7 Perbedaan ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 6, Lebih Bagus Mana?


Semakin berkembangnya game mobile saat ini membuat beberapa produsen memutar otak untuk menghadirkan HP khusus gim. Produsen ASUS menjadi salah satu produsen yang mulai melirik pasar tersebut dengan merilis ASUS ROG Phone dengan spesifikasi kencang dan desain khas untuk gamers.

Pada Juli 2022, ASUS pun memperkenalkan varian baru ASUS ROG Phone 6. HP Android ini hadir dengan sejumlah peningkatan untuk mendobrak dan menguasai pasar HP gaming. Padahal 2021 kemarin, ASUS merilis ASUS ROG Phone 5 dengan dapur pacu gahar dan desain gagahnya.

ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 6 perlu dibahas perbedaannya bukan hanya karena berlainan generasi. Namun, karena kedua ponsel menghadirkan dapur pacu yang berbeda. Meskipun begitu, sejumlah sektor lain masih nampak serupa.

Yang pasti, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 6. Simak spesifikasi utama kedua ponsel seperti berikut ini sebagai pembukaan.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 5

Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Spesifikasi ASUS ROG Phone 6

rog phone 6__1
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Perbedaan ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 6

ASUS tampak fokus mengubah dapur pacu pada ASUS ROG Phone 6, sehingga ponsel Android ini kian kencang performanya dan kian nyaman digunakan. Namun, bukan itu saja yang membedakan ASUS ROG Phone 5 dengan ASUS ROG Phone 6. Seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Sisi Desain

ROG-Phone-5-Design

Bicara desain, ASUS masih percaya diri dengan desain gagah khas ROG Phone dalam kedua seri ini. Desain bodinya maskulin layaknya ponsel gaming pada umumnya. ASUS hanya melakukan sedikit ubahan di bagian bodi belakang.

Kedua HP ASUS ini masih menggunakan tepian layar di bagian atas dan bawah agak tebal. Tepian tebal tersebut ternyata tersemat stereo speaker dengan kualitas suara yang jernih. Baik bodi depan dan bodi belakang juga sudah dibekali lapisan kaca Gorilla Glass series.

Untuk mendukung kegiatan bermain game, ASUS juga sudah menghadirkan port USB-C dan headphone jack di bagian bawah. Di Bagian sisi kiri, ASUS menyediakan juga konektor USB-C. Di bagian sisi kanan, ada tombol power, tombol volume, dan tombol tambahan lain untuk bermain game.

Beralih di bagian belakang, Kedua HP ASUS ini juga masih memiliki lampu RGB logo ROG, lengkap dengan ornamen pendukung. Lampu RGB ini bisa Anda atur pilihan warna sehingga ponsel Android ini tampak lebih gahar. 

Dalam ROG Phone 5, logo ROG pada bodi belakang sudah disesuaikan dengan standar laptop gaming ASUS. Logo ini tampak memiliki warna RGB yang lebih banyak dan jelas. Sementara itu, pola tulisan, warna dan desain yang akan ditampilkan di ROG Phone 6, kini lebih menarik.

asus rog phone 6 pro desain_

Hal lain yang membedakan dalam desain kedua HP Flagship ASUS ini adalah di sisi modul kamera belakang. Dimana modul ROG Phone 5 lebih kecil dibanding modul kamera ROG Phone 6. Selain itu, ASUS ROG Phone 6 sudah dibekali sertifikasi IPX4 untuk perlindungan dari air.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop Gaming Murah Berkualitas Tahun 2022

Menilik bagian dimensi dan bobot, kedua smartphone gaming ini memiliki ukuran dan bobot yang sama yakni 173 x 77 x 10,3 mm dan berat 239 gram. Dari bobot dan tebal bodi  tersebut, HP ROG Phone series masih terasa nyaman digenggam saat bermain game

Jika Anda masih belum terbiasa menggenggam HP besar dan berat, Anda harus beradaptasi terlebih dahulu di kedua HP ASUS ini. Apalagi, bagian bodi belakang HP memakai lapisan kaca yang sebetulnya kurang nyaman dan licin. Solusinya, Anda bisa memakaikan HP dengan case bawaan.

2. Tampilan

ROG PHONE 6.layar (1)_

ASUS masih mempercayakan panel layar menggunakan AMOLED buatan Samsung. Layarnya sama-sama berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini diklaim sudah pas untuk bermain game maupun untuk harian. 

Kedua layar ASUS ROG Phone juga sudah dibekali anti gores Gorilla Glass Victus. Anti gores ini akan menjaga layar dari goresan apabila Anda menjatuhkan ponsel atau meletakkan ponsel di area dengan permukaan kasar.

Ada beberapa hal yang jadi pembeda kedua layar, yakni tingkat refresh rate, dan teknologi touch sampling.

Guna memberikan performa gaming yang optimal, ASUS ROG Phone 5 ini sudah mendukung refresh rate 144Hz. Sementara ASUS ROG Phone 6 mendukung refresh rate lebih tinggi, yakni 165Hz. Hal ini membuat pergerakan gambar pada layar terlihat lebih halus.

Hal berbeda lainnya  ialah ASUS ROG Phone 5 sudah dibekali touch sampling rate 300 Hz. Sedangkan ASUS ROG Phone 6 meningkat tajam menjadi 720 Hz. Bermain game pun terasa lebih responsif dan akurat.

ROG Phone 5 juga sudah dibekali fitur SGS Eye Care. Fitur ini akan memastikan mata Anda tidak merasa sakit atau lelah meski sudah bermain game cukup lama di HP gaming ASUS ini.

Dengan ukuran layar yang lebar, ASUS ROG Phone tidak hanya cocok untuk bermain game, namun juga cocok untuk Anda yang hobi nonton video maupun yang senang multi-tasking. Bahkan, layar HP ini masih nyaman ketika membuka 2 aplikasi sekaligus.

3. Dapur Pacu

snapdragon-888_

ASUS ROG Phone 5 mengandalkan chipset Snapdragon 888 sebagai otaknya. Penerus paling baru chipset tersebut adalah Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang terpasang pada mainboard ASUS ROG Phone 6. Keduanya merupakan chipset terbaik yang beda generasi.

Namun, kami perlu menyampaikan sedikit mengenai profil masing-masing chipset. Snapdragon 888 dibuat dengan proses fabrikasi 5 nm. Di dalam chipset ini terdapat delapan core CPU yang dibagi dalam tiga klaster.

Klaster super diisi satu core Kryo 680 Prime 2.84 GHz (berbasis Cortex-X1). Klaster performa diisi tiga core Kryo 680 Gold 2.42 GHz (berbasis Cortex-A78). Sementara klaster efisiensi diisi empat core Kryo 680 Silver 1.80 GHz (berbasis Cortex-A55).

Selain CPU, ada juga komponen lain yang ada di dalam Snapdragon 888. Di antaranya adalah GPU Adreno 660 (840 MHz), DSP Hexagon 780, ISP Spectra 580, dan modem internal 5G X60.

snapdragon 8+ gen 1_

Lanjut soal Snapdragon 8 Plus Gen 1, chipset ini dirancang dengan proses fabrikasi 4 nm. Terdapat delapan core CPU yang dikandung Snapdragon 8 Plus Gen 1. Seluruhnya terbagi dalam tiga klaster.

Baca juga  8 Perbedaan realme GT Neo 3 dan realme GT Neo 3T

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga mengandung macam-macam komponen pendukung. Di antaranya adalah GPU Adreno 730 (818 MHz), DSP Hexagon dan ISP Spectra generasi terbaru, serta modem internal 5G X65.

GPU ini diklaim mengalami peningkatan performa hingga 30% dibanding GPU Adreno seri sebelumnya. Selain itu, SoC paling baru ini juga memiliki Snapdragon Sight yang dirancang untuk kalangan fotografer profesional.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 dipilih karena memiliki keunggulan kecepatan CPU dan GPU lebih cepat 10 % dibanding Snapdragon 8 Gen 1. Selain itu, konsumsi daya juga lebih hemat hingga 30% dan performa kecerdasan buatan (AI) yang 20% lebih baik.

Adanya perbedaan mikroarsitektur CPU, kandungan komponen lain, dan proses fabrikasi membuat Snapdragon 8 Plus Gen 1 secara teori lebih unggul ketimbang Snapdragon 888.

Yang berbeda dalam dapur pacunya ialah ASUS ROG Phone 5 memiliki pilihan RAM dan memori yang tinggi yakni 16 GB dan 256 GB. Sedangkan, ROG Phone 6 memiliki pilihan tertinggi yakni 16 GB dan 512 GB.

4. Kamera

Camera-ASUS-ROG-Phone-5

HP gaming biasanya dibekali sektor kamera yang biasa saja sebagai korban dari performa dan fitur untuk gaming. Namun, ASUS tetap menghadirkan sektor kamera yang cukup baik di kedua seri ROG Phone ini. 

Sayangnya, dengan harga jual yang ditawarkan, HP Android gaming ini tidak mengusung sektor kamera kekinian seperti fitur OIS atau kamera telephoto.

Kedua HP gaming ASUS ini menghadirkan sektor kamera yang berbeda, meski keduanya menggunakan tiga kamera belakang. ASUS tampak meningkatkan sektor kamera di ROG Phone 6 agar HP Android ini kian sempurna..

Tiga kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera makro. Pada ASUS ROG Phone 5 terpasang kamera utama 64 MP sensor 1/1.73 inci Sony IMX686 bukaan f/1.8 PDAF. 

Sensor Sony ini sama dengan yang digunakan pada ROG Phone 3. Bedanya, dalam ROG Phone 5 dipadukan dengan prosesor gambar Spectra 580 dari Qualcomm. Paduan ini nyatanya mampu menghasilkan kualitas foto yang cukup detail dalam kondisi pencahayaan terang maupun gelap.

Untuk ASUS ROG Phone 6 memiliki kamera utama 50 MP sensor Sony IMX 766 1/1.56 inci bukaan f/1.9.PDAF. Menariknya, sensor ini sama dengan yang digunakan di OPPO Find X5 Pro.

Hasil kamera ASUS ROG Phone 6 tampak mengalami peningkatan detail dan keakuratan warna. Hal ini disebabkan prosesor gambar Snapdragon 8 Plus Gen 1 memang handal mengolah hasil foto. Apalagi bila mode HDR digunakan, hasil foto tampak lebih tajam. Jepretan dari techradar di atas jadi buktinya.

 Menariknya untuk sektor kamera ultra-wide dan kamera makro, kedua HP Android ini masih mengusung spesifikasi yang tidak banyak berubah. 

Kamera ultra-wide-nya menggunakan 13 MP dengan beda bukaan F/2.2 di ROG Phone 5 dan F/2.4 di ROG Phone 6. Sedangkan kamera makro masih sama-sama menggunakan resolusi 5 MP bukaan F/2.0.

Baca juga  10 Tablet Advan Terbaru dan Spesifikasinya (Juli 2022)

Di sektor kamera depan, ASUS ROG Phone 6 mengalami penurunan resolusi menjadi 12 MP F/2.4. Sementara ASUS ROG Phone 5 memiliki kamera resolusi 24 MP F/2.5.

Untuk perekaman video di kamera utama, lensa utama ROG Phone 6 mampu merekam video dengan resolusi paling tinggi 8K UHD pada 24 fps dengan EIS. Sementara ROG Phone 5 hanya 8K 30 fps. Untuk perekaman kamera depan bisa mencapai resolusi Full HD pada 30 fps.

5. Baterai

BATERAI ROG PHONE 6

Menengok bagian baterai, Kedua HP Android 5G ini sama-sama dilengkapi baterai  berkapasitas 6000 mAh. Baterai ini sudah dibekali teknologi fast charging 65W. 

Dengan fitur ini, ASUS mengklaim smartphone dapat di isi daya sebanyak 0-100% hanya dalam waktu 52 menit saja di ROG Phone 5 dan waktu 42 menit di ROG Phone 6. ASUS mengklaim pengisian pada ROG Phone 6 lebih cepat karena penggunaan prosesor terbaru.

Penggunaan fast charging ini penting mengingat baterai HP ASUS in cukup besar, alhasil kecepatan pengisian baterai menjadi penting. Ini membantu Anda untuk dapat terus menggunakan HP tanpa berlama-lama mengisi baterai.

ASUS kabarnya membagi baterai 6000 mAh ini menjadi dua, masing-masing 3000 mAh. Pembagian ini dimaksudkan agar suhu pengisian daya menjadi lebih rendah tanpa mengurangi masa pakai baterai.

6. Konektivitas

bluetooth 5.2
*

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. Jaringan seluler 5G, Bluetooth 5.2, dan NFC sudah didukung. 

Kedua HP ASUS terbaru ini  mampu menangkap sinyal WiFi 6e. Dari segi kecepatan dan bandwidth, WiFi 6 dan WiFi 6e sebenarnya sama. Namun, WiFi 6e bisa berjalan di spektrum 6 GHz, bukan hanya 2,4 GHz dan 5 GHz.

Kemampuan berjalan di spektrum 6 Ghz memungkinkan koneksi WiFi 6e lancar karena kepadatan dapat dihindari. Indikatornya adalah latensi atau ping yang rendah.

7. Fitur Lain

Dibagian sistem operasi, kedua ponsel ASUS ini sudah menggunakan sistem Android. Bedanya, ASUS ROG Phone 5 masih menggunakan Android 11, sedangkan ROG Phone 6 sudah memakai Android 12.

Untuk sistem keamanan, HP gaming ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di layar. Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat dan membuat bodi ponsel tidak terlalu ramai.

Simpulan

Seri ROG Phone masih menjadi HP gaming terbaik yang direkomendasikan saat ini. Pasalnya, dalam seri ROG terdapat spesifikasi yang lengkap termasuk mesin yang kencang. Tidak hanya untuk gaming, HP Android ini juga mumpuni jika digunakan sebagai ponsel harian.

Mengusung desain yang tidak banyak berubah, ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 6 memiliki performa dapur pacu dan kamera yang berbeda. Memang, seri ROG Phone 6 tampak lebih kencang performanya karena memakai chipset generasi baru. Namun, ASUS ROG Phone 5 memiliki sektor kamera yang cukup unggul. 

Bagaimanapun ASUS ROG Phone 5  dan ROG Phone 6  merupakan salah satu opsi menarik yang punya kemampuan prima di kelas ponsel gaming. Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan generasi terbaru atau cukup puas dengan generasi lama?


https://actoncloud.com