Cermati 7 Perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT Ini!


Xiaomi kembali meramaikan pasar tanah air dengan merilis sejumlah smartphone baru. Nah, di pertengahan tahun 2022 ini, POCO kembali menghadirkan jajaran ponsel F Series terbaru yakni POCO F4 dan POCO F4 GT. 

Kedua HP ini diklaim mengalami peningkatan untuk melanjutkan kesuksesan seri sebelumnya, POCO F3. Yang menarik ialah POCO F4 dan POCO F4 GT ternyata hadir untuk segmen pasar yang berbeda. Hal ini tampak dengan adanya perbedaan spesifikasi keduanya yang cukup jauh.

Dari spesifikasi yang diusung dan harga rilis, POCO F4 GT menyasar konsumen yang butuh smartphone dengan performa tinggi untuk gaming. Sedangkan, POCO F4 menyasar pengguna yang membutuhkan smartphone desain kekinian dengan sektor kamera yang handal.

Yang menjadi daya tarik POCO F4 dan POCO F4 GT ialah penggunaan chipset yang berbeda. Bahkan dalam seri F4 GT, Xiaomi menghadirkan spesifikasi dewa dengan bekal chipset premium paling canggih di tahun 2022 ini.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan POCO F4 dan POCO F4 GT, kamu bisa baca dulu spesifikasi dan pembahasannya pada artikel yang pernah Carisinyal ulas!

Baca:

Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO F4

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO F4 GT

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT berikut ini.

Spesifikasi POCO F4

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000

Spesifikasi POCO F4 GT

poco f4 gt - night silver
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000

Perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT

Setelah kamu membaca spesifikasi dari kedua model POCO F4 series, tentunya rasa penasaran mulai muncul di benakmu tentang perbedaan dari kedua perangkat tersebut. Tenang, hanya di Carisinyal kamu akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain dengan Kepribadian Berbeda

poco f4 gt_

Xiaomi kembali menghadirkan desain yang lebih segar dan estetik dibanding seri sebelumnya. Yang menarik kedua HP POCO terbaru ini mengusung konsep desain bodi yang berbeda. 

Di desain bodi dan rangka, POCO F4 menggunakan konsep flat atau datar. Bentuk ini memang menjadi tren di tahun 2022 ini sehingga ponsel nampak lebih minimalis dan tegas. POCO F4 juga menggunakan modul kamera yang lebih luas dengan bentuk persegi panjang dengan dua tingkatan.

Sementara itu, POCO F4 GT hadir dengan desain gaming yang tidak terlalu aneh, bahkan lebih minimalis dan fungsional. Desain bodinya sungguh kental aura gaming dengan menghadirkan bilah segitiga yang mencuat dari sisi luar ke dalam, ada juga lampu LED Flash berbentuk petir serta modul kamera baru yang istimewa.

Di tengah-tengah bodinya, terdapat aksen satu garis dari atas ke bawah yang nampak futuristic. Beralih ke modul kamera baru, POCO F4 GT memiliki bentuk panah di sisi kanan dan kiri yang dapat menyala saat bermain gim, menerima pesan dan lain sebagainya.

Baca juga  SBR011, Begini Simulasi Investasinya dan Untung Ruginya

Untuk rangka, HP Android Xiaomi ini menggunakan material aluminium. Untuk bodi depan dan belakang menggunakan material kaca dengan lapisan Gorilla Glass Victus. Desain bodinya cukup solid dan nyaman digunakan harian.  

Untuk dimensi, POCO F4 memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas yakni 163,2 x 76 x 7,7 mm dengan bobot 195 gram. Sedangkan POCO F4 GT memiliki dimensi yang lebih tebal yakni 162,5 x 76,7 x 8,5 mm dengan berat 210 gram. Tentu untuk penggunaan harian POCO F4 memiliki dimensi dan berat yang nyaman di tangan.

Tidak lupa, POCO F4 GT dibekali sertifikasi IP53 untuk tahan debu dan percikan air. Sementara, POCO F4, berdasarkan situs resmi POCO Indonesia, tidak disebutkan, apakah punya sertifikasi atau tidak.

2. Snapdragon 870 Versus Snapdragon 8 Gen 1

snapdragon 8 gen 1

Perbedaan mencolok POCO F4 dan POCO F4 GT justru tampak di bagian dapur pacu. Pasalnya kedua HP POCO ini menggunakan chipset yang berbeda sesuai kebutuhan pasar saat ini. 

Untuk dapur pacu POCO F4 yakni SoC Qualcomm Snapdragon 870, chipset yang sama dengan POCO F3. Chipset ini dipertahankan karena chipset ini memiliki performa yang lebih baik dan stabil ketimbang chipset keluaran lebih baru seperti Snapdragon 888 atau Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset Qualcomm ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah satu core berbasis Cortex A77 (3,2 GHz), tiga core berbasis Cortex A77 (2,5 Ghz), dan empat core berbasis Cortex A55 (1,95 GHz). Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Adreno 650  dengan kecepatan 670 Mhz, prosesor AI Hexagon 698, ISP Spectra 480 sebagai prosesor gambar hingga modul 5G terbaru. 

Pada dapur pacu  POCO F4, Chipset fabrikasi 7nm ini didukung RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 3.1.

Sementara itu, POCO F4 GT menggunakan chipset premium, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. ini merupakan chipset pertama dari Qualcomm yang dibuat dengan fabrikasi 4 nm.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri penerus dari Snapdragon 888. Tidak heran chipset baru ini dibekali sejumlah peningkatan dan beragam fitur premium, mulai dari koneksi 5G, teknologi AI, Wifi dan Bluetooth terbaru.

Menariknya, Qualcomm mengklaim kinerja CPU di Snapdragon 8 Gen 1 ini lebih baik dan meningkat 20% dari CPU sebelumnya. Tidak hanya itu, chipset ini juga bisa menghemat daya 30% lebih baik daripada Snapdragon 888.

Chip mobile 5G ini dibuat dengan konfigurasi octa-core. Konfigurasi prosesor octa core yang kuat terdiri dari satu unit Cortex X2 (3,0 GHz) sebagai inti high performance , tiga core cortex A7810 (2,5 Ghz), dan empat unit Cortex A510 (1.8 GHz) sebagai inti hemat daya.

Untuk komponen lainnya, Snapdragon memasang GPU Adreno 730. GPU ini diklaim mengalami peningkatan llperforma hingga 30% dibanding GPU Adreno seri sebelumnya. Selain itu, SoC ini juga memiliki Snapdragon Sight yang dirancang untuk kalangan fotografer professional.

Tidak lupa, chipset fabrikasi 4nm ini didukung RAM 8 GB atau 12 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 3.1.

Yang membedakan antara dapur pacu POCO F4 dan POCO F4 GT ialah sistem pendinginan. Teknologi pendingin POCO F4 bernama LiquidCool Technology 2.0 ini terdiri dari tujuh lembar grafit peredam panas dan tempeng pendingin vapor chamber seluas 3112mm persegi.

Baca juga  Mengenal 4 Produk realme Terbaru untuk Gaming dan Hiburan

Sedangkan teknologi pendingin POCO F4 GT menggunakan dual Vapor Chamber yang menyelimuti sisi SoC dan iC Charging secara terpisah dengan total area 4860 mm. luas area ini 170% lebih besar dibandingkan di POCO F3 GT. 

Lantas manakah yang memiliki performa terbaik? 

Bila merujuk pada hasil AnTuTu, POCO F4 mencetak skor 698.586. Sedang POCO F4 GT memiliki skor 952.124 . Dari Angka tersebut, jelas POCO F4 GT memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan HP lainnya.

3. Sistem Kamera POCO F4 Lebih Canggih dengan OIS

poco f4

Sebagai sebuah smartphone mid-range untuk gaming, POCO F3 dibekali modul kamera belakang yang unik. Dalam modul ini sekilas tampak ada 4 lingkaran lensa. Namun, ternyata satu lensa kecil merupakan mikrofon. 

Untuk kamera utama POCO F4. Hadir dengan modul kamera yang lebih kekinian, HP ini sama mengusung tiga kamera belakang ditambah lampu flash. Komposisi kameranya ialah kamera utama 64 MP bukaan f/1.79, kamera ultrawide 8 MP dan kamera macro 2 MP.

Hal yang menarik dalam kamera POCO F4 ialah adanya fitur penstabil gambar berbasis optik atau OIS. Selain itu, untuk sensor, POCO menggunakan sensor OmniVision. Untuk kamera depan terpasang kamera 20 MP f/2.45 dengan sensor SONY.

Dengan peningkatan yang dihadirkan, kamera ini bisa merekam video 4K 60 fps. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail dan dinamis.

Sementara itu, POCO F4 GT memang fokus untuk HP gaming. Namun, Xiaomi tetap menghadirkan fitur kamera yang berkelas.

POCO F4 GT menggunakan 3 kamera belakang dengan kamera utama 64 MP sensor Sony IMX f/1.9, kamera ultrawide 8 MP sensor Omnivision 120 derajat dan kamera makro 2 MP. Untuk kamera depan terpasang kamera 20 MP f/2.45 dengan sensor Sony.

Perbedaan kamera POCO F4 dan POCO F4 GT memang tampak di bagian sensor utama. Selain itu, POCO F4 GT dibekali teknologi Quad Bayer yang terbaru, yang berguna menyatukan empat piksel bersamaan jadi satu piksel raksasa. Hasil foto HP gaming ini sangat baik di berbagai kondisi cahaya, cukup detail dan minim noise.

4. Kapasitas Baterai dan Teknologi Fast Charging

poco f4 gt fast charging_

POCO F4 dan POCO F4 GT ternyata memiliki perbedaan baterai dan sistem pengisian cepat. Untuk kapasitas baterai, kedua HP Android ini tidak berbeda jauh. Dimana POCO F4 dibekali 4500 mAh. Sedangkan, bekal baterai POCO F4 GT berkapasitas 4700 mAh.

Guna mendukung pengisian daya baterai, Xiaomi juga sudah menghadirkan fitur fast charging. POCO F4 sudah mendukung fast charging 67W. Menariknya untuk POCO F4 GT sudah dibekali fitur fast charging 120W.

Menariknya, POCO menjanjikan bahwa HP akan terisi penuh dari 0-100% hanya dalam waktu 38 menit saja di POCO F4. Sedangkan POCO F4 GT hanya butuh waktu 17 menit dari 0-100%. Pengisian HP Android terbaru ini cukup cepat karna di F4 GT memiliki mode boost.

5. Jumlah Speaker POCO F4 GT Lebih Banyak

poco f4 gt speaker_

Untuk kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua HP POCO F series ini, sebaiknya kamu memperhatikan detail sistem operasi dan konektivitasnya. Meski sepele, fitur konektivitas dalam ponsel sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sistem operasi juga berguna dalam performa aplikasi.

Baca juga  Dimensity 9000 Setara dengan Apa? Ini Dia 5 Chipset Rivalnya

Di bagian sistem operasi, kedua HP Android 5G sudah menggunakan sistem Android 12 dengan balutan MIUI 13.

Guna mendukung multimedia, POCO F4 dibekali speaker ganda dengan Dolby Atmos. Untuk urusan Bluetooth, menggunakan Bluetooth versi 5.2. Sedangkan, POCO F4 GT sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan empat stereo speaker dengan sentuhan dari JBL. Kedua HP Android Xiaomi ini juga sudah mendukung fitur 5G. 

Xiaomi juga menghadirkan fitur NFC ini pada varian POCO F4 dan POCO F4 GT. Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya.

6. Responsivitas Layar

poco f4 gt layar_

Perbedaan POCO F4 dan POCO F4 GT selanjutnya ialah di bagian layar. POCO F4 menggunakan layar panel AMOLED resolusi Full HD+ berukuran 6,67 inci. Layar ini sudah dibekali teknologi refresh rate 120 Hz dan touch sampling 360 Hz.

Menengok bagian layar POCO F4 GT, layarnya menggunakan panel AMOLED 6,67 inci resolusi Full HD+. Layar HP gaming ini dibekali teknologi yang cukup lengkap termasuk standar 10 bit yang tampilkan lebih dari 1 miliar warna, ada juga gamut warna DCI-P3 tampilan warnanya cukup akurat dan ada standar kualitas HDR10+.

Sebagai HP gaming, POCO F4 GT juga dilengkapi touch sampling 480 Hz. Artinya, layar HP ini lebih responsif terhadap sentuhan. Sayangnya, menurut Tech Advisor, layar HP ini memiliki perpindahan refresh rate yang biasa saja. Walaupun demikian hal ini tidak mengurangi performa HP kelas atas ini.

7. Harga Perilisan yang Terpaut Cukup Jauh

poco f4

Untuk POCO F4 RAM 6 GB dan memori 128 GB bisa dibeli seharga Rp5.200.000. Terakhir untuk kamu yang mencari RAM 8 GB dan memori internal 256 GB seharga Rp5.700.000.

Sementara untuk kamu yang mengidamkan POCO F4 GT, kamu harus menyiapkan dana Rp9.000.000 untuk satu-satunya varian yaitu RAM 12 GB dengan memori penyimpanan 256 GB.

Dengan demikian, kedua ponsel memiliki selisih harga yang cukup jauh. Selisihnya mencapai Rp3,3 juta antara POCO F4 varian tertinggi dengan POCO F4 GT.

Simpulan

Secara keseluruhan POCO F4 dan F4 GT mengalami peningkatan yang signifikan dari suksesornya. Berdasarkan rangkuman diatas, tampak POCO F4 GT hadir dengan spesifikasi yang gahar untuk gaming tanpa melupakan sektor kamera. Desain POCO F4 GT memang keren ala gaming namun masih kurang cocok untuk HP harian.

Sedangkan POCO F4 memiliki chipset yang diklaim jarang panas saat digunakan main game lama. HP ini juga memiliki desain yang cukup estetik sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai kegiatan termasuk bekerja atau bermain game.

Sayangnya, kedua HP masih memiliki kelemahan yakni POCO F4 GT tidak memiliki slot memori dan jack audio. Di lain pihak, POCO F4 memiliki desain bodi samping yang kurang nyaman digenggam dan kemampuan kamera kurang baik di kondisi cahaya minim.


https://actoncloud.com