Inilah 7 Perbedaan OPPO Reno7 Pro 5G dan OPPO Reno8 Pro 5G


Juli 2022, OPPO kembali memperkenalkan smartphone flagship terbarunya yakni OPPO Reno8 Pro 5G. Ini merupakan  HP berkualitas yang layak dipilih bila Anda mencari perangkat dengan desain yang mewah serta kamera yang superior.

Menariknya, pada 2021, OPPO juga menghadirkan OPPO Reno7 Pro 5G yang memiliki desain elegan yang nyaman. HP Android ini juga dilengkapi kamera ultra-wide dengan sudut yang lebar. Tentu OPPO sudah menghadirkan banyak ubahan pada OPPO Reno8 Pro 5G agar lebih baik dari seri Reno7 Pro 5G.

Tentu menarik membahas perbedaan kedua HP OPPO ini. Mengingat kedua HP sudah menggunakan chipset generasi terbaru dari MediaTek. Selain itu, keduanya juga memiliki sektor kamera khas seri Reno yang terkenal jelas dan detail.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan dalam OPPO Reno7 Pro 5G dan OPPO Reno8 Pro 5G, Anda bisa baca dulu spesifikasinya di bawah ini! 

Spesifikasi OPPO Reno7 Pro 5G

Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200-Max
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Spesifikasi OPPO Reno8 Pro 5G

reno8 pro white
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100-Max
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Perbedaan OPPO Reno7 Pro 5G dan OPPO Reno8 Pro 5G

OPPO Reno series memang dipersiapkan sebagai ponsel hiburan dan fotografi. Maka dari itu, OPPO melakukan peningkatan spesifikasi pada sektor layar, mesin dan kamera. Nah, seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Sisi Desain Sedikit Berbeda

oppo reno7 pro 5g dan reno8 pro 5g_

Menengok bagian desain bodi, kedua HP OPPO ini sama-sama memiliki desain yang cantik nan premium bernama OPPO Glow. Dengan desain ini, bagian bodi belakang smartphone dapat nampak berkilau warnanya sesuai pencahayaan.

Bodi belakangnya juga dilengkapi lapisan kaca khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Lapisan kaca itu adalah Panda Glass yang diklaim kuat dan terkesan mewah. Tidak hanya itu, di bagian tepian bodi juga nampak sedikit menonjol. Hal ini bertujuan melindungi layar saat HP jatuh.

Lebih lanjut, beberapa pernak-pernik kedua ponsel juga tampak berbeda satu sama lain. Misalnya lokasi kamera depan dan bentuk modul kamera belakang.

Untuk Reno7 Pro 5G, kamera model punch hole di depan ditempatkan pada pojok kiri atas layar. Lokasi tersebut berbeda dari Reno8 Pro 5G yang dipindah ke sisi tengah atas layar.

Kemudian soal modul kamera belakang, Reno7 Pro 5G memiliki modul kamera persegi panjang dengan dua partisi. Sedangkan, modul kamera belakang Reno8 Pro 5G punya dua partisi yang diisi oleh dua lensa kamera di atas dan sebuah kamera serta lampu flash dibawah. 

Baca juga  Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia X30 5G, HP Ramah Lingkungan

Pembeda lain dalam kedua HP ialah kamera OPPO Reno7 Pro 5G sudah dilengkapi fitur dual orbit light. Fitur ini akan membuat dua lampu RGB yang membingkai kamera belakang menyala biru ketika ada notifikasi masuk maupun ketika ponsel diisi daya.

Secara keseluruhan OPPO Reno7 Pro 5G dan Reno8 Pro 5G hadir untuk segmentasi berbeda. OPPO Reno8 Pro 5G cocok bagi mereka penyuka ponsel berlayar besar, sedangkan Reno7 Pro 5G cocok untuk mereka yang tertarik dengan HP desain yang tak terlalu besar.

Hal ini terlihat dari perbedaan dimensi kedua HP OPPO, di mana Reno8 Pro 5G punya dimensi 161.2 x 74.2 x 7.3 mm dengan bobot 183 gram tampak bongsor. Sedangkan Reno7 Pro 5G lebih ringkas dengan dimensi 158.2 x 73.2 x 7.5 mm berikut bobot 180 gram.

2. Visual Masih Tetap Keren

oppo reno8 pro 5g__2

Perbedaan dimensi kedua ponsel otomatis menyebabkan layar yang bisa dipasang juga berbeda ukuran. OPPO Reno7 Pro 5G memiliki layar dengan bentang 6,55 inci, sedangkan ukuran layar Reno8 Pro 5G berukuran 6,7 inci. Namun, perbedaan sektor tampilan kedua ponsel bukan cuma itu.

Ada beberapa hal yang jadi pembeda, yakni resolusi, kepadatan piksel, tingkat kecerahan, dan teknologi pendukung. OPPO Reno7 Pro 5G hadir dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel. OPPO Reno8 Pro 5G sedikit lebih besar dengan resolusi layar Full HD+ 1080 x 2412 piksel.

Adanya perbedaan resolusi memengaruhi kepadatan piksel jika dibagi dengan bentang layar masing-masing. OPPO Reno7 Pro 5G lebih padat dengan 402 ppi, sedangkan Reno8 Pro 5G sudah cukup tinggi dengan 394 ppi.

Mengenai tingkat kecerahan, HP generasi terbaru ini diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 950 nit. Tingkat kecerahan itu lebih tinggi ketimbang yang bisa diraih Reno7 Pro 5G 920 nit.

Terakhir, soal teknologi layar, OPPO menghadirkan refresh rate yang lebih tinggi yakni 120 Hz di Reno8 Pro 5G. Sedangkan, OPPO Reno7 Pro 5G masih mengandalkan refresh rate 90 Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus.

Kedua layar HP OPPO ini sudah mendukung panel AMOLED, 18-bit colour dan HDR10+, sehingga tampilan layar kian jernih dan kaya warna. Fitur ini juga akan membuat layar ponsel OPPO memberikan tampilan dengan rentang dinamis yang tinggi.

3. Peningkatan di Chipset

Dimensity 8100

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, OPPO mencoba menghadirkan smartphone yang fokus untuk hiburan dan fotografi. Maka dari itu, dalam kedua HP Reno terbaru ini memakai chipset MediaTek Dimensity. 

OPPO Reno7 Pro 5G mengandalkan chipset Dimensity 1200 sebagai otaknya. Penerus chipset tersebut adalah Dimensity 8100 yang terpasang pada mainboard OPPO Reno8 Pro 5G. Keduanya merupakan chipset terbaik beda kelas.

MediaTek Dimensity 1200 merupakan chipset kelas menengah yang mendukung kemampuan 5G. Ini merupakan chipset fabrikasi 6 nm. Chipset ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 1 inti Cortex A78 (3,0 Ghz), 3 inti Cortex A78 (2,6 Ghz) dan 4 inti Cortex A55 (2 Ghz). Chipset ini diklaim lebih hemat daya namun tetap cepat.

Baca juga  Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme 9i

Untuk komponen lainnya, ada GPU ARM Mali-G77 MC9 dengan arsitektur baru yang mampu menampilkan video kualitas 4K pada layar resolusi 2520 x 1080 piksel dan refresh rate 120 Hz.

Ada juga dukungan RAM LPDDR4X dan memori penyimpanan UFS 3.1. Terpasang juga teknologi HyperEngine 2.0 serta Networking Engine jaringan 5G guna memastikan game dan jaringan kian lancar.

Lanjut soal Dimensity 8100, chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 5 nm. SOC ini memiliki fitur hemat daya yang cukup baik mirip dengan chipset premium. Chipset gahar ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 4 inti Cortex A78 (2,85 Ghz) dan 4 inti Cortex A55 (2 Ghz).

Dimensity 8100 juga mengandung macam-macam komponen pendukung. Di antaranya adalah GPU Mali G610 MC5 (600 MHz), teknologi HyperEngine terbaru serta Networking Engine jaringan 5G guna memastikan game dan jaringan kian lancar.

Terakhir, MediaTek Dimensity 8100 mencoba menggabungkan konektivitas, multimedia serta kamera 200 MP. Adanya perbedaan mikroarsitektur CPU, kandungan komponen lain, dan proses fabrikasi membuat Dimensity 8100 secara teori lebih unggul ketimbang Dimensity 1200.

4. Kualitas Kamera yang Berbeda, Termasuk Karena Dukungan NPU

oppo reno8 pro 5g

Konfigurasi kamera yang digunakan OPPO Reno7 Pro 5G  dan Reno8 Pro 5G sebenarnya tidak berbeda jauh. Keduanya memakai tiga kamera belakang yang terdiri atas kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera makro.

Dari ketiga kamera tersebut hanya ada beberapa perbedaan yang membuat kualitas kamera meningkat.

Pada OPPO Reno7 Pro 5G, kamera utama yang dipakai memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan ukuran sensor 1/1.56 inci serta teknologi PDAF.. Kamera dengan EIS ini mampu menghasilkan gambar dengan jelas dan detail.

Namun, OPPO sadar bahwa ukuran megapiksel kamera bukan faktor yang krusial dalam menghasilkan foto berkualitas.

Mereka pun menambahkan sejumlah fitur pada  kamera utama Reno8 Pro 5G yang berukuran 50 MP.  Ukuran sensornya memang tidak berubah, namun OPPO menghadirkan teknologi Multi-directional PDAF.

Spesifikasi lain di kamera utama OPPO Reno8 Pro 5G ini masih sama seperti pendahulunya, kecuali teknologi autofokusnya. Berkat autofokus baru, hasil gambar dan video lebih detail dan lebih kaya warna.

Menyadari kebutuhan kamera depan yang jernih untuk membuat vlogging, OPPO masih percaya pada kamera selfie ponsel ini yang memiliki resolusi 32 MP dengan bukaan f/2.4. Adapun kamera selfie Reno8 Pro 5G memiliki teknologi autofokus baru.

Perbedaan lainnya di sektor kamera adalah peningkatan kualitas kamera di OPPO Reno8 Pro 5G. Pasalnya, kamera OPPO Reno8 Pro 5G didukung oleh cip NPU MariSilicon X. Sebagai informasi, NPU adalah sebuah sistem pemroses khusus untuk mempercepat kemampuan sistem kecerdasan buatan dari sebuah sistem komputasi.

NPU umumnya sudah hadir di cip alias di SoC. Namun, beberapa produsen menambahkan NPU tambahan agar ada peningkatan di sebuah ponsel. Biasanya disebut NPU dedicated.

Termasuk hadirnya NPU MariSilicon X. Cip NPU ini fungsinya macam-macam. Misalnya, melakukan olah algoritma untuk meningkatkan detail dan karakter warna, serta mengurangi noise dan memperterang video malam hari.

Baca juga  6 Perbedaan Samsung Galaxy A23 5G dan Samsung Galaxy A33 5G

MariSilicon X ini adalah NPU khsusus besutan OPPO yang sebelumnya cuma ada di seri Find X. NPU ini kemudian dipakai di seri Reno tertinggi, yakni OPPO Reno8 Pro 5G. Hal yang tentu tidak ada di OPPO Reno7 Pro 5G

5. Beda Kapasitas Baterai

OPPO Reno8 pro 5g. baterai_

Ukuran tebal bodi kedua HP OPPO Reno ini memang mengalami penyusutan dibanding ponsel mid-range lainnya. Hal ini berimbas pada kapasitas baterai yang lebih kecil menjadi 4500 mAh. Meski kapasitasnya turun, OPPO malah meningkatkan dukungan pengisian cepatnya.

Benar saja, OPPO Reno7 Pro 5G  memperoleh dukungan pengisian cepat 65W. Fitur ini diklaim mampu membuat pengisian baterai dari kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 39 menit.

Teknologi pengisian cepat 80W yang disematkan pada OPPO Reno8 Pro 5G juga sudah cukup kencang. Tidak heran, pengisian baterai dari kondisi 0 sampai 100 persen butuh waktu sedikit lebih singkat, yakni 31 menit.

6. Konektivitas

wifi 6Sumber: https://www.androidauthority.com/wi-fi-6e-1072589/

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 5G, WiFi 6, dan NFC sudah didukung. Namun, generasi Bluetooth yang bisa didukung kedua ponsel sedikit berbeda. Reno7 Pro 5G mendukung bluetooth 5.2 dan Reno8 Pro 5G bluetooth 5.3.

Versi Bluetooth 5.3 memiliki sejumlah peningkatan dibanding versi sebelumnya. Peningkatan tersebut berupa keandalan, efisiensi energi dan pengalaman pengguna maupun pengalaman di aplikasi. 

7. Memori

oppo reno8 Pro storage_

Performa yang kencang ternyata masih harus didukung dengan kapasitas memori sesuai dengan kebutuhan. Untungnya, OPPO sudah menyadari hal tersebut dalam seri OPPO Reno. Maka tidak heran, kedua HP dibekali pilihan memori yang beragam guna menunjang performa dan kebutuhan. 

Ingat semakin besar memori yang Anda pilih maka, semakin mahal pula harga perangkat. Sayangnya, di kedua HP Android 5G ini, OPPO tidak menghadirkan slot untuk kartu memori tambahan.

OPPO Reno7 Pro 5G maupun Reno8 Pro 5G memiliki pilihan RAM dan memori penyimpanan tertinggi, yakni 12 GB dan 256 GB. Untuk terendah, pilihannya 8 GB dan 256 GB. 

Simpulan

OPPO Reno7 Pro 5G dan OPPO Reno8 Pro 5G merupakan HP flagship beda generasi yang cocok untuk sarana hiburan, sarana kerja, maupun sarana fotografi.

Perbedaan generasi tersebut membuat Reno8 Pro 5G mendapat sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya. Misalnya saja, pada sektor layar, dapur pacu, dan teknologi pengisian cepat.

Namun, dengan harga yang ditawarkan, tampak Reno8 Pro 5G terlalu mahal. Pasalnya ada beberapa produk HP lain yang memiliki spesifikasi lebih lengkap dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kamera yang dihadirkan di seri Reno terbaru ini ternyata tidak segahar yang dibayangkan.

Bagaimanapun juga OPPO Reno7 Pro 5G dan Reno8 Pro 5G merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di berbagai sektor. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan Reno7 Pro 5G atau Reno8 Pro 5G?


https://actoncloud.com