Kenali 7 Perbedaan ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro 


Setiap tahun ASUS melakukan penyegaran pada produk ROG Phone sebagai salah satu HP gaming terbaik. Nah di 2022 ini, ASUS merilis ASUS ROG Phone 6 Pro yang mengusung spesifikasi lebih lengkap dan lebih baru dari pendahulunya, ASUS ROG Phone 5 Pro.

ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro memang menarik untuk dibedah perbedaanya. Pasalnya, kedua HP ASUS ini menghadirkan spesifikasi kelas atas mulai dari layar, mesin dan kamera. 

Ubahan-ubahan yang dihadirkan pada seri terbaru juga diklaim membuat smartphone ini kian nyaman untuk bermain game.

Perubahan paling besar yang ditawarkan ASUS ialah RAM dan layar. ROG Phone 6 Pro ini menggunakan RAM berkapasitas besar untuk memberikan performa kencang. Sementara di bagian layar, ASUS menghadirkan teknologi kekinian untuk membuat layar lebih detail dan responsif.

Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Pro

Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi ASUS ROG Phone 6 Pro

ASUS ROG Phone 6 Pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro

ASUS tampak serius menghadirkan perangkat gaming performa tinggi dalam seri ROG Phone 6 Pro berbekal RAM besar. 

Namun, ASUS ROG Phone 5 Pro tak kalah gahar dengan dukungan chipset lama yang masih kencang. Biar tidak semakin penasaran, simak seluruh perbedaan kedua ponsel pada poin-poin berikut ini.

1. Sisi Desain

asus rog phone 5 pro_

ASUS masih percaya diri menghadirkan desain yang gagah pada kedua seri ROG Phone pro ini. Desainnya memang tak banyak berubah, sama seperti versi ROG Phone Reguler. ROG Phone 5 Pro masih tampak modis khas gaming. Sementara ROG Phone 6 Pro tampil lebih bertema modern.

Untuk mendukung kegiatan bermain game, ASUS juga sudah menghadirkan port USB-C dan headphone jack di bagian bawah. 

Di Bagian sisi kiri, ASUS menyediakan juga USB-C Connector. Di bagian sisi kanan, ada tombol power, tombol volume, dan tombol tambahan lain untuk bermain game.

Hadirnya port USB tambahan di sisi samping, diharapkan dapat berguna untuk tempat pengisian kipas pendingin eksternal, hingga untuk mengisi HP ketika HP digunakan bermain game dalam posisi landscape.

asus rog phone 6 pro desain_
Desain ASUS ROG Phone 6 Pro

Beralih di bagian belakang, Kedua HP ASUS ini juga masih memiliki lampu RGB dan layar OLED kecil bernama ROG Vision. Layar ini akan menampilkan visual sesuai pengaturan, misal untuk tanda pemberitahuan pesan masuk, atau tanda pengisian daya. 

Hal pembeda lain dalam desain ASUS ROG Phone 5 Pro dan ROG Phone 6 Pro ialah di sisi modul kamera belakang. Selain itu, ASUS ROG Phone 6 Pro sudah dibekali sertifikasi IPX4 untuk perlindungan dari air.

Menilik bagian dimensi dan bobot, kedua smartphone gaming ini memiliki ukuran dan bobot yang sama yakni 173 x 77 x 10,3 mm dan berat 239 gram. Dari bobot dan tebal bodi  tersebut, HP ROG Phone series masih terasa nyaman digenggam saat bermain game.

2. Tampilan

asus rog phone 6 pro layar_
Layar ASUS ROG Phone 6 Pro

Bagian layar menjadi salah satu bagian penting dalam perangkat gaming. Maka dari itu, ASUS memasang layar dengan teknologi kelas atas. Hal ini dimaksudkan agar ROG Phone 6 tetap menjadi pilihan terbaik para pecinta game mobile

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme

Sama seperti seri reguler, ASUS masih mempercayakan panel layar menggunakan AMOLED buatan Samsung untuk seri Pro ini. Layarnya sama-sama berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1080 x 2448 piksel.

Selain itu, layar HP ASUS ini sudah mendukung 10-bit colour dan HDR10+ sehingga tampilan layar kian jernih dan kaya warna

Penggunaan panel AMOLED terbaru ini membuat layar HP memiliki warna yang lebih baik dibanding ROG Phone seri awal. Untuk penggunaan lama, panel masih tetap nyaman dan tidak ditemukan gejala aneh di layar.

Panel AMOLED juga memungkinkan ASUS menambahkan sensor sidik jari di layar. Teknologi pemindai sidik jari pun sudah dibenahi sehingga lebih terjaga keamanannya dan lebih cepat merespon sentuhan..

Kedua layar ASUS ROG Phone juga sudah dibekali anti gores Gorilla Glass Victus. Anti gores ini akan menjaga layar dari goresan apabila Anda menjatuhkan ponsel atau meletakkan ponsel di area dengan permukaan kasar.

Layarnya yang benar-benar datar dimaksudkan agar pengguna bisa mendapatkan sudut pandang yang pas ketika bermain game. Layar luasnya juga dimaksudkan agar Anda tidak mudah salah sentuh tombol di layar saat bermain game.

Ada beberapa hal yang jadi pembeda kedua layar, yakni tingkat refresh rate, dan teknologi touch sampling.

Dalam perbedaan pertama, ASUS ROG Phone 5 Pro ini sudah mendukung refresh rate 144Hz. Sementara ASUS ROG Phone 6 Pro mendukung refresh rate lebih tinggi yakni 165Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus.

Hal berbeda lainnya ialah ASUS ROG Phone 5 Pro sudah dibekali touch sampling rate 300 Hz. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 Pro meningkat tajam menjadi 720 Hz. Layar pun terasa lebih responsif dan natural sentuhannya ketika digunakan bermain game.

Untuk kecerahan layar, ASUS menghadirkan puncak 800 nits. Namun, ketika adaptive mode dinyalakan, kecerahan layar meningkat menjadi 1200 nits. Dengan teknologi ini, layar HP ASUS dapat tetap terlihat meski digunakan dibawah sinar matahari. 

ASUS menambahkan pengaturan layar ini dengan sejumlah mode warna maupun mode seperti mode natural, cinematic, dan standar. Menariknya, Anda juga dapat mengatur mode warna di layar sesuai dengan kenyamanan mata Anda.

3. Dapur Pacu

snapdragon 8+ gen 1_

Performa merupakan hal penting dalam sebuah smartphone. Jadi jangan heran, beberapa produsen termasuk ASUS terus menghadirkan update pada chipset agar performa produknya tetap kencang dan lancar untuk multitasking bahkan gaming.

Kali ini ASUS ROG Phone 5 Pro masih mengandalkan chipset Snapdragon 888 sebagai otaknya. Performanya masih responsif, animasi tampil halus dan perpindahan aplikasi juga cepat.

Sementara itu, Snapdragon 8 Plus Gen 1 terpasang pada mainboard ASUS ROG Phone 6 Pro sebagai chipset. Chipset ini hadir dengan sejumlah peningkatan kecepatan, peningkatan efisiensi, hingga peningkatan sistem pendingin. 

Berikut ini, kami perlu sampaikan sedikit mengenai profil masing-masing chipset. Snapdragon 888 yang terpasang di ROG Phone 5 Pro dibuat dengan proses fabrikasi 5 nm. Di dalam chipset ini terdapat delapan core CPU yang dibagi dalam tiga klaster.

Baca juga  15 Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

Klaster super diisi satu core Kryo 680 Prime 2.84 GHz (berbasis Cortex-X1). Klaster performa diisi tiga core Kryo 680 Gold 2.42 GHz (berbasis Cortex-A78). Sementara klaster efisiensi diisi empat core Kryo 680 Silver 1.80 GHz (berbasis Cortex-A55).

Di dalam chipset Snapdragon 888 terdapat juga GPU Adreno 660 (840 MHz), DSP Hexagon 780, ISP Spectra 580, dan modem internal 5G X60.

Meski chipset generasi 202, performanya masih layak diacungi jempol. Ketika digunakan harian, HP ASUS ROG Phone 5 Pro mampu membuka 5 sampai 6 aplikasi sekaligus dengan cepat dan lancar. Bahkan untuk fotografi, HP ASUS ini mampu mengambil dan mengolah foto dari mode portrait dengan cepat.

Lanjut soal Snapdragon 8 Plus Gen 1. Chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 4 nm. Terdapat delapan core CPU yang dikandung Snapdragon 8 Plus Gen 1. Seluruhnya terbagi dalam tiga klaster.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 memang masih menggunakan sebagian komponen pendukung dari seri Snapdragon 8 Gen 1. Walaupun demikian, performa ASUS ROG Phone 6 Pro tidaklah menurun. Buktinya, ketika HP ASUS ini digunakan bermain game, tidak ada penurunan frame rate dan tidak ada panas berlebih.

Yang berbeda dalam dapur pacunya ialah ASUS ROG Phone 5 Pro memiliki pilihan RAM dan memori yang tinggi yakni 16 GB dan 512 GB. Sedangkan, ROG Phone 6 Pro memiliki pilihan tertinggi yakni 18 GB dan 512 GB.

Tidak hanya RAM yang lebih besar, ASUS ROG Phone 6 Pro juga dibekali sistem pendingin baru. Sistem pendingin ini diklaim mampu menurunkan suhu panas ponsel hingga 10 derajat..

Secara keseluruhan, penggunaan chipset generasi terbaru, Snapdragon 8 plus Gen 1 sangatlah baik untuk gaming maupun harian. Bahkan kala digunakan bekerja, seperti untuk mengedit video, hasilnya sangat memuaskan meski terkadang masih muncul panas di bodi.

4. Kamera

asus rog phone 6 pro kamera_
Kamera ASUS ROG Phone 6 Pro

Kedua HP gaming ASUS ini menghadirkan sektor kamera yang berbeda, meski keduanya menggunakan tiga kamera belakang. ASUS tampak meningkatkan sektor kamera di ROG Phone 6 Pro agar HP Android ini kian sempurna.

Tiga kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera makro. Pada ASUS ROG Phone 5 Pro terpasang kamera utama 64 MP sensor 1/1.73 inci Sony IMX686 bukaan f/1.8 PDAF. 

Sensornya lebih besar dibanding  sensor kamera ROG Phone 6 Pro. Untuk ASUS ROG Phone 6 Pro sendiri memiliki kamera utama 50 MP sensor Sony IMX 766 1/1.56 inci bukaan f/1.9.PDAF.

Menariknya untuk sektor kamera ultra-wide dan kamera makro, kedua HP Android ini masih mengusung spesifikasi yang tidak banyak berubah. Kamera ultra-wide-nya menggunakan 13 MP bukaan F/2.2 di ROG Phone 5 Pro dan F/2.4 di ROG Phone 6 Pro. Sedangkan kamera makro di keduanya menggunakan 5 MP bukaan F/2.0..

Di sektor kamera depan, ASUS ROG Phone 6 Pro mengalami penurunan resolusi menjadi 12 MP f/2.4. Sementara ASUS ROG Phone 5 Pro memiliki kamera resolusi 24 MP f/2.5.

Untuk perekaman video di kamera utama, lensa utama ROG Phone 6 Pro mampu merekam video dengan resolusi paling tinggi 8K UHD pada 24 fps dengan EIS. Sementara ROG Phone 5 Pro hanya 8K 30 fps.  Untuk perekaman kamera depan bisa mencapai resolusi Full HD pada 30 fps.

Baca juga  10 Pilihan Laptop dengan AMD Ryzen 5 Termurah di 2022

Hasil kamera ASUS ROG Phone 6 Pro tampak mengalami peningkatan detail dan keakuratan warna, mirip hasil kamera ROG Phone 6 versi reguler. Hal ini disebabkan prosesor gambar Snapdragon 8 Plus Gen 1 memang handal mengolah hasil foto.

asus rog phone 6 pro hasil foto mode malam_Sumber: GSM Arena
Hasil foto kamera ASUS ROG Phone 6 Pro

Untuk pemotretan di malam hari, ASUS ROG Phone 6 Pro mampu menghasilkan foto yang detail dan terang saat mode malam kamera utama dinyalakan. Di siang hari, hasil foto cukup berwarna dan jelas meski meski mode auto. Contohnya seperti tampak pada foto di atas yang diambil oleh GSMArena.

Satu yang cukup menarik ialah hasil kamera ultra-wide. Meski mengusung spesifikasi kamera yang sama, ternyata hasil kamera ultra-wide ROG Phone 6 Pro cukup detail baik di mode biasa maupun mode malam.

5. Baterai

baterai asus 5s pro

Menengok bagian baterai, Kedua HP Android 5G ini sama-sama dilengkapi baterai  berkapasitas 6000 mAh. Baterai ini sudah dibekali teknologi fast charging 65W.

Dengan fitur ini, ASUS mengklaim smartphone dapat diisi daya sebanyak 0-100% hanya dalam waktu 52 menit saja di ROG Phone 5 Pro dan waktu 42 menit di ROG Phone 6 Pro. 

ASUS mengklaim pengisian pada ROG Phone 6 Pro lebih cepat karena penggunaan prosesor terbaru. Bahkan dibutuhkan waktu hanya 10 menit saja agar baterai terisi 40%. Tentu kecepatan pengisian daya ini juga /didukung dengan charger bawaan yang berteknologi HyperCharge.

Ketika digunakan untuk menonton video streaming selama 105 menit dalam kondisi kecerahan layar 75%, nyatanya baterai ASUS ROG Phone 6 Pro hanya berkurang 14%.

6. Konektivitas

wifi-6e_

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 5G, Bluetooth 5.2, dan NFC sudah didukung. Kedua HP ASUS terbaru ini  mampu menangkap sinyal WiFi 6e. 

Dukungan fitur ASUS WiFi and Cellular cukup membantu dalam bermain game secara online. Anda dapat menikmati tampilan yang jelas dan halus meski menggunakan WiFi  atau jaringan seluler karena lebih stabil.

7. Fitur Lain

Android 11

Dibagian sistem operasi, kedua ponsel ASUS ini sudah menggunakan sistem Android. Bedanya, ASUS ROG Phone 5 Pro masih menggunakan Android 11, sedangkan ROG Phone 6 Pro sudah memakai Android 12. Kedua sistem Android dibalut dengan ROG UI yang keren.

Untuk sistem keamanan, HP gaming ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di layar. Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat dan membuat bodi ponsel tidak terlalu ramai.

Simpulan

Seperti yang terlihat di atas, ASUS ROG Phone 5 Pro dan ASUS ROG Phone 6 Pro memiliki beberapa persamaan di bagian layar, baterai hingga desain. Namun, tidak bisa dipungkiri, ubahan pada teknologi layar dan chipset di mesin, membuat ROG Phone 6 Pro lebih baik performanya dibanding perangkat gaming lainnya. 

Seri ROG Phone 6 Pro tampak lebih kencang performanya karena memakai chipset generasi baru dan RAM yang lebih besar. Namun,  jangan dilupakan ASUS ROG Phone 5 Pro juga memiliki sektor kamera yang cukup unggul di masanya.

Namun, kalau Anda tidak membutuhkan RAM besar, Anda bisa memilih versi reguler ROG Phone 5 dan ROG Phone 6 saja. Pasalnya, spesifikasi yang dihadirkan juga tidak berbeda jauh, namun berharga lebih murah.

Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan generasi terbaru atau cukup puas dengan generasi lama?


https://actoncloud.com