5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Beserta Solusinya 


Internet telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat saat ini. Tak heran, sejumlah perangkat terbaru dilengkapi dengan fungsi WiFi yang memudahkan untuk terhubung ke Internet. Laptop bahkan menjadi salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki dengan fitur WiFi.

Hal ini terjadi karena laptop bukan lagi sekedar gadget untuk mengetik pekerjaan kantoran saja, tetapi bisa digunakan untuk berbagai hal penting, seperti: menjelajahmenonton video on line bermain permainan. Maka akan sangat menjengkelkan jika Anda memiliki laptop dan tidak bisa bersatu Wifi.

Sebagai referensi, WiFi adalah teknologi modern yang membuat berbagai perangkat elektronik, komputer, dan bahkan smartphone saling berhubungan tanpa menggunakan kabel. Berkat teknologi Wi-Fi, Anda tidak perlu lagi khawatir menghubungkan kabel saat ingin mengakses Internet di laptop dan gadget Lainnya.

Aktivitas Anda tentu akan menjadi lebih mudah dan praktis, apalagi sekarang Wi-Fi sudah banyak dipasang di tempat-tempat umum. Lalu, di area Wi-Fi, bagaimana jika laptop yang biasa Anda gunakan? menjelajahtidak dapat digunakan karena tidak bersatu?. Untuk menemukan solusi, ikuti langkah-langkah ini.

Penyebab Laptop tidak dapat terhubung ke WiFi

Sangat mengganggu dan membingungkan ketika laptop tidak bisa connect atau bersatu ke Wi-Fi. Apalagi alasannya berbeda. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penyebab laptop tidak berfungsi: bersatu Wi-Fi yang perlu Anda ketahui.

1. Kata sandi WiFi salah

Alasan utama mengapa laptop tidak dapat terhubung ke WiFi adalah kata sandi yang salah. Wi-Fi benar-benar tersebar di tempat yang berbeda, jadi Anda biasanya membutuhkannya kata sandi untuk menghubungkan laptop ke WiFi yang ada.

Kata sandi Mereka biasanya sangat sederhana, dan beberapa sangat kompleks. Jika Anda salah memasukkan kata sanditentu saja laptop tidak akan bersatu ke jaringan Wi-Fi. Maka Anda perlu mengisi kata sandi Wi-Fi dengan hati-hati. Periksa setiap huruf dan angka untuk kata sandi jika laptop masih tidak mau terhubung ke WiFi.

Baca juga  7 Perbedaan Samsung Galaxy A04 dan Samsung Galaxy A04s

Kegunaan kata sandi Wi-Fi umumnya digunakan untuk memastikan bahwa Wi-Fi digunakan oleh pihak yang tepat, karena terkadang ada orang yang menggunakan Wi-Fi secara sembarangan.

Misalnya, kepembaruan program atau aplikasi berkapasitas besar,unduh bioskop, bermain game online. Oleh karena itu, selalu perhatikan kata sandi WiFi yang Anda panggil sudah benar sehingga internet terhubung.

2. Laptop bisa Mode pesawat

Alasan laptop yang tidak bersatu Selanjutnya WiFi karena laptop dalam kondisi baik mode penerbangan atau mode penerbangan. Perlu diketahui bahwa setiap produsen menyediakan sejumlah mode pada laptop untuk kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Biasanya laptop yang tidak terkoneksi WiFi disebabkan salah satunya karena Airplane Mode diaktifkan. Saat mode ini aktif, semua koneksi, termasuk fungsi Wi-Fi laptop, akan dinonaktifkan.

3. Ketersediaan SSH dan proxy

Sebagian orang di Indonesia pasti menginginkan internet cepat gratis. Oleh karena itu, banyak pengguna internet yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil, termasuk menggunakan SSH dan proxy.

Sayangnya, metode ini terkadang mengubah pengaturan koneksi jaringan di laptop. Makanya laptopnya gak bisa bersatu wifinya oke.

4. Laptop bermasalah

laptop bermasalah

Alasan berikutnya untuk ketidakmampuan untuk menghubungkan WiFi adalah kehadiran pengemudi atau Perangkat keras dari laptop masalah Anda. Kapan gadget orang lain dapat terhubung ke WiFi tanpa masalah dan hanya laptop Anda yang tidak bisa bersatumasalahnya mungkin ada di laptop Anda.

Jika demikian, Anda dapat memeriksa pengemudi atau Perangkat keras laptop terhubung ke WiFi. Kerusakan pada hardware laptop menyebabkan laptop hanya dapat menangkap jaringan Wi-Fi dari jarak yang sangat dekat.

Biasanya laptop bisa menangkap jaringan Wi-Fi dalam radius 10 meter, kini pendeteksian hanya bisa dilakukan dalam radius 3 meter, karena Perangkat keras rusak. Selain itu, laptop hanya dapat menangkap jaringan Wi-Fi tertentu, tidak terlalu banyak.

Baca juga  10 Laptop dengan Intel Core i7 Termurah di Tahun 2022

Hal-hal tersebut pasti akan mengganggu aktivitas internet kamu karena kamu harus menentukan jarak yang tepat agar laptop bisa terkoneksi dengan WiFi. Selain itu, karena koneksi Wi-Fi yang sering, laptop menumpuk cache data wifi.

Ini bisa membuat penerimaan WiFi di laptop Anda error. Beberapa laptop bahkan tidak akan bisa mendapatkan jaringan WiFi baru sampai cache data wifi lengkap. Ini adalah masalah yang sering tidak disadari oleh banyak pemilik laptop, terutama yang sering menggunakan laptop di tempat umum.

5. Jaringan Wi-Fi yang benar-benar bug

kesalahan jaringan

Jika Anda telah memverifikasi bahwa laptop berfungsi dengan baik, tidak ada kerusakan di dalamnya pengemudi dan Perangkat keras. Kemudian alasan tidak terhubung ke WiFi mungkin karena kesalahan pada jaringan atau perangkat transmisi WiFi.

Solusi untuk laptop tidak terhubung ke WiFi

Setelah mengatasi berbagai alasan mengapa laptop tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, Anda dapat mencoba beberapa metode di bawah ini untuk memperbaikinya. Diharapkan laptop tersebut dapat digunakan kembali secara maksimal. Berikut adalah solusi untuk laptop yang tidak mau connect atau bersatu Wifi.

1. Ubah pengaturan WiFi laptop

sambungkan wifi

Salah satu tanda Wi-Fi tidak terhubung ke laptop adalah munculnya ikon tanda seru di partisin akses ke internet. Jika ini terjadi, Anda dapat mencoba melakukan perubahan pada pengaturan Wi-Fi Anda agar laptop dapat terhubung kembali. Berikut caranya:

  • Klik Mulai > Panel Kontrol > Jaringan dan Internet.
  • Klik pada jaringan dan pusat berbagi dan kemudian klik ubah pengaturan adaptor.
  • Pilih koneksi nirkabel Anda, lalu klik kanan dan pilih properti.
  • Cari tab Network, lalu cari dan klik Internet Protocol Version 4.
  • Kemudian pilih “Obtain an IP address automatically” dan pilih “Obtain DNS server address automatically”.
  • Terakhir, klik OK dan restart laptop Anda.
Baca juga  15 HP Xiaomi Anti Air dan Debu Terbaru (Juli 2022)

2. Hapus data cache WiFi

sambungkan wifi

Data cache Wi-Fi penuh adalah alasan mengapa laptop tidak terhubung ke Internet, yang jarang disadari. Untungnya, menyiasatinya cukup mudah.

  • Buka Panel Kontrol > Jaringan dan Internet > Jaringan dan Pusat Berbagi.
  • Pilih manajemen nirkabel > hapus semuanya cache Wifi.
  • Cara uninstall > pilih salah satu data Wi-Fi, lalu klik menghapus.

3. Mulai ulang koneksi (nonaktifkan)

sambungkan wifi

Jika laptop tidak bisa bersatu Wi-Fi dan notifikasi “jaringan tak dikenal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Perlu diketahui bahwa pemberitahuan ini biasanya muncul karena laptop tidak dapat menemukan alamat IP dan server DNS di jaringan WiFi.

  • Klik ikon Wi-Fi di laptop Anda. Biasanya terletak di bagian bawah layar.
  • Pilih jaringan Wi-Fi.
  • Klik tombol “nonaktifkan”. Tunggu hingga jaringan WiFi dinonaktifkan.
  • Klik tombol “hubungkan”. Tunggu hingga Anda terhubung kembali ke jaringan Wi-Fi.

4. Restart laptop atau modem WiFi Anda.

cara mengatasi laptop tidak konek ke wifi

Langkah Terakhir untuk Mengatasi Masalah Wi-Fi Tidak Berfungsi bersatu adalah me-restart laptop dan modem WiFi. Saat Anda me-restart semua data dan pengaturan, pengaturan WiFi akan kembali ke awal.

Makanya laptopnya gak bisa bersatu WiFi beserta solusi untuk memperbaikinya. Hal terpenting ketika Anda menghadapi masalah ini adalah Anda harus terlebih dahulu memahami akar masalahnya sebelum mengambil langkah lain. Semoga tips ini membantu, ya!


https://actoncloud.com