6 Perbedaan POCO F3 dan POCO F4 yang Perlu Anda Tahu


Kehadiran ponsel POCO di pasar domestik langsung menarik banyak perhatian pengguna gadget. Pasalnya, ponsel Android POCO terkenal dengan spesifikasi lengkap dengan harga yang terjangkau. Nah, di tahun 2022, POCO kembali hadir dengan ponsel lain. jarak menengah Yang terbaru adalah POCO F4.

Diluncurkan pada Juni 2022, ponsel ini dikatakan melanjutkan kesuksesan seri POCO F3 sebelumnya. Peningkatan yang jelas tentunya adalah penggunaan chipset yang semakin memiliki performa tinggi di kelasnya. jarak menengah. Selain itu, POCO F4 juga dilengkapi dengan fungsi stabilizer di sektor kamera utama.

POCO F3 cukup sukses di pasaran karena desain bodinya yang estetis dan tahan lama di segala kondisi. Selain itu, ponsel Android 5G ini juga memiliki speaker stereo yang keren dan baterai yang tahan lama.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan oleh POCO F3, Anda bisa membaca terlebih dahulu spesifikasi berikut ini. Anda juga bisa memahami kelebihan dan kekurangan POCO F4 di sini. .

Spesifikasi POCO F3

Layar AMOLED 6,67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori batin 128 GB, 256 GB
Kamera

48MP (lebar)

8MP (ultra lebar)

5MP (makro)

Baterai lithium polimer 4520 mAh
Masalah harga Rp 4.999.000

Spesifikasi POCO F4

POCO F4 - Nebula Hijau
Layar AMOLED 6,67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori batin 128 GB, 256 GB
Kamera

64MP (lebar)

8MP (ultra lebar)

2MP (makro)

Baterai LiPo 4500mAh
Masalah harga Rp 5.199.000

Perbedaan antara POCO F3 dan POCO F4

Setelah membaca spesifikasi kedua model POCO F series di atas, Anda pasti mulai penasaran dengan perbedaan kedua perangkat tersebut.

Jangan khawatir, hanya Carisignal yang akan menjawab perbedaan kedua. smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain bingkai melengkung dan datar

poco f4

Xiaomi kembali memperkenalkan desain yang lebih segar dan estetis dari seri sebelumnya. POCO F3 memiliki desain yang agak elegan dengan bezel tipis dan kamera. pembuat lubang. Kamera depan ini memiliki diameter hanya 2,76 mm dan dianggap sebagai salah satu kamera depan berdiameter terkecil.

Ponsel ini menggunakan bingkai samping melengkung yang terbuat dari plastik tahan lama. Bingkai ini memberikan perasaan yang menyenangkan saat Anda memegang telepon di tangan Anda.

Melihat bagian belakang casing, Anda akan menemukan modul kamera model terbaru, yang berbeda dari kebanyakan modul kamera ponsel Android. Modul kamera ponsel berbentuk oval vertikal panjang. Gorilla Glass 5 digunakan untuk bagian belakang casing.

Perbedaan antara kedua HP POCO adalah desain modul kamera dan desain bingkai. POCO F4 menggunakan modul kamera persegi panjang yang lebih lebar dengan dua tingkatan.

POKO F3

Pada desain bodi dan rangka, POCO F4 menggunakan konsep ceper atau ceper. Bentuk ini memang sedang trend tahun 2022, agar tampilan ponsel lebih minimalis dan tegas.

Dari segi dimensi, POCO F4 memiliki bodi yang lebih kompak berukuran 163,2 x 76 x 7,7 mm dan bobot 195 gram. Sedangkan POCO F3 memiliki dimensi besar 163,7 x 76,4 x 7.8mm dan bobot 196 gram. Tentunya untuk penggunaan sehari-hari, POCO F4 memiliki dimensi yang nyaman dalam genggaman.

Namun, karena bentuk casing yang datar, POCO F4 tampak lebih tebal daripada POCO F3. Untuk bagian belakang POCO F4, bodinya kembali terbuat dari polikarbonat, termasuk rangkanya.

Jangan lupa bahwa POCO F3 dan POCO F4 hadir dengan sertifikasi IP53 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air.

2. Chipset yang sama tetapi sistem pendingin yang berbeda

poco f4

Kedua HP POCO ini menggunakan chipset atau SoC yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 870. Chipset Hal ini dipertahankan karena chipset ini memiliki performa yang lebih stabil dibandingkan dengan chipset terbaru seperti Snapdragon 888 atau Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 870 berisi delapan dasar CPU. komposisi satu dasar berdasarkan Cortex A77 (3,2 GHz), tiga dasar berdasarkan Cortex A77 (2,5 GHz) dan empat dasar berbasis Cortex A55 (1,95 GHz). Selain CPU, komponen lain termasuk GPU Adreno 650 670MHz, prosesor Hexagon 698 AI, dan Spectra 480 ISP sebagai prosesor gambar untuk modem 5G terbaru.

Di podium dapur POCO F3 dan POCO F4, chipset Produksi 7nm ini didukung oleh RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan onboard UFS 3.1 128GB atau 256GB.

Perbedaan antara POCO F3 dan POCO F4 terletak pada sistem pendingin di POCO F4, yang tiga kali lebih lebar dari POCO F3. Teknologi pendinginan ini, yang disebut LiquidCool Technology 2.0, terdiri dari tujuh lembar grafit penyerap panas dan ruang penguapan luas 3112 mm persegi.

Jadi mana yang memiliki performa terbaik?

Mengacu pada hasil AnTuTu, POCO F4 mencetak 698 586. Sementara POCO F3 memiliki perkiraan 631850. Dari gambar tersebut terlihat bahwa POCO F4 memiliki performa yang lebih baik dari ponsel lainnya.

Bahkan menurut laman Tech Radar, POCO terbaru HP ini bisa menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. multitasking lancar. Aplikasi berat dan berbagai jejaring sosial dapat dijalankan dengan nyaman tanpa kepanasan dan penurunan kinerja.

3. Sistem kamera POCO F4 lebih kompleks karena OIS

poco f4

Bagaimana smartphone kelas menengah per permainan, POCO F3 dilengkapi dengan modul kamera belakang yang unik. Dalam modul ini, sekilas ada 4 lingkaran lensa. Namun, ternyata salah satu lensa kecil itu adalah mikrofon.

Untuk kamera utama POCO F3, Xiaomi memasang sensor 48MP SONY IMX 582 dengan aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan autofocus. Kemudian kamera sangat lebarMemiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.4, ada juga kamera makro Samsung dengan sensor 5 MP.

Terbaru tentang kamera selfiePOCO F3 dilengkapi dengan kamera 20 MP (f/2.2) dan sensor Samsung ISOCELL Plus.

Dari segi perekaman video, 4K 30fps dengan EIS adalah resolusi maksimal yang bisa dibuat. Resolusi ini dapat dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depan dapat merekam video dengan resolusi maksimal 30fps Full HD.

Beralih ke kamera POCO F4. Hadir dengan modul kamera yang lebih modern, ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan sebuah flash. Kamera termasuk kamera utama 64MP dengan aperture f/1.79, kamera sangat lebar Kamera makro 8 megapiksel dan 2 megapiksel.

Yang menarik dari kamera POCO F4 adalah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer atau OIS. Selain itu, POCO menggunakan sensor OmniVision sebagai sensornya. Kamera depan adalah kamera 20MP f/2.45 dengan sensor SONY.

Dengan peningkatan yang diperkenalkan, kamera ini dapat merekam video 4K 60fps. Selain itu, hasil kamera ponsel Android terbaru ini cukup memuaskan, detail, dan dynamic range yang cukup lebar.

4. Pengisian cepat POCO F4 lebih cepat

poco f4

POCO F3 dan POCO F4 tampaknya memiliki baterai dan sistem pengisian cepat yang berbeda. Dari segi kapasitas baterai, kedua ponsel Android kelas menengah ini sekilas mirip. POCO F3 memiliki baterai 4520 mAh. Sedangkan baterai POCO F4 berkapasitas 4500mAh.

Untuk mendukung pengisian baterai, Xiaomi juga telah memperkenalkan fitur pengisian cepat. POCO F4 sudah mendukung pengisian cepat 67W. Sayangnya, POCO F3 hanya hadir dengan pengisian cepat 33W.

Menariknya, POCO menjanjikan HP akan terisi penuh dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 38 menit di POCO F4. Sedangkan POCO F3 membutuhkan waktu 56 menit dari 0 hingga 100%.

5. Sistem operasi dan konektivitas

miui 13

Bagi Anda yang memilih salah satu dari dua HP POCO seri F, sebaiknya perhatikan detail sistem operasi dan konektivitasnya. Meski sepele, fitur konektivitas di ponsel sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sistem operasi juga bermanfaat untuk kinerja aplikasi.

Pada bagian sistem operasi, POCO F3 masih menggunakan sistem Android 11 dengan skin MIUI 12. Sedangkan POCO F4 sudah menggunakan sistem Android 12 dengan skin MIUI 13.

Untuk dukungan multimedia, POCO F3 dilengkapi dengan pembicara dobel. Untuk Bluetooth, gunakan Bluetooth versi 5.1. Sedangkan POCO F4 sudah menggunakan Bluetooth 5.2 dan stereo. pembicara dengan Dolby Atmos. Kedua ponsel Android Xiaomi ini juga mendukung fitur 5G.

6. Harga rilis sedikit berbeda

poco f4

Bagi Anda yang mendambakan POCO F3, Anda harus menyiapkan Rs 5.000.000 untuk RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Bagi Anda yang menginginkan 8 RAM dan penyimpanan 256 GB, siapkan Rs 5.500.000.

Adapun POCO F4 dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB, Anda dapat membelinya seharga Rs 5.200.000. Terakhir, bagi Anda yang mencari RAM 8GB dan penyimpanan 256GB seharga Rs 5.700.000.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, POCO F3 telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan penerusnya. Berdasarkan rangkuman di atas, tampaknya POCO F3 memiliki keunggulan desain yang lebih keren, daya tahan baterai yang lebih lama, serta kamera yang cukup tajam dan detail. Ponsel ini juga semakin menarik karena dilengkapi dengan speaker stereo dan sistem operasi Android 11.

Untuk POCO F4 juga memiliki keunggulan kuat yang sama. Saya suka desain yang lebih modern, kamera resolusi tinggi, dan pengisian baterai yang cepat. Belum lagi, ponsel Android 5G ini juga dilengkapi dengan semua fitur konektivitas termasuk NFC.

Sayangnya, kedua ponsel ini masih memiliki kekurangan yaitu POCO F3 tidak memiliki slot memori dan jack audio. Sementara itu, POCO F4 memiliki desain bodi samping yang kurang nyaman digenggam, serta kemampuan kamera yang tidak terlalu bagus dalam kondisi minim cahaya.

Dengan selisih harga 200 ribu, POCO F4 masih yang terbaik meski saat ini belum termasuk. pembunuh andalan.


https://actoncloud.com

Baca juga  10 Laptop dengan Penyimpanan SSD Paling Murah Tahun 2022