Catat 7 Perbedaan OPPO A55 dan OPPO A57 yang Perlu Kamu Tahu


Reputasi OPPO selaku brand asal Tiongkok yang terus menghadirkan peningkatan spesifikasi dari setiap produk terbaru yang mereka keluarkan. Seperti yang dihadirkan di tahun 2022 ini, OPPO menyegarkan OPPO A series dengan merilis OPPO A55 dan OPPO A57.

OPPO A55 merupakan produk entry-level seharga 2 jutaan di seri A. Ponsel ini masih memiliki DNA yang fokus pada fotografi. Oleh karenanya, terpasang kamera resolusi tinggi mampu menghasilkan foto terbaik di kelas harga murah.

Tidak heran, pemerhati dunia gadget pun penasaran dengan detail ponsel OPPO ini. Desain bodi yang ditawarkan juga cukup ciamik dan estetik untuk sebuah ponsel murah.

OPPO A57 2022 hadir dengan desain yang lebih segar dan sejumlah fitur baru untuk melanjutkan kesuksesan model A series. OPPO tampak masih mengusung konsep HP multitasking dalam seri ini.

Maka dari itu, dalam seri ini, OPPO menghadirkan upgrade di bagian dapur pacu agar HP ini kian nyaman dan lancar digunakan bermain game. Tidak tanggung-tanggung, OPPO A57 2022 sudah dibekali fitur RAM extension untuk menambah performa.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kecanggihan teknologi dan fitur yang ditawarkan OPPO A57 2022, kamu bisa baca dulu spesifikasinya dibawah ini! Atau kamu bisa memahami kelebihan dan kekurangan OPPO A55 disini.

Spesifikasi OPPO A55

Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.699.000

Spesifikasi OPPO A57

OPPO A57
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000

Perbedaan OPPO A55 dan OPPO A57

Setelah kamu membaca spesifikasi dari kedua model OPPO A series, tentunya rasa penasaran mulai muncul dibenakmu tentang perbedaan dari kedua perangkat tersebut. Tenang, di Carisinyal kamu akan mendapatkan jawaban soal perbedaan kedua smartphone ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain Bodi, Modul Kamera, dan Posisi Kamera Depan

oppo a55

Di 2022 ini OPPO berusaha menghadirkan desain yang lebih segar dan elegan dibanding seri sebelumnya. Terlepas dari statusnya sebagai ponsel Android murah, OPPO A55 memiliki tampilan bodi yang membuatnya terlihat mahal.

Ponsel entry-level ini memiliki desain kamera depan model punch hole di layar, tidak lagi model waterdrop yang masih digunakan di sebagian ponsel HP 2 jutaan.

Ponsel OPPO A55 juga memiliki desain bodi yang ramping dan nyaman digenggam berkat desainnya yang melengkung 3D. Desain ini hanya memiliki ketebalan 8,40 mm dan berat 193 gram. 

Sementara itu, OPPO menghadirkan desain premium bernama OPPO Glow di bodi OPPO A57. Dengan desain ini, bagian bodi belakang smartphone dapat nampak berkilau warnanya sesuai pencahayaan. 

Bodi belakangnya juga dilengkapi lapisan khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Tidak hanya itu, dibagian tepian bodi juga nampak sedikit menonjol. Hal ini bertujuan melindungi layar saat HP jatuh.

Baca juga  Ini Dia 12 Aplikasi Chat Anonim yang Bisa Dicoba di Android

Untuk dimensi, OPPO A57 memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas yakni 163,7 x 75 x 8 mm dengan bobot 187 gram. Tentu untuk penggunaan harian OPPO A54 memiliki dimensi yang lebih nyaman di tangan. 

Menariknya kedua HP OPPO terbaru ini juga sudah dibekali sertifikasi IPX4, sehingga tahan percikan air.

2. Bentang Layar

oppo a55

Kedua HP ini sebetulnya menggunakan spesifikasi layar yang tidak berbeda jauh. OPPO A55 memiliki bentang layar 6,51 inci dengan panel IPS LCD resolusi HD+ alias 720 x 1600 piksel. Layar ini memiliki tingkat kecerahan puncak mencapai 550 nit. 

Berkat tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi ini, pengguna dapat merasakan layar dapat terbaca sekalipun di bawah terik matahari. Layar HP ini juga memiliki rasio bodi ke layar yang tinggi yakni sekitar 82,6 persen.

Ini disebabkan bezel setiap empat sisi yang dibuat begitu ramping supaya layar dapat menampilkan konten lebih luas dan menjaga bodi agar tetap tampak mungil. Untuk melindungi layar dari goresan dan retak, OPPO memasang lapisan NEG T2X-1.

Sementara itu, layar OPPO A57 memiliki bentang 6,56 inci. Layar ini terbilang besar dan akan sangat nyaman digunakan untuk bermain game, browsing sosial media dan menonton video. Selain itu layar HP ini menggunakan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. 

Layar ini juga memiliki sudut penglihatan yang baik dan memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal. Menariknya, saat di kondisi gelap, kecerahan layar HP dapat diturunkan secara drastis hingga 2 nit dan layar masih bisa dilihat.

Menurut penguji dari akun Youtube Taeku, layar OPPO A57 mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya cukup berimbang. Pasalnya, layarnya inis sudah mendukung 100% DCI P3, 96% NTSC dan 100% sRGB.

3. Varian RAM dan Memori Internal

OPPO A57 Helio G35

Kedua HP OPPO terbaru ternyata ini menggunakan chipset atau SoC yang sama yakni Mediatek Helio G35. SoC dengan fabrikasi 12 nm ini sendiri merupakan SoC kelas menengah ke bawah.

Chipset ini akan menghasilkan kinerja tinggi sekaligus memaksimalkan usia baterai sehingga pengalaman gaming bisa lebih lama dan dinamis.

Chipset mediatek ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah empat core berbasis Cortex A53 (2,3 GHz) dan empat core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz).

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU IMG PowerVR GE8320 650MHz, teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI terbaru hingga modem 4G terbaru untuk SIM 4G ganda. 

Yang membedakan antara dapur pacu OPPO A55 dan OPPO A57 ialah RAM dan memori penyimpanan. Pada dapur pacu Ponsel entry-level ini, Mediatek G35 ini didukung RAM 4 GB atau 6 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Untuk penggunaan harian, spesifikasi HP ini sudah cukup tangguh untuk multitasking

Sementara itu, pada dapur pacu ponsel mid-range OPPO A57 ini, Mediatek G35 ini didukung RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Untuk penggunaan harian, spesifikasi HP ini sudah cukup tangguh untuk multitasking. Ponsel mid-range ini juga dibekali teknologi RAM Expension yang membuat RAM bisa ditambah 4 GB menjadi 8 GB

Baca juga  15 HP Samsung dengan RAM 6 GB Terbaru (September 2022)

Lantas manakah yang memiliki performa terbaik? 

Bila merujuk pada hasil AnTuTu, OPPO A55 mencetak skor 97.124. Jika merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube infofull, pada AnTuTu 9, OPPO A57 mencetak skor 114.176. Dari Angka tersebut, jelas OPPO A57 memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan HP lainnya.

4. Resolusi dan Fitur Kamera

oppo a55

Untuk menghadapi persaingan di pasar ponsel 2022, OPPO melakukan pembenahan serius di sektor kamera HP-nya.

OPPO menghadirkan peningkatan yang cukup besar yakni menggunakan kamera utama 50 MP di OPPO A55. Padahal seri sebelumnya, hanya menggunakan kamera utama 13 MP saja.

Kamera utama ini sudah menggunakan teknologi pixel binning 4 in 1 yang menyatukan empat piksel menjadi satu. OPPO juga mengklaim kalau fitur AI di kamera ini akan membuat momen yang tertangkap kamera terlihat lebih menarik. 

Untuk kamera pendamping OPPO A55 memiliki kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Sedangkan dibagian kamera depan, OPPO menghadirkan kamera 16 MP yang menghasilkan foto jernih dengan pencahayaan yang bagus. Untuk perekaman video, kamera HP Android murah ini sudah bisa merekam video Full HD 30 fps di kamera belakang maupun depan.

Menurut Giancarlo Viterbo dari Gadgetpilipinas.net, hasil foto 50 MP dan fitur Ai yang dihadirkan di OPPO A55 cukup baik di kelasnya. Hasil fotonya memang tidaklah sempurna. Namun untuk low-light kamera di HP ini cukup bisa diandalkan. Portrait mode juga cukup baik dalam segala kondisi.

Beralih ke OPPO A57 4G. Untuk kamera utama, OPPO memasang sensor 13 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/2.2, dilengkapi autofocus berteknologi open-loop focus motor. Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera AI. Kamera ini punya bukaan f/2.4. Mode yang ditawarkan memang sederhana termasuk Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video.

Untuk kamera selfie, resolusinya 8 MP (f/2.0). Menariknya, OPPO menghadirkan fitur mode malam di kamera depan ini.

Dengan peningkatan yang dihadirkan, kamera ini bisa merekam video FHD 30 fps untuk kamera depan maupun kamera belakang. Selain itu, hasil kamera HP Android terbaru ini cukup memuaskan, detail dan dinamis.

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera OPPO A57 2022? Dalam sampel yang diambil oleh akun Youtube Ashige Gadget, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di kondisi pencahayaan yang cukup. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi pencahayaan yang minim. 

Lanjut ke hasil jepretan kamera selfie, fotonya cukup detail di kelasnya. akurasi warna cukup natural dan white balance-nya juga baik. Warna kulit juga tampak natural.

5. Fitur Fast Charging OPPO A57 Lebih Kencang

OPPO A57

OPPO A55 dan OPPO A47 ternyata memiliki baterai berkapasitas yang sama, namun dengan sistem pengisian cepat. Untuk kapasitas baterai, kedua HP Android 4G ini menggunakan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Baca juga  Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar

Kapasitas tersebut terbilang standar ponsel masa kini. Baterai tersebut ternyata cukup lama digunakan untuk bermain game atau sekadar membuka media sosial. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus meski layar HP ini berukuran lebar.

Guna mendukung pengisian daya baterai, OPPO juga sudah menghadirkan fitur fast charging. OPPO A57 sudah mendukung pengisian cepat SuperVOOC 33W. Sayangnya untuk OPPO A55 hanya dibekali pengisian cepat 18W.

Dengan charger bawaan OPPO A57, pengguna bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit untuk mengisi baterai kosong hingga 50%.

6. Sistem Operasi Saat Dirilis dan Teknologi Bluetooth

oppo a57

Untuk kamu yang sedang menentukan satu diantara kedua HP OPPO A series ini, sebaiknya kamu memperhatikan detail sistem operasi dan konektivitasnya. Fitur konektivitas dalam ponsel sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, sistem operasi juga berguna dalam performa aplikasi.

Dibagian sistem operasi, OPPO A55 masih menggunakan sistem Android 11 dengan balutan ColorOS 11. Sementara OPPO A57 sudah menggunakan sistem Android 12 dengan balutan ColorOS 12.

Untuk urusan Bluetooth, OPPO A55 menggunakan Bluetooth versi 5.0. Sedangkan, OPPO A57 sudah  menggunakan Bluetooth 5.3. Sayangnya, kedua HP Android OPPO ini masih mendukung konektivitas 4G. 

7. Selisih Harga Tidak Terlalu Besar

oppo a57

OPPO A55 dirilis dengan harga Rp2.699.000 untuk varian RAM 4 GB dan memori 64 GB. Sementara itu, untuk OPPO A57 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB bisa dibeli seharga Rp2.399.000.

Maka ada selisih harga sekitar Rp300 ribu pada kedua HP, terbilang tidak terlalu besar. Siapkan bujet sesuai banderol harga masing-masing HP jika kamu ingin membeli salah satunya.

Simpulan

OPPO A55 memang hadir dengan sejumlah peningkatan. Peningkatan desain yang lebih estetik serta kamera 50 MP diharapkan menjadi daya tarik HP ini.

Apalagi, dengan harga Rp2 jutaan, OPPO cukup unggul dibagian fotografi karena masih jarang HP lain dengan kamera 50 MP. Untuk chipset, OPPO menggunakan Mediatek G35. Ini sedikit mengecewakan karena chipset ini lebih cocok untuk HP harga Rp1 jutaan.

Sedangkan dalam seri OPPO A57 hadir dengan spesifikasi yang cukup berimbang di kelasnya. Kamu akan mendapat layar lebar yang nyaman digunakan untuk sekadar bermain game maupun mengakses sosial media.

Sayangnya, sama seperti OPPO A55, performa smartphone ini tidak didukung chipset yang mumpuni, alhasil membuat HP ini kurang nyaman digunakan untuk bermain game berat. Untungnya, OPPO memakai baterai 5000 mAh yang sudah didukung dengan sistem pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Jadi, kalau kamu mencari HP kamera, OPPO A55 masih layak dimiliki. Namun, kalau kamu butuh HP dengan layar yang nyaman dan fitur SuperVOOC 33W maka OPPO A57 layak dimiliki.


https://actoncloud.com