Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Pro


vivo memperkenalkan vivo X80 Pro pada April 2022. HP ini dirancang sebagai ponsel flagship andalan baru vivo. Kehadiran si ponsel pun sekaligus menggantikan kedudukan pendahulunya, yakni vivo X70 Pro, yang merupakan ponsel flagship untuk tahun 2021.

Sektor yang paling ditonjolkan vivo pada vivo X80 Pro masih sama seperti flagship-flagship mereka sebelumnya, yaitu kamera. Dua faktor yang membuat sektor kamera menonjol tak lain karena kolaborasi vivo dengan Zeiss serta adanya komponen berupa sistem stabilisasi optik berbasis gimbal.

Walau begitu, vivo X80 Pro tak melulu soal kemampuan kamera tingkat tinggi. Sebagai salah satu HP terbaik vivo, ponsel ini dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek. Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai vivo X80 Pro?

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo X80 Pro ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo X80 Pro

Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kelebihan vivo X80 Pro

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada vivo X80 Pro. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain

vivo x80 pro

Penampilan bagian depan vivo X80 Pro sangat mirip dengan vivo X70 Pro. Oleh sebab itu, jika hanya melihat sisi mukanya, kemungkinan Anda tidak akan bisa membedakan kedua ponsel. Maklum, layar X80 Pro mengikuti “kakaknya” dengan lengkung di sisi kanan dan kiri.

Selain itu, posisi kamera depan juga sama-sama berada pada bagian tengah atas layar. Namun, saat melihat sisi belakang ponsel, tampaklah perbedaannya. Benar, vivo X80 Pro mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian modul kamera.

Modul kamera si ponsel tidak lagi berbentuk persegi panjang vertikal, melainkan persegi panjang yang membentang nyaris selebar penutup belakang. Di dalam modul berkelir hitam itu terdapat kompartemen berwujud lingkaran.

Kompartemen yang reflektif seperti cermin itu menjadi tempat untuk tiga lensa kamera dan logo Zeiss. Adapun satu lensa kamera berada di luar kompartemen tersebut.

Selain modul kamera yang berbeda, vivo X80 Pro juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 164,57 x 75,3 x 9,1 mm dengan bobot 219 gram. Sang pendahulu hanya memiliki ketebalan 8 mm dan berbobot 183 gram atau 184 gram (tergantung pilihan warna).

vivo menyebut bahwa bodi X80 Pro memakai bahan kaca. Namun, Ben Sin dari XDA Developers mengatakan, bagian depan dan belakang vivo X80 Pro memakai kaca Gorilla Glass Victus.

Sementara itu, vivo X80 Pro kini sudah dilengkapi sertifikasi IP68. Sertifikasi ini belum ada di vivo X70 Pro. Dengan IP68, vivo X80 Pro dijamin tahan terhadap debu di seluruh bodinya.

HP ini juga kedap hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Adapun vivo X80 Pro hadir dalam satu varian warna, yakni Cosmic Black.

Adapun menurut Ben Sin bodi vivo X80 Pro memiliki build quality yang bagus dengan tombol-tombol yang clicky. Pujian mengenai desain HP ini juga diberikan oleh Chriss Hall dari Pocket Lint. Menurut Hall, HP ini memiliki finishing yang bagus.

Finishing alias polesan bodinya berjenis matte. Terasa lembut seperti sutra dan tampak berkilau ketika terkena paparan cahaya. Indah, begitu kata Chris Hall.

2. Tampilan dan Pemindai Sidik Jari

vivo x80 pro

Layar vivo X80 Pro mengalami kenaikan bentang sebagai konsekuensi peningkatan ukuran bodi. Kini sektor tampilan si ponsel memiliki bentang 6,78 inci, pendahulunya hanya 6,56 inci. Namun, bukan cuma itu peningkatan layar X80 Pro.

Resolusinya pun naik jadi 2K (1440 x 3200 piksel), sehingga kepadatan pikselnya tembus 517 ppi. Lalu layar dengan panel AMOLED E5 ini didukung backplane berteknologi LTPO generasi ketiga (LTPO3).

Untuk diketahui, backplane adalah sebuah transistor yang dipasang di belakang panel layar. Fungsi komponen ini banyak, salah satunya adalah untuk menciptakan refresh rate adaptif. LTPO3 pun diklaim mampu membuat refresh rate turun ke angka 1 Hz, sehingga konsumsi daya buat layar bisa irit.

Oh iya, layar vivo X80 Pro mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 300 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif.

vivo menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit atau sebanyak 1,07 miliar. Layar vivo X80 Pro juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 1500 nit, punya rasio kontras 8 juta:1, dan keluaran warnanya akurat yang ditunjukkan oleh nilai DeltaE 0,45.

Seluruh penguji merasa puas dengan kualitas layar vivo X80 Pro. Menurut Ewdison Then dari Slash Gear, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya benar-benar hidup. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

Selain berfungsi sebagai penampil konten, layar vivo X80 Pro juga memikul tugas sebagai penyedia fitur keamanan. Pasalnya, di dalam layar HP ini ditanami sensor pemindai sidik jari.

Yang spesial, vivo memakai teknologi ultrasonik bikinan Qualcomm. Nama resmi teknologi tersebut adalah Qualcomm 3D Sonic Max. Berkat teknologi ini, wilayah pemindaian sidik jari jadi lebih luas. vivo mengeklaim luas wilayah pemindaian meningkat 11,1 kali ketimbang ponsel flagship mereka sebelumnya.

Selain wilayah pemindaian yang tambah luas, teknologi Qualcomm membuat proses pemindaian jadi kian cepat. Menariknya lagi dari sensor sidik jari vivo X80 Pro, Anda bisa membuka langsung suatu aplikasi yang ikonnya Anda taruh di wilayah pemindaian.

Sebagai informasi tambahan, layar vivo X80 Pro sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1. Sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

3. Suara

vivo x80 pro

Kualitas visual vivo X80 Pro tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Perihal itu telah diusahakan vivo melalui penyematan speaker stereo.

Speaker dengan konfigurasi stereo merupakan sebuah peningkatan mengingat vivo X70 Pro hanya memiliki satu buah speaker aktif. Speaker utama X80 Pro ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece.

Walau tidak ada embel-embel seperti JBL, Harman Kardon, atau Bang & Olufsen, speaker stereo HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima.

Penguji Stuff TV, Tom Morgan-Freelander bilang bahwa speaker HP ini tidak memiliki masalah mengenai volume. Artinya, suaranya cukup lantang. Meski begitu, suaranya memang tidak terlalu ngebass.

4. Dapur Pacu

vivo x80 pro

vivo X80 Pro diperkuat oleh SoC Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm dan satu cip khusus bikinan sendiri. Cip itu adalah vivo V1+ yang fungsinya akan kami bahas pada poin kamera. Pada poin ini pembahasan akan fokus ke Snapdragon 8 Gen 1.

Anda mungkin sudah cukup familier dengan SoC yang satu ini. Banyak ponsel flagship memakai Snapdragon 8 Gen 1. Sebut saja Samsung Galaxy S22 Ultra, realme GT2 Pro, Xiaomi 12 Pro, dan OPPO Find X5 Pro.

Namun, SoC bisa kita ibaratkan sebagai sebuah bahan mentah. Ia bisa menghasilkan sebuah masakan sedap jika racikan yang dibuat produsen ponsel tepat. Karena itu, performa antarponsel flagship dengan SoC yang sama bisa jadi berbeda.

Sebelum membahas mengenai performa vivo X80 Pro, perkenankan kami membahas sedikit mengenai profil Snapdragon 8 Gen 1. SoC ini merupakan chipset pertama di dunia yang dibangun dengan fabrikasi 4 nm.

Snapdragon 8 Gen 1 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah satu core Kryo Prime (berbasis Cortex X2; 3,0 GHz), tiga core Kryo Gold (Cortex A710; 2,5 GHz), dan empat core Kryo Silver (Cortex A510; 1,8 GHz).

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Adreno Adreno 730 (818 MHz), pengendali AI bernama Hexagon, prosesor gambar Spectra, dan modem internal 5G X65. Pada dapur pacu vivo X80 Pro, Snapdragon 8 Gen 1 didukung RAM 12 GB LPDDR5 dan memori internal 256 GB berjenis UFS 3.1.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh Ketan Pratap dari media India, My Smart Price.

Pada AnTuTu 9, vivo X80 Pro mencetak skor 941.241. Skor tersebut sudah tinggi, walau tidak setinggi Galaxy S22 Ultra dan Xiaomi 12 Pro menurut Pratap. Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5.

Hasilnya impresif, skor single-core HP ini menyentuh 1232, sedangkan multi-core-nya tembus 3520. Lanjut ke pengujian kemampuan grafis, vivo X80 Pro mampu mencatat skor 9736 pada 3DMark Wild Life. SKor tersebut juga tergolong bagus.

Adapun reviewer 91 Mobiles, Prateek Pandey juga melakukan pengujian terhadap ponsel ini. Beberapa pengujian yang ia lakukan adalah CPU Throthling dan 3DMark Wild Life Stres Test. Dua pengujian itu untuk melihat kestabilan performa si ponsel.

Pada CPU Throttling, performa vivo X80 Pro langsung mulai menit kedua pengetesan. Penurunan terjadi sebanyak dua kali, lalu stabil sejak menit kelima hingga menit ke-30. Penurunan performanya pun stabil di angka 72% dari kemampuan puncaknya.

Untuk 3DMark Wild Life Stress Test juga memiliki hasil tak jauh beda. Stabilitas performa si ponsel ada di angka 75,8%. Angka tersebut didapat dari empat kali ulangan pengujian.

Penurunan performa memang lumrah terjadi pada ponsel flagship non gaming. Hal tersebut terjadi sebagai bagian dari protokol keamanan agar ponsel tidak mengalami panas berlebih, terutama ketika menangani beban kerja tinggi.

Dalam pengujian di kondisi nyata, Ketan Pratap dan Prateek Pandey mengaku terkesan dengan performa vivo X80 Pro. Ponsel ini disebut Pratap melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa cepat.

Selama menguji ponsel ini, Ketan Pratap tidak mengeluh soal temperatur. Ponsel memang mengalami peningkatan sampai 55°C, tetapi setelahnya stabil di 40-50°C setelah dipakai untuk main game. Kata Pratap, hal ini membuktikan komponen pendingin vapor chamber bekerja dengan baik.

Adapun pada pengujian yang dilakukan Siddharth Chauhan dari Digit, vivo X80 Pro mampu menjalankan gim Call of Duty Mobile, Battlegrounds Mobile India (PUBG), Genshin Impact, dan Apex Legends Mobile dengan baik.

Tidak ada penurunan fps dan jitter yang mengganggu game play. Seluruh game lancar dimainkan pada kualitas grafik tertinggi dengan setelan frame rate 60 fps.

5. Kamera

vivo x80 pro

vivo tidak mengganti konfigurasi kamera pada vivo X80 Pro. HP ini tetap memiliki kamera utama, kamera ultrawide, dua kamera telefoto, dan satu kamera selfie. Seluruh lensa kamera belakangnya juga dilapisi Zeiss T* lens coating untuk meminimalkan efek flare dan ghosting, sama seperti vivo X70 Pro.

Namun, ada dua sorotan yang menurut kami menarik dari sektor kamera HP ini. Pertama, vivo menyematkan cip khusus vivo V1+. Selain untuk meningkatkan kualitas tampilan, cip ini juga berperan dalam fotografi dan videografi.

vivo X80 Pro bukanlah ponsel pertama yang mengandung cip tambahan racikan vivo. Pada vivo X70 Pro, cip dengan fungsi serupa sudah disematkan. Karena itu, vivo menyebut bahwa SoC yang terpasang pada X70 Pro adalah Dimensity 1200-vivo.

Sorotan kedua pada kamera HP ini terletak pada penstabil optik berbasis gimbalnya. Kali ini vivo memindah penstabil tersebut pada kamera telefotonya, yang dikhususkan untuk mengambil foto potret. Pada vivo X70 Pro, gimbal dipasang pada kamera utama.

Pemindahan posisi penstabil gimbal ke kamera telefoto dimaksudkan agar ponsel bisa mengambil foto potret dengan teknik panning. Teknik panning singkatnya adalah teknik untuk “membekukan” objek yang bergerak, tetapi latar belakangnya dibuat kabur. Maka dari itu, kamera ini kita sebut saja kamera potret.

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, vivo memasang sensor Samsung ISOCELL GNV 50 MP dengan ukuran 1/1,3 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.57, dilengkapi OIS, dan tentu saja autofokus (PDAF, Laser AF).

Lalu kamera ultrawide-nya memiliki resolusi 48 MP dan didukung sensor Sony IMX598 (1/2 inci). Kamera ini punya bukaan f/2.2, sudut pandang 114°, dan autofokus. Karena autofokus, kamera ini bisa berfungsi pula sebagai kamera makro.

Soal kamera telefoto, resolusinya 12 MP, punya bukaan f/1.85, dan autofokus. Kamera potret disokong sensor berukuran 1/2,93 inci, lensa dengan focal length 50 mm, serta penstabil optik berbasis gimbal. Ia bisa melakukan perbesaran optik sampai 2x.

Lanjut ke kamera telefoto periskop, resolusinya 8 MP (f/3.4), diperkuat sensor berukuran 1/4.4 inci, dan autofokus. Kamera ini pun dibekali OIS dan mampu melakukan optical zoom hingga 5x. Terakhir mengenai kamera selfie, resolusinya 32 MP (f/2.5) dan memakai sensor berukuran 1/2,8 inci.

Perihal perekaman video, resolusi 8K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 4K 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah filter bokeh ala Zeiss untuk foto dan video. Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera vivo X80 Pro? Singkatnya, seluruh kameranya bisa memproduksi foto yang jempolan.

Dalam sampel yang diambil oleh Tom Morgan-Freelander, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di semua kondisi pencahayaan. Itu termasuk foto low light. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi low light seperti malam hari.

vivo X80 ProSumber: Stuff
Kamera utama
vivo x80 proSumber: Stuff
Kamera utama – low light

Lanjut ke hasil jepretan kamera ultrawide, fotonya sangat detail. Morgan-Freelander suka dengan tangkapan kamera ultrawide kamera HP ini karena akurasi warna, eksposur, dan white balance-nya serupa kamera utama.

Hasil foto yang tak kalah bagus diperlihatkan kamera potret. Keberadaan penstabil gimbal benar-benar membuat objek tak bergeser dari frame.

vivo X80 ProSumber: Stuff
Kamera potret

Kemudian kamera telefoto periskop HP ini bisa menciptakan foto yang detail pada kondisi pencahayaan cukup. Foto sunset masih oke diambil dengan kamera ini. Namun, kualitasnya masih sedikit di bawah kamera telefoto periskop HP lain, menurut Morgan Freelander.

vivo X80 ProSumber: Stuff
Kamera telefoto periskop – perbesaran 5x

Untuk kamera selfie, tangkapannya memiliki warna yang natural. Terutama foto pada warna kulit. Tekstur pada area muka juga tidak diperhalus alias apa adanya. Itulah yang disukai Ben Sin pada kamera selfie HP ini.

6. Baterai dan Konektivitas

vivo x80 pro

vivo 80 Pro dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4700 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, tidak ada satu pun penguji yang mengeluh dengan ketahanannya.

Baterai tersebut ternyata cukup untuk vivo X80 Pro menyala dari pagi sampai malam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus, kendati resolusi layarnya 2K.

Dalam pengujian pemutaran video lokal yang dilakukan Siddharth Chauhan, vivo X80 Pro dapat bertahan selama 16 jam 4 menit.

Adapun vivo menyematkan vivo X80 Pro dengan teknologi pengisian cepat 80W, teknologi pengisian cepat nirkabel 50W, dan pengisian balik. Menariknya charger 80W beserta kabelnya disertakan dalam paket penjualan.

Dengan charger bawaan itu, Siddharth Chauhan bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 43 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga penuh.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. vivo X80 Pro mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 5G, WIFi 6, dan Bluetooth 5.2. Menariknya, HP ini juga punya infra red blaster. Fitur infrared ternyata tidak eksklusif di HP Xiaomi saja.

Kekurangan vivo X80 Pro

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap vivo X80 Pro. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Sisi Minus Desain

vivo x80 pro

Ponsel flagship dengan layar di atas 6 inci umumnya punya bobot yang tembus 200 gram. Hingga artikel ini terbit, hanya realme GT2 Pro (6,7 inci) ponsel flagship keluaran 2022 yang bobotnya ada di bawah 200 gram.

Ponsel dengan bobot 200 gram bagi sebagian orang terasa agak berat. Hal ini termasuk vivo X80 Pro yang bobotnya mencapai 219 gram. Saat memilih HP ini, Anda perlu pembiasaan jika sebelumnya memakai HP di bawah 200 gram.

Selain bobot, hal yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah penataan kamera pada modulnya. vivo sudah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. Hanya saja, penataan lensanya tampak sedikit berantakan.

Mereka lebih memilih memasukkan logo Zeiss ketimbang lensa telefoto periskop ((berbentuk kotak), untuk menemani tiga lensa kamera lain. Dengan begitu, lensa telefoto periskopnya berada sendirian di luar kompartemen lingkaran.

2. Software

vivo x80 pro

vivo X80 Pro dibekali sistem operasi Android 12 dengan balutan software antarmuka Funtouch OS 12. Ada begitu banyak fitur dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa.

Beberapa di antaranya adalah fitur Extended RAM 2.0 dan UFS Defragmentasion 2.0. Fitur yang pertama mungkin Anda sudah familier, tapi tidak dengan yang kedua.

Fitur kedua tersebut memiliki fungsi mirip defrag seperti di komputer Windows, yakni mengoptimalkan ruang simpan demi mempercepat transfer data.

Hal menarik lagi soal software HP ini adalah jaminan peningkatan sistem operasi selama tiga kali dan patch keamanan selama tiga tahun. Jumlah peningkatan tersebut satu kali lebih panjang daripada HP-HP flagship vivo sebelumnya. Dengan begitu, vivo X80 Pro kelak berpotensi memperoleh Android 15.

Sayangnya, pengalaman layaknya ponsel premium pada software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut.

3. Posisi Gimbal

vivo x80 pro

vivo sepertinya belum punya rumus baku mengenai posisi penstabil gimbal andalannya. Pada awal kemunculannya di vivo X50 Pro, penstabil ini ditaruh pada kamera utama. Posisi ini diteruskan pada vivo X60 Pro, dan vivo X70 Pro.

Namun, pada vivo X70 Pro+, gimbalnya dipindah ke kamera ultrawide. Kini di vivo X80 Pro, posisi fitur penstabil ini dipindah ke kamera telefoto yang dikhususkan untuk membuat foto potret dengan teknik panning.

Bagi sebagian penguji, hal ini membuat manfaat yang bisa diperoleh dari penstabil gimbal tidak maksimal. Pendapat itu salah satunya dituturkan oleh Ewdison Then.

Jika saja gimbal ditaruh di kamera utama atau kamera ultrawide, manfaatnya akan lebih terasa. Terutama dalam menghasilkan foto lowlight serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

4. Aplikasi Kamera

vivo x80 pro

Ada bejibun fitur yang disematkan pada aplikasi kamera vivo X80 Pro. Mulai dari Mode, Portrait, Pro, Panorama, Live Photo, Slow Motion, Time-Lapse, AR Stickers, Micro Movie, Supermoon, Ultra HD Document, Astro Mode, Pro Sports Mode, Long Exposure, Double Exposure, dan Dual-View Video.

Lalu AI Group Portrait, 360° Horizon Levelling Stabilization, dan filter khas Zeiss untuk foto dan video. Namun, menurut pengalaman Ketan Pratap, butuh langkah yang tak sederhana untuk mengakses salah satu fitur tersebut.

Dia harus menyentuh layar beberapa kali dan masuk ke beberapa submenu untuk bisa mengakses salah satu fitur. Hal Ini cukup ribet, padahal kebanyakan orang ingin yang simpel agar tidak kehilangan momen berharga. Ketan Pratap pun menyarankan supaya vivo membenahi lagi aplikasi kameranya.

Persoalan mengenai aplikasi kamera juga dirasakan oleh Chris Hall, meskipun kasusnya berbeda. Hall bilang, orang bisa memilih filter saat hendak mengambil foto. Seluruh filter itu sifatnya permanen, kecuali efek bokeh pada mode potret.

Pengaplikasian filter juga bisa dilakukan setelah mengambil foto, yakni melalui aplikasi “Album”. Hanya saja, nama-nama filter yang ada di aplikasi Album berbeda dari aplikasi kamera. Hal ini cukup membingungkan bagi Chris Hall.

Simpulan

vivo memperlihatkan keseriusannya dalam menggarap segmen flagship. Melalui vivo X80 Pro, mereka unjuk gigi inovasi terbaik kepada publik. Sektor kamera pun tetap jadi unique selling point andalan vivo, apalagi dengan dukungan teknologi Zeiss dan penstabil berbasis gimbal.

Kombinasi itu belum ada tandingannya di dunia. Namun, vivo X80 pro bukan sebuah ponsel yang unggul di sektor kamera saja. Hampir seluruh sektor di HP ini menarik. vivo juga tampaknya telah mendengar masukan dari konsumen karena telah menyertakan sertifikasi IP68 dan speaker stereo di HP ini.

Kedua fitur tersebut absen pada vivo X70 Pro. Satu-satunya masalah yang krusial ada vivo X80 Pro ini hanyalah terkait software, baik itu soal bloatware maupun aplikasi kamera.

vivo tentu bisa menyelesaikan masalah itu dengan sebuah update software. Paling tidak untuk mengurangi munculnya notifikasi yang mengganggu, dan merapikan penataan menu di aplikasi kamera agar mudah diakses.

Jika hal itu sukses dilakukan vivo, X80 Pro pun layak untuk dipertimbangkan sebagai ponsel andalan baru. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com

Baca juga  Ketahui 7 Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i