banyak daya karena modem 5G, yang membutuhkan daya untuk mencari jaringan 5G.

Meski memiliki performa yang berbeda, kedua smartphone Android Samsung ini dibekali dengan teknologi fast charging 15W.

6. Komunikasi

galaksi a13 5g

Jenis koneksi yang didukung oleh kedua ponsel hampir sama. Dual band WiFi 5, Bluetooth 5.0 dan GPS. Namun, untuk jaringan seluler mereka berbeda.

Samsung Galaxy A13 masih menggunakan jaringan 4G. Sedangkan Galaxy A13 5G tentunya sudah menggunakan jaringan 5G. Sedangkan untuk NFC, Samsung Galaxy A13 5G sudah hadir dengan NFC. Sayangnya, Samsung Galaxy A13 tidak memiliki NFC.

7. Harga dan ketersediaan

hubungkan galaksi a13_

Penggunaan chipset yang berbeda juga mempengaruhi harga kedua ponsel yang sudah menawarkan OneUI 4.1 ini. Samsung Galaxy A13 dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 untuk varian RAM 4 GB dan storage 128 GB. Untuk varian RAM 6GB dibanderol dengan harga Rp 2.699.000.

Saat artikel ini diterbitkan, Samsung Galaxy A13 5G belum resmi hadir di Indonesia. Dilihat dari harganya di situs Amazon, ponsel ini dijual sekitar 136 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta. Harganya murah karena hanya menawarkan RAM 4GB. penyimpanan 64GB.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, sepertinya Samsung telah melakukan beberapa perubahan penting pada kedua ponsel seri Samsung Galaxy A ini. Baik versi 4G maupun versi 5G memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Samsung Galaxy A13 4G memiliki keunggulan di sektor layar Full HD, 4 kamera belakang, sistem operasi terbaru dan daya tahan baterai yang lama. Sedangkan Galaxy A13 5G memiliki keunggulan layar 90Hz, chipset yang lebih stabil dan tentunya jaringan 5G.

Tentu saja, Samsung telah mempertimbangkan dengan cermat perubahan dalam versi 4G. Perubahan ini diharapkan dapat menarik pembeli, meski ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G.

Namun, Samsung Galaxy A13 dan Galaxy A13 5G adalah pilihan menarik dengan fitur-fitur hebat di berbagai sektor. Apakah Anda pikir Anda lebih suka versi 4G atau versi 5G?


https://actoncloud.com

Baca juga  Inilah 3 Cara Mudah Screenshot di Samsung Galaxy A13