Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo3


Setelah gamer hardcore sedunia dipuaskan dengan kehadiran realme GT Neo2 di tahun 2021, kini telah hadir sang penerus yang dinamakan realme GT Neo3. Ponsel yang dirancang untuk hadirkan performa tinggi tersebut menunjukkan batang hidungnya di pasar China pada 22 Maret 2022.

HP ini diketahui memiliki harga rilis yang cukup beragam, mulai dari 1.999 yuan atau setara dengan Rp4,5 juta hingga 2.799 yuan yang setara dengan Rp6,3 juta. Saat artikel ini ditulis, belum diketahui harga resminya saat nanti masuk ke Indonesia.

Yang jelas, melihat dari kisaran harganya, tampaknya ia merupakan pesaing dari Xiaomi 11T series dan OPPO Reno7 series. Dibandingkan dengan para pesaingnya, sanggupkah realme GT Neo3 dinobatkan sebagai the king of mid-range? Untuk menjawabnya, simak dulu poin-poin kelebihan dan kekurangan realme GT Neo3 di bawah ini.

Spesifikasi realme GT Neo3

Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 6 GB, 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kelebihan realme GT Neo3

Kira-kira, apa saja ya kelebihan yang ditawarkan HP mid range ini selain performanya? Agar lebih dekat dengan realme GT Neo3, sebaiknya perhatikan poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Kinerja Buas dengan Dimensity 8100

Dimensity 8100

realme GT Neo3 dirilis menggunakan chipset MediaTek untuk kelas high-end yakni Dimensity 8100. Chipset tersebut merupakan varian yang sedikit lebih tinggi dari Dimensity 8000, unggul dari sisi prosesor yang telah di-overclock.

Ini merupakan SoC (system on chip) yang cukup gahar untuk di kelas harga menengah ke atas, membawakan dua klaster prosesor berformat 4 + 4 yang terdiri dari inti Cortex A78 (2.85 GHz) dan Cortex A55 (2 GHz).

Demi menunjang aktivitas gaming yang lancar tanpa kendala, chipset ini dikemas dengan kartu pengolah grafis Mali G610 MC6. Menariknya, Dimensity 8100 dibangun atas proses fabrikasi 5 nm sehingga memiliki tingkatan efisiensi daya setara dengan chipset flagship.

Agar dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat dan gesit, smartphone bergaya desain mobil balap ini dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5 serta memori internal berstandar UFS 3.1 yang beroperasi pada frekuensi 6400 MHz.

Belum diketahui konfigurasi RAM dan memori internal pada varian yang masuk di Indonesia. Namun jika menilik laman spesifikasi realme India, ponsel ini hadirkan up to RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB. Tersedia juga RAM 8 GB dan internal 128 GB sebagai varian lebih murahnya.

Untuk mempertahankan performa stabil walau sudah bermain gim dalam waktu cukup lama, realme GT Neo3 dilengkapi dengan sistem pendingin internal yang solid. Tersedia cooling area yang sangat besar, berukuran 39606 mm persegi dengan ruang uap (vapor chamber) seluas 4129 mm persegi.

realme mengklaim Stainless Steel Vapor Cooling System Max tersebut menghadirkan ukuran area pendingin yang 7% lebih besar dari realme GT2 Pro, serta sanggup menurunkan suhu di area inti prosesor hingga 19 derajat celsius.

Sementara itu, vapor chamber di HP ini juga disinyalir 26% lebih besar dibandingkan predesornya, dan sanggup memberikan performa memukau sekaligus menjaga suhu dingin optimal.

Solusi pendingin suhu di HP ini terdiri dari 9 lapisan yang meliputi Diaomond Thermal Gel, diklaim 50-60% lebih baik ketimbang thermal gel biasa dalam hal menghilangkan panas. Sistem pendingin ini juga mengandalkan tambahan material copper alloy yang bisa meredakan panas lebih cepat dibanding besi atau aluminium.

Dilansir dari 91mobiles.com, realme GT Neo3 mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 812.535 poin, sementara hasil Geekbench 5 menunjukkan skor 973 (single core) dan 3999 (multi-core).

Disebutkan pula bahwa reviewer di 91mobiles.com jarang mengalami masalah panas sepanjang pengujian ponsel, dan ini berkat proses fabrikasi 5 nm yang dimiliki Dimensity 8100 serta sistem pendingin yang bekerja dengan baik.

Yang kerennya lagi, realme GT Neo3 benar-benar memiliki skor memukau pada pengujian CPU Throttling dan juga 3D Mark’s Extreme. Diketahui, perangkat hanya alami penurunan performa CPU ke 91% dari performa puncaknya, dan memberikan skor 91,7 persen skor stabilitas pada pengujian 3D Mark’s Extreme.

realme GT Neo3 dapat memainkan gim Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan grafis High, dan permainan dilaporkan stabil di frame rate 60 FPS. Ini tentu sebuah pencapaian luar biasa untuk sekelas HP segmen menengah.

Meski performa chipset ini setara dengan Snapdragon 888, namun gim yang tersedia kurang teroptimasi dengan baik pada Dimensity 8100. Rasanya cukup wajar, mengingat Dimensity 8100 sendiri baru diumumkan pada Maret 2022.

2. Punya Kamera Handal

realme gt neo 3 kamera_

realme GT Neo3 memang dikhususkan untuk berikan performa kencang saat bermain gim. Meski begitu, bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kualitas kamera yang bagus.

Sebaliknya, HP ini bahkan hadirkan sensor Sony IMX 766 beresolusikan 50 MP sebagai kamera utamanya. Ini merupakan sensor yang juga dimiliki OPPO Find X5 Pro. Jadi, Anda bisa ekspektasikan kualitas hasil foto yang kurang lebih setara dengan HP flagship.

Konfigurasi Triple Camera di HP ini terdiri atas sensor utama 50 MP (f/1.9) dengan ukuran sensor 1/1.56 inci yang dilengkapi PDAF dan OIS.

Lalu, terdapat sensor 8 MP (f/2.3) sebagai kamera ultrawide yang mendukung bidang keluasan 120 derajat. Adapun sebagai kamera ketiga, hadirkan sensor 2 MP (f/2.4) pada fungsi makro yang dapat memotret benda kecil dengan detil memukau.

Kamera belakangnya ini dapat merekam video pada resolusi 1080p di kecepatan 60 FPS, serta 4K di 30/60 FPS. Jika Anda merekam pada resolusi 1080p, fitur gyro-EIS-nya akan membuat rekaman begitu stabil agar hasil video terhindari dari efek goyangan.

Dahsyatnya stabilisasi ini juga turut diamini oleh 91mobiles.com, yang mencoba sendiri bahwa stabilisasinya memang bekerja dengan sangat baik. Yuk, simak hasil-hasil sampel foto di bawah ini!

realme gt neo3 hasil kamera siang hari hdr 2_Sumber: 91mobiles.com
Mode HDR
realme gt neo3 hasil kamera close up makro_Sumber: 91mobiles.com
Mode makro

Kondisi pemotretan di siang hari bekerja dengan sangat baik. Pada kondisi saat terdapat sumber pencahayaan yang terang, rentang dinamis yang ditampilkan sangat kece, dengan detil yang begitu kaya. Pemotretan makronya juga sangat baik, menampilkan detil yang cukup lengkap dan ketajaman yang optimal.

3. Panel Layar AMOLED Memukau dengan Laju Penyegaran 120 Hz

realme gt neo 3 layar_

Merk realme umumnya jarang menghadirkan spesifikasi layar yang biasa-biasa saja pada setiap produknya, apalagi untuk segmen menengah seperti realme GT Neo3 ini. Tidak lagi gunakan IPS LCD, panel layar mengusung AMOLED dengan ukuran 6,7 inci yang dikemas pada resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel).

Layarnya inipun mengusung aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan 394 ppi, sehingga menyuguhkan ketajaman super tinggi agar mata pengguna benar-benar dimanjakan.

Agar transisi layar pada saat scrolling aplikasi, bermain gim, dan menjelajahi antarmuka meningkat dua kali lipat dari biasanya, layar pun menghadirkan refresh rate 120 Hz. Ini tentu sebuah kabar menggembirakan, mengingat OPPO Reno7 5G hanya menghadirkan laju 90 Hz saja.

Adapun untuk meningkatkan responsivitas layar saat bermain gim, diberikan touch sampling rate 360 Hz. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menjadi yang pertama menyerang lawan di medan pertempuran, di saat Anda dan lawan mengetuk tombol serang di waktu yang sama.

Layar ponsel juga didukung oleh Dedicated Display Processor yang akan menambahkan frame di saat memainkan gim yang mendukung, sehingga frame rate-nya bisa ditingkatkan hingga up to 120 FPS.

Prosesor tersebut juga akan melakukan proses rendering grafis dan interpolasi untuk menghasilkan data yang baru di antara range yang ditetapkan. Ini berimbas baik pada ketahanan baterai saat bermain gim.

Menurut 91mobiles.com, layar smartphone mampu meraih kecerahan hingga 1000 nit dan memiliki sudut penglihatan yang baik. Dengan begitu, layar ponsel tetap terlihat enak walau dipakai menonton berdua bersama teman atau pasangan.

Bezelnya yang tipis benar-benar menghasilkan usable surface yang begitu luas, sehingga layar memiliki rasio bodi-ke-layar yang melebihi 94 persen. Ditambah lagi, gamut warna yang didukung layar ini pun cukup luas, hadirkan standar warna 10-bit yang mampu tampilkan sebanyak 1,07 miliar warna. Gradasi warna di layar sungguh akan terlihat memesona.

Kontras rasio yang dimiliki HP ini mencapai 5 juta banding 1. Anda pun akan disuguhkan tampilan warna hitam yang benar-benar gelap, dan warna putih yang ditampilkan pun akan sungguh terlihat terang dan mengagumkan. Singkat kata, kualitas layar realme GT Neo3 termasuk salah satu yang terbaik di harganya.

4. Fast Charging Super Kencang

realme gt neo 3 fast charging_

realme GT Neo3 menghadirkan kapasitas baterai 5.000 mAh yang sudah cukup sering dimiliki ratusan ponsel kelas menengah lainnya. Sebagai informasi, ini juga merupakan kapasitas baterai yang dimiliki realme GT Neo2.

Kendati kapasitasnya sama, kini GT Neo3 hadirkan peningkatan di sisi fast charging-nya, yakni dari yang semula hanya 65 W menjadi 80 W.

Kecepatan pengisian daya ini disinyalir sanggup mengisi baterai dari 0-100 persen dalam waktu 32 menit saja. Sungguh pas bagi Anda yang tak mau ribet bawa-bawa power bank, tapi juga tak punya banyak waktu untuk mengecas.

Kapasitas baterai yang besar pun sungguh awet. Diketahui, realme mengklaim bahwa baterai realme GT Neo3 sanggup bertahan hingga 1600 siklus pengisian dan akan mempertahankan lebih besar dari atau sama dengan 80% kapasitas aslinya.

Jika Anda memilih varian ponsel yang hadirkan RAM 12 GB, Anda akan disuguhkan dengan fast charging yang jauh lebih cepat yaitu 150 W. Konsekuensinya, kapasitas baterainya pun hanya 4500 mAh.

Pengujian yang dilakukan 91mobiles.com menyatakan kapasitas 4500 mAh ini dapat diisi dari 5 persen ke 55 persen dalam waktu 10 menit saja.

Sedangkan untuk mengisinya hingga penuh, hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Hanya meleset sedikit dari klaim realme yang menyatakan HP bisa dicas sampai penuh dalam waktu 17 menit.

Sementara untuk ketahanan baterainya sendiri, sumber mobiledrop.in, mengatakan ponsel perlu dicas dua kali sehari jika Anda sering melakukan aktivitas berat-berat, seperti bermain gim.

5. Build Quality yang Baik

realme gt neo 3 build quality_

Jika Anda bosan dengan desain HP yang “itu-itu saja”, dijamin realme GT Neo3 tidak akan mengecewakan. Ya, sebagian pakar berpendapat bahwa embel-embel GT di namanya memang singkatan dari Gran Turismo, mirip gim balap yang ada di konsol PlayStation.

Maka dari itu, tidak heran desain realme GT Neo3 benar-benar mencirikan nuansa mobil balap. Konsep desain Racing Stripe ini melambangkan kecepatan dan performa, dua hal yang menjadi fokus utama realme GT Neo3.

Bagian belakangnya mengusung finishing dari material kaca AG dengan nuansa kontur yang cantik. Ditambah lagi, relame menyebut bodi belakang yang halus ini menampilkan glare yang lebih minim, serta tidak mudah menjadi sarang bagi noda sidik jari.

realme GT Neo3 pun memiliki bobot yang begitu ringan di angka 188 gram saja. Kendati tidak seringan OPPO Reno7 dengan bobot 175 gram, tapi tetap saja terbilang salah satu yang paling ringan di kelasnya. Menurut 91mobiles.com. ponsel ini begitu terasa premium saat digenggam, dan dapat digunakan pada satu tangan dengan nyaman.

6. Hadir dengan NFC dan 9 Pita Jaringan 5G

realme gt neo 3 nfc_

Konektivitas di HP ini benar-benar bukan main bagusnya. Ponsel menghadirkan jaringan 5G yang mendukung sebanyak 9 pita jaringan, termasuk di antaranya n1, n3, dan juga n40. Ketiga jaringan tersebut sudah didukung oleh beberapa provider seluler ternama di Indonesia.

Selain itu, ponsel juga hadirkan NFC (Near Field Communication) pada sudut 360 derajat yang dijamin akan memudahkan proses pengisian saldo eMoney. Tidak melulu harus ditempelkan pada bodi belakang, kini kartu atau perangkat lain bisa ditempelkan dari segala arah.

Fitur konektivitas di realme GT Neo3 juta disebutkan punya kecepatan perpindahan transmisi data yang baik saat harus berganti jaringan dari SIM 1 ke SIM 2 atau sebaliknya. Misalnya saat bermain gim daring menggunakan kuota di SIM 1, Anda dapat langsung menerima panggilan telepon yang menghubungi SIM 1 tanpa kendala.

7. Memiliki Stereo Speaker Berkualitas

realme gt neo 3 stereo speaker 2_

realme GT Neo3 adalah ponsel yang dikhususkan untuk melaksanakan aktivitas hiburan multimedia, lebih spesifiknya yaitu bermain gim. Tentu tidak afdol jika bermain gim tanpa diiringi kualitas audio memukau agar pengalaman terasa nyata, maka dari itu dihadirkannya Dual Stereo Speaker yang terletak di atas dan bawah bodi.

Kualitas suaranya terbilang baik menurut sumber DailyTechByte.com, mampu hadirkan pngalaman audio yang imersif dan pengguna tidak akan mengalami isu apapun terkait kualitas audio yang dihasilkan.

Speaker di HP ini didukung dengan standar Hi-Res Audio dan Dolby Atmos. Umumnya, ponsel dengan standar audio seperti ini sama sekali tidak akan mengecewakan. Bahkan, terdapat juga mikrofon sekunder yang mendukung fitur noise cancellation yang dapat meningkatkan pengalaman menelepon.

Kekurangan realme GT Neo3

Terlepas dari segudang kelebihan yang ia punya, rupanya realme GT neo3 juga tidak luput dari kekurangan, yakni seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Tanpa Sertifikasi IP Rating

realme gt neo 3 hasil foto malam hari kurang bagus_

Harga rilis relame GT Neo3 tidak beda jauh dengan Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro. Namun sayangnya, ponsel ini tidak menyuguhkan sertifikasi IP Rating sama sekali. Padahal, kedua pesaing yang telah disebut tadi setidaknya sudah didukung dengan IP53 yang membuatnya tahan terhadap percikan air dari segala arah.

Jika bersikukuh ingin memiliki realme GT Neo3, Anda harus lebih ekstra hati-hati lagi saat berada di lingkungan perairan ataupun saat curah hujan sedang tinggi-tingginya. Jika absennya IP Rating bukan menjadi masalah bagi Anda, maka realme GT Neo3 tetap layak untuk dipertimbangkan.

2. Tanpa Port 3.5 mm Jack Audio

realme gt neo 3 stereo speaker_

Semula menjadi tren di kalangan HP flagship, kini berimbas pula pada HP menengah. Ya, realme GT Neo3 sama sekali tidak menawarkan port audio 3.5mm jack. Anda pun harus pergunakan adapter setiap saat atau harus beralih ke earphone TWS (True Wireless Speaker).

Untungnya, target pasar di harga ini rata-rata mampu membeli TWS. Dan setidaknya HP ini sudah dibekali stereo speaker, sehingga Anda tetap dapat rasakan kualitas suara yang mantap tanpa harus mngandalkan earphone.

3. Tanpa Slot Memori Eksternal

realme gt neo 3 tanpa slot microsd_

Slot Dual SIM yang ditawarkan realme GT Neo3 bukan hibrida. Artinya, ia tidak dapat diselipkan dengan kartu memori eksternal sama sekali. Hal ini mungkin tidak jadi masalah bagi Anda yang memilih varian internal 256 GB. Namun jika memilih kapasitas 128 GB, Anda harus berbagi space antara file dokumen dan juga aplikasi dan gim.

Simpulan

Sekian kelebihan dan kekurangan dari realme GT Neo3, sang ponsel di segmen menengah yang punya sejumlah keunggulan di sisi performa, kamera, ergonomika, dan juga suara speaker.

Ini benar-benar merupakan HP sejati bagi pencinta gim akut, menyuguhkan performa setara dengan HP flagship agar pemain tidak harus mengorbankan grafis demi mendapatkan frame rate tinggi.

Layar dan baterainya pun termasuk salah satu yang terbaik di harganya, mampu menunjang aktivitas bermain, scrolling medsos, ataupun berselancar di internet kapan saja dan di mana saja. Jadi, siap kebut-kebutan dengan HP “mobil balap” ini?


https://actoncloud.com

Baca juga  Yuk Kenali 6 Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10a!