Yuk, Intip 8 Perbedaan IPS, AMOLED, dan Super AMOLED Ini!


Saat ini, berbagai perangkat pintar seperti smartphonetablet, komputer, laptop, dan konsol permainan portabel menggunakan berbagai teknologi tampilan panel. Beberapa yang paling umum digunakan adalah IPS LCD, AMOLED serta Super AMOLED.

Ketiga istilah tersebut merujuk pada kemampuan masing-masing layar untuk memberikan kenyamanan visual kepada pengguna. Jenis yang berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

IPS LCD sendiri biasanya hanya ditemukan pada ponsel yang terjangkau, sedangkan AMOLED dan Super AMOLED termasuk perangkat di kisaran harga yang lebih mahal.

Apa itu IPS, AMOLED, dan Super AMOLED?

IPS LCD artinya Beralih di dalam pesawat Layar kristal cair. Seperti namanya, panel ini menggunakan teknologi liquid crystal, teknologi ini berarti satu pixel tersusun dari satu liquid crystal sebagai titik cahaya. Di balik kristal cair ini terletak lampu latar digunakan sebagai sumber cahaya.

Kemudian cahaya dipancarkan lampu latar itu menembus lapisan kristal cair dan kemudian menghilang. Emisi cahaya kemudian dikendalikan oleh filter horizontal dan vertikal di sisi susunan kristal. Beberapa warna telah dipertahankan sementara yang lain telah disimpan.

IPS bekerja dengan cara menekan lapisan kristal cair di antara dua permukaan kaca. Molekul kristal cair disusun sejajar dengan dua lapisan dalam arah tertentu. Kehadiran IPS LCD dirancang untuk mengatasi masalah sudut pandang yang buruk dan reproduksi warna pada panel TN (Nematik bengkok).

AMOLED adalah LED organik matriks aktifteknologi penghasil cahaya yang terdiri dari lapisan organik berlapis yang ditumpuk di antara lapisan anoda dan katoda. Karena panel AMOLED dapat memancarkan cahayanya sendiri, mereka tidak membutuhkan pelapis. lampu latar.

Panel AMOLED mencakup array aktif piksel pemancar cahaya OLED, diaktifkan secara elektrik, disimpan pada lapisan TFT. Nantinya panel AMOLED akan memiliki sakelar untuk mengontrol arus untuk setiap piksel.

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad Air yang Perlu Dibaca

Super AMOLED adalah peningkatan yang diperkenalkan oleh Samsung pada tahun 2010. Super AMOLED menambahkan komponen sentuh yang terpasang di layar itu sendiri, bukan berlapis di atasnya.

Perbedaan antara IPS, AMOLED dan Super AMOLED

Setelah menjelaskan maksudnya, mari kita lihat sekilas beberapa perbedaan pada panel layar IPS, AMOLED, dan Super AMOLED berikut ini.

1. Konsumsi daya

Layar Penuh Super AMOLED 90Hz

Pelat muka IPS bekerja dengan merepresentasikan lapisan sumber cahaya sebagai lampu latar LED di dalam. Jadi, meskipun layarnya hitam, lampu latar tetap menyala dan menguras baterai lebih banyak lagi.

Hal ini berbeda dengan AMOLED dan Super AMOLED dimana setiap pikselnya dapat memancarkan cahaya secara natural. Saat menampilkan konten hitam, piksel tidak akan memancarkan cahaya.

Jadi gunakan mode gelap pada ponsel yang menggunakan AMOLED atau Super AMOLED, daya tahan baterai jauh lebih baik daripada IPS LCD. Faktanya, AMOLED dilaporkan 10 kali lebih hemat energi daripada IPS LCD. matob.web.id.

Super AMOLED adalah versi perbaikan dari AMOLED. Super AMOLED dikenal memiliki efisiensi energi 20% lebih tinggi dibandingkan AMOLED konvensional.

Karena AMOLED dan Super AMOLED cenderung hemat energi, hanya kedua jenis panel ini yang dapat menerapkan fungsi AOD (Selalu dipajang).

2. Tingkat ketebalan

samsung galaxy m52
Samsung Galaxy M52 5G, salah satu ponsel Samsung tertipis dengan panel Super AMOLED.

IPS LCD membutuhkan pelapisan lampu latar di dalamnya sebagai sumber cahaya, tidak seperti AMOLED dan Super AMOLED, di mana setiap piksel dapat memancarkan cahayanya sendiri. Karena tidak ada lapisan lampu latar di AMOLED dan Super AMOLED, kedua jenis panel ini lebih tipis dari LCD IPS.

Ketiadaan lampu latar pada AMOLED dan Super AMOLED juga menjadi alasan keduanya bisa mengakomodir sensor pemindai sidik jari (pemindai sidik jari di bawah layar).

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 9T

Jika Anda melihat apa-apa smartphone dengan IPS LCD menawarkan sensor di layar. Ini karena IPS LCD tidak memiliki cukup ruang untuk menampung sensor. Jadi, ponsel dengan layar IPS LCD menempatkan sensornya di bagian belakang atau samping.

3. Fleksibilitas

COVER Samsung Galaxy Z Fold4

Satu-satunya perbedaan ini masih berkaitan dengan ketebalan masing-masing panel. Karena Super AMOLED dan AMOLED lebih tipis, kedua jenis panel ini juga lebih mudah beradaptasi dan fleksibel.

Sering kita temukan smartphone kelas unggulan atau kelas menengah ke atas yang menawarkan layar melengkung. Ini karena layar melengkung tidak dapat digunakan dengan panel IPS LCD. Berbagai aksesoris seperti jam pintar juga menggunakan panel AMOLED.

Selain itu, panel AMOLED yang fleksibel memungkinkan teknologi inovatif seperti ponsel lipat dan kamera dalam layar (sidik jari di bawah layar).

4. Reproduksi warna

amoled_

Panel AMOLED dan Super AMOLED memiliki keunggulan dalam hal warna yang ditampilkan. Dibandingkan dengan IPS LCD, kedua jenis panel AMOLED memiliki 90% gamut warna Adobe RGB, yang 20% ​​lebih besar dari ruang warna layar lainnya. Samudera Atlantik.

5. Risiko paparan Menulis ke

Panel layar Super AMOLED dan AMOLED memiliki risiko saat digunakan dalam waktu lama. Ketika visual statis ditampilkan pada layar di tempat yang sama dalam waktu yang lama, visual tersebut akan terus muncul sebagai “bayangan”, atau yang biasa disebut dengan tulis di.


https://actoncloud.com