Juaranya HP Murah, Inilah Perbedaan Samsung Galaxy A04 & Galaxy M04


Pada Desember 2022, Samsung memperkenalkan HP terbaru di kelasnya. Tingkat pertama. Padahal, HP yang masuk dalam M-Series ini harganya hanya satu jutaan. Ini adalah ponsel Samsung Galaxy M04 yang baru saja diluncurkan untuk pasar India.

Meski harganya murah, kemampuan dan karakteristik teknis ponsel ini tidak bisa dianggap remeh. Tengok saja kapasitas baterai serta besaran RAM yang sama-sama besar untuk kelas harga ini.

Samsung Galaxy M04 memiliki baterai 5.000mAh dan RAM 4GB, yang dapat diperluas hingga 4GB. Kapasitas ini mengingatkan kita pada ponsel Samsung. Tingkat pertama Sebelumnya Samsung Galaxy A04. Tak hanya itu, nama dan tampilan kedua ponsel tersebut juga sangat mirip.

Lantas, dengan harga yang tidak berbeda jauh, apakah Samsung Galaxy M04 memiliki spek yang lebih unggul atau sebaliknya? Apa perbedaan antara kedua HP tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Caris Signal membuat beberapa perbedaan dari Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04.

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, simak dulu spesifikasi Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Layar PLS LCD 6,5 inci
Chipset MediaTek Helio R35
RAM 3gb, 4gb
Memori batin 64 GB
Kamera

50 MP (lebar)

2MP (kedalaman)

Baterai Lipo 5000 mAh
Keuntungan Baca di sini

Spesifikasi Samsung Galaxy M04

Samsung Galaxy M04
Layar PLS LCD 6,5 inci
Chipset MediaTek Helio R35
RAM 4GB
Memori batin 64 GB, 128 GB
Kamera

13 MP (lebar)

2MP (kedalaman)

Baterai Lipo 5000 mAh

Perbedaan antara Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04

Melihat karakteristik kedua ponsel tersebut, terlihat beberapa perbedaan yang terlihat di beberapa sektor. Saat ini,Agar lebih jelas, simak perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy M04 berikut ini.

1. Desain bodi

cover galaxy-a04

Sekilas, kedua ponsel ini memiliki tampilan yang cukup identik. Baik Samsung Galaxy A04 maupun Samsung Galaxy M04 memiliki tampilan sederhana dengan desain yang tidak biasa.

Di bagian belakang casing, kedua ponsel ini memiliki desain Tepi sekitarnya yang tampak hebat dipasangkan dengan tepi melengkung. Selain itu, kasing memiliki tekstur yang khas dengan sentuhan akhir. mengkilap. Oleh karena itu, ponsel ini akan nyaman dan nyaman untuk penggunaan jangka panjang tanpa khawatir meninggalkan noda.

Kesederhanaan tampilan terlihat jelas pada penempatan kamera. Keduanya tidak memasukkan kamera ke dalam modul, tetapi menyimpannya tepat di dalam casing. Hal ini membuat kedua ponsel ini terlihat lebih bersih dan simpel, namun tetap menarik.

Tampilan keduanya memang terlihat sama, namun Anda hanya akan merasakan perbedaannya dengan penggunaan yang lama. Pasalnya, kedua ponsel ini memiliki ukuran dan bobot yang sedikit berbeda.

Samsung Galaxy M04 sedikit lebih ringan hanya 188g dengan dimensi yang tidak jauh berbeda yaitu 164.2 x 75.9 x 9.1mm. Sedangkan Samsung Galaxy A04 sedikit lebih berat dengan bobot 192g dengan dimensi 164.4 x 76.3 x 9.1mm.

Perbedaannya sebenarnya kecil, Anda akan tetap merasa nyaman memegangnya dalam waktu lama.

2. Kemampuan layar

galaxy-a04

Dari segi layar, kedua ponsel ini memiliki kemampuan layar yang setara. Baik Samsung Galaxy A04 maupun Samsung Galaxy M04 memiliki layar berukuran 6,5 inci. Selain itu, layar yang digunakan adalah panel LCD PLS masing-masing. Hal ini wajar jika melihat harga yang ditawarkan.

Resolusi yang dicapai juga tidak terlalu tinggi, yakni hanya HD Plus atau 720 x 1600 piksel dengan kerapatan hingga 270 ppi. Bahkan, Perbarui frekuensi milik keduanya juga hanya sampai level 60 Hz saja.

Perbedaan antara keduanya di layar adalah tampilannya. Namun, perbedaan ini bukanlah masalah besar. Samsung Galaxy M04 hanya memiliki rasio body-to-screen yang sedikit lebih besar yaitu 81,8%. Sedangkan Samsung Galaxy A04 hanya 81,3 persen.

Hal ini terlihat dari desain bezel atau case yang mengelilingi layar. Bisa dibilang, Samsung Galaxy M04 memiliki bezel yang sedikit lebih tipis. Namun, keduanya memiliki lebar layar yang sama.

3. Konfigurasi penyimpanan

samsung galaxy m04

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua ponsel ini menggunakan chipset yang sama, yakni MediaTek Helio P35. Chipset ini memang cukup populer di kelasnya dan terkenal dengan tingkat efisiensi baterainya. Chipset ini diproduksi menggunakan proses 12nm dan ditenagai oleh CPU delapan inti.

Prosesor tersebut terdiri dari empat Cortex A53 dengan frekuensi 2,35 GHz dan empat Cortex A53 dengan frekuensi 1,8 GHz. Chipset ini didukung oleh kartu grafis PowerVR GE8320 untuk performa yang lebih baik.

Chipset yang digunakan diklaim mampu memberikan performa cepat dan efisien untuk segala macam aktivitas. Hal ini didukung dengan RAM dan penyimpanan internal yang cukup luas di kelasnya.

Samsung Galaxy A04 menawarkan kombinasi chipset dengan RAM 3GB hingga 4GB. Sedangkan Samsung Galaxy M04 hanya menawarkan RAM 4GB. Menariknya, ada fitur RAM Plus yang bisa diperluas hingga 4 GB. Dengan demikian, mereka dapat memiliki hingga 8 GB RAM.

Tak hanya itu, memori internal keduanya juga cukup besar, tertawa terbahak-bahak. Samsung Galaxy A04 menawarkan penyimpanan internal 64GB sementara Samsung Galaxy menawarkan kapasitas 64GB dan 128GB. Namun, keduanya masih dapat diperluas melalui microSD hingga 1TB.


https://actoncloud.com

Baca juga  Simak 7 Perbedaan Tablet OPPO Pad dan OPPO Pad Air