Selisih Harga Sedikit, Inilah Perbedaan realme C30 dan realme C31


Pada Maret 2022, realme C31 resmi dirilis di Indonesia, dan realme C30 dirilis beberapa bulan kemudian, yakni pada Juli 2022. Dua ponsel terakhir dari realme berada di kelas menengah ke bawah dengan harga yang sangat terjangkau. kisaran 1 juta rupiah.

Meski memiliki banderol harga yang cukup murah, namun kualitas spek yang dibawanya mampu bersaing dengan baik dengan HP lain di kelasnya. Baik wilayah C30 dan wilayah C31 didasarkan pada chipset Unisoc Tiger T612 dengan manufaktur 12 nm.

Unisoc Tiger T612 adalah chipset yang dilengkapi dengan delapan inti CPU, terdiri dari dua inti ARM Cortex-A75 dan enam inti ARM Cortex-A55 dengan kecepatan masing-masing hingga 1,8GHz. Sementara itu, komponen pendukung yang bertanggung jawab untuk mengolah tampilan grafis dari chipset ini adalah GPU ARM Mali-G57 MC2.

Meskipun keduanya berada di kelas menengah bawah HP, keduanya memiliki harga yang sedikit berbeda, sehingga spesifikasi dan kemampuannya pasti akan berbeda juga. Mungkin Anda akan bingung saat memilih ponsel besutan Realme ini.

Namun jangan khawatir, pada artikel kali ini kami akan mencoba membuat daftar perbedaan antara realme C30 dan realme C31. Jadi, baca artikel ini sampai habis, ya!

Spesifikasi realme C30

Layar 6,5 inci IPS LCD
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 2 GB, 4 GB
Memori batin 32 GB, 64 GB
Kamera

8MP (lebar)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Keuntungan Baca di sini

Spesifikasi realme C31

realme C31
Layar 6,5 inci IPS LCD
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori batin 32 GB, 64 GB
Kamera

13MP (lebar)

2MP (makro)

2 MP (monokrom)

Baterai polimer lithium 5000 mAh
Harga sekarang Rp 1.649.000

Perbedaan antara realme C30 dan realme C31

Dilihat dari gambar dan daftar spesifikasinya, kedua ponsel ini memiliki tampilan yang cukup mirip di bagian depan, sedangkan di bagian belakang terlihat berbeda. Perbedaan kedua ponsel ini tidak hanya pada tampilannya saja, simak daftarnya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

1. Desain dan dimensi

realme c31

Realme selalu berusaha memberikan desain yang berkualitas untuk setiap ponselnya. Kedua ponsel ini, realme C30 dan realme C31, memiliki desain dan tampilan depan yang serupa dengan penempatan kamera berbentuk notch. tetesan air di bagian tengah atas layar.

Di sisi belakang, kedua ponsel ini memiliki desain yang sama sekali berbeda. Realme C31 memiliki desain seperti HP unggulan realme GT2 Pro dengan menyelaraskan lokasi modul kamera. Sedangkan realme C30 hanya memiliki satu kamera utama di bagian belakang dan bodinya bertekstur seperti koper dengan garis vertikal.

Terlepas dari modul kamera dan desain bodi yang berbeda, realme C30 memiliki ukuran dan bobot yang lebih kecil dari realme C31. Realme C30 berukuran 164.1 x 75.6 x 8.5mm dan berat 182g, sedangkan realme C30 berukuran 164.7 x 76.1 x 8.4mm dengan bobot sedikit lebih berat di 197g.

2. Layar

realme c30

Sedangkan untuk layar, kedua ponsel ini dilengkapi dengan layar ponsel kelas menengah yang berkualitas tinggi. Baik Realme C30 maupun Realme C31 memiliki ukuran layar 6,5 inci dengan dukungan panel IPS LCD dan aspek rasio 20:9.

Selain itu, kedua ponsel ini juga memiliki kejernihan layar yang mampu mereproduksi warna dan detail meski tidak terlalu mencolok. Layar kedua ponsel ini memiliki resolusi HD+ dengan resolusi 720 x 1600 piksel.

Secara umum kedua ponsel ini tidak memiliki perbedaan yang cukup besar, namun realme C31 memiliki sedikit keunggulan pada bagian keamanan layar yang menggunakan teknologi tersebut. Kaca Panda sebagai pelindung goresan yang bukan milik realme C30.

3. Chipset

unisoc t612 realme c30_

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kedua ponsel ini ditenagai oleh chipset UNISOC, Unisoc Tiger T612, yang diproduksi menggunakan proses 12nm. Chipset yang juga digunakan pada Narzo 50A Prime ini cukup menarik dan cocok untuk penggunaan sehari-hari karena efisiensi baterai.

Tiger T612 merupakan chipset CPU octa-core, terdiri dari dua core pertama sebagai performance cluster yaitu Cortex-A75 pada 1.8GHz, dan enam core sisanya sebagai efficiency cluster yaitu Cortex-A55 pada 1.8GHz. .

Selain delapan core CPU, chipset ini juga memiliki beberapa komponen lain, yakni GPU Mali-G57, ISP tri-core, dan modem 4G. Menariknya, chipset ini mendukung penyimpanan UFS 2.2 yang dapat mempercepat proses baca tulis. file dalam memori internal.

Perbedaan kedua ponsel ini terletak pada kombinasi RAM yang harus dicocokkan dengan chipset ini. Realme C30 memiliki tiga kombinasi RAM yang bisa digabungkan, yakni 2GB, 3GB, dan 4GB. Sedangkan realme C31 hanya memiliki dua kombinasi RAM, yakni 3GB dan 4GB.

4. Spesifikasi Kamera

kamera realme c30

Sektor kamera menjadi perbedaan paling mencolok antara Realme C30 dan Realme C31. Realme C31 memiliki keunggulan numerik dengan tiga kamera belakang yang disusun dalam pola zigzag, sedangkan realme C30 hanya memiliki satu kamera utama di bagian belakang.

Ketiga kamera milik realme C31 ini memiliki spesifikasi kamera utama 13MP (f/2.2), kamera makro 2MP (f/2.4), dan sensor kedalaman 0,3MP (f/2.8). Sementara itu, Realme C30 memiliki kamera utama 8MP (f/2.0) di bagian belakang.

Di bagian depan kedua ponsel ini terdapat spesifikasi kamera. selfie sama, yaitu 5 MP (f / 2.2), yang secara struktural ditempatkan di tengah bagian atas tetesan air. Kualitas video yang dihasilkan juga tidak berbeda, dengan kamera belakang yang mampu merekam video 1080p pada 30fps, sedangkan kamera depan mampu 720p pada 30fps.

5. Fitur tambahan

realme c31

Perbedaan harga antara kedua ponsel juga harus diperhitungkan. Pasalnya dengan harga yang lebih mahal, realme C31 sudah memiliki sensor pemindai sidik jari yang dipadukan dengan tombol. kekuatan di samping. Sedangkan realme C30 tidak memiliki fungsi ini, sehingga proses otentikasi akan lebih rumit.

Tak hanya itu, realme C31 juga memiliki dukungan sensor yang lebih lengkap dibandingkan realme C30. Sensornya adalah giroskop, yang akan sangat menyederhanakan permainan menembak.

Sistem antarmuka kedua ponsel ini juga sangat berbeda, meski sama-sama berbasis Android 11. Realme C30 menggunakan sistem antarmuka realme UI Go Edition sedangkan realme C31 menggunakan sistem UI R Edition.

Kesimpulan

Realme menjual dengan harga berbeda dan tetap menawarkan HP dengan kualitas mewah di kelasnya. Realme C31 dengan harga lebih mahal memiliki fitur dan spesifikasi unggulan, seperti di bidang kamera dan fitur tambahan lainnya.

Namun, realme C30 akan cocok untuk Anda yang memiliki anggaran lebih kecil. Realme C30 juga cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan fitur lengkap untuk ponsel kelas menengah.

Jadi, jika Anda memiliki anggaran lebih, Realme C31 benar-benar menjadi pilihan Anda. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan agar pilihan ini lebih mudah bagi Anda.


https://actoncloud.com

Baca juga  Cari Tahu 6 Perbedaan OPPO A16, A16e dan A16k Berikut Ini