Yuk Cari Tahu Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c


Xiaomi memang terkenal sebagai salah satu produsen yang memiliki banyak produk di seri smartphone. Contohnya adalah kehadiran Redmi 10 yang akan dirilis pada akhir tahun 2021. Lalu ada Redmi 10 2022.

Pada April 2022, Xiaomi kembali memperkenalkan varian baru Redmi 10c. Menariknya, ponsel Android terbaru ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan versi lama.

Tentunya dengan selisih harga yang sedikit membuat Anda sebagai pembeli ponsel baru ragu-ragu untuk menentukan pilihan. Pasalnya, Xiaomi telah menyembunyikan RAM 4 GB dan penyimpanan internal yang besar di kedua ponsel seri Redmi ini.

Selain itu, kedua desain tersebut juga terlihat mewah meski dijual dengan harga murah. Tidak heran Xiaomi berharap untuk Redmi 10. baris Pecinta gadget di kalangan anak muda memang tertarik.

Spesifikasi Redmi 10

Layar 6,5 inci IPS LCD
Chipset MediaTek Helio G88
ram 4 GB, 6 GB
memori batin 64 GB, 128 GB
Kamera

50MP (lebar)

8 MP (ultra lebar)

2MP (makro)

2MP (kedalaman)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Masalah harga Rp 1.999.000

Spesifikasi Redmi 10c

redmi 10c_
Layar 6.71″ IPS LCD
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
ram 4GB
memori batin 64 GB, 128 GB
Kamera

50MP (lebar)

2MP (kedalaman)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Masalah harga Rp 1.849.000

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10s

Meski produk Xiaomi ditujukan untuk pasar ponsel Android murah, namun tidak hadir dengan spesifikasi yang sudah jadi. Xiaomi bahkan memperkenalkan layar beresolusi tinggi dan kamera beresolusi tinggi untuk memanjakan pengguna setia ponsel Redmi.

Entri Xiaomi Redmi 10c tidak dimaksudkan untuk menggantikan Redmi 10. Pasalnya, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Apalagi harga jual Redmi 10c lebih murah. Sehingga banyak yang mengira bahwa Xiaomi Redmi 10c merupakan varian termurah dari seri Xiaomi Redmi 10.

Biar nggak penasaran, berikut perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c yang bisa kamu pertimbangkan saat membeli.

1. Layar

Redmi 10S

Sebagai ponsel entry-level, kedua smartphone Xiaomi ini masih menggunakan layar dengan panel IPS LCD. Layar IPS ini terbilang ketinggalan zaman, namun tetap mampu menampilkan detail foto dan video dengan baik.

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10c terlihat di layar. Redmi 10c menggunakan layar 6,71 inci. Layar ini mendukung resolusi HD+ 720 x 1650 piksel. Sayangnya, layar ini hanya dilindungi dari goresan biasa oleh Corning Gorilla Glass.

Berbeda dengan layar Redmi 10 biasa. Ponsel Android ini hanya menggunakan layar 6,5 inci. Meski lebih kecil, layar ini mendukung resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Layar ponsel ini mendukung kecepatan refresh 90Hz. Dengan teknologi ini, Anda dapat menikmati foto dan video yang lebih detail untuk memainkan game yang lebih lancar.

2. Baterai

Redmi 10S

Xiaomi memperkenalkan baterai berkapasitas tinggi pada dua ponsel Redmi ini. Redmi 10 dan Redmi 10c dibekali baterai 5000 mAh. Baterai besar ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna saat ini. Xiaomi mengklaim bahwa baterai ini dapat bertahan lama meskipun ponsel digunakan untuk browsing web, menonton video, atau bermain game.

Xiaomi juga memiliki fitur bawaan pengisian cepat 18W pada Xiaomi Redmi 10 dan Redmi 10c. Fitur ini mempercepat pengisian baterai pada ponsel Xiaomi terbaru. Yang membuat mereka berbeda satu sama lain adalah biaya terbalik 9W di Redmi 10. Fitur ini memungkinkan Redmi 10 menjadi baterai eksternal dan mengisi daya perangkat lain.

3. Resolusi kamera

redmi 10

Meski Redmi 10 dan Redmi 10c dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda, keduanya memiliki sektor kamera yang berbeda.

Untuk Xiaomi Redmi 10, ada empat kamera belakang fungsional yang siap mengabadikan setiap momen Anda dengan jelas. Kamera belakang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultra lebar 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera belakang kedalaman 2 MP. Kamera tambahan sangat lebar Ini dikatakan memungkinkan foto dan video diambil lebih luas.

Dengan mengupgrade ke Xiaomi Redmi 10c, Anda hanya akan mendapatkan dua kamera belakang. Meski hanya ada dua, kamera ini dibekali dengan teknologi terkini. Kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 50MP dan kedalaman 2 MP. Kamera ini dilengkapi dengan sensor yang membuat foto dan video lebih jernih bahkan saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Selain kamera belakang yang berbeda, kedua ponsel Xiaomi ini juga dibekali dengan kamera depan beresolusi berbeda yang mampu mengambil foto dan video selfie. Redmi 10 dibekali kamera depan 8MP, sedangkan Redmi 10c masih menggunakan kamera depan 5MP. Tentu saja, kamera depan Redmi 10 lebih jernih dan detail.

4. Sektor dapur pacu

Ilustrasi chipset Helio G88

Saat membongkar bagian mesin, Anda akan menemukan dua mobil dengan karakter berbeda. Hal ini terjadi karena Xiaomi Redmi 10 dibekali dengan chipset Mediatek Helio G88 yang memiliki GPU Mali G52. Sementara itu, Xiaomi Redmi 10c ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan GPU Adreno 610.

Performa mesin Redmi 10 sangat bagus untuk permainan kelas ringan. Selain itu, chipset ini mendukung teknologi Hyperengine, yang memastikan pengalaman bermain game yang lancar. Sementara itu, performa mesin Redmi 10c diklaim lebih tinggi dan tidak mudah ketinggalan karena prosesor yang digunakan berkecepatan tinggi. Untungnya, kedua ponsel sudah menggunakan RAM 4GB, meskipun Redmi 10 juga memiliki varian RAM 6GB.

Mengenali fitur-fitur smartphone modern, Xiaomi menawarkan penyimpanan 64 GB dan 128 GB untuk kedua seri Redmi. Bedanya untuk penyimpanan tambahan, Redmi 10 bisa menambahkan slot microSD hingga 512GB. Sedangkan Redmi 10c bisa menambahkan slot microSD hingga 1TB.

Pilihan memori internal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna ponsel masa kini, terutama yang suka menyimpan foto dan video.

5. Desain

redmi 10

Desain adalah perbedaan yang cukup mencolok antara Redmi 10 dan Redmi 10c. Dilihat dari layar dan kamera depannya, Redmi 10 memiliki desain layar dengan tepi tipis, dilengkapi dengan kamera depan berbentuk lubang kecil. Di panel belakang adalah modul kamera persegi panjang. Modul ini berisi empat kamera.

Untuk Redmi 10c, memiliki desain layar takik dengan kamera selfie tetesan air atau tetesan air. Di bagian belakang, modul kamera memiliki bentuk persegi dengan ujung membulat. Modul kamera ini berisi dua kamera.

Untuk sensor sidik jari, Xiaomi menempatkan tempat yang berbeda. Redmi 10 memiliki pemindai sidik jari di bagian samping yang terintegrasi dengan tombol power. Sedangkan Redmi 10c memiliki pemindai yang terletak di bagian belakang di samping kamera.

6. Harga

harga redmi 10c

Bicara soal harga, perbedaan antara Redmi 10 dan Redmi 10c sangat mencolok. Pada September 2021, Redmi 10 akan dijual dalam dua versi: dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB untuk Rs 1.999.000 dan RAM 6 GB dan penyimpanan 128GB seharga Rp. 2.399.000,00

Redmi 10c dibanderol dengan harga Rs 1.899.000 untuk versi RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Ada juga versi dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 128 GB seharga Rp 2.099.000

Kesimpulan

Masuknya Xiaomi Redmi 10c ke pasar ponsel entry level di Tanah Air memang menarik perhatian. Ponsel Android murah ini konon dibanderol Rp 1 jutaan dengan chipset berkualitas dan kamera jernih. Apalagi layar yang dihadirkan cukup besar dan luas, sehingga akan nyaman untuk bermain game di smartphone ini.

Meskipun demikian, Redmi 10 masih memiliki beberapa keunggulan. Pada bagian kamera, ponsel Android 4G ini dibekali dengan sektor kamera yang lebih lengkap. Anda dapat membuat foto dan video yang menakjubkan dengan kamera belakang atau depan perangkat ini. Meski ukuran layarnya lebih kecil, layar ponsel ini menggunakan resolusi tinggi, sehingga detail foto dan video lebih bagus.


https://actoncloud.com

Baca juga  10 HP Xiaomi Harga di Bawah 3 Jutaan Terbaik (September 2022)