10 Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50i Prime


Di Agustus 2022, realme Indonesia menelurkan produk terbarunya pada segmen harga Rp1 jutaan, yakni realme Narzo 50i Prime. Meski dibanderol dengan harga sangat murah, tapi kualitasnya pun tak kalah untuk menunjang aktivitas hiburan dan gaming.

realme Narzo 50i Prime memiliki sejumlah kelebihan, misalnya di sisi bodinya yang ringan dan ergonomis, dapur pacu yang kencang di kelasnya, serta baterai yang super awet.

Mengingat harganya yang hanya 1 jutaan, tidak heran banyak orang yang penasaran dengan seluk-beluk ponsel besutan realme ini. Terlebih bagi mereka yang ingin ponsel gaming memadai namun terpentok dana. Nah, jika Anda tertarik untuk membelinya, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan realme Narzo 50i Prime berkut ini.

Spesifikasi realme Narzo 50i Prime

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Kelebihan realme Narzo 50i Prime

Tidak perlu keluarkan budget banyak untuk bisa dapatkan HP berkualitas. Berikut adalah beberapa poin kelebihan realme Narzo 50i Prime yang perlu Anda ketahui.

1. Baterai Badag yang Tahan Seharian

realme narzo 50i prime baterai 2_

Ketika Anda membutuhkan ponsel murah dengan kapasitas baterai mumpuni, realme Narzo 50i Prime hadir sebagai salah satu pilihan terbaik. Ponsel Rp1 jutaan ini mencakup kapasitas 5.000 mAh yang begitu tahan lama.

Awetnya baterai tersebut karena didukung pula oleh fitur penghematan daya yang dinamakan Mode Ultra Hemat. Fitur ini akan aktif ketika sisa baterai tinggal 5% saja. Dengan sisa baterai tersebut, Model Ultra Hemat akan menjaga ketahanan hingga dapat menunjang aktivitas chat WhatsApp selama 1,5 jam.

Dilansir dari Notebookcheck.net, ponsel ini bisa tahan selama 15 jam 21 menit pada pengujian WLAN, dan dapat bertahan hingga 2 hari setelah satu kali siklus pengisian daya. Yang disayangkan, realme Narzo 50i Prime tidak dibekali dengan fast charging. Ponsel hanya dapat dicas dengan daya 10 W saja.

Itulah mengapa, Anda perlu menunggu selama sekitar 3 jam untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh. Absennya fitur fast charging terbilang normal, mengingat ponsel di rentang harga 1 jutaan memang nyaris tidak pernah menyediakan fast charging tersebut.

2. Performa Chipset yang Kencang

unisoc t612

Ingin merasakan performa gaming dahsyat tanpa keluar budget banyak? Jangan khawatir, karena realme Narzo 50i Prime ini disokong dengan chipset yang cukup bertenaga; setidaknya untuk ponsel di harga entry-level.

Narzo 50i Prime hadir dengan Unisoc Tiger T612 yang dibangun atas proses fabrikasi 12 nm. Chipset tersebut mengusung konfigurasi prosesor sebanyak delapan inti (octa-core).

Kedelapan inti tersebut adalah 2 inti berkinerja tinggi Cortex A75 berkekuatan 1.8 GHz, serta 6 unit hemat daya Cortex A55 berfrekuensi 1.8 GHz.

Untuk dapat sajikan performa baik dalam pengolahan grafis, chipset ini dipadankan dengan GPU Mali G57. Meski tidak menggunakan chipset dari keluarga MediaTek atau Qualcomm, Unisoc Tiger T612 sejatinya punya kinerja gaming yang tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga  11 HP POCO Terbaru Beserta Speknya (Juli 2022)

Berdasarkan pantauan Tim Carisinyal dari Notebookcheck.net, realme Narzo 50i Prime berhasil dapatkan skor Geekbench 5.4 sebesar 347 poin (single core) dan 1326 poin (multi-core).

Lanjut lagi, realme Narzo 50i Prime juga mendapatkan skor mengagumkan pada pengujian PCMark for Android sebesar 7705 poin. Bahkan, skor ini mengalahkan Xiaomi Redmi 10C dengan chipset Snapdragon 680 4G dengan skor 5884 poin.

Untuk skor AnTuTu v9, pihak realme menyebutkan bahwa Unisoc T612 yang mengotaki Narzo 50i Prime meraih skor 209.823 poin. Ini termasuk besaran skor benchmark AnTuTu v9 yang besar untuk seukuran HP 1 jutaan.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh author di situs GGWP.id, realme Narzo 50i Prime ini begitu anda dalam memainkan gim populer pada pengaturan Medium. Gim-gim tersebut adalah Mobile Legends, Free Fire, dan juga PUBG Mobile. Meski begitu, memang diperlukan jeda di sela-sela gim jika tidak ingin suhu ponsel menjadi panas.

3. Layar Tergolong Memadai di Kelasnya

realme narzo 50i prime layar_

Pada dasarnya, realme Narzo 50i Prime tidak disuguhkan dengan kondisi layar yang membahana. Ponsel hadir dengan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci. Resolusinya pun masih HD+ alias 720p alih-alih Full HD+. Namun, masih wajar untuk ponsel di kelas harganya.

Layar ponsel berada pada aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel 720 ppi (pixel per inch). Merupakan HP entry-level, Narzo 50i Prime ini memang tidak dimodali dengan refresh rate tinggi, alias hanya 60 Hz konvensional.

Meski terbilang standar di kelasnya, tapi layar ponsel tergolong unggul dari sejumlah pesaingnya dari sisi tampilan. Notebookcheck.net menyebutkan bahwa sama sekali tidak terdeteksi PWM (Pulse Width Modulation).

PWM merupakan metode untuk menurunkan cahaya pada layar, dengan cara menyalakan dan mematikan backlight secara cepat. Apabila frekuensinya terlalu rendah, biasanya layar akan menampilkan semacam flickering yang bisa mengganggu pengalaman visual. Untungnya, hal demikian tidak terjadi pada HP ini.

Adapun untuk tingkat pencahayaannya, layar smartphone ini suguhkan rata-rata di 354 nit; ini tingkat kecerahan yang terbilang kurang nyaman untuk penggunaan di luar ruangan pada siang hari.

Di luar dari sejumlah kelemahan layarnya, realme Narzo 50i Prime nyatanya memang hanya ponsel entry-level. Yang layak diapresiasi adalah PWM-nya yang non-existent dan ukuran layarnya yang cukup layak untuk menunjang aktivitas harian.

4. Bodi yang Aesthetic dan Ringan

realme narzo 50i prime desain_

Jika hanya menilik dari tampilan luarnya, niscaya tidak ada yang akan menyangka kalau realme Narzo 50i Prime merupakan ponsel 1 jutaan. Pasalnya, desain bodinya memang dibuat begitu kekinian dan premium, seolah berasal dari rentang harga kelas menengah.

Ponsel ini mengambil inspirasi dari mobil balap, menyajikan tekstur desain garis vertikal yang unik dan terlihat megah. Menurut realme, pemilihan konsep desain ini guna mempertegas prioritas realme Narzo 50i Prime dalam hadirkan kecepatan.

Selain punya gaya desain yang stylish dan aesthetic, realme Narzo 50i Prime juga begitu mudah dioperasikan dengan satu tangan. Ini lantaran bobot bodinya yang tidak lebih dari 182 gram. Cukup ringan, bukan?

Baca juga  Ketahui 7 Perbedaan Infinix Hot 12 dan Infinix Hot 12i

Sebagai perbandingan, bobot ini masih lebih ringan dari sejumlah kompetitornya; yakni Redmi 10C dengan bobot 190 gram, Motorola Moto E40 dengan berat 198 gram, dan realme C31 dengan bobot 197 gram.

Smartphone ini juga begitu mudah diselipkan ke dalam kantong celana, karena punya desain Ultra Slim 8,5 mm yang begitu tipis. HP ini tersedia dalam dua varian warna yang sama-sama keren yaitu Mint Green dan Dark Blue.

5. Mendukung Storage UFS 2.2

realme narzo 50i prime ufs_

Jika berbicara soal HP murah, pengguna umumnya harus rela disuguhkan dengan standar memori internal berupa eMMC. Umumnya, standar UFS yang lebih cepat dalam mentransfer data hanya dimiliki oleh smartphone 2 jutaan ke atas.

Beda dengan Narzo 50i Prime yang sudah suguhkan UFS 2.2 di harganya yang murah meriah. Menurut klaim realme, standar UFS 2.2 ini 300% lebih cepat dibanding eMMC 5.1. Jadi, Anda bisa ekspektasikan kecepatan super ngebut saat menyalin data, mengekstrak file, ataupun saat loading dalam gim.

Ponsel ini hadirkan dua macam kombinasi RAM LPDDR4x dan memori internal, yaitu RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB dan RAM 4 GB dengan storage 64 GB. Tidak lupa, tersedia juga Dual SIM slot beserta satu slot ekstra untuk menambahkan kapasitas memori hingga 1 TB.

6. Sistem Operasi Ringan

realme ui r edition android 11_

Apabila Anda seorang konsumen yang prefer pengalaman Android murni, pasti akan mengapresiasi ponsel ini. Nyatanya, Narzo 50i Prime menggunakan sistem operasi Android 11 berantarmuka realme UI R Edition.

Apa itu? Singkatnya, realme UI R edition adalah sebuah Android pure yang hanya mendapat sedikit kustomasi dari realme. Hasilnya? Ponsel ini pun cenderung minim bloatware dan navigasi pun begitu terasa lebih ringan.

Meski demikian, beberapa fitur yang biasa muncul di Android 11 jadi menghilang – seperti Smart Sidebar, Game Space, long screenshot, dan lain sebagainya.

Tapi untungnya, karena minim bloatware (aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus), sisa storage di memori internal jadi lebih lega. Anda pun jadi lebih leluasa instal gim dan aplikasi yang diinginkan.

7. Single Camera yang Cukup Mumpuni

realme narzo 50i prime kamera_

Di tahun 2022, rasanya sudah jarang ditemukan ponsel yang masih hadirkan satu kamera di belakang. Biasanya produsen smartphone berlomba-lomba suguhkan kamera banyak agar mengikuti standar zaman.

Uniknya, realme Narzo 50i Prime hanya suguhkan Single Camera saja. Ini tidak selamanya merupakan hal buruk. Soalnya, rata-rata lensa pendamping di harga murah hanya suguhkan kamera makro dan depth sensor. Kedua lensa pendamping ini nyatanya tidak menambah banyak manfaat pada pengalaman fotografi.

Kamera utama yang terpasang di bodi belakang ponsel adalah SmartSens SmartPixel SC800CS dengan resolusi 8 MP (f/2.0) dengan focal length 27 mm dan ukuran sensor 1/4.0 inci. Kamera juga dilengkapi dengan fitur autofokus.

Sedangkan untuk kamera depannya, ponsel memiliki resolusi sensor selfie berkekuatan 5 MP (f/2.2) dengan focal length 27mm dan ukuran sensor 1/5.0 inci.

Baca juga  10 Aplikasi Terbaik untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus

Untuk kemampuan perekaman video, kamera belakang mendukung resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS. Sedangkan, kamera depan hanya mendukung 720p di kecepatan 30 FPS. Mau tahu sampel hasil foto di ponsel ini? Yuk simak sebagai berikut.

Kalau Anda melihat foto-foto di atas tanpa di-zoom sama sekali, mereka terlihat begitu solid. Terutama untuk HP seharga 1 jutaan. Bahkan foto minim cahayanya tergolong bagus di kelasnya.

Tapi kalau di-zoom, baru akan terlihat detil yang pecah-pecah dan ngeblur. Apalagi kalau dibandingkan dengan HP-HP yang lebih mahal.

Kekurangan realme Narzo 50i Prime

Meski ponsel ini banyak memiliki kelebihan, nyatanya realme Narzo 50i Prime tetaplah merupakan ponsel entry-level. Tentu mesti ada beberapa spesifikasi yang dipangkas untuk dapat mencapai harga yang begitu terjangkau. Berikut adalah poin-poin kekurangannya.

1. Paket Penjualan Tidak Dilengkapi dengan Casan

realme narzo 50i prime baterai_

Meski realme Narzo 50i Prime dibekali dengan baterai mumpuni dan fitur penghematan daya yang hebat, tapi sayangnya perangkat tidak disertai dengan pengisi daya (charger).

Ini mengharuskan pengguna untuk membeli casan secara terpisah, atau menggunakan casan dari ponsel Anda sebelumnya.

2. Hanya Mendukung WiFi 4

realme narzo 50i prime wifi_

Ponsel ini nyatanya hanya menyuguhkan protokol WiFi 4. Artinya, ia hanya bisa terhubung dengan jaringan yang berjalan pada frekuensi 2,4 GHz. Kalau Anda ingin HP dengan kecepatan internet tinggi, mungkin realme Narzo 50i Prime ini akan terasa inadequate.

Padahal, tidak mustahil untuk HP di harga 1 juta untuk menawarkan protokol jaringan WiFi 5 Dual Band. HP dengan WiFi 5 akan sanggup mengunduh file dan streaming dengan kecepatan yang jauh lebih unggul.

3. Tanpa Sensor Sidik Jari

realme narzo 50i prime tanpa sensor sidik jari_

Untuk dapat membuka kunci layar dengan cepat, realme Narzo 50i Prime sediakan fitur Face Unlock. Namun sayangnya, perangkat ini sama sekali tidak sediakan sensor pemindai sidik jari.

Bagi sebagian orang, sensor sidik jari itu diperlukan karena Face Unlock tidak selamanya dapat mendeteksi wajah dengan baik. Terlebih jika pengguna sedang menggunakan masker.

Simpulan

Sekian poin-poin kelebihan dan kekurangan realme Narzo 50i Prime yang mesti Anda ketahui. Ternyata meski harganya murah, realme tak lantas menyajikan kualitas yang abal-abal pada ponsel ini.

Anda bisa merasakan pengalaman bermain gim tanpa framing alias lag berkat hadirnya chipset Unisoc T612 yang bertenaga. Juga, standar memori internalnya yang sudah pakai UFS 2.2 semakin membuat pengoperasian smartphone semakin ngebut dan gegas.

Tatkala sering berpergian ke luar rumah, baterainya yang besar dan tahan lama akan mendukung setiap pekerjaan tanpa harus andalkan power bank. Meski saat baterai tinggal sedikit lagi, fitur penghematan dayanya juga berfungsi dengan sangat baik untuk mendorong masa penggunaan yang lebih lama.

realme Narzo 50i Prime bisa Anda dapatkan dengan harga rilis Rp1.399.000,- untuk versi RAM 3 GB/32 GB dan Rp1.699.000,- untuk model RAM 4 GB/64 GB. Ponsel inipun dijual pada program flash sale pada tanggal 23 hingga 31 Agustus 2022 dengan potongan harga sebesar Rp150.000,- dari harga normal. Tertarik?


https://actoncloud.com