6 Perbedaan Huawei Matepad 10.4 dan Huawei Matepad SE


Huawei MatePad SE adalah tablet terjangkau dengan nilai yang melimpah. Meski hanya dibanderol Rp 2 jutaan, tablet ini sudah dilengkapi dengan panel IPS LCD beresolusi 2K dan performa yang baik.

Namun, nama Huawei MatePad SE hampir sama dengan Huawei MatePad 10.4 yang pertama kali masuk pasar. Apalagi keduanya memiliki ukuran layar yang sama, serta sejumlah fitur lain yang juga mirip.

Oleh karena itu, tim Caris Signal akan menjelaskan perbedaan Huawei MatePad 10.4 dengan Huawei MatePad SE. Dengan cara ini, pengguna mengetahui tablet mana yang terbaik untuk kebutuhan mereka dan anggaran Anda. Yuk, baca perbedaan berikut!

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Layar LCD IPS 10,4″.
Chipset Kirin 710A
RAM 4gb, 6gb
Memori batin 64 GB
Kamera

13 MP (lebar)

Baterai Lipo 7250 mAh
Keuntungan Baca di sini

Spesifikasi Huawei MatePad SE

Huawei MatePad SE 10.4
Layar LCD IPS 10,4″.
Chipset QualcommSnapdragon 680
RAM 4GB
Memori batin 64 GB
Kamera

5 MP (lebar)

Baterai Lipo 5100 mAh
Keuntungan Baca di sini

Perbedaan antara Huawei Matepad 10.4 dan Huawei Matepad SE

1.HarmonyOS 2 vs 3

OS Harmoni

Kedua tablet ini tidak memiliki Layanan Seluler Google oleh karena itu, ada beberapa aplikasi Google yang tidak dapat digunakan. Hal ini merupakan dampak dari isu perang dagang yang terjadi antara AS dan China sejak tahun 2019 lalu.

Ini juga mendorong Huawei untuk membuat sistem operasinya sendiri yang disebut HarmonyOS. Sejumlah produk Huawei terbaru akhirnya dirilis dengan HarmonyOS, tidak terkecuali Huawei MatePad SE.

HarmonyOS memberikan pengalaman pengguna yang akrab bagi pengguna Android. Namun, HarmonyOS bukanlah tiruan dari dua sistem operasi yang sudah ada di pasaran, baik itu Android maupun iOS.

Salah satu kekuatan HarmonyOS adalah penerapan konsep OS terdistribusi yang meningkatkan performa secara signifikan dibandingkan Android. Maka HarmonyOS juga tidak mungkinakar misalnya Android untuk meningkatkan keamanan perangkat.

Sementara Android memiliki Google Play Store sebagai pusat pencarian aplikasinya, HarmonyOS memiliki AppGallery. Pada tahun 2022, saat tablet Huawei MatePad SE dirilis, banyak developer yang meletakkan aplikasinya di AppGallery.

Anda dapat menginstal aplikasi dengan berbagai fungsi di MatePad SE, seperti pengeditan dokumen, pengeditan foto, jejaring sosial, dan lainnya. Tapi sungguh, tidak ada aplikasi Google di tablet ini.

Ketika HarmonyOS pertama kali diluncurkan, sulit bagi masyarakat umum untuk menikmati konten film dan video. seri pada layanan OTT. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Huawei MatePad 10.4 dan Huawei MatePad SE.

Pengguna masih dapat mengakses Disney+ Hotstar dan Netflix di situs web resmi dan menonton semua film sebagai aplikasi di OS Android.

Sedangkan ketika pengguna HarmonyOS ingin merasakan serunya menggunakan Android, mereka bisa menggunakan fitur tidak resmi bernama GSpace. Fitur ini menyediakan Layanan Seluler Google atau Layanan Seluler Google sudah terintegrasi di dalamnya.

Saat GSpace digunakan, pengguna dapat menikmati semua aplikasi Google seperti Android pada umumnya, seperti Gmail, YouTube, Google Foto dan masih banyak lagi.

Namun GSpace sering menampilkan iklan yang mengganggu dan tidak stabil seperti saat menggunakan Android asli. Karena status GSpace sebagai fitur tidak resmi, pengguna juga harus mengetahui privasi informasi sensitif yang dapat diakses oleh pengembang fitur ini.

Meski sama-sama menggunakan sistem operasi yang sama, kedua tablet ini dirilis dengan versi yang berbeda. Huawei MatePad 10.4 dirilis menggunakan HarmonyOS 2, sedangkan Huawei MatePad SE dirilis menggunakan HarmonyOS 3. Hal ini karena MatePad SE dirilis lebih lambat dari MatePad 10.4 yang lebih dulu menggebrak pasar.

Yang membuat HarmonyOS 3 berbeda adalah kestabilannya. Itu mampu membuat tablet lebih cepat dalam hal kinerja game, navigasi, sehingga lebih mendukung aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Dibandingkan dengan HarmonyOS 2, perangkat dengan HarmonyOS 3 juga tidak terlalu banyak mengonsumsi daya dan dapat menjaga daya tahan baterai.

Berdasarkan HuaweiCentral.comHarmonyOS 3 juga meningkatkan fitur kegunaan perangkat super untuk menghubungkan ekosistem perangkat pintar Huawei.

2. Kirin 710A vs Snapdragon 680

68094-snapdragon-680-4g_

Meski harganya lebih tinggi, Huawei MatePad 10.4 tampaknya hadir dengan chipset lebih rendah. Tablet 4 juta ini memiliki fitur HiSilicon Kirin 710A, dibangun dengan proses FinFET 14nm. Di dalamnya terdapat kombinasi delapan inti prosesor yang terbagi menjadi dua cluster.

Alias ​​​​dari cluster pertama kinerja tinggi dengan quad-core Cortex A73, bawalah Frekuensi jam pada frekuensi 2 GHz. Sedangkan cluster hemat daya mengandalkan empat inti Cortex A53 1,7GHz.

Adapun kartu video yang andal chipset Kelas menengah adalah Mali G51 yang berjalan pada frekuensi grafis 1000 MHz.

Sekarang mari beralih ke Huawei MatePad SE yang lebih murah namun dengan spesifikasi lebih baik. chipset Snapdragon 680 dengan kinerja luar biasa. dia chipset Snapdragon 600 seri yang pertama dibangun dalam manufaktur 6nm untuk memberikan efisiensi daya yang lebih baik.

Snapdragon 680 sendiri cukup sering digunakan smartphone mid-range ternama seperti Redmi Note 11, Realm 9i, Redmi 10, OPPO Reno7 dan masih banyak lagi. Jika Anda mengikuti dunia cukup sering gadgettentunya nama Snapdragon 680 sudah tidak asing lagi di telinga anda.


https://actoncloud.com

Baca juga  5 Perbedaan Samsung Galaxy A23 dan Samsung Galaxy A23 5G