Simak 7 Perbedaan Tablet OPPO Pad dan OPPO Pad Air


Pasar tablet Android tampaknya masih belum sepi dari peminat. Hal ini membuat produsen seperti OPPO yang dikenal hadirkan berbagai HP menarik, tertarik terjun ke celah tersebut. 

Nah, Mei 2022 lalu, OPPO resmi memperkenalkan varian tablet mid-range terbarunya bernama OPPO Pad Air. Perangkat ini hadir dengan harga yang terjangkau, serta kombinasi desain dan performa yang dibutuhkan konsumen saat ini.

Sebelumnya, pada Februari 2022, OPPO juga telah menghadirkan tablet Android pertamanya bernama OPPO Pad. Tablet ini hadir untuk mengisi pasar tablet flagship yang selama ini dikuasai oleh produk-produk Apple. 

Maka tidak heran, spesifikasi tablet OPPO ini cukup gahar berbekal RAM besar dan sejumlah aksesoris pendukung untuk kerja.

Tentu menarik membahas perbedaan kedua tablet OPPO ini. Mengingat keduanya  menggunakan layar yang lebar dan chipset yang oke. Selain itu, keduanya juga memiliki sektor baterai yang awet.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan dalam OPPO Pad dan OPPO Pad Air, Anda bisa baca dulu spesifikasinya dibawah ini! 

Spesifikasi OPPO Pad

Layar IPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 8360 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi OPPO Pad Air

OPPO Pad Air
Layar IPS LCD 10.36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7100 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan OPPO Pad dan OPPO Pad Air

OPPO Pad series memang dipersiapkan sebagai tablet hiburan dan perangkat kerja. Maka dari itu, OPPO menawarkan spesifikasi berkelas pada sektor layar, mesin dan baterai agar kian nyaman digunakan. Nah, seluruh perbedaan kedua tablet dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Desain Mewah Nan Tipis

oppo pad 2_

Membahas bagian desain bodi, kedua tablet OPPO ini sama-sama memiliki desain yang cantik nan mewah, guna menarik perhatian konsumen. Kalau diperhatikan, keduanya mengusung konsep bodi yang mirip dimana serba mengkotak dan flat.

OPPO Pad memiliki sepertiga bodi bertekstur di bagian atas dan bodi polos yang elegan di bagian bawah. Menariknya, untuk bagian bertekstur ini kalau diperhatikan lebih detail memiliki pola huruf-huruf yang membentuk kata OPPO. 

Sedangkan OPPO Pad Air juga mengusung desain bodi belakang yang sama. Di sepertiga bodi bagian atas, tablet ini menggunakan bodi bertekstur garis-garis dan sisa bodinya polos. 

Penggunaan bodi bertekstur pada kedua tablet OPPO ini memang membuat tampilan bodi belakang lebih enak dipandang dan tidak membosankan. Namun, ternyata bodi bertekstur ini dimaksudkan agar tablet mudah kala digenggam, mengingat tablet ini berukuran besar.

Untuk bodi yang polos, OPPO telah menambahkan sedikit unsur OPPO Glow. Hadirnya fitur ini membuat bodi yang polos ini tampak berkilau halus dan tidak mudah kotor.   

Keunggulan desain tablet ini berlanjut pada bagian speaker. Guna memberikan kepuasan audio, OPPO menghadirkan quad speaker pada OPPO Pad dan OPPO Pad Air. 

Untuk mendukung performa audio, tablet ini juga sudah dibekali teknologi Dolby Atmos dan Hi Res Audio. Suara yang dihasilkan kedua tablet sangat lantang tapi enak didengar cocok untuk menonton video hingga main game.

Perbedaan kembali terlihat pada dimensi kedua tablet OPPO. Dimana OPPO Pad punya dimensi 252.2 x 163.8 x 7.1 mm dengan bobot 507 gram tampak bongsor. Sedangkan OPPO Pad Air sedikit lebih ringkas dengan dimensi 245.1 x 154.8 x 6.9 mm berikut bobot 440 gram.

Baca juga  Kenali 7 Perbedaan ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro 

Dari perbedaan dimensi tersebut, tentu OPPO Pad Air tampak lebih nyaman digunakan karena lebih tipis dan ringan.

Berkat keempat bezel yang cukup ramping dan dirancang simetris, layar tablet tampak lebih luas. Bezelnya juga cukup pas untuk menempatkan jari saat menggenggam tablet. Anda pun tak perlu takut layar tertutup jari jemari kala menggenggam tablet ini. 

OPPO juga menghadirkan secara terpisah beberapa aksesoris tambahan guna menunjang penggunaan kedua tablet. Anda bisa memilih keyboard cover hingga Stylus OPPO. Menariknya, Stylus ini memiliki tingkat kedalaman 4096 level sehingga nyaman digunakan di layar tablet OPPO.

2. Layar 11 inci vs 10,4 inci

oppo pad 1_

Sejak awal dikembangkan, OPPO Pad maupun OPPO Pad Air memang dirancang untuk sarana kerja dan multimedia. Maka dari itu, OPPO menggunakan layar yang berukuran lebar. Menariknya, ukuran layar kedua tablet ini berbeda sedikit.

OPPO Pad memiliki layar dengan bentang 11 inci, sedangkan ukuran layar OPPO Pad Air berukuran 10,36 inci. Layarnya memang luas dan cocok untuk mengakomodasi aktivitas kerja seperti menulis atau presentasi. 

Perbedaan sektor tampilan kedua tablet Android bukan cuma ukuran layar saja. Ada beberapa hal yang jadi pembeda, yakni resolusi, kepadatan piksel, tingkat kecerahan, dan teknologi pendukung. 

Untuk resolusi, layar keduanya sudah mencapai resolusi tinggi 2560 x 1600 piksel untuk OPPO Pad. Sedangkan OPPO Pad Air, sedikit lebih kecil dengan resolusi layar 1200 x 2000 piksel.

Adanya perbedaan resolusi mempengaruhi kepadatan piksel jika dibagi dengan bentang layar masing-masing. Layar OPPO Pad lebih padat dengan 274 ppi, sedangkan OPPO Pad Air  sudah cukup dengan 225 ppi.

Mengenai tingkat kecerahan, tablet generasi terbaru ini diklaim mampu mencapai tingkat kecerahan puncak 480 nit. 

Tingkat kecerahan itu lebih tinggi ketimbang yang bisa diraih Pad Air  360 nit. Hal tersebut membuat OPPO Pad lebih mudah terlihat tampilan layarnya kala digunakan diluar ruangan.

Terakhir, soal teknologi layar, OPPO menghadirkan refresh rate yang lebih tinggi yakni 120Hz pada OPPO Pad. Sedangkan, OPPO Pad Air masih mengandalkan refresh rate 60 Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus di OPPO Pad.

Kedua layar tablet OPPO ini sudah mendukung panel IPS, 18-bit colour dan HDR10+ sehingga tampilan layar kian jernih, tajam dan kaya warna. Fitur ini juga akan membuat layar ponsel OPPO memberikan tampilan dengan rentang dinamis yang tinggi. 

3. Snapdragon 870 5G vs Snapdragon 680 4G

oppo pad air

OPPO Pad mengandalkan chipset Snapdragon 870 5G sebagai otaknya. Qualcomm Snapdragon 870 5G merupakan chipset kelas atas yang mendukung kemampuan internet yang cepat . 

Ini merupakan chipset fabrikasi 7 nm. Chipset ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 1 inti Kyro 585 (3,2 Ghz), 3 inti Kyro 585 (2,4 Ghz) dan 4 inti Kyro (1,8 Ghz). 

Untuk komponen lainnya, ada GPU Adreno 650 dengan arsitektur baru yang mampu menampilkan video kualitas tinggi dan game grafis detail pada layar resolusi 2K dan refresh rate 120 Hz.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme

Chipset ini dipadukan dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB. Konfigurasi ini tentu cukup kencang untuk aktivitas harian, membuat multi-tasking lancar, hingga membuat game dapat dimainkan tanpa lag

Menurut Androplus.org, tablet OPPO Pad menawarkan performa tinggi khas perangkat dengan Snapdragon 870. Bahkan dalam pengujian menggunakan Geekbench, tablet ini mendapat skor 999 single-core dan 3040 multi-core

Dengan kemampuan yang memadai, tablet OPPO ini bisa memainkan game Genshin Impact dengan frame rate rata-rata 53 fps. 

Tentu hal ini sangat mengesankan. Apalagi, berkat sistem pendingin yang baik, suhu baterai berada di kisaran 30 derajat celcius saja. Tentu ini akan sangat nyaman di tangan.

Lanjut mengenai dapur pacu OPPO Pad Air, terpasang Snapdragon 680 4G. Chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 6 nm. 

SOC ini memiliki fitur hemat daya yang cukup baik mirip dengan chipset premium. Chipset gahar ini memiliki konfigurasi octa-core terdiri dari 4 inti Kyro 265 Gold (2,4 Ghz) dan 4 inti Kryo 265 Silver (1,9 Ghz).

Chipset ini didukung GPU Adreno 610. Ada juga pilihan RAM 4 GB atau 6 GB serta memori internal 64 GB atau 128 GB. Dengan spesifikasi ini, kinerja tablet ini cukup baik untuk menonton video dan bermain game ringan. 

Sayangnya, ketika digunakan untuk multi-tasking, masih sering ditemukan sedikit lag saat berpindah aplikasi. Ketika digunakan bermain game terbaru, tablet ini masih ditemukan penurunan frame rate. Beberapa game juga hanya bisa dimainkan di pengaturan grafis standar.

Menurut hasil pengujian yang dilakukan technave.com, OPPO Pad Air memiliki skor Geekbench 384 single-core dan skor 1621 multi-core. Untuk harian, performa tablet ini cukup pas untuk browsing internet dan membuka media sosial.

Untuk bermain game seperti Asphalt 9, Apex Legends Mobile hingga PUBG Mobile, tablet ini hanya bisa memainkan game dengan grafis rendah atau medium. Dengan pengaturan grafis tersebut, game dapat berjalan lancar.

4. Kamera 13 MP vs 8 MP

kamera 2 oppo pad air_

Konfigurasi kamera yang digunakan OPPO Pad dan OPPO Pad Air sebenarnya tidak berbeda jauh. Keduanya hanya dibekali sebuah kamera belakang dan sebuah kamera depan saja. Yang membedakan desain kameranya ialah adanya LED Flash di OPPO Pad. Sedangkan OPPO Pad Air tidak dilengkapi LED Flash.

Untuk konfigurasi kamera, kamera utama pada OPPO Pad  memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.0 serta teknologi AF. Kamera dengan sensor wide ini mampu menghasilkan gambar dengan jelas dan detail. 

Sementara itu, kamera utama OPPO Pad Air hanya memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0. Hasil kameranya masih memiliki noise.

Menyadari kebutuhan kamera depan yang jernih untuk video call. OPPO masih percaya pada kamera selfie ponsel ini yang memiliki resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.0 pada OPPO Pad. Adapun kamera selfie OPPO Pad Air  memiliki kamera 5MP f/2.2.  

Selain untuk video call, kamera depan ini berguna juga untuk face unlock. Hal ini menjadi nilai lebih tablet ini mengingat tidak adanya sensor sidik jari. Untungnya, fitur face unlock ini cukup cepat dan mudah digunakan.

5. Baterai 8360 mAh vs 7100 mAh

oppo pad air

Ukuran tebal bodi kedua tablet Android OPPO ini memang mengalami penyusutan dibanding tablet lainnya. 

Baca juga  7 Perbedaan Xiaomi Mi 11 dan Xiaomi 12 yang Perlu Anda Tahu

Hal ini bukan berarti kedua tablet mengusung kapasitas baterai yang kecil. Nyatanya, OPPO Pad dibekali baterai 8360 mAh dan OPPO Pad Air 7100 mAh. Dengan baterai tersebut, OPPO mengklaim tablet dapat digunakan hingga 2 harian.

Menariknya, OPPO juga menambahkan dukungan pengisian cepat di kedua tablet. OPPO Pad Air memperoleh dukungan pengisian cepat 18W. Fitur ini diklaim mampu membuat pengisian baterai dari kosong sampai penuh hanya memerlukan waktu 1 jam 40 menit.

Selanjutnya, teknologi pengisian cepat 33W yang disematkan pada OPPO Pad juga cukup kencang. Tidak heran, pengisian baterai dari kondisi 0 sampai 100 persen butuh waktu sedikit lebih singkat, yakni 1 jam 10 menit.

6. WiFi 6 vs WiFI 5

wifi 6Sumber: https://www.androidauthority.com/wi-fi-6e-1072589/

Seperti yang diketahui kedua tablet ini hadir tanpa fitur kartu SIM. Artinya untuk terhubung ke internet, tablet ini hanya mengandalkan fitur WiFi. Menariknya, generasi WiFi yang bisa didukung kedua tablet sedikit berbeda.

OPPO Pad  mendukung hingga WiFi 6, sedangkan OPPO Pad Air mampu menangkap sinyal WiFi 5. Dari segi bandwidth, sebenarnya sama. Namun, WiFi 6 bisa berjalan di spektrum 2,4 GHz dan 5 GHz dengan lebih stabil dan cepat dibanding WiFi 5. 

Keunggulan lainnya, WiFi 6 memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat 40% dibanding WiFi 5. Generasi WiFi terbaru ini memiliki akses jaringan yang mampu bekerja dengan banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan.  

7. Sistem Operasi

oppo pad_

OPPO memang baru pertama kali memproduksi tablet Android. Maka dari itu banyak yang penasaran akan sistem operasi yang akan dipakai OPPO pada tabletnya. Dan, ternyata OPPO masih percaya diri menggunakan ColorOS. 

Bedanya, ColorOS yang dihadirkan sudah mengalami penyesuaian agar nyaman digunakan di layar yang lebar.

Perbedaan yang tampak dalam sistem operasi  ColorOS 12.1 ini ialah desain tombol navigasi yang dibuat sedikit lebih kecil dan mudah digunakan dalam kondisi tablet horizontal maupun vertikal. Selain itu, OPPO juga menghapus sejumlah bloatware sehingga tampilan aplikasi lebih sederhana.

Selain itu, OPPO menghadirkan sejumlah fitur khusus untuk tablet seperti split screen, flexible windows, dual windows, dan smart sidebar. ColorOS versi Pad ini menggunakan basis Android 12.

Simpulan

OPPO Pad merupakan tablet pertama OPPO yang mengusung spesifikasi kelas atas guna bersaing dengan tablet flagship lain. Hadir dengan layar lebar dan chipset Qualcomm Snapdragon 870, tablet ini cocok untuk digunakan bekerja maupun main game

Menariknya, dengan rentang harga yang tak berbeda jauh, tablet ini cukup unggul dibanding tablet Xiaomi Pad 5 Pro. Hanya saja, perangkat OPPO ini tidak memiliki sensor sidik jari dan slot micro SD. Selebihnya, tablet ini nyaman digunakan di luar ruangan sekalipun.  

Sementara itu, OPPO Pad Air menjadi tablet pertama OPPO di pasar indonesia. Tablet ini hadir untuk Anda yang butuh tablet untuk kerja dan belajar dengan harga yang lebih terjangkau.

Tablet ini cukup unggul dengan speaker yang lantang dan baterai yang awet. Sayangnya, sama seperti OPPO Pad, tablet ini hanya bisa digunakan dengan koneksi WiFi.

Bagaimanapun juga OPPO Pad dan OPPO Pad Air merupakan salah satu opsi menarik di kelas tablet Android  yang punya kemampuan prima di berbagai sektor. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan OPPO Pad atau OPPO Pad Air?


https://actoncloud.com