Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y02 Sebelum Beli


Pasar HP Android murah di Indonesia masih menjadi incaran banyak produsen termasuk Vivo. Hal itu dibuktikan dengan perilisan Vivo Y02 di Indonesia pada akhir November 2022. Ponsel ini terbilang standar jika melihat fitur yang ditawarkan. Namun, tentu saja spesifikasinya hanya tertulis di atas kertas.

Lalu seperti apa detail dari Vivo Y02 ini? Apa kelebihan dan kekurangannya? Kelebihan dan kekurangan ponsel ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Jika ingin jawaban lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y02, bisa dilihat setelah tabel informasi dan spesifikasinya.

*Meja ini dapat dipindahkan ke samping

Desain bodi elegan yang menarik

Layar dengan fungsi pelindung mata

Antarmuka pengguna yang ringan Android 12 Go Edition

Masih menggunakan port microUSB

*Meja ini dapat dipindahkan ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk melihat spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Vivo Y02

Layar LCD IPS 6,51″.
Chipset MediaTek Helio R22
RAM 3 GB
Memori batin 32 GB
Kamera

8 MP (lebar)

Baterai Lipo 5000 mAh

Keunggulan Vivo Y02

Di Vivo Y02, kami menemukan lima kekuatan. kelima poin inilah yang menjadi kekuatan utama ponsel sejuta dolar ini. Apakah mereka? Ini deskripsinya.

1. Desain bodi elegan yang menarik

vivoy02

Dengan ketebalan case 8,5 mm dan bobot 186 gram, Vivo Y02 memiliki desain yang elegan dan modern di kelasnya. Tingkat pertama bernama Desain Dinamis. Dimensi ponsel ini terkesan ramping dan sangat nyaman digenggam dalam waktu lama.

Vivo juga menerapkan tren HP saat ini yang menggunakan bodi samping dengan teknologi 2.5D flat frame. Desain ini membuat ponsel lebih tahan lama. Nah, di sisi casing ini, Vivo dengan rapi menempatkan tombol power, tombol volume, port micro USB, dan speaker di bagian bawah casing.

Melihat desain bagian belakang casing, ponsel ini masih menggunakan bahan plastik. Bagian belakang bodi dibuat dengan finisher sederhana. Desain ini menciptakan permukaan yang terlihat mewah. Menariknya, Vivo mengklaim bahwa case ini tahan gores, sidik jari, dan debu. Ponsel pun tidak terasa licin saat dipegang.

Modul kamera ponsel memiliki bentuk persegi dan warna yang berkilau. Menariknya, modul ini memiliki modul lain berupa lingkaran hitam. Di lingkaran ini adalah kamera utama dan lampu kilat LED di bagian bawah.

Sayangnya, bagian depan HP Vivo Y02 sama dengan ponsel Android murah lainnya. Kamera depan yang dipasang masih menggunakan model lama yakni model tetesan air.

Menurut Youtube Official Complete Selular, desain ponsel ini sangat bagus untuk ponsel entry-level. Bagian belakang case minimalis dengan branding Vivo kecil di kiri bawah.

2. Layar dengan fungsi pelindung mata

vivoy02

Mengingat ponsel ini ditujukan untuk Android pemula atau pelajar, Vivo menggunakan layar berukuran 6,51 inci di seri Y ini. Layar tersebut mampu memberikan tampilan yang luas dan imersif, sehingga cocok digunakan untuk browsing, mengakses media sosial, maupun menonton video.

vivo juga menyediakan layar khusus teknologi HD+ 1600 x 720 piksel. Resolusinya memang tidak terlalu tinggi, sepertinya wajar mengingat ponsel ini dijual seharga 1 jutaan. Namun dengan resolusi tersebut, Anda sudah bisa menikmati sajian di layar HP Vivo ini dengan jelas dan jernih.

Keunggulan lain dari layar ini adalah memiliki fungsi pelindung mata atau Perlindungan mata. Fitur ini secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya sekitar dan menyaring cahaya biru yang berbahaya.

Menurut saya, untuk kebutuhan sehari-hari, seperti browsing dan mengakses jejaring sosial, layar HP ini sudah cukup. Terlebih lagi kecerahan layarnya cukup membuat layar tetap terlihat saat digunakan di luar ruangan.

3. UI Mudah Edisi Android12 Go

Vivo Y02 AndroidGo

Menyadari kebutuhan akan smartphone dengan performa bagus di pasar ponsel entry-level, Vivo menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition dengan antarmuka Funtouch OS 12.

FuntouchOS sendiri memiliki spek ringan yang cocok untuk ponsel spek rendah dan tidak membutuhkan RAM yang terlalu besar, sehingga performa HP tetap baik untuk multitasking dan gaming.

Menariknya, pada update FuntouchOS versi 12, interface ini hadir dengan desain UI baru, layar warna, icon desktop baru, dark mode baru, wallpaper baru, dan sejumlah tweak agar produktivitas HP tetap berjalan lancar tanpa lag.

Sementara itu, sistem Android Go juga menampilkan performa yang lebih baik karena menghilangkan sejumlah fitur dari sistem Android biasa. Maka jangan heran, sistem ini mampu membuka aplikasi hingga 30% lebih cepat dari sistem Android biasa.

Dengan demikian, kombinasi sistem Andoid Go dan FunTouchOS di Vivo Y02 akan membuat pengalaman HP menjadi lebih cepat dan lancar saat membuka berbagai aplikasi.

4. Slot microSD khusus

slot microsd vivo y02_

Sebagian besar ponsel saat ini menggunakan memori dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan pengguna saat ini. Sayangnya, karena memori yang besar, beberapa produsen tidak menghadirkan slot microSD untuk memori tambahan.

Kalaupun ada, beberapa produsen menggabungkan slot microSD dengan slot SIM kedua, yang tidak memungkinkan Anda menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Nah, Vivo menyadari hal tersebut dan tetap menggunakan slot microSD. Tentu hal ini menarik karena Vivo Y02 memiliki desain yang ramping, namun pabrikan tetap menyediakan slot kartu microSD.

Kehadiran slot microSD ini memungkinkan Anda untuk menambah memori hingga 1 TB. Selain itu, Anda dapat menggunakan dua kartu SIM. Koneksi pada ponsel Vivo tidak akan terputus karena Anda perlu memasukkan kartu memori ke dalam slot kartu SIM.


https://actoncloud.com

Baca juga  11 Aplikasi TV Online Terbaik di Smartphone Android