Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme 9i


Hingga saat artikel ini ditulis, sudah ada tiga lini seri relame 9 yang menunjukkan batang hidungnya di Indonesia yakni realme 9 Pro+, relame 9 Pro, dan juga realme 9 reguler. Kini giliran realme 9i yang menyusul ketiga saudaranya pada 24 Mei 2022.

Melihat sekilas dari spesifikasinya, siapapun bisa menebak kalau realme 9i adalah “anak bungsu” di keluarganya, alias hadirkan harga paling murah dengan beberapa pemangkasan fitur di sana-sini. Menurut kabar yang beredar, realme 9i sendiri akan memiliki banderol harga rilis mulai dari Rp2 jutaan.

Lantas seperti apakah seluk-beluk dari realme 9i ini? Apakah iya mengikuti jejak realme 9 yang datangkan desain warna kuning yang khas berbalutkan efek permukaan air laut? Mampukah realme 9i bersaing dengan rival-rivalnya? Cari tahu dengan membaca poin-poin kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Spesifikasi realme 9i

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kelebihan realme 9i

Kelebihan HP ini meliputi sisi performa, layar, baterai yang awet, serta fast charging yang cepat. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami sajikan poin-poin kelebihan realme 9i.

1. Chipset Snapdragon 680 yang Kencang dan Hemat Daya

68094-snapdragon-680-4g_

Di segmen harga menengah, ada dua opsi chipset yang hadirkan performa tinggi yaitu Helio G96 dan Snapdragon 680 4G. Sebagian orang menginginkan Helio G96 karena suguhkan mikroarsitektur yang lebih jago, namun Helio G96 cenderung lebih cepat panas karena memiliki ukuran transistor 12 nm yang besar.

Nah, realme 9i sendiri hadir dengan Snapdragon 680 4G yang dibangun dengan proses fabrikasi 6 nm. ini membuatnya memiliki efisiensi daya yang setara dengan chipset flagship.

Meski begitu, chipset besutan Qualcomm tersebut hanya membawakan Cortex A73 dan A53 sebagai klaster intinya, ketimbang Helio G96 dengan Cortex A76 dan A55.

Tapi menariknya, Snapdragon 680 justru membawakan clock speed lebih tinggi yaitu 2.4 GHz alih-alih 2.05 GHz seperti Helio G96.

Pada bagian kartu pengolah grafisnya, chipset dibekali dengan Adreno 610 dengan frekuensi 1100 MHz. Snapdragon 680 4G mendukung resolusi kamera utama hingga 64 MP dan dapat menunjang perekaman video hingga 1080p. Meski begitu, realme 9i hanya dibekali dengan kamera 50 MP saja.

Laman Tech Adviser mengungkapkan bahwa realme 9i mendapatkan skor benchmark Geekbench 5 sebesar 1547 poin (multi-core). Skor ini rupanya lebih rendah dari Redmi Note 11 yang meraih 1701 poin, padahal memakai chipset yang sama.

Lanjutnya, realme 9i diketahui sanggup memainkan gim ringan seperti Dead Trigger 2 dengan nyaman, meraih frame rate antara 55 hingga 58 FPS. Akan tetapi, gim yang lebih berat seperti PUBG Mobile hadirkan frame rate stabil, di angka 20 hingga 25 FPS.

Meski bukan untuk aktivitas gaming hardcore, tapi kekuatan performanya memang sudah terbilang kuat untuk HP di kelas harga 2 hingga 3 jutaan.

2. Baterai Awet dengan Fast Charging 33 W

realme 9i baterai_

Keberadaan fast charging 33 W di realme 9i merupakan hal yang melegakan. Meski ponsel value for money lain (seperti POCO M4 Pro dan Redmi Note 11) menawarkan daya pengecasan yang sama, tapi ada pula Galaxy A22 LTE yang hanya dibekali daya 15 W.

realme 9i juga dikemas dengan baterai berkapasitas badag yaitu 5.000 mAh, pada tipe port pengisian yang tentunya sudah USB Type-C alih-alih microUSB.

Ketahanan baterai di HP ini terbilang cukup awet, bahkan mampu bertahan hingga 12 jam pemakaian pada pengujian benchmark saat mode 90 Hz diaktifkan, dilansir dari Tech Advisor.

Ketika diujikan dengan PC Mark Work yang mencakup serangkaian aktivitas seperti browsing dan streaming video secara daring, realme 9i diketahui dapat bertahan hingga 16 jam 49 menit.

Laman Notebookcheck.net juga turut mengamini ketahanan baterai tersebut, mengatakan bahwa realme 9i sanggup bertahan hingga 17 jam 36 menit pada pengujian web browsing menggunakan WiFi. Lanjutnya lagi, realme 9i hadir dengan casan 33 W yang dapat mengisikan baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 1 jam lebih sedikit.

3. Kamera Utama 50 MP

realme 9i kamera_

Di belakang bodi ponsel ini tersemat konfigurasi Triple Camera yang berisikan lensa utama 50 MP (wide-angle), kamera 2 MP makro, dan kamera 2 MP depth sensor atau potret hitam putih.

Sensor utama berkekuatan 50 MP memang bukan barang baru di HP kelas menengah yang rilis tahun 2022. Beragam ponsel serupa dari brand lain juga gunakan kamera utama dengan resolusi setinggi ini, mulai dari Infinix, Xiaomi, hingga Samsung.

Kamera 50 MP ini dapat menghasilkan kualitas foto yang lebih cerah dan detil berkat penggunaan teknologi pixel binning, menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi satu piksel yang lebih besar. Ini membuatnya lebih banyak menangkap cahaya yang diperlukan agar hasil fotonya jadi lebih mantap.

Pada kamera depannya, tersedia sebuah cut out alias tompel di pojok kiri atas sebagai rumah bagi lensa selfie berkekuatan 16 MP. Baik dari kamera belakang maupun depan mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p pada 30 FPS. Serta, tidak tersedia OIS ataupun gyro-EIS di HP ini.

Seperti yang bisa dapat dilihat dari sampel foto di atas, kualitas kamera realme 9i cukup baik pada kondisi siang hari. Namun, ia memang kurang begitu baik pada sisi pemotretan malam hari, sebagaimana ponsel seharga mulai dari 2 jutaan hingga 3 jutaan apda umumnya.

4. Ukuran Layar Luas dengan Resolusi Full HD+

realme 9i layar_

realme 9i memiliki ukuran layar 6,6 inci pada resolusi 1080p. Ini tentu merupakan sebuah ukuran yang terbilang besar, mengingat beberapa pesaingnya hanya hadirkan ukuran antara 6,4 hingga 6,5 inci saja.

Layar inipun didukung dengan tingkat kecerahan tipikal hingga 480 nit, dan sudah hadirkan refresh rate 90 Hz yang dapat tingkatkan kemulusan layar 50% dari 60 Hz konvensional.

Tingkat kerapatan layar mencapai 400 ppi dengan aspek rasio 20:9. Tingkat kerapatan layar tersebut sudah lebih dari cukup untuk membuat tampilan menjadi tajam tanpa terlihat adanya bagian-bagian yang choppy seperti layar HD+ pada umumnya.

Menurut pengujian Tech Advisor, layar mampu memiliki tingkat kecerahan puncak yang cukup tinggi saat berada di bawah terik sinar matahari, mencapai 556 nit. Ini merupakan kecerahan yang layak agar konten dan tulisan di layar bisa terbaca dengan baik meski di siang hari.

Laju penyegaran 90 Hz pada layar juga beroperasi secara adaptif, memiliki lima tahapan berbeda berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan. Laju peneygaran terendah yang bisa didapat adalah 30 Hz, ini guna menghemat baterai dengan cara menurunkan refresh rate di saat yang tidak diperlukan.

Layar realme 9i juga memiliki waktu respon yang cukup cepat saat berganti antara hitam ke putih di angka 18 milidetik, dilansir dari Notebookcheck.net. Ini merupakan waktu respon lebih baik dari mayoritas ponsel lain dengan rata-rata tingkat responsivitas 23,4 milidetik.

5. Desain Ergonomis dengan Slot MicroSD Khusus

realme 9i desain bodi_

Sekilas, bodi belakang realme 9i terlihat biasa-biasa saja. Tidak ada yang begitu menonjol. Justru ini merupakan salah satu appeal yang membuatnya tampak lebih simpel dan elegan.

Tidak sepenuhnya polos, bodi belakang hadirkan pola garis vertikal memanjang yang realme sebut sebagai Desain Primsa Stereo. Desain tersebut menampilkan sebanyak 3.000 garis yang dibangun agar menyerupai bentuk prisma dengan tekstur tiga dimensi.

Di atas bodi ini terdapat earpiece yang sekaligus menjelma sebagai speaker kedua. Ya, pasalnya ponsel ini memang menyediakan stereo speaker yang seimbang dan cukup enak didengar.

Sedangkan untuk tombol-tombol fisiknya, realme mempergunakan kedua sisi kiri dan kanan agar lebih praktis digunakan. Di sebalah kiri terdapat tombol volume dan juga slot kartu SIM, sedangkan di sebelah kanan merupakan tombol Power yang menyatu dengan sensor pemindai sidik jari.

Ukuran ponsel ini cukup terbilang besar walau bukan yang paling bongsor di harganya, memiliki dimensi 164.4 x 75.7 x 8.4 mm dengan bobot 190 gram. Di bagian layar, menggunakan lapisan kaca proteksi Dragontrail Pro Glass agar tidak mudah baret.

Kekurangan realme 9i

Setidaknya ada 5 poin kekurangan yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli realme 9i, yakni sebagai berikut ini.

1. Layar Masih IPS LCD

realme 9i layar masih ips lcd_

realme 9i memang menyuguhkan layar dengan ukuran yang cukup luas, serta tingkat kecerahan yang layak. Meskipun begitu, hadirnya panel IPS LCD di rentang harga menengah tampaknya sudah tidak pantas untuk HP keluaran 2022.

Beberapa pesaingnya seperti Samsung Galaxy A22 4G, POCO M4 Pro, dan Redmi Note 11, semua sudah gunakan panel AMOLED yang menawarkan true black, kontras rasio yang luas, juga warna yang lebih memukau.

Tidak hanya itu, AMOLED juga akan jauh lebih hemat daya ketimbang IPS LCD jika Anda gunakan tema dan background berwarna hitam, serta menggunakan Dark Mode.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

realme 9i tanpa lensa ultrawide_

Ini lagi-lagi menjadi kekurangan yang membuat realme 9i kalah saing dengan HP sebayanya. Bagaimana tidak? Di antara ketiga lensanya, tidak ada satupun yang dapat digunakan untuk melakukan pemotretan ultrawide.

Alih-alih lensa yang menawarkan FOV lebih luas tersebut, realme 9i malah dibekali dengan sensor makro dan hitam putih.

Padahal, fungsi makro bisa diintegralkan dengan sensor utama ketimbang harus korbankan keberadaan ultrawide. Anda pun jadi harus andalkan panorama jika hendak mengambil foto pemandangan atau memuat banyak orang dalam satu frame.

3. Tanpa NFC

NFC

Ketersediaan NFC di realme 9i bergantung pada wilayah pasar. Dan saat kami lihat laman spesifikasi resmi ponsel ini di realme Indonesia, kami tidak dapat menemukan fitur NFC tertera di sana. Artinya, aman untuk berasumsi bahwa realme 9i varian Tanah Air memang tidak menyuguhkan NFC tersebut.

Sedikit informasi, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang sesuai namanya, merupakan sarana komunikasi jarak dekat.

Ia dapat digunakan untuk beragam manfaat, contohnya seperti mengecek dan mengisi saldo eMoney, ataupun menyalin data kartu akses pintu kantor dan apartemen.

Tidak sulit menemukan fitur NFC di rentang harga ponsel menengah. Xiaomi Redmi Note 11 saja sudah menyediakannya, dan Anda pun bahkan bisa temukan HP 1 jutaan yang sudah menyediakan NFC.

4. Tanpa Android 12

realme 9i android 11_

Di saat begitu banyak ponsel yang dirilis dengan Android 12 di kuartal kedua tahun 2022, entah mengapa realme 9i hanya dirilis dengan Android 11.

Ya, pada akhirnya ponsel ini tentu akan mendapatkan update OTA ke Android 12, namun ini mengharuskan pengguna untuk melalui sebuah proses tertentu alih-alih dapatkan Android 12 dari pabrikannya.

Bukan itu saja, ponsel yang dirilis dengan versi Android lawas umumnya memiliki jangka masa update yang lebih pendek. Ini membuat realme 9i tampak kurang layak untuk penggunaan masa panjang.

5. Tanpa 5G

realme 9i tanpa 5g_

realme 9i menggunakan chipset Snapdragon 680 4G yang memang tidak memiliki modem 5G di dalamnya. Jadi, HP ini ya memang tidak menyuguhkan konektivitas 5G.

Saat peluncuran realme 9i di Indonesia, jaringan 5G masih menjadi generasi yang relatif baru dan memang belum merata penyebarannya. Namun, jika Anda seorang tech savvy yang senantiasa ingin mencicipi jaringan generasi terkini, Anda perlu mencari HP lain.

Begitu banyak HP 5G yang dibanderol dengan harga murah-murah, termasuk di antara Infinix Zero 5G di harga rilis Rp3,6 juta, Samsung Galaxy A22 5G di harga Rp3,2 juta, dan juga varian Pro di seri ini (realme 9 Pro) yang punya harga Rp3,8 juta. Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman artikel HP 5G dengan harga termurah.

Simpulan

Kualitas pada realme 9i terletak pada sisi performa, desain bodi, dan juga kamera. Adanya fast charging 33 W dengan baterai 5.000 mAh juga merupakan hal yang layak diapresiasi.

Meski hasil kamera dapat diandalkan, namun realme 9i tidak dapat direkomendasikan pada mereka yang menginginkan kamera ultrawide. Absennya sensor ini tentu bisa jadi deal-breaker yang cukup fatal, mengingat hampir semua HP 2-3 jutaan sudah memilikinya.

Adapun ponsel murah yang belum menggunakan ultrawide karena ponsel tersebut umumnya hadirkan jaringan 5G. Rasanya tidak ada justifikasi yang pas untuk menghilangkan senosr berguna ini di realme 9i.

Layarnya yang masih IPS LCD pun turut menjadi nilai minus pada HP ini. Namun setidaknya, smartphone masih memberikan kecerahan yang layak di luar ruangan dan hadir dengan resolusi Full HD+. Sebagai catatan, salah satu pesaingnya bernama Galaxy A22 LTE sudah memiliki AMOLED namun dengan resolusi 720p.

Terlepas dari kekurangannya yang cukup banyak, kami pribadi masih yakin kalau realme 9i akan cukup banyak disukai. Toh pada dasarnya, pengalaman penggunaan yang diberikan memang termasuk baik, walau tetap saja akan menjadi PR berat untuk bersaing dengan HP-HP dari brand lain.


https://actoncloud.com

Baca juga  Kupas Tuntas10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12