Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 5G


Menyadari permintaan pasar akan ponsel Android murah berteknologi 5G, Xiaomi memperkenalkan Redmi 10 5G pada Agustus 2022. HP ini dirancang sebagai ponsel mid-range andalan baru Xiaomi. Kehadiran si ponsel pun sekaligus melengkapi jajaran seri Redmi 10 sebelumnya yakni Redmi 10, Redmi 10a, dan Redmi 10c.

Sektor yang coba diunggulkan pada Redmi 10 5G selain teknologi 5G adalah penggunaan chipset terbaik di kelasnya yakni Mediatek Dimensity 700. Chipset ini diklaim lancar untuk berbagai aktivitas seperti browsing, mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game.

Dukungan chipset generasi terbaru ini ternyata membawa sejumlah fitur baru. Salah satu fitur yang cukup menonjol adalah kemampuan dual SIM card 5G. Selain itu, chipset ini memungkinkan HP Android terbaru ini memiliki kamera utama dengan resolusi besar.

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti kamu perhatikan pada si ponsel? Jawabannya akan segera Anda temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Redmi 10 5G ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi Redmi 10 5G

Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Kelebihan Redmi 10 5G

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Redmi 10 5G. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Tidak Murahan

Redmi 10 5G
Redmi 10 5G

Penampilan keseluruhan Redmi 10 5G memang berbeda dan tidak murahan. Sebagai ponsel mid-range, Xiaomi justru menghadirkan desain yang cukup menarik dan berkelas. Kesan ini muncul karena modul kamera yang kian mewah dengan dua kamera berukuran besar.

Modul kamera si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal. Dalam modul ini terdapat kamera utama dan LED Flash di bagian atas, serta kamera Depth dibagian bawah.

Bodi Redmi 10 5G memakai bahan kaca di bagian depan. Sayangnya kamera depan yang dipasang masih menggunakan model lama yakni model waterdrop. 

Sedangkan di bagian belakang, ponsel ini masih menggunakan bodi plastik yang bertekstur. Bodi belakang ini lembut disentuh tapi sedikit terasa licin. Bodi belakang ini sangat nyaman digenggam. Yang menarik, bodi ini tidak mudah kotor terkena sidik jari maupun debu.

Untuk sebuah ponsel Android murah, Redmi 10 5G memiliki build quality yang bagus dengan tombol-tombol yang clicky di bagian samping bodi.

2. Layar Luas 90 Hz

Redmi 10 5G

Layar Redmi 10 5G hadirkan bentang layar 6,58 inci. Ini sedikit lebih lebar dibandingkan Redmi 10 yang hanya berukuran 6,5 inci. Namun, bukan cuma itu peningkatan layar HP Android terbaru ini.

Layar yang lebar ini memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game. Ukuran layar ini terasa pas bagi pergerakan jari-jemari kamu.

Resolusi layar yang digunakan sudah mumpuni yakni Full HD+ 1080 x 2440 piksel, sehingga kepadatan pikselnya tembus 401 ppi. Lalu layar dengan panel IPS ini didukung anti gores corning gorilla glass.

Layar Redmi 10 5G sudah mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate standar. Maka dari itu, meski dilepas harga murah, layar HP ini bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif.

Baca juga  Ketahui 7 Perbedaan Redmi Note 10 5G dan Redmi 10 5G

Layar HP ini juga sudah dibekali teknologi Adaptive Sync. Untuk melindungi kerusakan mata pengguna, Xiaomi menghadirkan fitur Sunlight display dan Reading mode terbaru.

Sebagai ponsel Android 5G, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah. Sayangnya warna yang ditampilkan layar kurang sempurna dibanding ponsel 3 jutaan lainnya. 

3. Suara Jernih

Redmi 10 5G cover

Tren audio smartphone saat ini rata-rata sudah menggunakan speaker stereo. Sayangnya, dalam HP Redmi terbaru ini masih menggunakan sistem mono speaker.

Redmi 10 5G hanya memiliki satu buah speaker aktif. Speaker utama tersebut ditaruh di bagian bawah mirip kebanyakan ponsel saat ini. 

Walau hanya dibekali sertifikasi Hi-Res Audio, speaker HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang jernih dan kencang.

4. Dapur Pacu Kencang dan 5G

Dimensity 700 Redmi 10 5G

Menyadari kebutuhan smartphone dengan performa yang baik di pasar ponsel kelas menengah, Xiaomi menghadirkan Redmi 10 5G. HP ini dibekali dengan chipset Mediatek generasi baru yang mendukung jaringan 5G, yakni Mediatek Dimensity 700.

Mediatek Dimensity 700 merupakan chipset kelas menengah yang dibuat dalam fabrikasi 7nm. Chipset ini memiliki delapan inti yang terdiri dari dua core Cortex A76 berkecepatan 2,2 Ghz dan enam core cortex A55 berkecepatan 2.0 Ghz sebagai penghemat daya.

Untuk komponen lainnya, ada GPU ARM Mali-G57 MC2 dengan arsitektur baru yang mampu menampilkan video kualitas 2K dengan detail. Ada juga teknologi HyperEngine 2.0 serta Networking Engine jaringan 5G guna memastikan game dan jaringan kian lancar.

Menariknya, chipset Mediatek ini sudah dibekali fitur Mediatek 5G Ultrasave yang melengkapi bagian modem 5G sehingga lebih hemat daya. Dengan fitur ini, kamu dapat mengakses jaringan 5G tanpa khawatir boros baterai.

Tambahan beberapa fitur diatas membuat kinerja chipset kian hebat. Tidak peduli kamu memakai smartphone untuk keperluan streaming video, bermain game, atau mengambil foto dan video, Redmi 10 5G dapat mengatasi tanpa lag.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk data dari nanoreview.net. Pada AnTuTu 9, Redmi 10 5G mencetak skor 288.238. Skor tersebut terbilang tidak terlalu tinggi untuk kelas ponsel dibawah 3 juta. 

Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5. Hasilnya impresif, skor single-core HP ini menyentuh 570, sedangkan multi-core-nya tembus 1716. 

HP Android terbaru ini memiliki pilihan RAM 4 dan 6 GB dengan memori penyimpanan 128 GB. Menariknya ada fitur Extended RAM 2.0. RAM pun bisa bertambah 2 GB untuk memberikan performa baik.  

Selain itu, karena memakai cip 5G, ponsel ini jelas mendukung jaringan 5G. Menariknya, si ponsel punya fitur dual SIM 5G. Dengan fitur ini, kamu bisa memakai dua operator 5G secara langsung di Redmi 10 5G. Tentu jika HP ini di bawa ke daerah yang sudah mendukung jaringan 5G.

5. Kamera 50 MP yang Tajam

Redmi 10 5G

Xiaomi menawarkan konfigurasi kamera yang ringkas pada Redmi 10 5G. HP ini tetap memiliki kamera utama. Namun, kini hanya ditemani sebuah kamera tambahan saja yakni satu kamera depth

Baca juga  Ketahui 7 Perbedaan OPPO Reno7 5G dan Reno8 5G

Selanjutnya, mari kita bahas spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Redmi memasang resolusi 50 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.8bd, dilengkapi digital stabilization, dan tentu saja autofokus  jenis PDAF. Lalu kamera keduanya hanya kamera depth dengan resolusi 2 MP dan didukung bukaan f/2.4.

Beralih ke bagian kamera depan, Xiaomi hanya mengandalkan kamera 5 MP dengan bukaan f/2.0 sensor CMOS.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi sama Full HD 30 fps.

Hadirnya kamera utama dengan resolusi 50 MP memang menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, HP untuk kelas mid-range dibawah Rp3 juta masih jarang yang menggunakan kamera utama resolusi besar.

Menurut Jagatreview, hasil kamera utamanya cukup memuaskan. Bahkan selama mode HDR aktif, hasil foto cukup jelas dan detail di kelasnya. Untuk perekaman video, sayangnya ketika minim cahaya hasilnya agak pucat. 

Untuk kamera selfie, tangkapannya memiliki warna yang kurang tajam. Masih tampak ada tekstur pada area muka yang diperhalus oleh aplikasi. Itu terlihat masih wajar mengingat kamera depan hanya 5 MP. 

Sayangnya untuk perekaman video depan, hasil video kurang memuaskan lebih mirip video 480p.

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

Redmi 10 5G

Redmi 10 5G dibekali dengan baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. 

Menariknya, Xiaomi mengklaim bahwa ponsel ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik tanpa henti selama 189 jam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus, kendati layarnya cukup lebar dengan resolusi Full HD+.

Adapun Xiaomi menyematkan Redmi 10 5G dengan teknologi pengisian cepat 18W. Untungnya charger 18W beserta kabelnya sudah disertakan dalam paket penjualan. Pasalnya ada beberapa produsen yang paket penjualan produk HP, sudah tidak menyertakan charger.

Dengan charger bawaan itu, HP Redmi terbaru ini mendapat waktu pengecasan sekitar 90 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga penuh 100%.

Kekurangan Redmi 10 5G

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap Redmi 10 5G. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Layar masih IPS

Redmi 10 5G

Hal yang sedikit mengecewakan dalam Redmi 10 5G adalah penggunaan panel layar. Pasalnya, dengan harga yang ditawarkan, beberapa smartphone lain sudah bisa menggunakan panel AMOLED. Sedangkan di Redmi 10 5G masih menggunakan panel IPS.

Panel AMOLED dianggap lebih baik karena memiliki kontras yang tinggi. Hal ini membuat warna yang dihasilkan layar AMOLED tetap bagus meski dibawah sinar matahari. Selain itu, panel AMOLED juga dianggap lebih hemat daya

2. Masalah Software dan Iklan

miui 13 oke_

Redmi 10 5G dibekali sistem operasi Android 11 dengan balutan software antarmuka MIUI 13. Ada begitu banyak fitur yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite

Hal menarik lagi soal software HP ini adalah jaminan peningkatan sistem operasi selama tiga kali dan patch keamanan selama tiga tahun.

Sayangnya, pengalaman layaknya ponsel premium pada software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut. 

Tentu saja MIUI juga hadir dengan iklan di aplikasi bawaan MIUI. Tentu ini masih bisa diatasi dengan berbagai cara seperti yang dijelaskan pada artikel “Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi”. 

3. Tidak Adanya Kamera Ultrawide

Redmi 10 5G

Kamera Redmi 10 5G memang terbilang minimalis hanya ada kamera utama dan kamera depth. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultrawide.

Kamera ultrawide berfungsi untuk memotret dengan sudut pandang yang lebih luas. Ini cocok digunakan untuk memotret alam atau memotret objek besar dan banyak.

Selain itu, sistem stabilisasi kamera ini juga masih standar. Padahal kamera yang stabil dibutuhkan terutama dalam menghasilkan foto low light serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

3. Tidak Ada NFC

no nfc
*

Hal yang sangat disayangkan dari Redmi 10 5G adalah tidak mendapatkan kesempatan untuk mempunyai fitur NFC (Near-field Communication). Padahal di kelas harganya, banyak HP lain yang sudah mendukung NFC.

Bagi kamu yang belum tahu soal fitur ini, jadi NFC adalah fitur yang menawarkan kemudahan kepada para pengguna dalam berbagai hal mulai melakukan transfer data (nomor telepon, gambar, dokumen, dan lain sebagainya), menandai sebuah tempat, mengakses informasi Kartu Pintar, menghubungkan ponsel ke perangkat lain, hingga memproses transaksi secara digital.

Tidak hadirnya NFC mungkin bukan bagian penting bagi sebagian orang. Terlebih sistem pembayaran di Indonesia lebih banyak menerapkan QRIS. Namun, bagi sebagian orang lagi fitur ini penting, apalagi yang sering pergi ke jalan tol dan memakai alat pembayaran e-money card.

Simpulan

Xiaomi akhirnya merilis HP Android 5G murah lagi di tahun 2022 dalam varian bernama Redmi 10 5G. Sebelumnya, Redmi sudah merilis Redmi Note 10 5G yang cukup diterima pasar. Maka dari itu, banyak pengguna gadget yang berharap lebih dalam varian Redmi terbaru ini.

Xiaomi memperlihatkan keseriusannya dalam menggarap segmen Android 5G. Hal ini tampak dengan digunakannya chipset Mediatek Dimensity 700. Selain lancar untuk bermain game maupun aktivitas lain, ternyata chipset ini memiliki fitur 5G yang cukup lengkap. 

Salah satu fitur yang sangat berguna ialah fitur dual sim 5G. Kamu dapat langsung mengaktifkan fitur ini tanpa harus update atau melakukan pengaturan lainnya. 

Sayangnya, HP ini masih mengusung spesifikasi lama di beberapa sektor. Seperti di bagian layar yang masih panel IPS, sistem operasi masih Android 11 hingga tidak adanya kamera ultrawide.

Jadi secara keseluruhan, tampak Redmi 10 5G hanya mengandalkan fitur 5G dan chipset Mediatek Dimensity 700. Selebihnya, Hp Android terbaru ini masih sama dengan HP Android 5G Xiaomi sebelumnya. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com