Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y35!


Tahun 2022 adalah tahun ketika vivo Indonesia tidak terlalu agresif meluncurkan produk baru. Pasalnya, produk yang mereka luncurkan tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, untuk vivo Y Series, hanya ada empat produk baru yang mereka perkenalkan sepanjang semester pertama 2022.

Empat produk itu adalah vivo Y01, vivo Y21T, vivo Y33T, dan vivo Y75 5G. Fenomena ini jelas ada kaitannya dengan kelangkaan cip akibat pandemi yang melanda seluruh dunia. Memasuki semester kedua 2022, keadaan memang belum berubah.

Walau begitu, vivo Indonesia tetap berusaha menawarkan model baru untuk menyegarkan portofolio produk mereka. Salah satu yang muncul adalah vivo Y35, sebuah HP vivo di bawah 4 juta.

Pertanyaannya, seberapa menarik HP dengan chipset Snapdragon 680 ini? Mari cari tahu jawabannya di artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y35 ini!

Spesifikasi vivo Y35

Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera


50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Kelebihan vivo Y35

vivo Y35 mempunyai sederet kelebihan yang bisa jadi membuat konsumen tergiur meminangnya. Apa saja kelebihan HP yang satu ini? Berikut penjelasannya

1. Desain yang Stylish dan Punya IP Rating

vivo y35

Untuk diketahui, vivo pernah meluncurkan HP dengan nama sama pada 2015. Namun, vivo Y35 yang dibahas kali ini adalah yang dirilis pada Agustus 2022. vivo Y35 rilisan 2022 ini bukan diposisikan sebagai penerus versi 2015. Merujuk vivo, HP ini ditujukan untuk menggantikan vivo Y33T.

Sektor desain tetap menjadi yang diuggulkan vivo pada vivo Y35. Terdapat dua varian warna yang sama-sama keren: Dawn Gold dan Agate Black. Akan tetapi, menurut kami, varian Agate Black unik karena dapat memancarkan efek hologram garis X ketika terkena paparan cahaya.

Walau begitu kedua varian warna sama-sama memperoleh finishing dengan teknologi Crystalline Mate, yang membuat bodi ponsel tahan terhadap goresan dan noda sidik jari. Ciri khas selanjutnya dari desain bodi HP ini adalah frame yang flat, modul kamera hitam, dan notch ala tetesan air.

Sisi paling menarik dari desain vivo Y35 adalah adanya sertifikasi IP54. HP ini pun jadi smartphone vivo Y Series pertama dengan IP Rating.

Angka 5 menunjukkan bahwa HP ini tetap normal beroperasi walau kemasukan debu. Sementara itu, angka 4-nya bermakna bahwa HP ini aman meski mendapat guyuran air dari berbagai sudut.

Selain punya sertifikasi IP54, vivo Y35 diklaim telah lolos berbagai pengujian mutu yang baik. Beberapa uji yang telah dilewati adalah uji jatuh (32 ribu kali), uji colok-cabut jack audio (6,5 ribu kali), dan uji colok-cabut port USB C (6 ribu kali).

Adapun dimensi vivo Y35 adalah 164.3 x 76.1 x 8.3 mm, sedangkan bobotnya 188 gram. HP ini terbilang punya ukuran normal dengan bobot yang masih wajar.

2. Layar Lebar dan Mulus

vivo y35

Tidak semua layar dengan panel IPS LCD itu buruk. Contohnya layar 6.58 inci milik vivo Y35 ini yang menurut kanal YouTube Lim Reviews cukup bagus. Tampilannya sangat layak dinikmati karena warnanya cerah.

Layar HP ini memiliki resolusi Full HD (1080 x 2408 piksel), rasio 20:9, dan kerapatan piksel 401 ppi. vivo menyebut bahwa layar Y35 memiliki tingkat kecerahan hingga 550 nit. Tingkat kecerahan tersebut memungkinkan HP ini dioperasikan di luar ruangan sekalipun sedang terik.

Hal menarik selanjutnya dari layar si ponsel adalah mendukung refresh rate 90 Hz dan punya filter untuk mereduksi emisi cahaya biru. Refresh rate 90 Hz akan membuat pengalaman scrolling di media sosial makin menyenangkan.

3. Performa Mumpuni

vivo y35

vivo Y35 dibekali SoC atau chipset Snapdragon 680 rancangan Qualcomm. Chipset yang satu ini mengedepankan efisiensi pemakaian daya, tetapi tetap menjamin performa harian yang mumpuni.

Upaya untuk menekan konsumsi daya si chipset terlihat dari fabrikasinya yang sudah modern, yakni 6 nm. Makin kecil fabrikasi berpotensi makin kecil pula konsumsi daya suatu chipset, kecuali chipset dengan performa tinggi yang memang butuh daya lebih.

Snapdragon 680 mengandung macam-macam komponen. Di antaranya ada CPU delapan inti, GPU Adreno 610, prosesor AI bernama Hexagon 686, prosesor gambar Spectra 346, dan modem 4G X11 LTE.

Untuk CPU-nya, SoC ini memakai empat inti performa Kryo 265 Gold (2.4 GHz) dan empat inti efisiensi Kryo 265 Silver (1.9 GHz). Kryo 265 Gold memakai basis Cortex-A73, sedangkan Kryo 265 Silver menggunakan mikroarsitektur asli Cortex-A73.

Dapur pacu vivo Y35 bukan cuma Snapdragon 680. Namun, vivo juga menyuntikkan RAM 8 GB, memori internal 128 GB dan sejumlah fitur optimasi performa. Fitur optimasi itu seperti Multi-Turbo 5.5 yang berfungsi meminimalkan lag pada aplikasi yang dibuka, khususnya aplikasi game.

Ada juga fitur RAM Extended 3.0 yang fungsinya menambah RAM secara virtual hingga 8 GB. Meski begitu, fitur ini tidak akan terlalu penting mengingat RAM bawaan vivo Y35 sudah terbilang besar.

Berdasarkan klaim vivo, skor AnTuTu yang diraih vivo Y35 mencapai 291.554. Skor ini masuk kategori yang bagus untuk HP 3 jutaan. HP dengan skor AnTuTu di kisaran 200 ribuan sudah cukup nyaman digunakan sehari-hari.

Tidak akan ada kendala ketika Anda membuka banyak aplikasi di HP ini. Berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pun pasti lancar. Nah, kalau digunakan main gim bagaimana?

Dalam pengujian yang dilakukan kanal YouTube Lim Reviews, vivo Y35 lancar menjalankan Mobile Legends dengan setelan grafik tertinggi. Tidak ada lag selama gim dimainkan. Jika hal tersebut dijadikan patokan, artinya HP ini juga akan lancar memainkan gim lain seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile.

4. Memori Besar dan Ada Slot MicroSD

vivo y35

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, vivo Y35 punya konfigurasi memori yang besar. HP ini memiliki RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Jika RAM-nya kurang, pengguna bisa memanfaatkan fitur RAM RAM Extended 3.0 untuk menambah hingga 8 GB.

Bukan cuma itu, penyimpanan HP ini pun bisa ditambah melalui microSD. Benar, vivo Y35 dilengkapi slot microSD khusus. Terdapat tiga slot kartu di HP ini, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu microSD.

Pengguna tidak perlu bingung memilih memasang dua kartu SIM atau menggunakan satu kartu SIM dan satu kartu microSD, seperti di HP dengan slot dua SIM hybrid. Kapasitas kartu microSD yang bisa dipasang pun sampai 1 TB.

Hal ini merupakan sebuah kabar baik mengingat HP-HP mahal zaman sekarang justru tidak punya slot microSD. vivo memperkirakan, ruang 128 GB akan dapat menampung 725 episode serial TV.

5. Baterai Besar, Didukung Pengisian Cepat 44W

vivo y35

vivo Y35 memiliki baterai dengan kapasitas besar yaitu 5000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, HP ini diklaim bisa bertahan hingga 14,3 jam untuk streaming film HD. Bisa pula bertahan selama 7 jam lebih untuk memainkan gim.

Kalau untuk pemakaian normal, vivo Y35 bisa bertahan 1,5 hari menurut Lim Reviews. Baterai HP ini didukung dengan teknologi pengisian cepat 44W. Durasi pengisian baterainya pun kencang, 0-70% butuh waktu hanya 34 menit.

Fitur lain yang berkaitan dengan sektor ini adalah Reverse Charging alias pengisian balik. Dengan perantara kabel USB, HP ini bisa mengisi daya perangkat lain seperti TWS. Hanya saja, vivo tidak mengungkap berapa Watt daya maksimal yang bisa disalurkan.

6. Fitur-Fitur yang Fungsional

vivo y35

Pengguna akan merasa nyaman jika sebuah HP punya fitur yang mengerti mereka. Dalam hal ini, HP dengan spesifikasi mumpuni saja belum cukup jika tidak didukung fitur-fitur yang fungsional. Untungnya vivo Y35 memiliki sederet fitur berguna.

Sebagai contoh, di sektor keamanan, HP ini memiliki fitur pemindaian muka dan pemindaian sidik jari. Sensor pemindai sidik jari vivo Y35 ditempatkan di tombol power. Proses pindainya diklaim sangat cepat, hanya 0,24 detik!

Kemudian di sektor kamera, vivo Y35 juga punya fitur seperti Super Night Mode, Bokeh Flare Portrait, dan Ultra Stable Video. Khusus fitur yang terakhir disebut, kegunaannya adalah untuk menstabilkan video.

Fitur ini familier disebut EIS (Electronic Image Stabilization). Fitur penstabilan video ini bisa dipasang karena vivo Y35 punya sensor giroskop fisik. Di level harga 2-3 jutaan, masih banyak smartphone yang tak punya sensor ini.

7. Paket Penjualan Ada Charger

vivo y35

Tren telah memperlihatkan bahwa beberapa produsen HP kelas atas memangkas paket penjualan ponselnya. Mulai dari tidak ada earphone hingga tidak ada charger. Namun demikian, vivo tetap menyertakan charger 44W di HP ini.

Selain charger, barang yang diperoleh dalam paket penjualan vivo Y35 adalah kabel USB C, case pelindung, SIM ejector, dan antigores yang sudah terpasang di layar ponsel. Oleh karena itu, paket penjualan HP ini masih bisa dikategorikan lengkap walau tidak ada earphone.

Kekurangan vivo Y35

Berikut ini adalah hal yang bisa jadi merupakan sebuah kekurangan dari vivo Y35. Poin di bawah ini sifatnya subjektif. Anda bisa saja tidak mempermasalahkannya jika tidak terlalu memengaruhi penggunaan sehari-hari.

1. Kamera Ultrawide Absen

vivo y35

vivo Y35 memiliki konfigurasi tiga kamera belakang. Rinciannya terdapat kamera utama 50 MP f/1.8, kamera makro 2 MP f/2.4, dan sensor kedalaman f/2.4. Sayang sekali, kamera ultrawide absen dari barisan kamera belakang HP ini.

Mayoritas orang akan setuju bahwa kamera ultrawide akan lebih sering dipakai ketimbang kamera makro. Kamera ultrawide akan memberikan sudut pengambilan lebar, cocok untuk foto pemandangan atau foto bersama keluarga besar.

Hanya, entah mengapa banyak produsen yang masih saja lebih memilih memasang kamera makro, plus sensor kedalaman yang sekadar gimmick. Tanpa ada sensor kedalaman pun kamera utama HP zaman sekarang sudah mampu membikin foto bokeh dengan baik.

Adapun kamera depan vivo Y35 memiliki resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0. Baik kamera utama maupun kamera belakang dapat merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps. Perekaman 60 fps bisa dilakukan kamera belakang, tetapi resolusinya turun ke HD (720p).

Terkait hasil tangkapannya, kamera utama vivo Y35 mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Terutama saat foto diambil pada siang hari. Menurut Lim Reviews, detail, rentang dinamis, dan akurasi warna dapat disajikan dengan cukup apik.

2. Speaker Hanya Satu

vivo y35

vivo Y35 hanya dibekali satu speaker yang letaknya di sisi bawah. Untuk HP harga 3 jutaan, ketiadaan speaker ganda memang masih bisa dimaklumi. Kalaupun ada, itu sifatnya bonus.

Speaker ganda atau stereo tentu saja akan menambah kaya keluaran suara, sehingga pendengar merasa suasana yang lebih nyata. Hal ini khususnya ketika Anda sedang menonton film.

Alih-alih memasang speaker stereo, vivo justru menyuntikkan teknologi Audio Booster 2.0 pada speaker tunggal vivo Y35. Teknologi ini diklaim meningkatkan suara speaker hingga 72 desibel.

Jika belum puas, Anda bisa memanfaatkan earphone kabel karena HP ini punya jack audio 3.5 mm. Melalui earphone, Anda dapat merasakan dentuman musik dengan audio resolusi tinggi (24-bit/192kHz).

3. Belum Ada NFC

vivo y35

Hal terakhir yang disayangkan dari vivo Y35 adalah tidak adanya NFC. Untuk orang yang tidak rutin keluar-masuk jalan tol sih tidak masalah. Namun, hal ini menjadi problem bagi pengguna jalan tol.

Pasalnya, mereka jadi tidak bisa cek dan top-up saldo e-money kapan pun saat dibutuhkan. Mereka harus top-up dengan ponsel lain yang punya NFC, atau mesti ke ATM tertentu yang mendukung top-up e-money.

Simpulan

vivo sadar bahwa jaminan ketahanan suatu ponsel jadi salah satu hal yang diperhatikan oleh konsumen. Karena itu, melalui vivo Y35, mereka menyematkan sertifikasi IP54. vivo Y35 pun naik kelas karena menjadi HP vivo Y Series pertama dengan sertifikasi ketahanan tersebut.

Memiliki IP54 tak lantas membuat ciri khas desain stylish luntur dari vivo Y35. Desainnya masih sedap dipandang dan bebas dari noda sidik jari. Sektor lain dari HP 4G ini pun tidak kalah keren.

Mulai dari layar, performa, memori, baterai dan teknologi pengisiannya, serta kelengkapan paket penjualan. Hanya saja, dengan harga rilis yang ada di angka Rp3.399.000, HP ini belum punya kamera ultrawide, belum ada NFC, dan speaker-nya mono.

Oleh sebab itu, vivo Y35 kurang cocok bagi penggemar fotografi ramai-ramai dan mereka yang suka bepergian lewat jalan tol. Pengguna kasual yang suka main media sosial dan sesekali main gim sepertinya akan lebih cocok. Bagaimana kalau Anda, tertarik dengan ponsel yang satu ini?


https://actoncloud.com

Baca juga  Praktis! Yuk, Intip 3 Cara Screenshot di vivo Y35 dengan Mudah