11 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 13, HP Kompak Berkamera Leica


Xiaomi mulai menyadari bahwa banyak sekali konsumen yang menginginkan HP berukuran wajar. Oleh karena itu, Xiaomi merilis Xiaomi 12 pada akhir tahun 2021. Ponsel ini memiliki ukuran yang nyaman dan performa tinggi.

Langkah Xiaomi berlanjut dengan kedatangan Xiaomi 13. Ponsel kompak ini diperkenalkan Xiaomi di China pada Desember 2022 lalu. Selain karena ukurannya yang pas, Xiaomi 13 menarik perhatian karena dua alasan. Pertama, menggunakan SoC baru Snapdragon 8 Gen 2. Kedua, ada merek Kaleng penyiram di kamera.

Ukurannya yang ringkas, SoC dan Leica yang baru jelas merupakan keunggulan dari HP ini. Namun, Xiaomi 13 masih memiliki keunggulan lain. Anda dapat melihat semuanya pada tabel di bawah ini.

*Meja ini dapat dipindahkan ke samping

Kasingnya mudah dicat, kaca pelindungnya tidak diketahui

USB 2.0 dan tidak ada dukungan tampilan

Kamera ultra lebar dan masalah kamera lainnya

Pengaturan kamera selesai.

MIUI 14 yang lebih halus

Di tabel, Anda juga bisa memperhatikan apa yang mungkin hilang. Sementara jika Anda kurang puas dengan penjelasan singkat pada tabel, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Spesifikasi Xiaomi 13

Layar Layar OLED 6,36 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen2
RAM 8gb, 12gb
Memori batin 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera

50 MP (lebar)

10 MP (telefoto)

12 MP (ultra lebar)

Baterai LiPo 4500 mAh

Kelebihan Xiaomi 13

tentu saja HPnya unggulan diciptakan dengan keunggulan dalam berbagai aspek. Xiaomi 13 juga memenuhi hal tersebut. Di bawah ini berbagai aspek yang menjadi keunggulan Xiaomi 13.

1. Desain yang tetap kompak

Xiaomi 13

Ada tiga perubahan utama pada desain Xiaomi 13 dibandingkan Xiaomi 12. Perubahan tersebut meliputi bentuk bingkai, modul dan dimensi kamera belakang. HAI bingkaiXiaomi 13 kini mengikuti tren HP 2022 dengan yang menggunakan bingkai kotak, datardan datar.

Bentuk ergonomis bingkai yang memang kurang nyaman untuk dipegang dibandingkan bingkai melengkung, seperti Xiaomi 12. Namun, Xiaomi sedikit mengecohnya dengan membuat pinggiran cover belakang sedikit melengkung.

Teknolog YouTuber Sami Luo membandingkan pengalaman genggam antara Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro di saluran YouTube-nya. Secara teoritis Xiaomi 13 Pro akan lebih nyaman digenggam karena bingkaiitu melengkung. Namun, menurut Sami Luo, Xiaomi 13 masih lebih nyaman digenggam karena ukurannya yang lebih ringkas.

Melanjutkan tema modul kamera belakang, kini Xiaomi 13 tidak lagi memiliki lensa kamera yang menonjol seperti Xiaomi 12. Seluruh lensa kamera tertutup oleh kaca modul kamera, sehingga tonjolannya rata. Pengaturan kamera ini patut diapresiasi karena membuat ponsel lebih stabil saat diletakkan di atas meja.

Terakhir, dari segi dimensi, Xiaomi 13 memang sedikit lebih lebar dari Xiaomi 12. Bobotnya juga bertambah. Meski demikian, ponsel ini tetap kompak dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

Dimensi keseluruhan ponsel adalah 152,8 x 71,5 x 7,98 dan berat 189 gram. Ini adalah ukuran untuk bagian belakang kotak kaca. Varian lain dengan punggung nano-leather (kulit sintetis) memiliki dimensi serupa. Namun, ketebalannya sedikit meningkat menjadi 8,1 mm, dan bobotnya menjadi sedikit lebih ringan – 185 gram.

2. Sekarang ada peringkat IP

Xiaomi 13

Xiaomi tidak pernah merilis ponsel andalan konvensional dengan peringkat IP, juga dikenal sebagai sertifikasi tahan debu dan air. Apa yang dimaksud unggulan biasa lah modelnya vanila yang namanya tanpa embel-embel. Misalnya, Xiaomi Mi 11 dan Xiaomi 12.

Minimnya peringkat IP inilah yang membuat sebagian orang gelisah, terutama saat menggunakan ponsel di luar. Namun, kali ini Xiaomi 13 berbeda. Alasannya karena dilengkapi dengan IP68. Sertifikat ini menjamin ponsel akan tahan debu 360 derajat.

Ia juga tahan terhadap air tawar pada kedalaman 1,5m selama 30 menit. Dengan begini, Xiaomi 13 akan aman saat terkena air hujan, meski tidak sengaja jatuh ke kolam, bak mandi, atau akuarium.

3. Layar cerah

Xiaomi 13

Layar Xiaomi 13 memiliki peningkatan diagonal karena peningkatan dimensi casing. Ukuran layar ponsel ini adalah 6,36 inci, sedikit lebih besar dari Xiaomi 12 (6,28 inci). Teknologi yang digunakan masih mirip dengan yang sebelumnya.

layar dengan bezel Layar simetris ini masih menggunakan layar OLED E6 Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Dukungan layar Perbarui frekuensi 120 Hz tingkat sampel sentuh 240 Hz dan memiliki gamut warna DCI-P3.

Hanya saja Xiaomi meningkatkan tingkat kecerahan ponsel ini. Xiaomi 13 disebut mampu mencapai tingkat kecerahan 1200 nits di luar ruangan dan 1900 nits saat menampilkan konten HDR10+ atau Dolby Vision. Angka kecerahan ini meningkat signifikan dibandingkan dengan Xiaomi 12 yang hanya mencapai tingkat kecerahan puncak 1100 nits.

Yang menarik dari layar ponsel ini adalah adanya fungsi peredupan DC untuk mengurangi kedipan layar pada tingkat kecerahan rendah. Selain itu, ada Warna Adaptif untuk menyesuaikan suhu warna sesuai dengan lingkungan. Fitur Warna Adaptif mirip dengan iPhone Truetone.

Jika lubang untuk kamera depan dihilangkan, maka layar Xiaomi 13 layak menyandang predikat layar terbaik di dunia, menurut Gizmochina. Layar HP mendukung pemindaian sidik jari dan deteksi detak jantung. Selain itu, layar HP ini juga sudah tersertifikasi Pelindung mata SGS yang menjamin keamanan bagi mata.

3. Pengeras suara

Xiaomi 13

Loudspeaker sangat penting untuk mendukung pengalaman yang menyenangkan dalam berbagai skenario penggunaan seperti bermain game dan menonton film. Pembicara Keras adalah duo yang sempurna untuk layar cerah. Xiaomi 13 juga punya pembicara dengan kategori ini.


https://actoncloud.com

Baca juga  15 HP OPPO yang Memiliki Fitur NFC Terbaru (Juli 2022)