20 Laptop Lenovo Terbaru di Indonesia (September 2022)


Lenovo merupakan salah satu produsen laptop terbesar di Indonesia. Merek yang satu ini terkenal dengan kualitas produk mereka yang baik secara durabilitas. Terlebih karena Lenovo memiliki lini merek ThinkPad yang terkenal dengan keawetannya.

Bukan hanya ThinkPad, Lenovo juga memiliki berbagai lini produk laptop. Ada laptop Lenovo termurah dari seri Lenovo dan Ideapad, ada juga seri yang lebih premium seperti ThinkBook dan Yoga.

Lantas, ada apa sajakah laptop Lenovo terbaru yang ada di pasaran? Untuk menjawabnya, silakan simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Yoga Slim 7i Pro X

  • Layar: 14.5″ 3K (3072 x 1920) PureSight IPS, 400 nits
  • Processor: Hingga 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H
  • Graphic Card: Integrated Intel® Iris® Xe Graphics / NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 4G GDDR6 VRAM / NVIDIA® GeForce® GTX 1650 4G GDDR6 VRAM
  • RAM: Hingga 32GB LPDDR5 6000MHz
  • Storage: Hingga 1TB PCIe SSD Gen 4
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi 6E/6, Bluetooth 5.1
  • Port: 2 x Intel® Thunderbolt™ 4 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 40Gps data transfer), HDMI 2.0, USB-A 3.2 Gen 1, Headphone / mic combo
  • Baterai: 70 Whr

Lenovo Yoga Slim 7i Pro X merupakan laptop high-end yang ditujukan untuk gamer, kreasi konten, desainer grafis, dan segala profesi atau kegandrungan lain yang membutuhkan performa grafis kencang.

Dengan balutan opsi grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3050 dan Intel Core i7 Gen 12, tak terbilang lagi betapa dahsyat performa yang dikerahkannya. Baik untuk mencapai frame rate tinggi di pengaturan gim mentok kanan, rendering model 3D, maupun pengeditan video kelas berat.

Untuk menunjang aktivitas grafis, layarnya pun sudah dibuat sedemikian rupa agar warna yang ditampilkan jadi seakurat mungkin. Hadirkan resolusi 3K, tidak ada lagi penampakkan buram – semua yang ada di layar akan dijajakan secara tajam dan memanjakan mata.

Bahkan, layar sudah mendukung kalibrasi perangkat Delta E < 1 dan gamut warna sRGB 100% untuk akurasi warna terbaik kelas dunia. Untuk kian tingkatkan pengalaman gaming, tersedia juga refresh rate 120 Hz agar pergerakkan di layar semakin mulus.

Bukan itu saja, mata pengguna akan semakin dibuat nyaman tanpa lelah berkat adanya sertifikasi TUV Rheinland agar emisi cahaya biru bisa diminimalisir.

Mau dipakai menonton film blueray? Layar hasil racikan Dolby Vision dan suara stereo speaker dari Dolby Atmos akan hadirkan pengalaman sinematis terbaik selayaknya di bioskop.

Pengguna yang berniat lakukan hal-hal produktif pada laptop juga tidak perlu lelah meng-scrollscroll sekadar agar semua tampilan terlihat dalam sekali waktu. Pasalnya, aspek rasio yang diusung layar adalah 16:10, sehingga work area dapat terlihat lebih luas dibandingkan mayoritas laptop lain.

Konektivitas laptop ini juga sudah dikemas dengan yang terbaik. Ia mencakup WiFi 6E (khusus Windows 11 Pro), Bluetooth 5.1, dua buah port Thunderport 4 untuk dipasangkan ke monitor eksternal, dan masih banyak lagi.

Sudah bukan rahasia lagi, Lenovo Yoga Slim 7i Pro X adalah laptop yang pas untuk aktivitas grafis manapun, tanpa membebani penggunanya dengan lag atau stutter.

2. Yoga Slim 7i Carbon

Yoga Slim 7i Carbon_
  • Layar: 13.3″ 2.5K (2560 x 1600) PureSight IPS, 400 nits, 16:10 aspect ratio
  • Processor: Hingga 12th Gen Intel® Core™ i7-1260P
  • Graphic Card: Integrated Intel® Iris® Xe
  • RAM: Hingga 16GB 4800MHz dual channel
  • Storage: Hingga 1TB SSD PCIe M.2
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi 6E/6, BT 5.1
  • Port: Intel® Thunderbolt™ 4 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 40Gps data transfer), USB-C 3.2 Gen 2 (DisplayPort™ 1.4, power delivery, 20Gbps data transfer)
  • Baterai: 50 Whr

Kini saat aktivitas masyarakat sudah mulai mobile setelah pandemi, tentu semakin dibutuhkan laptop untuk bekerja yang mudah dibawa ke mana saja.

Yoga Slim 7i Carbon mengisi kekosongan tersebut lantaran hadir dengan bobot kurang dari 1 kg. Tapi, spesifikasinya tetap dibuat canggih agar tidak kalah dengan laptop lain yang bongsor.

Ketahanan bodi juga jadi salah satu nilai jual pada laptop ini. Soalnya, Lenovo menggunakan bahan serat karbon dengan ketahanan tinggi pada cover atasnya. Hal ini dapat meningkatkan daya tahan sekaligus mengurangi bobot materialnya hingga mencapai 40%.

Tidak sekadar ringan dan kokoh, Yoga Slim 7i Carbon dirancang agar dapat membuat memukau siapapun yang melihatnya. Bagaimana tidak? Laptop dengan profil setipis 14,9 mm ini diselimuti dengan finishing berwarna putih susu yang dinamakan Moon White. Teramat tampak anggun.

Warnanya yang putih dan nyaris polos ini tidak lantas jadikannya rentan terhadap noda sidik jari. Sudah terlapis tambahan coating anti sidik jari agar bodi senantiasa terlihat baru setiap saat. Selain warna putih, hadir juga varian warna lain yakni Storm Grey dan Cloud Grey.

Untuk semakin mempertegas ketahahanan bodinya, Lenovo juga membenamkan sertifikasi lolos uji militer. Ini guna membuat laptop tahan terhadap debu, kelembaban, suhu ekstrim, dan lain-lainnya. Bahkan, sudah lolos uji kejatuhan dari ketinggian 76 cm.

Adapun kelebihan-kelebihan lainnya pun cukup beragam. Misalnya saja dari sisi layar, gunakan resolusi 2.5K untuk ketajaman maksimal, serta mengusung gamut warna sRGB 100% dan pengoptimalan Delta E<1. Di kala bermain gim, refresh rate 90 Hz turut hadir dalam peningkatan imersi.

Kemampuan baterainya juga terbilang cukup handal dalam menemani keseharian penggunanya. Dengan kapasitas 50 Whr, laptop bisa bertahan hingga 10 jam penggunaan (Mobile Mark 18), atau hingga 13,5 jam untuk pemutaran video playback lokal.

Sayangnya, laptop ini punya konektivitas port yang cukup minim. Kendati hadir dengan antarmuka Thunderbolt 4, laptop ini hanya suguhkan dua port USB-C. Tidak ada USB-A, port audio jack, maupun card reader.

Kalau Anda butuh laptop desain/gaming yang berpenampilan estetis sekaligus tahan segala medan, Slim 7i Carbon jadi salah satu kandidat terbaik yang sulit ditolak.

3. Lenovo Legion 5 2022 (15ARH7H)

Lenovo Legion 5 2022 (15ARH7H)_
  • Layar: IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi WQHD 2560 x 1440 piksel
  • Processor: AMD Ryzen 7 6800H
  • Graphic Card: AMD Radeon 680M iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3060 VRAM 6GB GDDR6
  • RAM: 16GB (2x 8GB) DDR5 4800MHz dual-channel
  • Storage: SSD M.2 2280 TLC 512GB PCIe 4.0 x4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi 6 802.11ax 2×2, Gb LAN (RJ 45), Bluetooth 5.2 Combo
  • Port: Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support data transfer and DisplayPort 1.4), Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support data transfer, Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), Port HDMI 2.0, card reader, port combo audio
  • Baterai: 80WHr, 4-Cell 

Kini, cukup banyak gim populer yang membutuhkan pengolah grafis kuat untuk dimainkan. Agar dapat bermain di mana saja dan kapan saja tanpa terkendala lag, Anda bisa gunakan Lenovo Legion 5 15ARH7H yang bertenaga.

Kekuatan dapur pacunya bersumber pada kartu grafis terintegrasi AMD Radeon 680 M, serta tambahan VGA diskrit berupa NVIDIA GeForce RTX 3060. Selain dapat memainkan gim populer pada grafis mentok kanan, VGA NVIDIA tersebut menyediakan opsi ray tracing secara real time agar permainan lebih imersif.

Selain dapur pacu, tentu layar juga punya peran besar dalam pengalaman bermain gim yang layak. Di laptop ini, Anda disuguhkan dengan kualitas tampilan memukau; berkat adanya layar WQHD dengan gamut warna 100% sRGB dan sertifikasi Dolby Vision.

Selain warnanya yang hidup dan akurat, terdapat juga refresh rate 165 Hz yang membuat setiap pergerakkan di layar semakin licin dan mulus. Ini tentu berguna bagi Anda yang sering memainkan gim berpacu cepat, sebut saja PUBG, COD, Battlefield, Point Blank, ataupun yang lainnya.

Kalau bermain gim terlalu lama, biasanya perangkat akan cepat panas dan berujung pada penurunan performa. Nah, untuk atasi masalah ini, laptop dibekali dengan sistem pendingin ruang uap (vapor chamber) berukuran 2 mm dengan sensor termal enam titik.

Sistem pendingin ini turut hadirkan sebanyak kipas 73 bilah dengan kristal cair. Ditambah dengan material tembaga pada heatpipe yang dapat menyalurkan panas dengan baik.

Untuk semakin mempertegas fungsinya sebagai laptop khusus gaming, tersedia juga fitur backlight empat zona yang bisa tampilkan warna-warna berbeda. Selain bikin tampilannya terlihat gaming banget, Anda pun bisa mengetik dengan lebih pede pada kondisi minim cahaya.

Dengan segala kelebihannya, laptop ini memang salah satu yang terbaik untuk digunakan bermain gim. Laptop juga masih tetap cocok untuk produktivitas harian. Sayangnya, bobot laptop memang sebesar 2,35 kg. Bukan yang teringan di industri laptop, tapi tergolong cukup ringan untuk sekelas laptop gaming.

4. Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022)

Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022)_
  • Layar: 14 inci touchscreen 1920 x 1200 piksel, 16:10
  • Processor: Intel Core i7 1255U
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: 16 GB LPDDR4x 4266 MHz dual channel, onboard
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi 6 + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x DC-in, 1x HDMI, 1x Thunderbolt, 1x 3.5mm audio, SD Card Reader, 2x USB 3.2 Gen 1
  • Baterai: 51 WHr

Lenovo IdeaPad Flex 5i tampaknya akan cocok bagi Anda yang lebih senang menulis ketimbang mengetik. Karena, laptop ini hadirkan layar sentuh dan engselnya pun bisa ditekuk hingga 360 derajat.

Ya, ini merupakan laptop konvertibel 2-in-1 yang sekaligus bisa menjelma sebagai tablet. Karena bisa ditekuk, laptop inipun bisa mengusung beberapa mode lain seperti mode tenda dan mode stand.

Untuk mempermudah dalam menulis atau menggambar, tersedia juga stylus dalam paket penjualan bernama Lenovo Digital Pen. Pena digital ini mendukung sebanyak 4096 tingkat tekanan, sehingga Anda bisa hasilkan ketebalan yang berbeda-beda saat mengarsir atau menggambar.

Meski enak dipakai coret-coret, layar laptop ini sayangnya tidak suguhkan tingkat akurasi warna yang begitu tinggi. Diketahui, layar mendukung gamut warna 45% NTSC, tidak mendukung gamut 100% sRGB.

Apabila akurasi yang tidak sempurna ini tidak masalah buat Anda, sebenarnya laptop masih tergolong oke untuk penggunaan desain grafis atau semacamnya.

Toh, tampilannya juga cukup ideal untuk bekerja dengan aspek rasio 16:10. Terbilang nyaman juga untuk penggunaan di luar ruangan, karena mendukung kecerahan di tingkat 300 nit.

Kekuatan grafis di laptop ini juga cukup memadai dengan VGA terintegrasi Iris Xe Graphics. Namun jika butuh performa lebih tinggi, untungnya laptop sediakan port Thunderbolt 4.

Port ini tidak hanya dapat mentransfer dengan lebih cepat atau terhubung dengan monitor eksternal, tapi bisa juga terhubung dengan eGPU. Jadi, Anda bisa hubungkan kartu grafis desktop ke laptop agar gim-gim yang dimainkan bisa lebih lancar lagi.

Intinya, Lenovo IdeaPad Flex 5i (2022) ini akan cocok untuk Anda yang bingung antara memilih laptop atau tablet. Form factor-nya yang konvertibel membuat Anda bisa memiliki keduanya sekaligus dalam satu perangkat.

Baca juga  5 Penyebab Laptop Tidak Bisa Connect WiFi Beserta Solusinya 

Ditambah, konektivitas Thunderbolt 4 di laptop ini juga merupakan hal baru pada seri IdeaPad Flex. Cocok untuk yang suka kebebasan dalam upgrade kapabilitas laptop, baik itu dalam kemampuan produktivitas multi-tasking ataupun gaming.

5. Lenovo Yoga 9i (2022)

Lenovo Yoga 9i (2022)_
  • Layar: 14 inci FHD 1920 1200 piksel, touchscreen, IPS LCD/OLED
  • Processor: Hingga Intel Core i7 1280P
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: Hingga 16 GB LPDDR5 5200 MHz
  • Storage: Hingga 1 TB PCIe 4 SSD
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Intel Wi-Fi 6E + Bluetooth 5.2
  • Port: 2 x Thunderbolt 4 (USB Type-C), 1 x USB-C 3.2 Gen 2, 1 x USB Type-A 3.2 Gen 2, 3.5mm headphone jack
  • Baterai: 75 Whr

Tidak semua laptop konvertibel hadir dengan kemampuan prosesor yang prima. Di antara semua laptop 2-in-1 yang ada, Lenovo Yoga 9i (2022) merupakan salah satu yang paling gahar.

Pasalnya, ia sudah dibekali dengan Intel Core generasi ke-12, tepatnya hingga Intel Core i7 1280P. Suffix (akhiran) huruf “P” menandakan bahwa prosesor punya kekuatan lebih kencang dibanding “U”. Sehingga, mampu menangani beban kerja yang lebih berat.

Sementara untuk di sisi layarnya, Anda disuguhkan dengan opsi OLED dan IPS LCD. Masing-masing jenis panel tentu punya kualitas berbeda. Untuk yang versi IPS LCD, layar mencakup gamut warna 100% sRGB sedangkan OLED hadirkan gamut 100% DCI-P3.

Layar laptop juga tersedia dalam opsi refresh rate 90 Hz, sehingga dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan saat browsing. Sayangnya, laptop hanya dibekali dengan GPU onboard berupa Intel Iris Xe Graphics. Kendati kemampuannya setara dengan GPU diskrit entry-level, tapi kemampuannya kurang layak untuk mengangkat gim berat terkini.

Laptop konvertibel ini memiliki engsel yang bisa diputar 360 derajat, sehingga dapat mengusung beragam mode seperti mode tenda, stand, dan lain-lain. Jika ingin digunakan untuk bermain gim, laptop sediakan dua buah port Thunderbolt 4 agar bisa disambung ke VGA eksternal.

Nilai jual laptop ini juga terletak pada konektivitasnya yang beragam. Dapat dihubungkan ke protokol WiFi 6E untuk kecepatan internet tinggi, serta hadirkan Bluetooth 5.2 untuk latensi yang lebih rendah ketika gunakan TWS.

Dari paket penjualannya, turut disertai stylus Lenovo Precision Pen yang bisa digunakan untuk mencatat, menggambar, ataupun sekadar mengarsir. Semua hal ini menjadikan Lenovo Yoga 9i (2022) cocok untuk keperluan content creation, menunjang aktivitas kuliah, serta multimedia ringan.

6. Lenovo Legion Slim 7 – 15ACH6

Lenovo Legion Slim 7 - 15ACH6_
  • Layar: 15.6 inci IPS WQHD (2560 x 1440 piksel) 16:9
  • Processor: AMD Ryzen 7 5800H
  • Graphic Card: AMD Radeon Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti Laptop
  • RAM: 16 GB DDR4-3200 Dual Channel
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe 3 x4
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Modem Intel Killer Wi-Fi AX1650x + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x Audio Jack Cobo 3.5mm, 1x SD Card Reader, 1x USB 3.2 Gen, 1x USB 3.2 Gen 2 (support Always On), 1x DC-in, 2x USB-C 3.2 Gen 2
  • Baterai: 71 Whr

Di masa sekarang, banyak laptop memiliki spesifikasi layar yang sangat nyaman untuk menonton film. Nah, salah satunya adala Lenovo Legion Slim 7 15ACH6, laptop dengan layar keren yang mudah dijinjing ke mana saja berkat bodinya yang tipis.

Layarnya yang gunakan panel IPS LCD berada dalam resolusi WQHD di ukuran 15,6 inci. Jadi, selain berukuran lebar, tingkat ketajamannya pun dapat membuat isi layar terlihat crispy dan hidup. Apalagi, sudah ada sertifikasi Dolby Vision di dalamnya, sebagai pertanda bahwa layar akan hasilkan pengalaman sinematis terbaik seperti di layar lebar.

Untuk menonton film sudah terbukti oke, lalu bagaimana jika dipakai gaming? Tentu saja jago. Pasalnya, tersedia refresh rate 165 Hz yang diiringi G-Sync, demi tampilkan frame rate yang terlihat lebih mulus dan tanpa terkena isu tearing.

Laptop ini juga dijamin bisa kuat menangani beban kerja kuat seperti multi-tasking atau bermain gim. Sudah tersedia RAM 8 GB onboard yang ditambahkan dengan satu RAM 8 GB SODIMM. Totalnya, ada RAM 16 GB yang siap menunjang aktivitas apapun yang diinginkan.

Storage-nya menganut SSD M.2 NVMe dengan kapasitas 512 GB, sehingga Anda tidak akan merasa kekurangan saat menginstal beragam gim dan software. Melakukan booting dan loading pun hanya makan waktu hitungan detik. Dan apabila masih dirasa kurang, masih ada satu slot SSD M.2 kosong untuk memperluas kapasitas.

Untuk bobotnya sendiri, laptop terbilang sangat ringan karena berada di angka 1,92 kg. Memang bukan ukuran yang paling ringan. Tapi mengingat ini adalah laptop gaming, angka tersebut sudah tergolong nyaman dibawa ke mana-mana.

Namanya juga laptop gaming, tentu seharusnya tahan dipakai angkat gim berat dalam waktu lama, bukan? Nah, untuk menghindari isu overheating dan throttling, telah dibenamkan Legion Coldfront 3.0 sebagai sistem pendingin terpadu.

Pendingin ini gunakan pipa panas yang terbuat dari tembaga sebanyak tiga buah dengan dua kipas Liquid Crystal Polymer. Laptop juga sudah dirancang untuk mengeluarkan hawa panas melalui empat lubang outtake yang tersedia. Tetap dingin dan berada dalam performa maksimalnya, walau gim sudah dimainkan dalam waktu lama.

Sudah pasti, Lenovo Legion Slim 7 ini akan cocok untuk mahasiswa yang sering berpergian namun mendambakan laptop gaming ringan nan tipis untuk dimainkan kapan saja, di mana saja. Berkat layarnya yang oke punya, para kreator konten juga akan menemukan kenyamanan saat mengedit video dan gambar di laptop ini.

7. Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7

Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7_
  • Layar: 15.6 inci Full HD, IPS Panel, 165 Hz
  • Processor: Intel Core i7 12650H
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti Laptop
  • RAM: 8 GB DDR4 3200 MHz Single Channel
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Realtek WiFi 6 + Bluetooth 5
  • Port: 1x HDMI, 1x Gigabit Ethernet, 1x Thunderbolt 4, 1x DC-in, 2x USB 3.2 Gen 1, 1x 3.5 mm audio combo jack
  • Baterai: 45 Whr

Sebagai series yang beroritentasi pada konsumen, IdeaPad menampilkan bahasa desain yang lebih kekinian dan nyaman digunakan. Khususnya pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7, desain yang ditampilkan merupakan penjelmaan seri IdeaPad yang sedikit dipadukan dengan DNA Legion series.

Ini terlihat dari desain engsel yang tak beda jauh dengan Lenovo Legion Slim 7, namun masih menghadirkan desain belakang khas IdeaPad dengan tampilan polos. Hanya menyisakan nama brand Lenovo yang mejeng di sisi kanan atas.

Berdasarkan namanya, kita tentu tahu kalau laptop ini ditujukan untuk bermain gim. Semua parameternya dirancang untuk memenuhi pengalaman gaming optimal, seperti penggunaan NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti dan Intel Core i7 12650H.

Penggunaan prosesor Intel seri “H” menandakan bahwa ia ditujukan untuk performa tinggi yang teroptimasi untuk mobile. Lain halnya dengan seri “U” yang difokuskan untuk efisiensi daya, seperti yang dimiliki laptop lain pada umumnya.

Untuk membuat tampilan layar begitu mulus saat memainkan gim kompetitif, tersedia refresh rate 165 Hz pada layar IPS Full HD miliknya. Bukan hanya cocok untuk bermain gim, tapi nyaman juga untuk aktivitas kreasi konten lantaran punya akurasi warna cuku oke.

Diketahui, layar mendukung gamut warna sRGB 100% dengan kecerahan hingga 300 nit. Pengerjaan proyek di luar ruangan pun bukan masalah, karena sinar matahari tidak akan menghalangi isi layar untuk tetap dapat terlihat dengan layak.

Dan, ada satu keunikkan yang tidak ditemui pada laptop secara umum. Tidak hanya tampilkan port di kiri dan kanan, sisi belakang bodi ini juga hadirkan sejumlah port beragam. Berbagai port tersebut adalah HDMI, LAN, USB-C yang mendukung Thunderbolt 4, dan juga lubang pengisian daya DC-in.

Laptop gaming dengan desain bodi yang unik dan ramping, dihargai dengan banderol lebih terjangkau, serta layar yang cocok untuk kreasi konten, adalah segelintir alasan yang bikin Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7 begitu istimewa.

8. Lenovo Legion 5i Pro (2022)

Lenovo Legion 5i Pro (2022)_
  • Layar: 16 inci IPS (2560 x 1600 piksel), 165 Hz
  • Processor: Intel Core i7 12700H
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti Laptop
  • RAM: 16 GB DDR5 4800 MHz Dual Channel
  • Storage: 1 TB SSD M.2 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Intel Wi-Fi 6 AX201 + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x Thunderbolt 4, 2x USB-C 3.2 Gen 2, 1x 3.5 mm jack audio combo jack, 3x USB 3.2 Gen 1 (Tipe-A), 1x Gigabit Ethernet (LAN port), 1x DC-in
  • Baterai: 80 Whr

Setelah Anda melihat spesifikasi di atas, tentu setuju kalau Lenovo Legion 5i Pro bukanlah laptop sembarangan. Tenaganya dalam menangani tugas-tugas super berat seperti gaming rata kanan dan rendering grafis tingkat tinggi bukan isapan jempol belaka.

Ini lantaran di dalamnya tersemat prosesor Intel Core i7 12900H dengan frekuensi mencapai 4.8 GHz. Sebagai penunjang daya grafisnya, sudah tersedia NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti yang punya VRAM sebesar 8 GB GDDR6. Gim populer AAA manapun akan sanggup dimainkan dengan pengaturan grafis tertinggi, dengan frame rate playable.

Lenovo Legion 5i Pro juga merupakan laptop yang cocok dipakai untuk desain grafis. Pasalnya, ia hadirkan aspek rasio 16:10 di layar yang membuat work area terlihat lebih luas. Pengguna juga akan merasa nyaman bekerja di bawah terik matahari dengan dukungan kecerahan layar hingga 500 nit.

Warna yang ditampilkan oleh layar juga begitu akurat dan memenuhi standar Pantone Validated. Mendukung gamut warna 100% sRGB, layar sungguh mumpuni dalam menghidupkan pemandangan visual, seperti saat menonton film atau konsumsi konten di YouTube.

Pun ketika memainkan gim dalam waktu lama, sistem pendingin Legion Coldfront 4.0 akan menjaga laptop dari penurunan performa yang terlalu drastis. Ini karena suhu panas bisa dikurangi dengan baik demi menjaga komponen tetap dingin setelah penggunaan panjang.

Ini adalah laptop yang cocok untuk gaming sekaligus kreasi konten. Cocok juga untuk pengerjaan dokumen harian, karena papan ketik yang nyaman dan disertai backlight. Durasi ketahanan baterainya pun cukup oke, bisa menunjang aktivitas pemutaran video selama sekitar 7 jam.

9. Lenovo Legion 5i

Lenovo Legion 5i
  • Layar: 15.6 inch, 2560×1440 px, 16:9, IPS, 165 Hz
  • Processor: Intel Core i7 12700H
  • Graphic Card: Iris Xe Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3060
  • RAM: 16 GB DDR5-4800 (2x 8GB DIMMS) – 2x DIMMs
  • Storage: 512 GB M.2 gen4 NVMe (Micron 3400) – 2x M.2 2280 PCIe gen4 SSD slots
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi 6E (Intel AX211), Bluetooth 5.2, Gigabit LAN (Realtek RTL8168/8111)
  • Port: 1x USB-C 3.2 gen1 (always on), 1x USB-C 3.2 with Thunderbolt 4, 1x USB-A 3.2 gen1, 1x audio jack, 1x eShutter button, LAN, 1x USB-C gen2 with DP, power up to 135W; 2x USB-A 3.2 gen1, HDMI 2.1, DC-In
  • Baterai: 80 Whr
Baca juga  15 Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

Laptop Lenovo yang satu ini punya spek lebih sederhana dibandingkan versi Pro-nya. Tapi, ia masih tawarkan pengalaman menyenangkan saat digunakan bermain gim, pengeditan grafis, ataupun beban kerja berat lainnya.

Laptop gaming ini turut dipuji lantaran punya layar berpenampilan memukau, konektivitas port yang melimpah ruah, build quality yang tangguh, serta performa grafis yang nyaris tidak terkalahkan.

Kartu grafis RTX 30 series miliknya lebih dari cukup untuk memainkan gim-gim populer yang ada, ataupun yang akan datang dalam beberapa tahun ke depan. Frame rate yang didapat juga sangat tinggi, tanpa harus menurunkan resolusi ataupun pengaturan grafis sama sekali.

Ketahanan bodinya pun sudah lolos uji militer MIL-STD 810G, membuatnya tidak cepat rusak meski terjatuh, berada di suhu ekstrim, atau di tingkat kelembaban yang tinggi.

Di kala sedang dituntut untuk melakukan banyak hal dalam sekali waktu, Anda bisa manfaatkan port Thunderbolt 4 di laptop ini untuk terhubung dengan monitor eksternal. Jumlah port USB-nya juga terbilang sangat banyak, yakni

Pengalaman mengetik di laptop ini juga masih terbilang nyaman. Hanya saja, berbeda dengan Pro, keempat tombol panah di sini punya ukuran yang dikurangi. Punya dimensi panjang 363 mm, lebar 23,5 mm, dan tinggi 26,1 mm, laptop ini terbilang compact sehingga mudah diselipkan di antara buku-buku dalam tas.

Mencari laptop gaming yang kokoh namun ramping? Punya konektivitas port bejibun agar tidak bingung saat mau menyambungkan banyak peripheral sekaligus? Layar dengan 165 Hz super mulus? Jika iya, Lenovo Legion 5i akan cocok untuk Anda.

10. Lenovo Yoga Slim 7 Carbon

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon
  • Layar: 14″ 2.8K (2880×1800) OLED 400nits Glossy, 90Hz, 100% DCI-P3, HDR 500 True Black, Glass, Dolby Vision
  • Processor: AMD Ryzen 7 5800U (8C / 16T, 1.9 / 4.4GHz, 4MB L2 / 16MB L3)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce MX450 2GB GDDR6
  • RAM: 16GB Soldered LPDDR4x-4266
  • Storage: 1TB SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth Wi-Fi 6 11ax, 2×2 + BT5.1
  • Port: 1x USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer only), 2x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort 1.4), 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • Baterai: Integrated 61Wh

Siap menyambut laptop Lenovo dengan kualitas layar tingkat dunia? Inilah Lenovo Yoga Slim 7 Carbon yang mempersembahkan layar berpanel OLED pada resolusi 2.8K.

Dibandingkan layar Full HD 1080p, pengguna sungguh dimanjakan dengan ketajaman layar sejernih kristal dan membuat pengalaman grafis semakin menyenangkan. Bahkan, ia sudah mendukung standar Dolby Vision yang membuat layarnya memiliki kualitas setara bioskop.

Kelebihan utama lainnya terletak juga pada bodinya yang begitu stylish dan modern, mendukung sisi minimalis yang membantu pengguna dalam mobilitas sekaligus produktivitas. Bodinya yang hanya seberat 1,1 kg pada dimensi 313 x 214.5 x 14.9 mm membuktikan satu hal: laptop ini dikhususkan bagi pengguna yang harus siap berpindah-pindah tempat dengan cepat tanpa hambatan.

Sayangnya laptop ini bukanlah yang terbaik dari kemampuan grafisnya, terlebih untuk urusan gaming. Kartu pengolah grafis yang dibawakannya hanyalah NVIDIA GeForce MX450 yang mungkin tidak sepadan dengan harganya yang sebesar Rp20.999.000,-. Padahal di harga tersebut, sudah banyak yang tawarkan RTX 3000 series.

Ini dikarenakan Lenovo Yoga Slim 7 Carbon memang bukan laptop yang disasar untuk para gamer, melainkan untuk eksekutif muda atau desainer grafis profesional yang membutuhkan kualitas layar terbaik serta sisi portabilias yang nyaman untuk berpindah-pindah. Tertarik meminang laptop ini?

11. Lenovo Yoga Slim 7 Pro

Lenovo Yoga Slim 7 Pro
  • Layar: 14″ 2.8K (2880×1800) OLED/IPS 400nits Glossy, 90Hz, 100% DCI-P3/100% sRGB, HDR 500 True Black, Glass, Dolby Vision
  • Processor: AMD Ryzen 9 5900HX (8C / 16T, 3.3 / 4.6GHz, 4MB L2 / 16MB L3)
  • Graphic Card: Integrated AMD Radeon Graphics
  • RAM: 16GB Soldered DDR4-3200
  • Storage: 1TB SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth 11ax, 2×2 + BT5.1
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 1 (Always On), 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm), 2x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort 1.4)
  • Baterai: Integrated 61Wh

Jika kemampuan prosesor adalah yang Anda butuhkan dari sebuah laptop, Lenovo Yoga Slim 7 Pro merupakan pilihan yang tepat. Dengan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dengan turbo clock speed 4.6 GHz, segala kebutuhan bisa dilakukan dengan lancar tanpa kendala.

Ia hadir dengan dua varian panel layar yang berbeda, yakni OLED dengan gamut warna DCI-P3 100% serta IPS LCD dengan gamut 100% sRGB. Jika butuh layar laptop yang memiliki kontras warna lebih baik (serta warha hitam yang lebih hitam), tentu varian OLED adalah opsi yang lebih cocok.

Memilih panel layar IPS LCD juga tidak ada salahnya. Dengan resolusi 2.8K (2880 x 1800 piksel) dan laju penyegaran 90 Hz, pengalaman scrolling ataupun aktivitas menonton bisa terasa lebih imersif. Dengan sertifikasi TUV Rheinland Eyesafe Display, pengguna juga tidak perlu khawatir matanya cepat lelah dengan minimnya sinar biru.

Laptop dengan teknologi layar terkini seperti Lenovo Yoga Slim 7 Pro dijamin cocok untuk pelaku industri kreatif yang berkutat dengan pembuatan desain grafis ataupun film profesional. Varian IPS LCD dijual dengan harga Rp18 jutaan sedangkan layar OLED memiliki harga Rp20 jutaan.

12. Lenovo IdeaPad Slim 5 Pro

Lenovo IdeaPad Slim 5 Pro
  • Layar: 14″ 2.2K (2240×1400) IPS 300nits Anti-glare, 60Hz, 100% sRGB
  • Processor: AMD Ryzen 7 5800U (8C / 16T, 1.9 / 4.4GHz, 4MB L2 / 16MB L3)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce MX450 2GB GDDR6
  • RAM: 16GB Soldered DDR4-3200
  • Storage: 512GB SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth 11ax, 2×2 + BT5.1
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 1, 1x USB 3.2 Gen 1 (Always On), 2x USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort 1.4), 1x HDMI 1.4b, 1x Card reader, 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • Baterai: Integrated 56.5Wh

Melakukan aktivitas yang berat di laptop, terlebih aktivitas yang membutuhkan kemampuan grafis tinggi, bisa jadi kurang afdol tanpa kehadiran kartu VGA diskrit.

Lenovo IdeaPad Slim 5 Pro memberikan kemampuan dahsyat baik dari segi CPU maupun VGA-nya. Paduan antara AMD Ryzen 7 6800U dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX450 adalah kombinasi yang andal dalam melakukan segalanya. Kini, melakukan rendering pada aplikasi film ataupun pemograman bisa berjalan secepat kilat.

Hadirnya baterai terintegrasi berkapasitas 56,5 Whr disinyalir mampu menunjang aktivitas pemutaran video 1080p (150 nit) selama 15 jam. Anda bisa bekerja dengan lebih lama pada satu kali siklus pengisian, tanpa harus terlalu bergantung pada casan.

Pengguna juga disuguhkan sisi konektivitas yang unggul, dengan port HDMI berukuran penuh untuk tersambugng dengan display eksternal, protokol WiFi 6 untuk stabilitas internet yang lebih baik, serta kamera IR yang dapat berfungsi sebagai pemindai wajah (Windows Hello).

13. Lenovo Ideapad Gaming 3i i7 111370H

Lenovo Ideapad Gaming 3i i7 111370H
  • Layar: 15.6″FHD, IPS, Anti-Glare, LED Backlight, Narrow Bezel, 45%NTSC, Non-Touch, 120Hz 1920 x 1080
  • Processor: Intel® Core™ i7-11370H Processor (4 Cores / 8 Threads, 3.30 GHz, up to 4.80 GHz with Turbo Boost, 12 MB Cache)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti 4GB GDDR6
  • RAM: 16GB DDR4-3200 SDRAM SODIMM 3200MHz
  • Storage: 512GB SSD, M.2 2242, PCIe NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Intel Wi-Fi 6 AX201 2x2ax + Bluetooth Version 5.0
  • Port: RJ-45, HDMI 2.0, USB 3.1 Gen 1 (Type-A), USB 3.1 Gen 1 (Type-C), headphone/mic combo, USB 3.1 Gen 1 Type-A
  • Baterai: Integrated 45 Whr

Membutuhkan yang terbaik di antara yang terbaik, terutama dari segi pengalaman bermain game? Lenovo Ideapad Gaming 3i i7 111370H lah jawabannya. Laptop gaming besutan Lenovo ini memang ditujukan untuk mengangkat game populer seberat apapun dengan pengaturan grafis yang paling cakep.

Bagaimana tidak? Prosesor Intel Core i7 miliknya merupakan salah satu dari seri H pada generasi ke-11 yang sudah tidak perlu diragukan performanya. Selain itu, laptop juga ditenagai kartu pengolah grafis NVIDIA GeForce RTX seri 3000 sehingga memungkinkan frame rate yang kencang walau grafisnya mentok kanan.

Anda pun dapat menikmati indahnya ray tracing yang dapat memunculkan pantulan cahaya yang realistis pada cermin ataupun genangan air di dalam game, kian menambah sisi imersi pada permainan favorit yang sedang dijalankan.

Jika dilihat dari rentang harganya yang Rp25 jutaan, laptop ini memang tidak menyuguhkan spesifikasi terbaik dari segi layar. Ia belum dihadirkan dengan panel OLED, masih menggunakan IPS LCD pada resolusi Full HD yang paling mainstream di industri laptop. Namun setidaknya, layar mendukung refresh rate 120 Hz yang dapat membuat pergerakan dalam game terlihat dua kali lipat lebih mulus.

Berkat gaharnya spek yang ada, laptop gaming ini juga sekaligus bisa digunakan untuk keperluan kreasi konten. Dari sisi penggunaan general juga terbilang nyaman, karena dikemas dengan susunan keyboard yang ergonomis serta menghadirkan ukuran touchpad yang cukup lega. Sangat usable dengan nyaman, lumayan untuk saat tertentu ketika kita lupa membawa mouse.

Satu-satunya yang bisa dikeluhkan dari laptop ini adalah bobot bodinya yang terlampau berat, mencapai 2,2 kg pada dimensi bodi 359 x 249 x 24,9 mm. Kurang ideal jika Anda merupakan seorang pelaku industri kreatif yang dituntut bermobilitas tinggi.

14. Lenovo V14 G2 ITL

 Lenovo V14 G2 ITL
  • Layar: 14″ HD (1366×768) TN 250nits Anti-glare, 45% NTSC
  • Processor: Intel Core i5-1135G7 (4C / 8T, 2.4 / 4.2GHz, 8MB)
  • Graphic Card: NVIDIA Geforce MX350 2GB GDDR5
  • RAM: 8GB Soldered DDR4-3200
  • Storage: 256GB SSD M.2 2242 PCIe 3.0×4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Ethernet 100/1000M, WLAN + Bluetooth 11ac, 2×2 + BT5.0
  • Port: 1x USB 2.0, 1x USB 3.2 Gen 1, 1x USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer only), 1x HDMI 1.4b, 1x Ethernet (RJ-45), 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm), 1x Power connector
  • Baterai: Integrated 38Wh

Tidak perlu keluarkan banyak budget untuk bisa memiliki laptop dengan konektivitas lengkap serta kinerja mumpuni. Bagaimana tidak? Lenovo V14 G2 ITL dengan harga sekitar Rp111 jutaan sudah menyuguhkan slot HDMI berukuran penuh dengan port Ethernet (RJ45) yang memudahkan pengguna dalam mendapatkan koneksi internet cepat.

Bodinya yang ringkas pun cukup mendukung untuk mobilitas sehari-hari, dengan bobot seberat 1,6 kg serta dimensi 324.2 x 215.2 x 19.9 mm. Balutan warna Iron Grey-nya memberikan look profesional yang dapat dibaurkan dengan ruang lingkup pekerjaan maupun urusan hiburan.

Yang jadi salah satu kelebihannya, Lenovo V14 G2 ITL ini didukung dengan generasi prosesor Intel Core Tiger Lake alias i5-1135G7, dipadukan dengan RAM 8 GB yang bisa di-expand hingga 16 GB. Laptop juga termasuk dalam segelintir laptop non-gaming yang suguhkan kartu VGA diskrit.

VGA tersebut adalah NVIDIA GeForce MX350 dengan VRAM 2 GB. Walau hanya VGA entry-level, namun pengguna dapat rasakan lonjakan performa GPU saat rendering aplikasi grafis maupun bermain game ringan, terlebih jika dibandingkan dengan laptop lain yang pakai VGA onboard saja.

Baca juga  3 Produk Ugreen Ini Solusi Buat Gadget yang Tak “Ditemani” Charger 

15. Lenovo ThinkBook 14 G2 ITL

Lenovo ThinkBook 14 G2 ITL
  • Layar: 14″ FHD (1920×1080) IPS 250nits Anti-glare, 45% NTSC
  • Processor:  Intel Core i3-1115G4 / Intel Core i5-1135G7 / Intel Core i7-1165G7
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce MX450 2GB GDDR6 / Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: 8GB Soldered DDR4-3200
  • Storage: 512GB SSD M.2 2242 PCIe 3.0×4 NVMe + Empty HDD Bay
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth 11ax, 2×2 + BT5.1
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 1, 1x USB 3.2 Gen 1 (Always On), 1x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort 1.4), 1x Thunderbolt 4 / USB4 40Gbps (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort 1.4), 1x HDMI 1.4b, 1x Card reader, 1x Ethernet (RJ-45), 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • Baterai: Integrated 45Wh

Laptop canggih tidak hanya harus gahar, melainkan juga punya bodi yang tahan banting. Terlebih jika Anda memang berkutat dengan lingkungan yang cukup ekstrim seperti vlogger dengan niche petualangan, arkeologi, atau yang semacamnya.

Nah, Lenovo ThinkBook 14 G2 ITL ini dirancang dengan sertifikasi MIL-STD-810H. Tandanya, ia telah berhasil melalui serangkaian tes ketahanan, seperti terhadap guncangan, suhu ekstrim, kejatuhan, dan sebagainya.

Untuk yang varian Intel Core i3, laptop ini tersedia dalam varian RAM 8 GB dengan dukungan kartu VGA diskrit berupa NVIDIA GeForce MX450. Sementara untuk varian yang hadirkan Intel Core i7 dan i5 generasi ke-11, tentunya sudah membawakan kartu VGA onboard Intel Iris Xe Graphics yang kinerjanya setara VGA diskrit entry-level.

Meski variannya beragam, yang pasti kesemuanya sama-sama mendukung RAM maksimal hingga 40 GB dan mengantongi port canggih Thunderbolt 4 supaya bisa dihubungkan dengan beberapa monitor eksternal sekaligus ataupun dihubungkan dengan eGPU.

Harga yang dibanderol pada laptop inipun cukup beragam, mulai dari 9 jutaan hingga 16 jutaan, tergantung dari varian apa yang Anda pilih. Jika memilih varian dengan RAM lebih besar dan prosesor lebih gahar tentu saja lebih mahal. Dan, harganya pun akan berubah-rubah seiring waktu. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, ya!

16. Lenovo Legion S7

Lenovo Legion S7
  • Layar: 15.6″ WQHD (2560×1440) IPS 300nits Anti-glare, 165Hz, 100% sRGB, Dolby Vision, Free-Sync, G-Sync, DC dimmer
  • Processor: AMD Ryzen 7 5800H (8C / 16T, 3.2 / 4.4GHz, 4MB L2 / 16MB L3)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti 4GB GDDR6
  • RAM: 8GB Soldered DDR4-3200 + 8GB SO-DIMM DDR4-3200
  • Storage: 512GB SSD M.2 2280 PCIe 3.0×4 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth Killer Wi-Fi 6 AX1650 11ax, 2×2 + BT5.1
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2, 1x USB 3.2 Gen 2 (Always On), 2x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer, Power Delivery 100w and DisplayPort 1.4), 1x Card reader, 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm), 1x Power connector
  • Baterai: Integrated 71Wh

Ini dia laptop gaming idaman para pelaku eSport. Pasalnya dengan Lenovo Legion S7 ini, Anda sungguh tidak akan melewatkan satu adegan pun dalam permainan berkat layarnya yang mengusung refresh rate hingga 165 Hz. Permainan kompetitif yang butuh frame rate kencang seperti Valorant, CS:GO, ataupun Dota 2 bisa dijalankan dengan begitu lancarnya.

Bukan hanya untuk permainan kompetitif saja, Lenovo Legion S7 juga bisa dipakai untuk mencoba game-game keluaran terbaru dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 series miliknya. Ini sangat cocok untuk memainkan game open world dengan tampilan grafis memukau, seperti Cyberpunk 2077, Assassin’s Creed Valhalla, ataupun judul AAA lainnya.

Dan yang cukup mencengangkannya, laptop ini ternyata tidak terlalu berat lho jika dibandingkan dengan laptop gaming lain pada umumnya. Setidaknya, beratnya hanya sebesar 1,9 kg. Masih belum melampaui 2 kg seperti laptop khusus gaming dengan bodi yang bulky.

Dimensinya pun membuatnya terlihat begitu ramping dan slim, sebesar 356 x 252 x 15.9-18.9 mm. Desainnya yang tidak terlalu neko-neko juga membuatnya mudah berbaur dengan lingkungan profesional. Not bad untuk laptop dengan harga sekitar Rp24,5 jutaan.

17. Lenovo IdeaPad Slim3 14A

Lenovo Ideapad Slim 3
  • Layar: 14″ HD (1366×768) TN 220nits Anti-glare
  • Processor: AMD 3020e (2C / 2T, 1.2 / 2.6GHz, 1MB L2 / 4MB L3)
  • Graphic Card: Integrated AMD Radeon Graphics
  • RAM: 4GB SO-DIMM DDR4-2400
  • Storage: 256GB SSD M.2 2242 PCIe 3.0×2 NVMe
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WLAN + Bluetooth 11ac, 2×2 + BT5.0
  • Port: 1x USB 2.0, 2x USB 3.2 Gen 1, 1x HDMI 1.4b, 1x Card reader, 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm), 1x Power connector
  • Baterai: Integrated 35Wh

Laptop Lenovo yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang tidak begitu membutuhkan sisi performa, namun tetap layak menunjang aktivitas harian seperti pekerjaan kantoran – membuka Office, streaming Netflix, ataupun yang lainnya.

Lenovo IdeaPad Slim3 hadir dengan rancang bangun bodi yang slim, sesuai namanya. Diketahui, tingkat ketebalannya hanya mencapai 19,9 mm dengan panjang dan lebar sebesar 327,1 x 241 mm.

Adapun berat yang dimilikinya hanya mencapai 1,6 kg. Kendati bukan bobot paling ringan di kelasnya, namun Lenovo IdeaPad Slim3 tetap sebuah opsi paling layak bagi Anda yang hobi berpindah-pindah ruangan. Dari segi kinerja, mungkin Anda akan cukup terbatas dengan AMD 3020e yang hanya punya turbo boost clock hingga 2,6 GHz, namun cukup wajar mengingat harganya yang sekitar 5 jutaan.

Meski CPU-nya terbilang “pas-pasan”, namun pengguna tetap dapat rasakan performa yang gesit saat menyalin data, dikarenakan adanya storage berjenis SSD pada antarmuka NVMe. RAM-nya yang sebesar 4GB juga sebenarnya masih bisa di-upgrade jadi 8 GB.

18. Lenovo Legion 5 Pro

Lenovo Legion 5 Pro
  • Layar: 16″ QHD (2560 x 1600) IPS, 16:10, 165Hz, waktu respon 3ms, 100% sRGB, VESA DisplayHDR certified, Dolby Vision, mendukung NVIDIA®G-SYNC®AMD Freesync™
  • Processor: AMD Ryzen™ 7 5800H
  • Graphic Card: NVIDIA®GeForce RTX™ 3070
  • RAM: 16 / 32 GB DDR4
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: 2×2 WiFi 802.11ax, Bluetooth®5.1
  • Port: Kiri:USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, Display 1.4). Headphone / mic jack; Kanan: USB-A (USB 3.2 Gen 1). Tombol E-Shutter; Belakang: 3 x USB-A 3.2 Gen 1 (always on 5V). USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, Display 1.4, power delivery). HDMI 2.1. RJ45. Power in
  • Baterai: hingga 8 jam

Lenovo Legion 5 Pro hadir sebagai laptop ringkas dan portabel yang memberikan performa tinggi saat bermain game. Hal ini tercermin dari penggunaan kartu grafis up to NVIDIA GeForce RTX 3070 yang notabene merupakan salah satu yang terbaik dalam industri laptop gaming.

Untuk bisa melihat musuh di layar dengan lebih jelas, layar laptop ini menyuguhkan resolusi QHD pada ukuran 16 inci yang hadirkan imersi mendalam. Layarnya ini juga mendukung laju penyegaran 165 Hz sehingga cocok untuk menunjang kegiatan eSport.

Dihadirkan juga dengan dua buah Harman Speaker dengan dukungan Nahimic Audio, pemain pun bisa memanfaatkan Sound Tracking untuk mengetahui lokasi musuh dari suara langkah kakinya.

Adapun keunikan lain dari Legion 5 Pro juga terletak pada sisi privasinya. Ya, pengguna bisa menutup dan membuka webcam 720p melalui tombol E-Shutter yang praktis. Dengan begini, Anda bisa merasa aman tanpa khawatir ada hacker yang berusaha mengintip melalui webcam. Dengan semua kelebihannya, wajar jika harganya cukup tinggi di angka Rp26 juta.

19. Lenovo Legion 7

Lenovo Legion 7
  • Layar: 16 inci QHD (2560 x 1600) IPS, 16:10, 165Hz, waktu respon 3ms, 100% sRGB, Layar hingga VESA DisplayHDR™ 400 certified, Dolby Vision, NVIDIA®G-SYNC™, 500 nits
  • Processor: AMD Ryzen™ 9 5900HX
  • Graphic Card: NVIDIA®GeForce RTX™ 3080
  • RAM: 32 GB
  • Storage:  2TB M.2 NVMe PCIe SSD
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: WiFi AX1650 (2×2) (opsional), 2×2 WiFi 802.11ax, Bluetooth®5.1
  • Port: Kiri:USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, Display 1.4), Headphone / mic jack; Kanan:USB Type-C (USB 3.2 Gen 1), Tombol E-Shutter; Belakang:3 x USB-A 3.2 Gen 1 (always on 5V), USB Type-C (USB 3.2 Gen 2, Display 1.4, power delivery), HDMI 2.1, RJ45, Power in
  • Baterai: hingga 8 jam

Sejauh ini, kartu grafis terbaik yang bisa didapatkan di industri laptop adalah NVIDIA Graphics RTX 3080 yang menghadirkan ray tracing untuk menampilkan grafis paling realistis. Inilah yang bisa Anda dapatkan pada Lenovo Legion 7 Pro.

Kehadiran Audio Nahimic 3D miliknya juga sangat menunjang dalam menawarkan permainan yang menghanyutkan. Kualitas suaranya yang nendang akan mampu memperdengarkan suara terkecil sedikitpun, juga bisa mengubah speaker eksternal manapun menjadi surround sound.

Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX, Anda juga bisa rasakan performa tinggi tanpa lag saat membuka aplikasi berat, melakukan rendering berbasiskan tenaga CPU, serta membukan tab sebanyak apapun di browser.

Takut laptop cepat panas? Tenang, Lenovo menghadirkan Coldfront 3.0 yang mencakup berbagai ventilasi tambahan pada setiap tombol keyboard, serta menggunakan teknologi vapor chamber pada sistem empat saluran pembuangan.

Kendati banyak hadirkan keunggulan, kami agak menyayangkan bobotnya yang cukup berat untuk seukuran laptop gaming, yakni 2,5 kg. Untuk harganya sendiri, siap-siap merogoh kantong dalam-dalam. Karena, Lenovo Legion 7 Pro dirilis seharga Rp32 jutaan.

20. Lenovo ThinkPad X1 Fold

Lenovo ThinkPad X1 Fold
  • Layar: 13.3″ 2K OLED 4:3 (2048 x 1536, 300 nits) DCI-P3 95% touchscreen
  • Processor: Intel® Core™ i5 with Intel Hybrid Technology
  • Graphic Card: 11th Gen Intel® UHD, integrated
  • RAM: 8GB LPDDR4X 4267MHz
  • Storage: 1TB PCIe-NVMe M.2 2242 SSD
  • Optical Drive:
  • Konektivitas: Optional: WWAN CAT20 (5G/LTE), WLAN: WiFi 6 802.11 AX, Bluetooth® 5.1
  • Port: 2 x USB-C 3.2 Gen 2 (10Gbps) (1 can be used as DP), Optional: Nano SIM slot
  • Baterai: 50Wh with Rapid Charge technology

Ingin terlihat menonjol di antara kolega Anda? Gunakan saja Lenovo ThinkPad X1 Fold. Laptop ini rasanya tidak dapat sepenuhnya dianggap laptop, karena penggunaannya yang lebih menyerupai tablet.

Tapi yang uniknya lagi, laptop ini bisa Anda lipat untuk kemudahan berpergian. Layar sentuhnya berukuran 13,3 inci dan sudah mengusung resolusi 2K pada panel OLED yang sungguh memanjakan mata. Dan meskipun laptop punya ukuran yang kecil, pengguna disuguhkan layar yang terlihat luas berkat rasio screen-to-body yang mencapai angka 95%.

Inovasi laptop lipat ini membuka banyak kemungkinan baru. Anda bisa buka laptopnya pada sudut 90 derajat seperti laptop biasa, lalu mengetik menggunakan in-display keyboard atau menempelkan keyboard fisik di laptop.

Jika ingin memperluas layar, tinggal buka keseluruhan laptop hingga sudut 180 derajat untuk mengaktifkan mode stand. Sehingga, Anda bisa beraktivitas selayaknya sedang menggunakan AIO PC. Tertarik menggunakan laptop unik seharga Rp59 jutaan ini?

Demikianlah pemaparan daftar laptop merek Lenovo terbaru yang hadir di pasaran Indonesia. Tertarik membeli salah satu dari daftar di atas? Jika tertarik, siapkan dana yang sesuai dengan harga dari daftar tersebut.


https://actoncloud.com