Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite


Guna memperkuat posisinya di pasar smartphone dunia, Produsen Xiaomi kembali menghadirkan produk baru yakni Xiaomi 12 Lite secara global. 

Meski hadir sedikit terlambat dibanding varian Xiaomi 12 lainnya, produk ini nyatanya hadir dengan desain yang lebih segar dan sejumlah fitur baru untuk melanjutkan kesuksesan varian Xiaomi 11 Lite. 

Untuk bersaing di pasar smartphone global, HP ini dibekali layar yang lebih update, kamera utama dengan resolusi besar hingga teknologi fast charging kekinian. Aspek-aspek tersebut memang menjadi perhatian para pecinta gadget dalam berburu ponsel terbaru.

Meski ponsel ini versi murah dari Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, Xiaomi juga menghadirkan upgrade di bagian dapur pacu agar HP ini kian nyaman dan lancar digunakan bermain game. Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi 12 Lite sudah dibekali Chipset Snapdragon 778G. 

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan lain yang dipunyai Xiaomi 12 Lite? Simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.799.000

Kelebihan Xiaomi 12 Lite

Ada tujuh poin kelebihan yang Carisinyal temukan pada Xiaomi 12 Lite. Tujuh poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel Android terbaru ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Tipis dan Ringan

Xiaomi 12 Lite

Tahun 2022 ini, Xiaomi 12 Lite hadir dengan sejumlah desain hasil pengembangan dari Xiaomi 12, 12X dan 12 Pro. Versi murah dari jajaran HP Flagship Xiaomi ini memang tampil lebih mengkotak dengan modul kamera berbentuk oval.

Hampir sebagian besar bodi HP Xiaomi terbaru ini menggunakan bahan dari plastik. Hal ini membuat smartphone ini cukup ringan yakni hanya 173 gram. Bodi HP ini memiliki dimensi 159,3 x 73,7 x 7,29 mm. Ini membuat HP Xiaomi ini mudah digunakan dan mudah dibawa beraktivitas. 

Bodi belakangnya juga dilengkapi lapisan kaca khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Modul kamera nya memang sedikit menonjol berisi tiga buah kamera dengan setiap kamera diberi ring metal. Desain modul ini masih mirip dengan seri XIaomi 12.

Penampilan bagian depan HP Xiaomi terbaru ini memang tidak berbeda jauh dengan ponsel Android yang ada di pasaran saat ini. Desain layarnya cukup lebar dengan posisi kamera depan yang pas dan tidak mengganggu bermodel punch hole. Layarnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass. 

2. Layar AMOLED 120 Hz 

Xiaomi 12 Lite

Sebagai sebuah smartphone yang ditargetkan untuk multitasking dan gaming, Produsen ini menghadirkan sektor layar yang mumpuni. Tidak hanya berukuran besar, Layar HP ini juga sudah dibekali sejumlah teknologi untuk menunjang pengalaman bermain game atau untuk sekadar menonton video.

Layar Xiaomi 12 Lite memiliki bentang 6,55 inci. Layar ini terbilang besar dan akan sangat nyaman digunakan untuk bermain game, browsing sosial media dan menonton video. Selain itu layar HP ini menggunakan AMOLED resolusi FHD+ 1080 x 2400 piksel. 

Layar ini juga memiliki sudut penglihatan yang baik dan memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal. Menariknya, saat di kondisi gelap, kecerahan layar HP dapat diturunkan secara drastis hingga 2 nits dan layar masih bisa dilihat. 

Baca juga  Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57 2022 Berikut Ini

Menurut penguji dari GSMArena.com ,layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya cukup berimbang. Pasalnya, ada fitur HDR10+ dan Dolby Vision, hingga sejumlah fitur yang mirip dari Xiaomi 12 dan Xiaomi 12X.

This smartphone screen is able to display smooth game graphics, with quite satisfying details. On-screen 120Hz refresh rate and 240 Hz Touch Sampling support make on-screen touching faster and more accurate. As a result, users will be satisfied with using this latest Xiaomi cellphone.

3. Pemindai Sidik Jari Di Layar

Xiaomi 12 Lite

Untuk sistem keamanan, Xiaomi 12 Lite ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di dalam layar. Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan kamu dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat.

4. Speaker Stereo Jernih

Xiaomi 12 Lite

Guna memberikan kepuasan lebih pada pengguna di kelas ponsel mid-range, Xiaomi juga menghadirkan fitur Stereo Speaker pada perangkat ini. Tidak hanya itu, speaker dengan konfigurasi stereo ini sudah disokong oleh teknologi hasil pengembangan dari Harman Kardon untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima.
Speaker utama Xiaomi12 Lite ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece. Untuk kelas HP menengah, suara yang dihasilkan cukup jernih.

5. Dapur Pacu Kelas Menengah Terbaru

Snapdragon 778G

Sebagai ponsel mid-range, Xiaomi 12 Lite memiliki keunggulan di bagian dapur pacu. Pasalnya, HP ini diperkuat oleh SoC Qualcomm Snapdragon 778G.

Chip mobile 5G ini dibuat dengan proses fabrikasi 6 nm dan menggunakan konfigurasi octa-core. Konfigurasi prosesor octa core yang kuat terdiri dari satu unit Kryo 670 prime berbasiskan Cortex A78 (2,4 GHz) sebagai inti high performance , tiga core 670 gold cortex A78 (2,2 Ghz) dan empat unit Kryo 670 Silver berbasiskan Cortex A55 (1.9 GHz) sebagai inti hemat daya.

Yang membuat chipset ini semakin menarik adalah hadirnya core berbasis Cortex A78. Cortex A78 sendiri adalah mikroarsitektur yang sama dengan yang digunakan di chipset flagship Snapdragon 888. Tidak heran bila performa chipset Snapdragon 778G memiliki performa yang tinggi. 

Untuk komponen lainnya, Snapdragon memasang GPU Adreno 642L (490 MHz). GPU ini diklaim mengalami peningkatan performa hingga 40% dibanding GPU Adreno 620. Selain itu, SoC ini juga memiliki prosesor AI Hexagon 770, prosesor gambar Spectra 570L dan modem internal 5G X53.

SoC Qualcomm ini didukung RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB. Untuk penggunaan harian, spesifikasi HP ini sudah cukup tangguh untuk multitasking.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh GSMArena.com. Pada AnTuTu 9, Xiaomi 12 Lite mencetak skor 528.905. Sedangkan untuk skor di GeekBench 5, mendapat 785 single core dan multicore 2943. Skornya terbilang tinggi untuk HP mid-range sehingga sangat cocok untuk bermain game maupun multitasking harian.

Baca juga  Inilah Daftar 10 HP Google Pixel Terbaru (Oktober 2022)

6. Tawarkan Kamera Utama 108 MP

Xiaomi 12 LiteSumber: T3

Xiaomi berusaha menghadirkan sektor kamera dengan kualitas mumpuni agar pengguna ponsel Android 5G ini masih bisa memotret dan merekam dengan nyaman di HP ini. Maka, produsen melakukan upgrade dengan spesifikasi kekinian.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera XIaomi 12 Lite ini. Untuk kamera utama, Xiaomi memasang sensor Samsung ISOCELL HM2 108 MP. Ini jauh meningkat dibanding seri sebelumnya yang hanya 64 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.9, dilengkapi autofocus berteknologi PDAF. 

Lalu kamera kedua memiliki resolusi 8 MP memiliki fungsi sebagai kamera ultrawide. Kamera ini punya bukaan f/2.2. Dan, terakhir ada kamera macro 2 MP f/2.4.

Mode yang ditawarkan memang tidak banyak berubah termasuk Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video.

Untuk kamera selfie, resolusinya cukup besar yakni 32 MP (f/2.5). Menariknya, Xiaomi menghadirkan fitur autofocus di kamera depan ini.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama yang didukung gyro-EIS. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi FHD 30 fps. 

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Xiaomi 12 Lite?

Menurut Ben Sin dari XDA-Developers, foto jepretan kamera utama terlihat bagus natural di kondisi pencahayaan yang cukup. Bahkan ketika digunakan untuk zoom, kamera 108 MP yang dihadirkan cukup detail dan jelas. Kamera ultrawide-nya juga cukup jelas dan akurat meski digunakan di malam hari sekalipun. Simak contoh hasil tangkapan kameranya berikut ini.

hasil kamera utama Xiaomi 12 lite low light.ultrawide_Sumber: XDA Developers
hasil kamera utama Xiaomi 12 lite low light ultrawide

Pendapat yang hampir mirip diutarakan akun Youtube Redskull. Menurutnya, foto jepretan kamera utama ponsel ini terlihat bagus natural di kondisi pencahayaan yang cukup. 

Bahkan ketika digunakan untuk zoom, kamera 108 MP yang dihadirkan cukup detail dan jelas. Kamera ultrawide-nya juga cukup jelas dan akurat meski digunakan di malam hari sekalipun.

Menurut GSMArena,com, kamera utamanya cukup baik untuk foto malam hari meski tanpa mode malam sekalipun. Warna dan kontras yang dihadirkan cukup baik bahkan detail bayangan pun masih tampak. 

7. Fast Charging 67W

Xiaomi 12 Lite

Xiaomi 12 Lite dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4300 mAh. Kapasitas tersebut terbilang agak kecil untuk standar ponsel masa kini. Walaupun demikian baterai tersebut diklaim cukup untuk digunakan bermain game atau sekadar membuka media sosial. 

Yang menjadi nilai jual, Xiaomi menyematkan teknologi pengisian cepat Fast Charging 67W. Charger 67W beserta kabelnya disertakan dalam paket penjualan. Dengan charger bawaan itu, pengguna bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 40-50 menit untuk mengisi baterai kosong hingga 100%. 

Kekurangan Xiaomi 12 Lite

Di samping tujuh kelebihan di atas, ada lima hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap Xiaomi 12 Lite. Tiga hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Desain Tanpa Perlindungan

Xiaomi 12 Lite

Sebagai ponsel mid-range terbaru di tahun 2022, tentu banyak pengguna smartphone mengharapkan adanya desain yang lebih baik. Memang untuk bodi belakang dan modul kamera, HP Xiaomi 12 Lite ini tampil baru dan mewah.

Baca juga  Membahas 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 4 Pro

Namun, ternyata Xiaomi tidak memberikan fitur perlindungan sertifkasi IP di perangkat ini. Kekurangan ini sangat disayangkan karena sudah banyak smartphone murah yang dilengkapi sertifikasi IP untuk tahan air dan debu.

2. Letak Sensor Sidik Jari

Xiaomi 12 Lite

Layar 6,5 inci yang diusung Xiaomi memang mampu menampilkan detail dan warna yang cukup baik untuk penggunaan harian. Apalagi, layar ini sudah dibekali fitur pengamanan sidik jari di layar. Namun, ternyata peletakan pemindai di layar ini masih menimbulkan masalah. Hal ini disebabkan sensor terlalu berada di bagian bawah layar. Ini tentu sedikit mengecewakan karena mengganggu kenyamanan kamu dalam membuka HP.

3. Baterai Kapasitas Kecil

Xiaomi 12 Lite

Xiaomi memang sudah membekali HP Android terbaru ini dengan fitur fast charging 67W. Fitur ini sayangnya terasa kurang maksimal karena HP ini hanya menggunakan baterai berkapasitas kecil yakni 4300 mAh. Padahal beberapa produsen sudah memakai baterai kapasitas 5000 mAh atau 6000 mAh. Alasan Xiaomi menggunakan baterai kecil diduga untuk membuat HP bisa lebih tipis dan ringan.

4. Tanpa Slot MicroSD

xiaomi 12 lite

Xiaomi memang menghadirkan desain yang ringkas dalam seri ini. Sayangnya, desainnya yang tipis membuat beberapa fitur penting dalam HP ini harus dihilangkan. Salah satu fitur yang tidak akan kamu dapatkan ialah slot microSD.

Hal ini memang sedikit disayangkan meski Xiaomi sudah menghadirkan memori internal cukup besar. Pasalnya, slot microSD masih dianggap penting. Penggunaan memori tambahan berupa kartu memori sangat berguna bila memori internal smartphone sudah penuh.

Tidak hanya itu, penggunaan memori tambahan juga membuat data penting dapat lebih aman tersimpan. Pasalnya, jika sewaktu-waktu HP rusak maka data dalam memori internal HP juga tidak bisa diambil dengan mudah.

5. Banyak Ponsel Pesaing Yang Lebih Baik di Harga Sama

xiaomi 12 lite

Xiaomi 12 Lite memang menawarkan spesifikasi layar, kamera dan fast charging yang berkelas. Namun, faktanya sudah ada beberapa ponsel yang dirilis di 2021 yang memiliki harga lebih murah dengan spesifikasi yang lebih baik.

Simpulan

Xiaomi akhirnya menghadirkan versi murah Xiaomi 12 dalam produk baru Xiaomi 12 Lite. HP ini hadir dengan spesifikasi yang cukup berimbang di kelasnya. Kamu akan mendapat layar lebar yang nyaman digunakan untuk sekadar bermain game maupun mengakses sosial media. Selain itu, Chipset yang digunakan juga kekinian sehingga menjamin performa yang kencang.

Sayangnya, baterai yang digunakan di HP ini berukuran kecil yakni 4300 mAh saja. Tidak hanya itu, produsen juga menghilangkan slot microSD dan tidak ada fitur anti air maupun anti debu. 

Untuk pasar Indonesia sendiri, HP Xiaomi 12 Lite dijual dengan harga Rp5.799.000. Hanya ada satu varian memori yang masuk resmi, yakni RAM 8 GB dengan storage 256 GB.

Untuk kamu yang cari HP desain premium dengan spesifikasi menengah, HP ini layak dimiliki. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel Xiaomi 12 Lite ini cukup menarik untuk dimiliki?


https://actoncloud.com