Sedikit Mirip, Ini 7 Perbedaan realme 9 Pro dan realme 10 Pro


Pada Desember 2022, Realme 10 Pro resmi masuk pasar China. Kehadiran smartphone ini melanjutkan varian Realme 9 Pro yang dirilis pada awal tahun 2022.

Realme 10 Pro sebenarnya produk baru, namun ada beberapa spek yang masih mirip dengan realme 9 Pro. Ciri-ciri tersebut dipertahankan karena masih fungsional dan layarnya masih bersaing dengan spesifikasi ponsel masa kini.

Tentu saja menarik untuk membandingkan kedua ponsel Android asli ini. Apalagi keduanya dirancang untuk pasar kelas menengah.

Nah, pembahasan pada artikel kali ini akan menjawab pertanyaan apa saja perbedaan Realme 9 Pro dan Realme 10 Pro. Simak langsung pembahasan berikut ini.

Spesifikasi Realme 9 Pro

Layar LCD IPS 6,6 inci
Chipset QualcommSnapdragon 695
RAM 6gb, 8gb
Memori batin 128 GB
Kamera

64 MP (lebar)

8 MP (ultra lebar)

2 MP (makro)

Baterai Lipo 5000 mAh
Keuntungan Baca di sini

Spesifikasi Realme 10 Pro

Realme 10 Pro 5G
Layar LCD IPS 6,72″.
Chipset QualcommSnapdragon 695
RAM 8gb, 12gb
Memori batin 256 GB
Kamera

108 MP (lebar)

2MP (kedalaman)

Baterai Lipo 5000 mAh

Perbedaan Realme 9 Pro dan Realme 10 Pro

Baik 9 Pro dan 10 Pro siap untuk menarik konsumen yang menyukai fotografi. Menariknya, konfigurasi kamera yang digunakan berbeda. Tentu akan menarik untuk melihat perbedaan yang lebih lengkap dari kedua ponsel tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Desain elegan, modul kamera berbeda

realme 10 pro

Realme berusaha memahami kebutuhan pasar yang membutuhkan desain ponsel yang berbeda di antara ponsel yang sama. Dengan demikian, Realme menghadirkan desain yang mewah, meski ponsel ini dijual dengan harga menengah.

realme 9 Pro memiliki casing belakang polikarbonat yang mengkilap dengan efek kilau kaca. Uniknya, jika bagian tubuh bagian belakang ini terkena sinar matahari, maka bagian tubuh bagian belakang ini akan berubah warna menjadi kemerahan. Desain ini hanya tersedia dalam warna biru dan disebut Light Shift Design.

Untuk pilihan warna lainnya, housing tidak akan berubah warna saat terkena sinar matahari.

realme 10 pro

Sedangkan untuk letak kamera, terdapat tiga kamera di bagian belakang ponsel ini dalam modul plastik transparan berbentuk persegi. Sedangkan untuk bagian depannya, Realme mengandalkan desain model kamera hole-punch yang terletak di sisi kiri atas layar ini.

Menilik bagian belakang Realme 10 Pro, ponsel ini menggunakan desain back case bernama Light Particle. Bagian belakang casing polikarbonat terlihat bagus dan elegan dengan finishing mengkilap. Menariknya, sidik jari tidak meninggalkan bekas yang besar di permukaan case ini saat dipegang.

realme 9 desain profesional

Membahas tata letak kamera, Realme 10 Pro menggunakan kamera yang menyatu dengan bodi agar terlihat lebih sederhana. Sedangkan untuk bagian depannya, Realme mengandalkan desain model kamera hole-punch yang terletak di bagian tengah atas layar ini.

Bagaimana dengan ukuran? Realme 9 Pro berukuran 164.3 x 75.6 x 8.5mm dan berat 195 gram. Sedangkan realme 10 Pro memiliki ukuran bodi yang sedikit berbeda, yakni 163.7 x 74.2 x 8.1mm dan bobot 190 gram. Terlihat bahwa Realme 10 Pro lebih tipis dan lebih ringan.

2. Layar 120Hz dalam berbagai ukuran

layar realme 10 pro

Realme 9 Pro dan realme 10 Pro dirancang untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari, termasuk saat menjelajah jejaring sosial atau bermain game. Oleh karena itu, Realme membekali kedua layar tersebut dengan HP Perbarui frekuensi tinggi 120 Hz dan sampel sentuh 240 Hz. Refresh rate yang tinggi diharapkan akan membuat tampilan animasi real screen HP menjadi lebih halus dan responsif.

Meski sejumlah teknologi yang dihadirkan sama, ternyata kedua ponsel di dunia nyata ini menggunakan ukuran layar yang berbeda. Realme 9 Pro dibekali layar berukuran 6,6 inci. Layar IPS ini sudah menggunakan resolusi Full HD+ dengan bezel layar tipis.

Sedangkan Scope 10 Pro mengusung layar IPS berukuran 6,72 inci yang sudah menggunakan resolusi Full HD+. Menariknya, ponsel ini memiliki bezel samping layar ultra tipis hanya 1mm. Karakteristik ini memberikan pengalaman visual yang menakjubkan.

Selain itu, perbedaannya terlihat pada kecerahan layar, di mana realme 10 Pro memiliki kecerahan lebih tinggi yaitu 680 nits. Sedangkan realme 9 Pro memiliki kecerahan hanya 600 nits. Tentunya untuk penggunaan di luar ruangan, seri 10 Pro lebih tajam dari seri 9 Pro.

Anda tidak perlu takut layar ini akan menghabiskan baterai Anda. Ini karena pabrikan telah memperkenalkan teknologi otomatis ke layar sehingga layar dapat menyesuaikan kecepatan refresh dan kecerahan layar dengan lebih baik.

Kedua layar tersebut juga memiliki jangkauan layar yang cukup luas bahkan mendukung teknologi dari DCI-P3 hingga WideVine L1. Teknologi ini memungkinkan Anda menggunakan layar HP untuk melihat video streaming definisi tinggi. Tak hanya itu, layar ini juga mendukung perlindungan antigores Corning Gorilla Glass 5.

3. Snapdragon 695 5G dengan berbagai konfigurasi memori

dapur pacu realme 9 pro

Realm masih mendukung chipset Snapdragon 695 5G sebagai otak di Realm 9 Pro dan 10 Pro. Chipset ini dikenal cocok untuk penggunaan sehari-hari dan gaming. Terlebih lagi, chipset ini juga hemat daya tanpa mengorbankan performa, sehingga Anda bisa bermain game lebih lama tanpa takut kehabisan baterai.

Chipset Snapdragon 695 5G ini akan dirilis pada tahun 2021. Chipset ini diproduksi menggunakan teknologi proses 6nm. Chipset ini memiliki prosesor octa-core yang terdiri dari dua inti Kryo 660 Gold 2.2GHz dan enam inti Kryo 660 Silver 1.8GHz.

Memang chipset yang digunakan bukanlah chipset generasi baru. Meski demikian, performa ponsel gaming ini tetap bagus dan lancar. Selain itu, ponsel ini sudah menggunakan modem 5G untuk internet cepat dan GPU Adreno 619 untuk grafis yang lebih detail dan akurat.


https://actoncloud.com

Baca juga  Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad SE