10 Rekomendasi Merek Hardisk Eksternal Terbaik Tahun 2022


SSD benar-benar sebuah pilihan penyimpanan penting saat ini. Namun, harddisk atau HDD atau bisa juga disebut harddisk tetap dibutuhkan. Kebutuhannya terutama terkait dengan hard drive eksternal, yang juga dikenal sebagai perangkat penyimpanan eksternal. Memiliki hardisk eksternal ini membuat segalanya menjadi lebih mudah ketika kita ingin berhemat banyak. file dengan ukuran besar.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar hingga TB, Anda dapat menyimpan semua jenis file di hard drive, hard drive, atau hard drive Anda, seperti film, game, video, foto, dan lainnya. Pertanyaannya, harddisk eksternal mana yang tepat untuk kebutuhan Anda?

Secara keseluruhan, ada delapan hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli hard drive eksternal. Delapan hal: kekuatan, tipe menyetir, kecepatan transmisi, kekompakan, daya tahan, keamanan, kompatibilitas, dan fitur tambahan lainnya. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Kapasitas, jenis disk, dan kecepatan transfer

Adapun kapasitas, ini tidak berarti bahwa semakin banyak semakin baik. Jelas ukuran yang lebih besar pasti lebih mahal. Jika Anda hanya menggunakan harddisk eksternal untuk memindahkan data, ukuran kurang dari 1TB akan sangat cocok dan akan menghemat uang tentunya.

Di sisi lain, jika Anda ingin menyimpan data untuk jangka waktu yang lama, membeli hard drive eksternal dengan kapasitas 1 TB atau lebih akan menjadi investasi yang baik. Masalah throughput ini juga terkait dengan pilihan jenis menyetir sebaik. Sebagai referensi, HDD lebih murah daripada SSD, kapasitas lebih besar dengan harga yang sama. Sayangnya, hard drive lambat dan rentan terhadap kerusakan akibat guncangan.

Sekarang sesuaikan saja dengan kebiasaan Anda. Jika mobilitas Anda tinggi, tidak ada alasan lain untuk tidak memilih SSD. Selain itu, SSD juga memiliki kecepatan transfer yang berkali-kali lipat lebih cepat dari HDD.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

SSD yang mendukung USB 2.0 hanya memberikan kecepatan transfer hingga 408 Mbps. Terakhir, SSD yang mendukung USB 3.2 dapat mencapai 10-20 Gb/dtk.

Membaca: Ini 6 perbedaan SSD dan HDD yang perlu kamu ketahui!

  • Kompak, tahan lama dan aman

Semua harddisk eksternal tentunya berukuran relatif kecil. Ini karena format jenis drive yang digunakan adalah 2,5 inci, baik itu SSD atau HDD. Setiap produsen memiliki kasus variabel yang membedakan dimensi satu model dengan model lainnya.

Namun, jika Anda jeli, SSD lebih ringan karena tidak sesuai dengan disk magnetik seperti hard drive. Ini juga membuat SSD lebih tahan terhadap guncangan dan bahkan jatuh.

Dari segi keamanan, ada kemungkinan data yang Anda simpan adalah data sensitif dan sensitif. Untungnya, sekarang ada banyak hard drive eksternal yang mendukungnya. perangkat lunak enkripsi.

  • Kompatibilitas dan fitur tambahan

Pengguna komputer Windows mungkin tidak akan kesulitan membeli hard drive eksternal merek apa pun. harddisk eksternal dapat langsung digunakan (Pasang dan mainkan). Namun, hard drive eksternal yang dapat digunakan di komputer Windows mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi MacO atau Linux. Dan sebaliknya.

Ini karena setiap sistem operasi memiliki formatnya sendiri. Untuk mencegah hard drive eksternal Anda dibaca oleh komputer Anda, pastikan itu kompatibel dengan berbagai sistem operasi.

Selain masalah kompatibilitas, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hard drive eksternal adalah fitur tambahan. Misalnya, kemungkinan perpanjangan garansi, keberadaan port USB C, port Thunderbolt, kemampuan untuk terhubung ke jaringan WiFi.

Ada banyak merek hard drive eksternal di pasaran saat ini. Harganya pun semakin terjangkau karena teknologi penyimpanan terbaru semakin banyak bermunculan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih harddisk terbaik, sinyal Cari berikut akan memberikan rekomendasinya.

Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 435 Paling Murah (Agustus 2022)

1. VD

Seperti namanya, WD atau digital barat – sebuah perusahaan teknologi besar dari Amerika Serikat, tepatnya di California. Perusahaan ini sudah ada sejak lama, sejak tahun 1970.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, WD memiliki kualitas yang tidak ada duanya, terutama di wilayah Indonesia. Harddisk merk WD ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tidak cepat panas meski dalam kecepatan tinggi, tidak mengeluarkan suara bising saat digunakan, dll.

Salah satu produk WD terbaik adalah WD My Book. WD My Book memiliki kapasitas lebih besar, hingga 8 TB. Selain itu, hard drive ini juga memiliki fungsi cadangan sehingga Anda dapat dengan mudah melindungi file penting yang tersimpan di hard drive Anda dan menyiapkan cadangan ini setiap hari atau setiap bulan.

Dari segi tampilan, hard drive WD My Book cukup bergaya, dan produk yang kompatibel dengan USB 3.0 ini dilengkapi dengan garansi tiga tahun setelah pembelian. WD My Book ini dijual dengan harga sekitar Rs 2,7 juta.

2. Seagate

Seagate Backup Plus Ultratouch

Seagate merupakan salah satu merek harddisk yang terkenal dan populer khususnya di pasar Indonesia. Ini karena keunggulannya dibandingkan merek lain. Salah satu fitur unggulannya adalah performa yang dihasilkan tetap stabil meski digunakan seharian.


https://actoncloud.com