Sebelum Beli, Baca Dulu10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y22 Ini


Memasuki kuartal ketiga 2022, vivo Indonesia kembali menghadirkan produk baru bernama vivo Y22. Ponsel Android ini hadir untuk mengisi pasar entry-level yang masih diminati banyak orang. Maka dari itu, kali ini vivo menghadirkan spesifikasi yang lebih update agar mampu bersaing.

Masih mengadopsi desain yang sama dengan seri Y lainnya, HP ini hadir dengan layar lebih jelas dan dapur pacu yang lebih kencang. Sektor ini memang menjadi perhatian serius vivo mengingat pasar ponsel murah saat ini memang ditujukan untuk kegiatan browsing tentang pekerjaan, melihat media sosial, hingga bermain game.

Selain itu, vivo juga menghadirkan ubahan yang cukup menyita perhatian di bagian kamera belakang. vivo dikabarkan menghadirkan fitur mode malam yang sangat jarang hadir di seri entry-level.

Lalu, apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y22 ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo Y22

Layar IPS LCD 6.55 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan vivo Y22

Menghadirkan ubahan di dapur pacu dan kamera, mampukah HP vivo ini bersaing dengan HP Android murah lainnya? Simak tujuh poin utama mengenai kelebihan dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Lebih Segar

vivo y22. tahan debu air_

Penampilan keseluruhan vivo Y22 memang tidak berbeda jauh dengan seri Y sebelumnya. Sebagai ponsel entry-level, vivo hanya menghadirkan desain bodi belakang baru yang cukup berkelas. Kesan ini muncul karena modul kamera yang kian mewah dengan kamera berukuran besar.

Menengok di bagian belakang, punggung HP Android terbaru ini tampak lebih minimalis dengan bodi berbahan plastik kaca sehingga warna tampak memantul. Tentu karena masih menggunakan bodi plastik, terasa sedikit licin dan mudah kotor akibat sidik jari.

vivo y22_

Tidak hanya itu, vivo juga menghadirkan desain bodi samping yang lebih datar atau flat. Satu sisi desain ini memang lebih mewah dan kekinian mirip HP model terbaru. Namun, disisi lain, desain ini kurang nyaman digenggam. 

Sedikit membahas area depan, sayangnya HP ini masih menggunakan layar yang mengusung desain kamera waterdrop. Desain kamera depan ini memang sedikit ketinggalan karena saat ini beberapa ponsel entry-level menggunakan model punch on hole.

Keunggulan lain desain bodi ini ialah sudah adanya sertifikasi IP54 yang membuat HP tahan debu dan tahan air.

2. Layar HD+ 90 Hz

vivo y22. layar_

Karena dipersiapkan untuk bersaing di ponsel harga murah, vivo memang tidak menghadirkan spesifikasi yang berlebih dalam sektor layar ini. vivo memilih menggunakan layar berukuran 6,5 inci. Layar yang tidak terlalu lebar atau kecil ini sengaja dipilih agar pengguna bisa lebih leluasa memakai HP.

Baca juga  16 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk PC dan Laptop

Tentu layar yang lebar ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. Apalagi resolusi layar yang digunakan cukup mumpuni di kelas HP entry-level yakni HD+ 720 x 1600 piksel

Untuk Anda yang suka gaming dan video pasti akan dimanjakan dengan hadirnya refresh rate 90 Hz. Fitur ini membuat pergerakan animasi yang ditampilkan di layar HP vivo ini lebih halus.

Layar vivo ini sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 530 nit. Ini membuat layar cukup baik digunakan di siang hari maupun malam hari.

Keunggulan layar ini lainnya ialah adanya fitur perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur ini akan melindungi mata Anda dari efek cahaya biru dari layar. Selain itu, fitur ini akan membantu mata agar tidak cepat lelah meski lama menatap layar.

3. Sensor Keamanan yang Lengkap

vivo y22 sensor sidik jari_

Sistem keamanan pada ponsel memang terus berkembang dari tahun ke tahun. Bila sebelumnya, sistem keamanan hanya berupa sandi dan pola, kini sistem keamanan sudah lebih akurat seperti menggunakan sensor sidik jari.

Nah, dalam vivo Y22, produsen menghadirkan sensor sidik jari yang diklaim lebih cepat dan akurat dari seri Y sebelumnya. vivo menempatkan sensor ini berada di samping bodi, menyatu dengan tombol power.

Penempatan sensor ini tentu membuat bodi belakang lebih bersih. Selain itu, posisi sensor ini juga membuat pengalaman membuka kunci HP terasa lebih natural. Apalagi, posisi tombol power di seri Y22 memang pas di posisi jemari menggenggam HP.

Bila sensor sidik jari terasa kurang aman, Anda bisa menambah keamanan HP dengan fitur Face Access. Fitur ini merupakan fitur pembuka kunci HP menggunakan pendeteksian wajah.

4. RAM Virtual Tambahan 2 GB 

vivo y22. RAM_

Menyadari kebutuhan RAM yang besar, vivo menghadirkan peningkatan RAM di seri ini menjadi 4 GB dan 6 GB. Sebelumnya, vivo hanya menghadirkan RAM 3 GB di vivo Y20.

Tidak lupa vivo menambahkan fitur extended RAM. Dengan fitur ini Anda bisa menambahkan RAM virtual sebesar 1 GB atau 2 GB yang diambil dari memori internal. Dengan fitur ini, RAM HP ini menjadi 5 GB dan 8 GB, sehingga memberikan performa yang lebih kencang.

vivo y22. chipset_

Ubahan berlanjut ke bagian dapur pacu, dimana ponsel ini dibekali chipset MediaTek Helio G85. ini merupakan chipset kelas bawah yang berperforma gaming dan dibuat dalam fabrikasi 12nm. 

Chipset ini memiliki delapan inti yang terdiri dari dua core Cortex A75 berkecepatan 2,0 GHz dan enam core Cortex A55 berkecepatan 1.8 GHz sebagai penghemat daya.

Performa dapur pacunya cukup apik untuk gaming karena dilengkapi GPU Mali G52 berkecepatan 1 GHz dan adanya teknologi HyperEngine.

5. Kamera 50 MP 

vivo y22 kamera_

vivo menyadari bahwa ponsel entry-level sering memiliki sektor kamera ala kadarnya. Maka vivo menghadirkan sektor kamera yang lebih update dalam seri Y22 ini. 

Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 710 Termurah & Terbaik (Agustus 2022)

Kali ini vivo mengandalkan kamera utama 50 MP f/1.8 dan kamera makro 2 MP f/2.4. Selain resolusi yang meningkat, vivo juga menghadirkan sensor baru yang diklaim mampu menghasilkan gambar maupun video lebih detail baik siang dan malam hari.

Berkat sensor baru ini, vivo Y22 bisa memiliki fitur Super Night Mode. Fitur ini membuat kamera bisa menangkap gambar lebih jelas di kondisi malam hari. Fitur ini menjadi daya tarik HP ini mengingkat masih jarang HP entry-level yang dibekali fitur serupa.

Untuk kamera depan, vivo memakai kamera 8 MP f/2.0. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang cukup jelas meski kondisi redup. 

6. Fast Charging 18W

vivo y22. baterai_

Tidak berbeda jauh dengan seri vivo Y sebelumnya, ponsel ini hadir dengan baterai kapasitas 5000 mAh dengan fast charging 18W. Ukuran ini sudah umum digunakan untuk standar ponsel masa kini di berbagai kelas. Kapasitas baterai ini sudah cukup baik untuk menunjang berbagai kegiatan mulai browsing harian hingga main game

Menariknya, dalam situs resmi, vivo mengklaim bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk menonton YouTube selama 20 jam dan mampu untuk bermain game PUBG hingga 6 jam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus, kendati layarnya cukup lebar dengan resolusi HD+.

vivo mengklaim baterai ini dapat digunakan lebih lama karena ada fitur AI Power Saving dan vivo Energy Guardian. Fitur ini membuat penggunaan baterai menjadi lebih efisien. Selain itu, vivo menambahkan fitur reverse charging yang membuat HP ini dapat mengisi daya HP lainnya.

7. Memori Internal Lebih Besar

VIVO Y22 STORAGE_

vivo mencoba menjawab permasalahan HP entry-level yang hanya memiliki memori penyimpanan yang kecil. Dalam vivo Y22, vivo menghadirkan kapasitas penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Memori ini terbilang besar dibanding ponsel murah lain yang hanya mengandalkan memori 32 GB.

Dengan memori internal yang lebih besar, Anda bisa menyimpan foto, video hingga aplikasi lebih banyak. Bila itu belum mencukupi, masih ada slot microSD yang bisa digunakan untuk tambahan hingga 1 TB.

Kekurangan vivo Y22

Di samping tujuh kelebihan di atas, ada tiga hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP vivo terbaru ini. Tiga hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Tidak Ada Sensor Gyro dan Kompas

Tak banyak berubah seperti seri entry-level lainnya, HP Android murah ini ternyata tidak memiliki sensor gyro dan kompas  Padahal kedua sensor ini cukup penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sensor kompas atau sensor magnetik misalnya dapat digunakan untuk menunjukkan arah. Dengan tidak adanya sensor ini, HP ini tidak dapat menunjukkan Anda sedang menghadap ke arah mana saat sedang melihat aplikasi peta.

Sedangkan sensor gyroscope memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan. Memang sensor ini lebih condong digunakan untuk bermain game seperti pada game PUBG Mobile. Tanpa sensor ini Anda tidak bisa mengendalikan bidikan dengan cara menggerakkan ponsel.

Baca juga  Inilah Daftar 10 HP Google Pixel Terbaru (Oktober 2022)

Untungnya, untuk sensor-sensor lain yang umum ada di ponsel saat ini, semuanya bekerja dengan baik dan optimal.

2. Tanpa Kamera Ultra-wide

vivo Y22

Untuk sektor kamera seri Y22 ini ternyata mengalami peningkatan dibanding seri Y21. Pasalnya, seri Y21 hanya mengandalkan kamera utama 13 MP saja. Meski mengalami ubahan, ternyata vivo tetap tidak menghadirkan kamera ultra-wide di seri ini.

Kamera vivo Y22 sendiri hanya ada kamera utama dan kamera macro. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultra-wide atau kamera depth.

Menurut saya, vivo kedepannya lebih baik menghadirkan kamera utama dan kamera ultra-wide saja. Hal ini disebabkan karena kamera ultra-wide memiliki fungsi yang lebih berguna di kehidupan sehari-hari, seperti untuk memotret dengan sudut pandang yang lebih luas atau objek yang banyak.

Kekurangan kamera 50 MP ini juga ada di sistem stabilisasi kamera yang masih standar. Padahal kamera yang stabil dibutuhkan terutama dalam menghasilkan foto low-light serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

Terlepas dari jumlah kamera belakang yang hanya ada dua, aplikasi bawaan HP ini mengusung fitur yang cukup lengkap.

3. Fast Charging Terlalu Standar

vivo y22

Kekurangan vivo Y22 selanjutnya ialah fitur fast charging yang terbilang standar, hanya 18W. Padahal di rentang harga HP 2 jutaan, beberapa produsen seperti Redmi dan Infinix sudah menghadirkan fast charging yang lebih besar, yakni 33 W.

Memang hal ini tampak sepele, namun memberikan efek yang cukup besar dalam penggunaan harian. Pasalnya, semakin cepat baterai terisi, HP dapat semakin cepat untuk digunakan kembali beraktivitas.

Simpulan

vivo Y22 dipasarkan dengan harga 2,3 jutaan untuk varian RAM 4 GB dan memori 64 GB. Harga ini tak jauh berbeda dengan Redmi Note 11 dan Infinix Hot 12. Untuk itulah, vivo menghadirkan spesifikasi yang lebih bersaing agar dilirik konsumen.

Ubahan yang terasa tentu di bagian dapur pacu dan kamera. vivo menggunakan chipset MediaTek G85 yang memiliki performa lebih baik dari chipset seri Y sebelumnya. Dengan fitur RAM tambahan, performa HP ini diklaim lebih baik untuk main game ataupun keseharian.

Selain itu, vivo memasang kamera utama resolusi besar. Ubahan ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat seri Y sebelumnya hanya memakai kamera 13 MP. Kamera utama ini kian tampak mewah dengan hadirnya fitur mode malam yang biasanya hadir untuk HP kelas menengah ke atas.

Secara keseluruhan vivo Y22 ini memang hadir untuk anak muda yang butuh HP desain keren dengan performa dan kamera yang memadai di harga 2 jutaan. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com