Perbedaan POCO F3 GT dan  POCO F4 GT Yang Harus Kamu Ketahui


Untuk penggemar gadget tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya POCO. Satu dari merek gadget terkenal terutama handphone yang selalu dinantikan kedatangannya. Itu karena kualitasnya yang selalu membuat penggemar heboh. gadget dan lakukan merek yang lain gugup.

Belum cukup POCO F3 GT series di tahun 2021, POCO kembali merilis seri F terbarunya yaitu POCO F4 GT series di tahun 2022. POCO F4 merupakan salah satu seri POCO F4 lainnya yaitu POCO F4. Tentu saja, POCO F4 GT menawarkan beberapa peningkatan pada performanya.

Meskipun POCO F3 GT dan POCO F4 GT adalah seri F, keduanya memiliki perbedaan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli. Jadi baca artikel ini untuk mengetahui perbedaan antara kedua HP tersebut.

Spesifikasi POCO F3 GT

Layar AMOLED 6,67 inci
Chipset Dimensi MediaTek 1200
RAM 6 GB, 8 GB
Memori batin 128 GB, 256 GB
Kamera

64MP (lebar)

8MP (ultra lebar)

2MP (makro)

Baterai polimer lithium 5065 mAh
Masalah harga Rp –

Spesifikasi POCO F4 GT

POKO F4 GT
Layar AMOLED 6,67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Generasi Pertama
RAM 12 GB
Memori batin 256 GB
Kamera

64MP (lebar)

8MP (ultra lebar)

2MP (makro)

Baterai Li-Po 4700mAh
Masalah harga Rp 8.999.000

Perbedaan antara POCO F3 GT dan POCO F4 GT

Jika melihat spesifikasinya, Anda mungkin sudah bisa melihat perbedaan antara kedua ponsel kelas atas ini. Jika masih ingin tahu lebih lanjut, simak poin-poin di bawah ini tentang perbedaan POCO F3 GT dan POCO F4.

1. MediaTek vs Snapdragon

snapdragon 8 generasi 1

Salah satu perbedaan paling mencolok antara kedua ponsel ini adalah mesinnya. POCO F3 GT ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 1200 yang performanya hampir setara dengan Snapdragon 865.

Sementara itu, POCO F4 GT dibekali chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Selain sebagai chipset terbaru, ternyata Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset tercepat yang dimiliki Qualcomm saat ini, sekaligus penerusnya. untuk snapdragon 888.

Chipset POCO F3 GT Dimensity 1200 memiliki kombinasi delapan inti apa yang harus diperhitungkan. Kombinasi tersebut mencakup 1 inti utama berupa Cortex A78, berjalan pada Frekuensi jam 3 GHz, 3 core Cortex A78 performa tinggi pada 2,6 GHz dan 4 core Cortex A55 hemat energi pada Frekuensi jam 2GHz.

POCO F4 GT pasti tidak mau kalah, chipset nya yaitu Snapdragon 8 Gen 1 juga ada kombinasinya delapan inti yang juga perlu diperhitungkan. Kombinasi tersebut mencakup 1 inti utama berupa Cortex-X2, berjalan pada Frekuensi jam 3,00 GHz, 3 core Cortex-A710 berkinerja tinggi pada 2,50 GHz dan 4 core Cortex-A510 hemat energi pada Frekuensi jam 1,80GHz.

Kedua kartu grafis tersebut juga berbeda, POCO F3 GT, Dimensity 1200 memiliki Mali-G77 MC9. Sementara itu, POCO F4 GT dengan Snapdragon 8 Gen 1 memiliki kartu grafis Adreno 730.

Baik Dimensity 1200 maupun Snapdragon 8 Gen 1 mendukung konektivitas 5G. Keduanya juga merupakan chipset di kelas chipset. unggulan atau kelas atas.

2. Desain tubuh

poco f3 gt

Berbicara tentang desain bodi, POCO memiliki kekhasan tersendiri dalam hal desain sebelumnya. Secara umum, POCO merek Warna Xiaomi di mana-mana dengan desain bodi yang sangat berani. Contohnya pada model HP sebelumnya yaitu POCO X3 Pro, POCO X3 NFC dan POCO F2 Pro, terdapat modul kamera bundar di tengah casing.

Namun kali ini POCO menghadirkan desain bodi yang berbeda untuk POCO F3 GT. Desain POCO F3 GT sangat bertema. permainan, dimulai dengan pencahayaan RGB taktis berupa lampu berwarna untuk notifikasi, bentuk lampu kilat LED yang menyerupai simbol petir, dan garis aksen yang menciptakan kesan Fiksi ilmiah.

Sedangkan POCO F4 GT tidak memiliki perbedaan desain bodi yang signifikan dengan POCO F3 GT. POCO tetap mempertahankan tema permainan di seri POCO F4 GT terbaru misalnya ada faktor RGB X cahaya permainan warna warni untuk mode notifikasi atau turbo game, bentuk LED flash menyerupai simbol petir, dan aksen garis yang lebih simple tapi keren.

Kedua ponsel ini benar-benar dibuat agar terlihat seperti ponsel. permainan Oleh karena itu, desain harus sesuai dengan tema yang dipilih. Namun, POCO F3 GT memiliki pilihan warna yang terbatas, yaitu Gunmental Silver dan Predator Black. Sedangkan POCO F4 GT memiliki 3 pilihan warna hitam, biru dan silver.

3. Dimensi dan berat

desain bodi poco f4 gt_

Untuk ukuran ponsel, semakin kecil dimensi dan beratnya, semakin nyaman untuk digunakan. Namun, itu juga dipengaruhi oleh banyak fitur yang ditawarkan. Sementara POCO F3 GT memiliki casing yang lebih tipis dengan ketebalan 8,3 mm dan bobot 205 g, sedangkan POCO F4 GT memiliki bobot 210 g dengan ketebalan hingga 8,5 mm.

Sementara itu, panjang dan lebar POCO F3 GT berukuran 161,9 x 76,9mm, sedangkan POCO F4 GT berukuran 162,5 x 76.7mm. Artinya POCO F4 GT lebih panjang dari POCO F3 GT meski sama-sama menggunakan layar 6,67 inci.

4. Ketersediaan NFC

speaker poco f4 gt_

Di zaman yang serba modern ini, sepertinya kita perlu mengubah cara hidup kita agar lebih praktis dan efisien. Salah satunya adalah penggunaan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat digunakan untuk transaksi digital yang cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini banyak ponsel yang sudah memiliki fungsi NFC, bahkan untuk ponsel seharga sekitar 5 juta rupiah. Dengan fitur ini, Anda hanya perlu melampirkan eMoney atau kartu eToll ke casing ponsel Anda sehingga Anda dapat memeriksa saldo atau melakukan transaksi lainnya.

Antara POCO F3 GT dan POCO F4 GT, hanya POCO F4 GT yang memiliki fitur yang sangat berguna ini. Berkat fungsi NFC pada POCO F4 GT, Anda tidak perlu pergi ke ATM hanya untuk mengisi saldo, hanya dengan menggunakan POCO F4 GT, bisnis dapat diselesaikan.

5. Resolusi kamera depan dan belakang

kamera poco f3 gt

Meski sama-sama menyandang status sebagai ponsel gaming dengan performa chipset yang sangat tinggi. Namun, baik POCO F3 GT maupun POCO F4 GT tidak hanya melupakan aspek fotografi. Keduanya merupakan susunan tiga kamera di bagian belakang dan satu kamera selfie di bagian depan atas berbentuk pembuat lubang.

Pada saat yang sama, keduanya memiliki kamera utama dengan resolusi 64 MP di bagian belakang. Namun, POCO F4 GT memiliki ukuran sensor yang lebih kecil yaitu 1/1,73″ sedangkan POCO F3 GT memiliki sensor 1/2,0″.

Lensa utama POCO F3 GT memiliki aperture f/1.7 dengan ukuran piksel 0,7µm, sedangkan POCO F4 GT memiliki aperture f/1.9 dengan ukuran piksel 0,8µm. Pada bagian sensor pendamping, keduanya memiliki ukuran sensor yang sama yakni 8 MP. sangat lebar 120 derajat dan lensa makro 2MP.

Dari segi kemampuan merekam video, ada sedikit perbedaan yaitu POCO F4 GT yang mampu merekam video dalam resolusi 4K di frekuensi bingkai 30 fps dan 60 fps, sedangkan POCO F3 GT hanya mampu merekam video dalam resolusi 4K saja jika frekuensi bingkai 30 frame per detik.

Perbedaan lain juga terlihat pada kamera selfie di bagian depan. POCO F4 GT memiliki resolusi lensa lebih tinggi 20MP, sedangkan POCO F3 GT hanya memiliki 16MP. Dari segi video, POCO F4 GT juga mampu mencapai resolusi 4K dengan frekuensi bingkai mencapai 60 MP, sedangkan POCO F3 GT hanya dapat mencapai resolusi 4K di frekuensi bingkai 30MP.

6. Baterai dan pengisian cepat

poco f4 gt pengisian cepat_

Bicara soal ketahanan daya atau efisiensi energi saat digunakan, kedua ponsel ini bisa dibilang lebih baik mengingat sama-sama menggunakan panel layar AMOLED yang sudah pasti lebih baik dari IPS LCD. Selain itu, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh kapasitas baterai yang besar.

POCO F3 GT menawarkan baterai berkapasitas lebih besar yakni 5065mAh, sedangkan POCO F4 GT berkapasitas 4700mAh.

Selain kapasitas baterai, perbedaan kedua ponsel ini juga terletak pada kemampuannya. pengisian cepatyang membuat perbedaan yang cukup besar. POCO F3 GT hanya didukung oleh fitur pengisian cepat 67W dengan waktu pengisian hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 42 menit.

Sedangkan POCO F4 GT memiliki fitur sebagai berikut: pengisian cepat mencapai 120W atau, dengan kata lain, dua kali lipat kekuatan POCO F3 GT. Menurut GSM Arena, ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 17 menit untuk mengisi baterai hingga 100%.

Kesimpulan

POCO F3 GT dan POCO F4 GT adalah dua ponsel dengan performa gaming yang tinggi. Snapdragon 8 Gen 1 memang merupakan chipset yang lebih unggul dibandingkan dengan Dimensity 1200, namun perbedaan performa keduanya tidak jauh berbeda, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Sebagai ponsel gaming, keduanya telah dilengkapi dengan shoulder button yang sangat membantu Anda dalam bermain game. Selain itu, shoulder button ini merupakan hal yang sangat menarik, karena sebelumnya shoulder button ini hanya terdapat pada ponsel gaming dengan harga selangit.

Kalau boleh saya sarankan, sebaiknya pilih POCO F4 GT. Pasalnya ponsel ini resmi diluncurkan di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 8 jutaan. Sementara itu, POCO F3 GT tidak resmi masuk ke Indonesia dan menggunakan chipset yang justru kalah dari POCO F4 GT.


https://actoncloud.com

Baca juga  Yuk Cari Tahun 7 Perbedaan Infinix Hot 11 dan Infinix Hot 12