Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y16


Pada September 2022, vivo Indonesia diam-diam menghadirkan ponsel Android sejutaan terbarunya bernama vivo Y16. Masih mengusung konsep yang sama dengan seri Y lainnya, kali ini vivo menghadirkan ponsel murah yang nyaman untuk kebutuhan sehari-hari.

Apalagi, vivo Y16 sudah menggunakan sistem Android 12 dan baterai yang awet dalam HP ini. Tentu, Anda bisa menggunakan ponsel dengan berbagai aplikasi untuk bekerja maupun sekadar bermain game.

Lalu seperti apa detail vivo Y16 ini? Apakah menarik untuk dimiliki? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y16 ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo Y16

Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan vivo Y16

Ada tujuh poin kelebihan yang kami temukan pada vivo Y16. Tujuh poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel harga sejutaan ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Bodi yang Cantik

vivo y16

Menghadirkan dimensi 163,95 x 75,55 x 8,19 mm dengan berat 184 gram, vivo Y16 hadir dengan desain yang cantik dan tergolong mewah di kelas entry-level. Dengan tebal hanya 8,19 mm, tentu HP ini tampak ramping dan sangat nyaman digenggam tangan. 

vivo juga mencoba mengikuti tren HP kekinian yang menghadirkan bodi samping 2,5D flat frame. Desain ini membuat HP tampak lebih kokoh. Nah, di bodi samping ini, vivo menempatkan tombol power, tombol volume, hingga port USB type C dengan rapi.

Selain itu, vivo juga menghadirkan desain bodi belakang baru menggunakan bahan plastik kaca atau Crystaline Matte. Bodi belakang ini menghasilkan permukaan yang nampak mewah, anti gores, anti sidik jari, dan debu. HP pun tidak mudah terasa licin kala digenggam.

Modul kamera si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal. Dalam modul ini terdapat kamera utama dan LED Flash di bagian atas, serta kamera makro di bagian bawah.

vivo menyebut bahwa vivo Y16 memakai bahan kaca di bagian depan. Sayangnya kamera depan yang dipasang masih menggunakan model lama yakni model waterdrop. 

Untuk sebuah ponsel Android murah, vivo Y16 juga sudah dibekali sertifikasi IP53. Hal ini membuat HP tahan cipratan air dan debu. Fitur ini saya rasa akan sangat berguna untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Anda pun dapat mengoperasikan HP di kondisi gerimis tanpa takut HP rusak.

2. Layar HD+

layar vivo Y16

Untuk memenuhi permintaan pasar saat ini, vivo menggunakan layar berukuran 6,5 inci dalam seri Y16 ini. Layarnya mampu memberikan tampilan yang luas dan imersif sehingga cocok untuk bermain game maupun menonton video. 

Baca juga  Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 9!

Layar ini juga sudah mendukung teknologi HD+ 1600 x 720 piksel. Anda pun dapat menikmati sajian di layar HP vivo ini dengan nyaman meski masih tidak sedetail layar FHD. 

Keunggulan lain layar ini lainnya ialah adanya fitur perlindungan mata atau Eye Protection. Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya di sekitar dan menyaring cahaya biru yang berbahaya. 

3. Sensor Sidik Jari Yang Cepat dan Akurat

vivo y16 bodi warna emas

Produsen menghadirkan sensor sidik jari yang diklaim lebih cepat dan akurat dari seri Y sebelumnya. Bahkan, dalam situs resminya, vivo mengklaim sensor yang berada di samping bodi dan menyatu dengan tombol power ini dapat terbuka hanya dalam waktu 0,2 detik.

Penempatan sensor di area samping tentu membuat bodi belakang lebih bersih. Selain itu, posisi sensor ini juga membuat pengalaman membuka kunci HP terasa lebih natural. Apalagi, posisi tombol power di seri Y16 memang pas di posisi jemari menggenggam HP.

Bila sensor sidik jari terasa kurang aman, Anda bisa menambah keamanan HP dengan fitur Face Access. Fitur ini merupakan fitur pembuka kunci HP menggunakan pendeteksian wajah.

4. Funtouch OS dengan Sistem Android 12

funtouch os vivo y16

Menyadari kebutuhan smartphone dengan performa yang baik di pasar ponsel kelas entry-level, vivo menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka FuntouchOS. 

FuntouchOS sendiri memiliki spesifikasi yang ringan cocok untuk ponsel dengan spesifikasi rendah dan tidak memakan RAM terlalu banyak sehingga performa HP akan tetap baik untuk multitasking maupun main game.

Menariknya, dalam update FuntouchOS versi 12, antarmuka ini hadir dengan desain UI baru, layar yang berwarna, ikon desktop baru, mode gelap baru, wallpaper baru, dan sejumlah penyesuaian agar performa HP tetap lancar tanpa lag.

5. Hasil Kamera Selfie Lebih Tajam

vivo Y16

Kebanyakan HP entry-level terbaru saat ini kembali memakai tren kamera tunggal di area belakang. Berbeda dengan vivo Y16 yang masih percaya diri menggunakan desain dual kamera. HP ini hanya memiliki kamera utama ditemani sebuah kamera tambahan saja yakni satu kamera makro. 

Selanjutnya, mari kita bahas spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, vivo memasang resolusi 13 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/2,2, dan tentu saja autofokus. Lalu kamera keduanya hanya kamera makro dengan resolusi 2 MP dan didukung bukaan f/2.4.

Beralih ke bagian kamera depan, vivo hanya mengandalkan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.2. 

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi sama Full HD 30 fps.

Baca juga  Bedah 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Dalam seri Y16 ini, terdapat AI Triple Mode Camera yang menawarkan kemampuan untuk kreativitas fotografi. Aplikasi kamera menghadirkan mode yang beragam mulai Panorama, Time-lapse, mode pro hingga mode bokeh. Semua mode mampu menghadirkan gambar yang berkualitas dan kreatif. 

Memang secara kualitas hasil foto dan video dari vivo Y16 ini tidak terlalu spesial. Namun, mengingat harganya yang cukup terjangkau dan hadirnya dual kamera, membuat HP ini layak untuk memotret kegiatan harian. 

Apalagi, kamera selfie-nya cukup jelas digunakan di luar maupun dalam ruangan sehingga cocok untuk Anda yang sering berkomunikasi melalui video call. 

Menurut akun Youtube Sesuai Harga, hasil foto HP ini akan detail dan jelas ketika mendapat pencahayaan yang pas dan cukup. Hasil kamera selfie-nya juga cukup tajam.

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

vivo y16 bodi warna hitam

vivo Y16 dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, vivo mengklaim baterai ini mampu bertahan lama. 

Bahkan dalam keterangan resminya, vivo mengklaim dalam satu kali pengisian baterai penuh, HP ini bisa digunakan untuk nonton video HD online selama 18 jam, bermain game selama 7 jam, dan mendengarkan musik hingga 22 jam.

vivo mengklaim baterai ini dapat digunakan lebih lama karena ada fitur AI Power Saving dan vivo Energy Guardian. Fitur ini membuat penggunaan baterai menjadi lebih efisien. Selain itu, vivo menambahkan fitur reverse charging yang membuat HP ini dapat mengisi daya HP lainnya.

7. Sertifikasi IP53

vivo y16 anti cipratan air

Guna memberikan rasa nyaman dan aman kala menggunakan HP vivo terbaru ini, produsen sudah menghadirkan sertifikasi IP53. Artinya HP vivo ini tahan terhadap cipratan air dan penumpukan debu.

Menurut saya, fitur ini sangatlah bermanfaat. Pasalnya di kelas harga Rp1 jutaan lebih, masih sedikit produsen yang menghadirkan pelindung yang lengkap untuk produknya. Kemampuan ini juga membuat HP ini cocok digunakan untuk kebutuhan luar ruangan, contohnya seperti ojeg online.

Kekurangan vivo Y16

Di samping tujuh kelebihan di atas, ada tiga hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap HP vivo. Ketiga hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Refresh Rate Layar yang Masih 60 Hz

vivo Y16

Hal yang sedikit mengecewakan dalam vivo Y16 adalah refresh rate yang masih standar 60 Hz. Padahal di rentang harga yang sama, beberapa produsen lain mampu menghadirkan layar dengan refresh rate 90 Hz. 

Memang efek refresh rate ini tidak terlalu menonjol. Namun, untuk Anda yang bermain game atau sekadar melihat foto dan video di media sosial, refresh rate yang tinggi cukup berpengaruh. Refresh rate yang tinggi membuat pergerakan animasi di layar lebih halus sehingga mata tidak cepat lelah.

Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 730 & 730G Termurah (Agustus 2022)

2. Chipset Kurang Gahar

MediaTek-Helio-P35-1000_-1Sumber: mediatek.com

Meskipun vivo mengklaim HP ini sangat nyaman untuk harian, ternyata vivo hanya menggunakan chipset MediaTek Helio P35. Chipset dengan fabrikasi 16 nm ini tentu memiliki performa yang biasa saja.  

Chipset ini merupakan prosesor octa-core 2.0 Ghz Cortex A53 dan pengolah grafis PowerVR GE8320. Selain itu, HP Android terbaru ini memiliki RAM 3 GB dengan memori penyimpanan 32 GB. 

Chipset ini jelas bukan chipset yang mumpuni untuk gaming. Terbukti dari hasil uji yang dilakukan. Kami pun merujuk data dari Youtube channel, Sesuai Harga.

Pada AnTuTu 9, vivo Y16 hanya mencetak skor 101.540. Skor tersebut terbilang tidak terlalu tinggi untuk kelas ponsel sejutaan. 

Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5. Hasilnya biasa saja, skor single-core HP ini menyentuh 177, sedangkan multi-core-nya tembus 870. 

Ketika digunakan bermain game Mobile Legend, HP vivo ini dapat memainkan dengan pengaturan high. Namun, ketika digunakan untuk pertempuran sering kali terjadi lag dan frame drop.

Begitu juga kala digunakan untuk bermain game PUBG. vivo Y16 hanya bisa digunakan bermain dengan pengaturan smooth medium. Dan, benar saja, sering ditemukan lag dan framedrop yang mengganggu.

3. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

vivo y16 kamera

Kamera vivo Y16 memang terbilang minimalis hanya ada kamera utama dan kamera makro. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultrawide.

Selain itu, aplikasi kamera bawaan terbilang standar. Tidak ada fitur-fitur khas fotografi seperti mode slow motion atau mode malam di HP ini. Hal ini termasuk wajar mengingat sensor yang digunakan merupakan sensor biasa.

Selanjutnya, sistem stabilisasi kamera ini juga masih standar. Padahal kamera yang stabil dibutuhkan terutama dalam menghasilkan foto low light serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

Simpulan

vivo 16 memang bukanlah sebuah ponsel Android murah dengan fitur yang spesial. Namun, HP ini memiliki performa yang standar dengan dukungan sektor kamera belakang yang jelas di kelasnya dan baterai yang awet untuk harian.

Sayangnya, dilepas dengan harga Rp1,7 jutaan, HP ini terasa kurang lengkap fiturnya. Hal ini disebabkan karena HP ini tidak memiliki fast charging. Namun, keberadaan IP53 jadi nilai plus tersendiri sehingga cocok untuk penggunaan ponsel di luar ruangan.

Jadi secara keseluruhan, tampak vivo Y16 hanya mengandalkan chipset MediaTek P35 dan desain baru. Selebihnya, HP Android ini masih sama dengan HP Android vivo sebelumnya. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com