Ketahui 6 Perbedaan HP 1 Jutaan, Redmi 9a dan Redmi 10a


Xiaomi Redmi dikenal memiliki banyak varian ponsel, sebut saja Redmi 9, Redmi 9c dan Redmi 9a. Varian dengan tambahan “a” di bagian belakang biasanya memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan varian lainnya. Hal ini diperkenalkan oleh Xiaomi agar para pengguna ponsel dapat memilih produk Xiaomi sesuai dengan kebutuhannya.

Xiaomi sendiri memiliki Redmi 9a yang laris manis. Pada tahun 2022, Xiaomi memperkenalkan sederet penerus Redmi 9a, Redmi 10a.

Menarik, meski dijual di kelas mobile Tingkat pertamaRedmi 10a hadir dengan sejumlah Menyegarkan yang membuat ponsel ini layak untuk dipilih diantara ponsel android murah lainnya. Sebut saja desain baru dan kamera belakang baru yang diklaim lebih baik. Uniknya, Redmi 10a dalam beberapa hal memiliki kemiripan karakteristik dengan Redmi 9a.

Lantas, apa perbedaan antara Redmi 9a dan Redmi 10a? Apakah pembaruan tampaknya diharapkan? Atau faktanya Redmi 9a masih lebih baik dari Redmi 10a.

Spesifikasi Redmi 9a

Layar 6.53″ IPS LCD
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 2 GB, 3 GB
memori batin 32 GB
Kamera

13MP (lebar)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Masalah harga Rp1.250.000

Spesifikasi Redmi 10a

Redmi 10A
Layar 6.53″ IPS LCD
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
memori batin 32 GB, 64 GB
Kamera

13MP (lebar)

2MP (kedalaman)

Baterai lithium-ion 5000 mAh
Masalah harga Rp 1.499.000

Perbedaan Spesifikasi Redmi 9a dan Redmi 10a

Sebagai pesaing di pasar ponsel Android murah, Xiaomi Redmi 9a memiliki fitur yang tidak bisa dianggap remeh. Xiaomi menghadirkan layar HD+ yang tajam dan mesin dengan berbagai pilihan RAM. Redmi 10a juga tidak kalah upgrade.

Ponsel android terbaru ini dilengkapi dengan sistem android baru dan pilihan ram dan penyimpanan internal yang berbeda. Hal ini tentu saja membuat konsumen seperti Anda ragu untuk memilih yang terbaik dari keduanya.

Agar tidak bingung lagi, simak perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a berikut ini.

1. Layar

layar redmi 10a_

Sejak dirilis, Xiaomi telah menyiapkan Redmi 9a untuk anak muda Indonesia. Hal ini terlihat dari desain layar lebar yang diusulkan. Layarnya yang besar memungkinkan Anda untuk bermain game dan menonton video dengan lebih leluasa. Sektor ini sepertinya masih dianggap mumpuni oleh Xiaomi. Alhasil, Redmi 10a pun menggunakan spesifikasi layar yang sama dengan Redmi 9a.

Kedua ponsel Android ini tetap percaya diri menggunakan layar panel IPS berukuran 6,53 inci yang nyaman bagi pengguna saat mengetik dan bermain game. Terlebih lagi, layar ini sudah menggunakan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Tampilan menjadi lebih jelas dan detail.

Spesifikasi layar tidak terlalu tinggi. Namun, kedua layar ponsel Xiaomi ini dinilai cukup baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone saat ini.

Layar lebar Redmi 10a tentunya akan memberikan pengalaman yang lebih baik dibandingkan ponsel Android murah lainnya yang masih mengandalkan layar 5,5 inci. Terlebih lagi, layar Redmi 10a hadir dengan perlindungan anti gores Corning Gorilla Glass 3.

2. Baterai

baterai redmi 9a

Seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini, ponsel Tingkat pertama sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan ponsel yang tahan lama. Jadi, Xiaomi memperkenalkan baterai berkapasitas tinggi pada dua ponsel Redmi ini. Redmi 9a dan Redmi 10a dibekali baterai 5000 mAh.

Baterai berkapasitas tinggi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna saat ini. Xiaomi mengklaim bahwa dukungan baterai ini memungkinkan ponsel bertahan lama meskipun ponsel digunakan untuk browsing web, menonton video, atau bermain game.

Redmi 9a dan Redmi 10a juga memiliki fitur pengisian cepat atau pengisian cepat. Fitur ini memungkinkan baterai ponsel Xiaomi terbaru untuk mengisi daya lebih cepat daripada seri Redmi lama. Sayangnya, xiaomi hanya menyediakan fast charging 10W di dua ponsel murah ini.

Untuk menghubungkan handphone ke charger Redmi 9a dan Redmi 10a masih digunakan Pelabuhan USB mikro. Yang membedakan Redmi 9a adalah fitur USB On The Go.

3. Resolusi kamera

kamera redmi 10a_

Melihat dari segi kamera, Xiaomi memang sudah menyiapkan seri Redmi dengan sektor kamera yang berkualitas, meski ponsel ini dijual dengan harga murah. Keduanya hanya mengandalkan satu kamera belakang dan satu kamera depan. Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a di bagian ini adalah Redmi 10a dibekali sensor yang lebih baru, sehingga foto dan video lebih jernih dan jelas.

Xiaomi Redmi 9a dibekali kamera utama 13MP f/2.2, sedangkan Redmi 10a dibekali kamera utama 13MP dan kamera depth 2MP. Selain itu, Redmi 9a menggunakan teknologi PDAF sedangkan Redmi 10a menggunakan teknologi AF (autofocus) konvensional.

Sedangkan untuk kamera depan, kedua ponsel Xiaomi ini juga dilengkapi dengan kamera depan untuk foto dan video selfie. Meski kamera depan ini hanya 5MP, namun mampu menampilkan foto dan video lebih jernih dibandingkan ponsel Android murah lainnya. Terlebih lagi, Redmi 9a sudah menggunakan lensa wide-angle pada kamera depan 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2.

4. Mesin

helio g25_

Jika membandingkan sektor mesin, Redmi 9a dan Redmi 10a menggunakan mesin. Tingkat pertama yang tidak lamban. Bodi ponsel Redmi ini dibekali dengan chipset Mediatek Helio G25 yang diproduksi menggunakan proses 12nm. Chipset ini terdiri dari prosesor octa-core yang didukung oleh GPU PowerVR GE8320. Delapan core tersebut terdiri dari 4x Cortex A53 pada 2.0GHz dan 4x Cortex A5 pada 1.5GHz.

Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a selanjutnya terlihat pada sektor RAM dan memori internal. Redmi 9a memiliki RAM 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Ada juga varian dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Sedangkan Redmi 10a memiliki RAM 3GB dengan dua pilihan penyimpanan internal yakni 32GB dan 64GB.

Pilihan memori internal memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel masa kini, terutama yang suka menyimpan foto dan video. Namun, Anda dapat menambahkan microSD 1TB di Redmi 10a dan 512GB di Redmi 9a.

Dari segi sistem operasi, Redmi 10a sudah menjalankan Android 11 sedangkan Redmi 9a masih menjalankan Android 10.

5. Desain

redmi 9a tidak ada sidik jari

Berfokus pada pengguna muda, Redmi menggunakan desain premium 3D Unibody dengan teknologi anti slip di bagian belakang casing. Secara tampilan, kedua smartphone Android murah ini tidak jauh berbeda.

Perbedaan Redmi 9a dan Redmi 10a terlihat di bagian belakang casing, di mana Redmi 9a menggunakan modul kamera belakang berbentuk pil yang meluncur ke bawah. Sedangkan. Redmi 10a menggunakan modul kamera belakang berbentuk persegi. Modul ini memiliki kamera, flash dan sensor sidik jari.

Bagian belakang ponsel Xiaomi terbaru ini terlihat lebih rapi. Ini karena pemindai sidik jari ditempatkan di bodi kamera sebagai fitur keamanan. Tidak seperti Redmi 9a, ia tidak memiliki pemindai sidik jari.

Dari segi ukuran, Redmi 9a dan Redmi 10a tampak lebih tipis dan ringan. Hal ini untuk memudahkan pengguna ponsel untuk memegang dan membawa ponsel ini saat bepergian.

6. Harga

Xiaomi Redmi 9A

Bicara soal harga, perbedaan antara Redmi 9a dan Redmi 10a cukup mencolok. Redmi 9a dijual dalam dua versi: RAM 2GB dan storage 32GB seharga Rp1.249.000 serta RAM 3GB dan storage 32GB seharga Rp1.399.000.

Redmi 10a dibanderol dengan harga Rs 1.499.000 untuk versi RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Ada juga versi dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB seharga Rs 1.599.000.

Kesimpulan

Pembaruan yang diperkenalkan oleh Xiaomi pada Redmi 10a benar-benar memiliki desain yang berbeda. Meskipun produk Tingkat pertamaRedmi 10a dilengkapi dengan desain yang cukup mewah dan user friendly. Selain itu, sektor kamera juga mengalami perubahan drastis, sehingga ponsel kamera ini semakin diminati pengguna muda Indonesia.

Dengan pilihan penyimpanan internal hanya 32GB, Redmi 9a terasa kurang memuaskan, meski spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan Redmi 10a. Untungnya, Xiaomi menyediakan pilihan RAM 2GB, sehingga ponsel ini cocok untuk Anda yang mencari produk HP berkualitas dan terjangkau.


https://actoncloud.com

Baca juga  14 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi dan 4G Terbaik di Android