Inilah 6 Perbedaan Layar IPS, TN TFT, dan PLS TFT


Mencari monitor, laptop atau smartphone bukan hal yang mudah. Banyak sekali yang harus diperhatikan, seperti spesifikasi, harga, dan branding. Di antara berbagai perangkat pintar, layar menjadi salah satu aspek terpenting yang tidak boleh diabaikan.

Berbagai jenis layar saat ini digunakan, seperti TN TFT, IPS LCD, PLS TFT, dan AMOLED. Masalahnya adalah istilah-istilah ini akan tampak asing bagi sebagian besar pelanggan potensial yang tidak terbiasa dengan teknologi.

Tak jarang, konsumen yang kurang paham lebih memilih datang langsung ke toko untuk menilai penampilan mereka satu per satu. Tapi setiap saat on linemembeli perangkat pintar pasar jadi serem kan karena ketemu istilah asing ini pas liat speknya.

Jangan khawatir, panel IPS, TN TFT, dan PLS TFT tidak terlalu sulit untuk dipahami, mengapa! Ketiga panel ini berbeda dalam kualitas tampilan, efisiensi energi, dan sebagainya. waktu merespon-miliknya. Tak perlu menunggu lama, berikut akan kami uraikan perbedaan ketiga panel tersebut di bawah ini.

Apa itu IPS, TN TFT dan PLS TFT?

TN yang artinya Nematik bengkok merupakan panel display yang masih sering diproduksi hingga saat ini. Biasa digunakan oleh laptop di kelas harganya Tingkat pertama. Laptop yang digunakan penulis adalah HP 256 G7 menggunakan panel TFT TN 720p.

penamaan Nematik bengkok mengacu pada bagaimana setiap piksel diposisikan dalam satu baris satu sama lain. Panel TN TFT (Transistor Film Tipis) adalah peningkatan yang signifikan dibandingkan layar CRT yang tebal. TN TFT juga hanya membutuhkan daya rendah untuk penerangan yang tepat.

Panel IPS LCD berarti Beralih di pesawat, Layar kristal cair. Panel jenis ini termasuk lapisan kristal air. Satu piksel pada layar terdiri dari satu kristal cair, yang berfungsi sebagai titik cahaya.

Baca juga  Yuk, Ketahui 11 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A77s Ini!

Berbeda dengan AMOLED yang dapat memancarkan cahaya secara natural, panel IPS LCD membutuhkan lapisan ekstra. lampu latar sebagai sumber cahaya.

lampu latar memancarkan cahaya, yang kemudian ditransmisikan ke lapisan kristal cair dan kemudian dihamburkan. Proses ini mirip dengan mengarahkan senter ke lapisan kaca hingga cahayanya terpisah. Emisi cahaya kemudian dikendalikan oleh filter horizontal dan vertikal di sisi susunan kristal.

Kehadiran IPS LCD sendiri dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang melekat pada panel TFT TN, yaitu sudut pandang yang buruk dan reproduksi warna.

Untuk bisa “bersaing” dengan panel IPS, Samsung juga merilis panel layar IPS versinya sendiri yang disebut PLS TFT (Beralih di antara bidang dan garis). Performa panel jenis ini setara dengan IPS LCD, namun ada penyempurnaan yang sengaja ditambahkan untuk meningkatkan daya saing.

Perbedaan antara layar IPS, TN TFT dan PLS TFT

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perbedaan layar IPS, TN TFT, dan PLS TFT, simak penjelasan berikut ini.

1. Sudut pandang (Sudut pandang)

256 HP
Laptop HP 256 G7 dengan layar TN

Jika Anda akan aktif permainan sofa Dengan teman atau keluarga, Anda memerlukan monitor, laptop, atau TV sudut pandang besar.

Dalam hal ini, PLS TFT adalah opsi yang paling cocok. PLS TFT Samsung diklaim memiliki sudut pandang terluas, disusul IPS LCD dengan sudut pandang lebar 178 derajat.

Di antara ketiga jenis panel tersebut, TN TFT memiliki sudut pandang paling terbatas. Jika Anda menggunakan panel ini, ambil sedikit tampilan samping, itu akan langsung terjadi. perubahan warna alias warna di layar jadi agak kusam. Karena itu, perangkat yang menggunakan TN TFT tidak terlihat bagus jika dilihat dari samping.

Baca juga  Inilah 3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Infinix dengan Mudah dan Aman

2. Biaya produksi

tolong tft_

Panel layar TN TFT merupakan teknologi tertua di antara yang lainnya. Karena itu, proses produksinya juga paling matang.

Produksi bisa lebih mudah diimplementasikan otomatisasi dalam proses produksi panel, dan secara efisien melakukan produksi massal. Ini menghasilkan biaya produksi terendah dari tiga panel.

Sedangkan biaya produksi PLS TFT lebih rendah 15% dibandingkan dengan IPS LCD. Meninggalkan IPS sebagai jenis panel dengan biaya produksi tertinggi. Namun, panel TFT PLS sendiri hanya diproduksi oleh Samsung, sehingga membuktikan klaim tersebut cukup sulit.

3. Waktu merespon

Setiap jenis panel indikator memiliki peruntukannya masing-masing. Beberapa di antaranya untuk tujuan desain, beberapa untuk permainan. Saat ini,Jika Anda mencari perangkat layar yang cocok untuk permainan cepat, sebaiknya pilih panel layar TN TFT.

Panel layar TN TFT ini memiliki waktu tanggapan yang tercepat dari semuanya. Anda tahu dia bisa mendapatkannya waktu merespon kurang dari 1 milidetik, dilaporkan dari wepc.com.

Sedangkan PLS TFT dengan IPS LCD sepertinya waktu merespon yaitu 1 sampai 2 milidetik. Model perangkat lama mungkin memiliki waktu hingga 5 milidetik.

Jika Anda memainkan game kompetitif seperti CS:GO, layar dengan waktu merespon buruk, maka hal seperti ini akan terjadi mengaburkan. Ini karena ketidakmampuan piksel untuk mengirimkan gambar visual ke piksel lain.


https://actoncloud.com