Inilah 7 Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3


Realme telah menjadi salah satu produsen smartphone yang muncul yang telah memperkenalkan banyak smartphone berkualitas dalam beberapa tahun terakhir. Menariknya, selain varian Narzo yang diklaim sebagai smartphone gaming, ternyata realme juga memiliki varian GT yang memiliki performa dan fitur lebih lengkap dibandingkan seri lainnya.

Misalnya saja realme GT Neo2 yang dirilis pada tahun 2021 silam. Opsi ini diklaim lebih baik dalam hal kinerja di semua sektor pada titik harga kelas menengah. Pabrikan asal China ini bahkan mengklaim ponsel ini cocok untuk para gamer maupun pengguna profesional.

Sukses dengan seri GT Neo2, di tahun 2022 realme memperkenalkan GT Neo 3. Ponsel Android terbaru ini disebut-sebut memiliki sejumlah keunggulan yang ditingkatkan dibanding seri GT sebelumnya. Realme bahkan mengklaim ponsel ini memiliki performa ponsel flagship di kisaran harga menengah. Terlepas dari spesifikasi gaming, fitur lain dari ponsel ini juga cukup cocok untuk pengguna kasual dan kerja.

Lantas, apa perbedaan antara realme GT Neo2 dan GT Neo 3? Apakah kedua ponsel realme ini hanya bagus untuk gaming? Simak poin-poinnya di bawah ini.

Spesifikasi realme GT Neo2

Layar AMOLED 6,62 inci
Chipset Snapdragon 870
RAM 12 GB
memori batin 256 GB
Kamera

64MP (lebar)

8 MP (ultra lebar)

2MP (makro)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Masalah harga Rp 6.499.000

Spesifikasi realme GT Neo 3

realme GT Neo3
Layar Super AMOLED 6,7 inci
Chipset Dimensi MediaTek 8100
RAM 8 GB
memori batin 256 GB
Kamera

50MP (lebar)

8 MP (ultra lebar)

2MP (makro)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Masalah harga Rp 6.999.000

Perbedaan antara Realme GT Neo2 dan GT Neo 3

Smartphone kelas menengah dan atas biasanya hadir dengan salah satu spesifikasi terbaik, yang sayangnya biasanya mengorbankan spesifikasi lainnya. Misalnya, jika smartphone mengungguli podium dapur, terkadang memiliki sektor kamera atau sektor layar biasa.

Realme mencoba menawarkan hal berbeda dengan seri GT Neo ini. Lantas, apa perbedaan antara realme GT Neo2 dan GT Neo 3? Apakah kedua ponsel realme ini hanya berguna untuk bermain game berdasarkan performa dapurnya? Simak poin-poinnya di bawah ini.

1. Desain pesta

membangun kualitas realme gt neo 3_

Perbedaan antara realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3 terlihat jelas tentunya pada bagian desain. Memang, kedua ponsel realme ini memiliki desain gaya gaming yang unik dan khas yang tidak membosankan. GT Neo2 dan GT Neo 3 memiliki bagian belakang yang mulus dengan material kaca yang tidak mudah tergores sidik jari.

Perbedaan mencolok terletak pada modul kamera, di mana dua ponsel Realme menggunakan tiga kamera dan LED flash yang berbeda. Kamera belakang realme GT Neo2 terdiri dari 2 kamera besar dan kamera kecil dengan 2 LED flash. Sedangkan untuk kamera depan, kamera selfie terletak di sudut atas layar.

Sementara itu, realme GT Neo 3 merupakan setup kamera belakang dengan komposisi kamera utama yang cukup besar dengan dua kamera sekunder. Ada juga lampu kilat LED berbentuk oval. Kamera depan dipasang di bagian tengah atas layar.

Berbicara tentang dimensi, GT Neo2 berukuran 162,9 x 75,8 x 9mm dan berat 200 gram. GT Neo 3 berukuran 163,3 x 75,6 x 8,2 mm dan berat 188 gram. Tentu saja demi kenyamanan pengguna, GT Neo 3 lebih baik. Ponsel kelas menengah ini terlihat lebih tipis dan ringan.

2. Tampilan

layar realme gt neo2

Perbedaan selanjutnya antara Realme GT Neo2 dan GT Neo 3 adalah layarnya. Perbedaannya sebenarnya cukup kentara, namun memberikan pengalaman yang berbeda pada kedua perangkat.

Realme GT Neo2 menggunakan layar 6,62 inci. Layar ini sudah menggunakan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Layar ini dilengkapi fitur HDR10+, sehingga Anda bisa menikmati konten HDR sambil streaming dengan nyaman. Bahkan, layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1300 nits.

Melihat realme GT Neo 3, smartphone ini menggunakan layar yang sedikit lebih lebar yakni 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2412 piksel. Kedua layar menampilkan kecepatan refresh 120Hz. Yang membuatnya berbeda, layar ini memiliki sudut pandang yang bagus plus warna standar 10-bit yang mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona.

Keunggulan layar ponsel ini juga berkat prosesor layar khusus. Teknologi ini akan menambah frame saat bermain game yang membutuhkan frame rate tinggi. Dengan semua fitur tersebut, tidak heran jika layar Realme GT Neo 3 menjadi salah satu yang terbaik untuk harganya.

3. Podium di dapur

Dimensi 8100

Seperti yang sudah dibahas di atas, realme GT series merupakan smartphone yang menawarkan performa di segala sektor, terutama di sektor dapur pacu. Realme pun tak acuh memasukkan chipset premium ke ponsel kelas menengah. Anda tidak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam untuk merasakan performa chipset kelas atas.

Menganalisis realme GT Neo2, smartphone realme ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 870. Merupakan SOC manufaktur 7nm yang memiliki konfigurasi octa-core, yaitu 1 unit Kryo 585 Prime berbasis Cortex A77 (3.2GHz), 3 unit Kryo 585 Gold berbasis Cortex A77 (2,42 GHz) dan 4-core Kryo 585 Silver berbasis Cortex A55 (1,8 GHz).

Performa SOC ini semakin kuat dengan dukungan GPU Adreno 650 dan RAM 12GB. Spesifikasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai game dengan grafis 3D tanpa masalah. Khususnya. Anda dapat menyimpan berbagai game dan file dengan memori internal 256 GB.

Sedangkan realme GT Neo 3 dibekali prosesor SOC Mediatek Dimensity 8100 dengan teknologi proses 5nm. SOC ini memiliki fitur hemat daya yang cukup baik mirip dengan chipset premium. Chipset tangguh ini memiliki konfigurasi octa-core yang terdiri dari 4 core Cortex A78 (2.85GHz) dan 4 core Cortex A55 (2GHz). Sedangkan untuk GPU, ia memiliki GPU Mali G610 MC6 bawaan.

Realme GT Neo 3 dibekali dengan memori internal 256 GB. Sedangkan untuk RAM, ada dua pilihan. Yang pertama adalah Realme GT Neo 3 80W dengan RAM 8 GB. Yang kedua adalah Realme GT Neo 3 120W dengan RAM 12 GB.

Saat diuji di AnTuTu, GT Neo2 mencetak 722.028 poin, sedangkan GT Neo 3 mencetak 812.535 poin. Ini membuktikan bahwa peningkatan performa pada realme GT Neo 3 sangat besar. Sayangnya, karena Dimensity baru dirilis pada Maret 2022, banyak game yang belum dioptimalkan dengan baik.

4. Kamera

kamera realme gt neo2

Perbedaan selanjutnya antara Realme GT Neo2 dan GT Neo 3 adalah kameranya. Realme berusaha menyeimbangkan kinerja semua sektor ponsel ini termasuk kamera. Pada seri GT Neo2, Anda akan menemukan 3 kamera belakang dengan kamera utama 64MP dengan sensor SONY IMX 682 f/1.8. Kamera kedua adalah kamera ultra wide-angle 8MP dengan bidang pandang 119 derajat f/2.3. Dan kamera ketiga adalah kamera makro 2 megapiksel f/2.4.

Dengan beralih ke realme GT Neo 3, Anda akan mendapatkan kualitas kamera yang berkualitas selain performa dapur pacu yang cepat. Hampir sama dengan seri GT Neo2, smartphone ini menggunakan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50MP IMX 766 f/1.9 dengan fungsi PDAF dan OIS, untuk kamera kedua terdapat kamera ultra-wide 8MP f/2.3 dengan 120 -area derajat, dan kamera ketiga adalah kamera makro 2MP dengan bukaan f/2.4.

Kelebihan dari kamera GT Neo 3 adalah saat merekam video dalam resolusi Full HD, terdapat fungsi EIS yang aktif, video yang direkam akan stabil dan jauh dari efek goyang.

Demi kemiripan, kedua ponsel Realme ini masih menggunakan kamera depan 16 megapiksel dengan bukaan f/2.5.

5. Baterai

realme gt neo 3 pengisian cepat_

Dilihat dari bagian baterai, kedua ponsel realme ini hadir dengan baterai 5000mAh. Untungnya, penggunaan layar AMOLED dan chipset hemat daya memperpanjang masa pakai baterai. Perbedaannya terletak pada fitur fast charging yang dimiliki kedua ponsel realme ini.

Realme GT Neo2 dilengkapi dengan pengisian cepat 65W. Fitur ini diklaim memungkinkan ponsel terisi penuh dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 36 menit.

Realme GT Neo 3 memiliki dua pilihan yang berbeda pada charger yang digunakan. Yang pertama adalah Realme GT Neo 3 80W. Dengan teknologi ini, HP dapat diisi dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 32 menit.

Ada juga varian 150W Realme GT Neo 3. Varian ini hadir dengan baterai 4500 mAh. Dengan dukungan pengisi daya 150W, ponsel ini dapat diisi dari 0 hingga terisi penuh hanya dalam waktu 16 menit. Selain itu, varian ini hadir dengan RAM 12 GB.

6. Komunikasi

realme GT Neo2

Pilihan konektivitas kedua ponsel Realme juga tidak jauh berbeda. Kedua ponsel kelas menengah ini sudah menggunakan jaringan 5G. Dari segi Bluetooth, GT Neo 3 sudah dilengkapi Bluetooth 5.3, sedangkan GT Neo2 masih dilengkapi Bluetooth 5.1.

Kedua ponsel Android 5G ini juga memiliki fitur NFC. Namun, GT Neo 3 dilengkapi dengan NFC dua arah.

7. Paket penjualan dan harga

realme GT Neo3

Realme menyediakan paket yang cukup lengkap di dalam box untuk Realme GT Neo2 dan GT Neo 3. Anda masih akan menemukan charger dan kabel USB Type C, casing, SIM card ejector, layar anti gores, buku petunjuk, dan kartu garansi.

Untuk harga, kedua ponsel ini dibandrol dengan harga yang menarik jika melihat spesifikasi yang diberikan. Saat pertama kali dirilis pada tahun 2021, realme GT Neo dijual seharga Rp6.499.000. Sayangnya, pada tahun 2022, produk ini semakin jarang ditemukan. Kalaupun ada, harganya naik menjadi 7 juta rupiah.

Jadi memiliki realme GT Neo sebenarnya bisa menjadi alternatif yang menarik mengingat harganya yang tidak jauh berbeda. Realme GT Neo 3 150W dijual seharga Rs 7.999.000 sedangkan varian 80W dijual seharga Rs 6.799.000.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga 6 jutaan, perbedaan realme GT Neo2 dan GT Neo 3 cukup menarik. Pasalnya, kedua ponsel ini memiliki fitur yang seimbang, terutama layar, podium, dan kamera. Namun untuk kebutuhan sehari-hari, sepertinya GT Neo 3 lebih baik karena memiliki layar yang lebih detail dan tajam. Tidak hanya itu, fitur fast charging yang diperkenalkan juga sangat cepat, sehingga Anda dapat menggunakan ponsel dengan lebih cepat.


https://actoncloud.com

Baca juga  10 Tablet Huawei Terbaru dan Spesifikasinya (Agustus 2022)