Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan POCO X4 GT Ini!


POCO meluncurkan penerus bagi POCO X3 GT pada Juli 2022, yakni POCO X4 GT. Ini merupakan smartphone dengan kemampuan kinerja yang dahsyat di kelas harga menengah (4-5 jutaan), sekaligus tawarkan peningkatan cukup banyak dibanding pendahulunya.

POCO selaku subbrand dari Xiaomi memang seringkali suguhkan produk-produk ponsel pintar dengan spesifikasi dewa, meski mematok harga yang cukup terjangkau.

Daya tarik utama yang bisa diekspektasikan dari ponsel-ponsel POCO adalah konektivitas unggul, performa gegas untuk bermain gim, dan baterai dengan ketahanan memadai. Apakah semuanya ini masih bisa ditemukan pada POCO X4 GT? Mari simak jawabannya pada artikel kelebihan dan kekurangan POCO X4 GT ini.

Spesifikasi POCO X4 GT

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5080 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kelebihan POCO X4 GT

Jika Anda seseorang yang memprioritaskan performa di atas segalanya, POCO X4 GT ini akan terasa begitu worth it setelah Anda memilikinya. Di bawah ini adalah sejumlah poin kelebihan yang perlu Anda ketahui.

1. Layar IPS Berkualitas dengan Refresh Rate 144 Hz

poco x4 gt layar_

Perangkat pintar dari POCO ini membawakan panel layar IPS LCD dengan ukuran 6,6 inci, tentunya sudah berada pada resolusi Full HD Plus untuk menawarkan ketajaman yang baik.

Beberapa fitur yang ditawarkan layar turut hadir dalam meningkatkan kualitas tampilan, baik saat menonton film, melakukan scrolling, ataupun bermain gim.

Contohnya seperti keberadaan seperti HDR10 dan Dolby Vision yang dapat meningkatkan rentang dinamis dan reproduksi warna pada konten yang Anda tonton.

Warna-warna yang ditampilkan akan lebih menyala dari mayoritas layar ponsel lainnya, berkat teknologi TrueColor dan gamut warna DCI-P3. Selanjutnya, layar juga memiliki kerapatan piksel sebesar 407 ppi (pixel-per-inch) yang sungguh menampilkan ketajaman baik.

Ponsel juga dimodali dengan kemampuan refresh rate di atas rata-rata yakni 144 Hz. Ini merupakan sebuah peningkatan dibanding POCO X3 GT yang pakai 120 Hz.

Refresh rate 144 Hz sendiri terbilang salah satu yang tertinggi di industri smartphone, hanya dikalahkan oleh segelintir ponsel gaming flagship yang sudah pakai 165 Hz.

Pengguna juga tidak perlu khawatir layar boros lantaran menggunakan refresh rate tinggi terus menerus, karena perangkat sudah menerapkan laju penyegaran adaptif sebanyak 7 tingkatan. Nantinya, perangkat bisa mendeteksi aktivitas yang dilakukan dan menyesuaikan refresh rate sesuai porsinya.

Misalnya ketika sedang scrolling medsos, layar akan berada dalam 50 Hz ketika statis dan mengusung 144 Hz ketika scrolling sedang berlangsung. Pun ketika bermain gim, refresh rate akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan frame rate yang diraih, yakni antara 60 Hz, 90 Hz, 120 Hz, dan 144 Hz.

Layar juga memiliki fitur bernama DC Dimming yang dapat mengurangi emisi cahaya biru guna melindungi mata dari kelelahan. Selain itu, tersedia juga fitur True Display yang dapat mengatur temperatur warna berdasarkan pencahayaan lingkungan di sekitarnya.

Untuk membuat layar sanggup melakukan respon terhadap sentuhan jari, perangkat ini membawakan touch sampling rate 270 Hz yang bisa diraih sekalipun refresh rate-nya bada di angka 90 Hz atau di bawahnya.

Pengujian dari GSM Arena menyatakan bahwa layar dapat meraih tingkat kecerahan hingga 470 nit pada mode manual, dan meraih 600 nit pada mode Auto.

2. Hadir dengan Chipset Super Kencang Dimensity 8100

Dimensity 8100

Pengalaman gaming yang ditawarkan POCO X4 GT terbilang sangat solid. Soalnya, perangkat hadir dengan dapur pacu terkuat di kelasnya yang sanggup memainkan gim berat dengan lancar tanpa terkendala lag.

Chipset yang mengotakinya adalah MediaTek Dimensity 8100 dengan fabrikasi 5 nm yang tenaganya bisa dianggap setara dengan Snapdragon 870 sekalipun. Menyuguhkan konfigurasi prosesor delapan inti, chipset mencakup 4 inti berperforma tinggi Cortex A78 (2.85 GHz) dengan 4 inti hemat daya Cortex A55 (2.0 GHz).

Baca juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Itel Vision 3 Plus

Untuk mengolah rendering grafis saat pengeditan video ataupun bermain gim, chipset juga turut dibekali GPU Mali G10 MC6. Ini merupakan kartu pengolah grafis yang juga digunakan pada Dimensity 8000, namun yang satu ini menjanjikan performa performa yang 20% lebih baik.

Performa ponsel keseluruhan juga dipengaruhi oleh tipe RAM dan memori internal. Oleh karena itu, POCO X4 GT pun hanya dibekali dengan yang terbaik, yaitu RAM LPDDR5 dan storage UFS 3.1. Konfigurasi memori ponsel terbagi menjadi dua varian, yakni RAM 8 GB + 128 GB dan RAM 8 GB + 256 GB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari GSM Arena, terlihat bahwa POCO X4 GT sanggup meraih skor benchmark sinstetis yang terbilang tinggi.

Pada pengujian AnTuTu 9, skor yang tercatat adalah 747.817 poin, ketimbang generasi sebelumnya yang hadirkan skor 578.505 poin. Artinya, skor AnTuTu v9 POCO X4 GT hadirkan peningkatan sekitar 22,6% ketimbang POCO X3 GT.

Selanjutnya, POCO X4 GT juga dikatakan meraih skor Geekbench 5 single core sebesar 917 poin dan multi-core sebesar 3719 poin. Uniknya lagi, ternyata POCO X4 GT memiliki skor multi-core lebih tinggi ketimbang POCO F4 GT yang hanya sebesar 3710 poin. Padahal, POCO F4 GT memiliki spek dapur pacu lebih tinggi dibanding X4 GT.

Sebagai informasi, Dimensity 8100 dengan performa yang mengancam Snapdragon 800 series ini lebih umum dimiliki pada ponsel dengan rentang harga jauh di atasnya, contohnya seperti realme GT Neo3 di harga 7 jutaan. Dengan kata lain, POCO X4 GT memiliki rasio price-to-performance tertinggi di harganya yang cuman 4-5 jutaan.

3. Sistem Pendingin

poco x4 gt sistem pendingin_

POCO X4 GT tak hanya menyuguhkan performa yang kencang melainkan juga sistem pendingin terdedikasi untuk menurunkan suhu saat bermain gim.

Menggunakan teknologi LiquidCool Technology 2.0, perangkat membawakan sebuah ruang uap (vapor chamber) dengan tujuh lapisan graphite agar perangkat bisa menurunuha suhu dengan lebih cepat.

Luas dari ruang uap yang dihadirkan juga diklaim memiliki peningkatan 32% dibandingkan yang ada pada POCO X3 GT.

poco x4 gt throttling_

GSM Arena pun melakukan pengetesan terhadap CPU Throttling. Sekadar informasi, throttling adalah ketika performa gaming menurun karena perangkat sudah mencapai suhu yang cukup tinggi.

Untuk menurunkan suhu agar komponen tidak rusak, perangkat sengaja menurunkan performanya demi mencapai suhu rendah yang diinginkan. Namun, mengingat POCO X4 GT hadir dengan sistem pendingin, semestinya throttling jarang terjadi.

Sesuai perkiraan, POCO X4 GT pun hanya mengalami penurunan performa paling parah ke 93% ketika CPU diberikan muatan 100% selama 1 jam penuh.

Cara lain yang paling efektif untuk mengujikan performa berkelanjutan dari HP ini adalah dengan memainkan Genshin Impact. Berdasarkan pengujian dari Golden Reviewer, POCO X4 GT berhasil mempertahankan frame rate rata-rata di 40,7 FPS saat memainkan Genshin Impact (Highest 60 FPS) selama 10 menit.

Suhu tertinggi setelah pemakaian juga hanya mencapai 43,4 derajat celsius, masih berada dalam rentang suhu yang bisa ditolerir.

3. Konektivitas Unggul dan Lengkap

poco x4 gt konektivitas_

Konektivitas memang selalu menjadi daya tarik utama pada ponsel-ponsel keluaran Xiaomi dan POCO. Soalnya, ponsel-ponsel merekalah yang paling aktif dimodali dengan sensor infrared agar dapat dialihfungsikan sebagai remote TV dan AC. Tak terkecuali pada POCO X4 GT.

Selain suguhkan infrared, POCO X4 GT juga dilengkapi dengan sejumlah konektivitas penting lainnya seperti NFC Multifunctional, sensor sidik jari di samping, WiFi 6, port audio 3.5 mm jack audio, dan Bluetooth versi tertinggi 5.3.

NFC Multifunctional tidak hanya dapat difungsikan untuk mengecek saldo eMoney, melainkan juga untuk menyalin data di dalam kartu akses sehingga ponsel bisa dipakai untuk membuka pintu kamar apartemen dan kantor.

Hadirnya WiFi 6 juga tentu jadi hal menarik. Pasalna dengan WiFi 6, meski masih terhubung dengan pita jaringan 5 GHz yang sama seperti WiFi 5, tapi mendukung kecepatan maksimal hingga 9,6 Gb per detik ketimbang WiFi 5 dengan 3,5 Gb per detik. Merujuk pada tulisan di Minim.com, WiFi 6 punya kecepatan 250% lebih tinggi.

Baca juga  Inilah 7 Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3

4. Baterai Tahan Lama dengan Fast Charging

poco x4 gt baterai_

Kapasitas baterai yang dimiliki POCO X4 GT adalah sebesar 5.080 mAh. Kapasitas ini sedikit meningkat dibanding generasi sebelumnya yang punya baterai 5.000 mAh.

POCO pun mengatakan kalau ponsel pintar ini bisa melakukan panggilan telepon hingga selama 36 jam, mendengarkan musik hingga 120 jam, durasi 22 jam aktivitas menonton video playback, serta 26 jam untuk aktivitas membaca.

Skor endurance rating (oleh GSM Arena) yang dihasilkan POCO X4 GT juga alami peningkatan dari sebelumnya meski hanya sedikit, yang semula 110 jam kini 112 jam.

Kemampuan baterai HP ini juga terbilang cukup impresif. GSM Arena mengeteskan durasi beragam aktivitas, dan mengatakan ponsel bisa lakukan panggilan 3G Talk Time hingga 32 jam 29 menit, durasi web browsing hingga 19 jam 55 menit, dan durasi video playback hingga 14 jam 37 menit.

Ponsel pun kembali dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya cepat (fast charging) sebesar 67 W, sama seperti generasi pendahulunya. Meski begitu, durasi pengisian daya HP ini ternyata tidak secepat POCO X3 GT yang bisa meraih 100% dalam waktu 48 menit.

Saat diujikan, durasi pengecasan POCO X4 GT sedikit lebih lama yakni butuh waktu 57 menit saat dicas dari 0-100%.

5. Memiliki Dual Stereo Speaker dan X-Axis Linear Motor

poco x4 gt speaker stereo_

POCO X4 GT memiliki konfigurasi stereo speaker. Speaker utamanya terletak di bawah, seperti kebanyakan HP lainnya. Sedangkan untuk speaker kedua, terletak di sisi atas yang sekaligus digunakan sebagai earpiece.

Ponsel juga didukung dengan fitur Dolby Atmos untuk menyesuaikan profil suara berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Ini guna memberikan kenyamanan audio optimal, baik saat memonton film, mendengarkan musik, ataupun ketika bermain gim.

Berdasarkan pengujian GSM Arena, terlepas dari adanya echo chamber di sebelah atas ponsel, namun kanal kirinya tetap terdengar lebih pelan ketimbang yang kanan. Menandakan bahwa kelantangan kedua speaker tidak terlalu simetris.

Kendati demikian, hasil suara yang diberikan tetap terbilang bagus. Dengan Dolby Atmos yang menyala secara default, suara yang diperdengarkan begitu terasa jernih dengan suara bass yang nendang.

Kelantangan suara dari speaker POCO X4 GT mendapatkan skor -27,4 LUFS yang membuatnya mendapatkan predikat Baik. Lanjut lagi, POCO X4 GT juga disebutkan memiliki kualitas suara yang baik meski pada suara vokal dan bernada tinggi.

Tidak hanya stereo speaker, perangkat pintar ini juga hadir dengan X-axis linear motor yang dapat menghasilkan getaran-getaran yang bervariasi, serta menimbulkan sensasi haptic feedback yang lebih terasa realistis.

7. Kamera

kamera poco x4 gt_

POCO X4 GT tidak hanya menyuguhkan kinerja yang andal dari sisi permainan (meski tidak secara khusus dirancang untuk gaming), melainkan juga punya kemampuan fotografi yang cukup solid.

Di panel belakangnya, tersemat kombinasi tiga lensa yang terdiri atas kamera utama 64 MP (f/1.8) dengan focal length 26 mm dan ukuran sensor 1/1.97 inci, dilengkapi dengan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dengan bidang keluasan 120 derajat, serta kamera makro 2 MP (f/2.4).

Bisa dibilang, fungsi lensa makro di sini agak dianaktirikan. Untuk dapat mengakses opsi makro, Anda harus memasuki menu hamburger di ujung kanan atas alih-alih di menu utama seperti mode-mode lainnya.

Juga, kamera makro ini tidak sanggup menangkap banyak detil dan kesulitan hasilkan keseimbangan warna yang baik, seperti yang dihimpun dari Stuff.tv.

Jika ingin hasilkan foto berkualitas, Anda untungnya masih bisa andalkan kamera utama 64 MP dan ultrawide 8 MP. Seperti mayoritas smartphone pada umumnya, kondisi cahaya siang hari adalah momen kamera utamanya dapat “bersinar”.

Nyaris tidak ada yang bisa dikeluhkan dari kondisi pemotretan siang hari, sanggup hasilkan warna-warna natural dengan exposure yang terasa pas dan detil yang terjaga dengan baik.

Baca juga  Inilah 6 Perbedaan Samsung Galaxy A53 5G dan Galaxy M53 5G

Ponsel juga hadir dengan mode malam yang terbukti mampu meningkatkan ketajaman dan menghilangkan noise, seperti yang terlihat saat membandingkan foto Auto dan Night Mode yang diunggah GSM Arena.

Tidak lupa, POCO juga cukup dermawan karena memberikan dukungan perekaman 4K di kecepatan 30 FPS selain resolusi 1080p dan 720p. POCO X4 GT menampilkan bulatan punch hole di tengah layar sebagai rumah bagi kamera selfie 16 MP (f/2.5), sanggup hadirkan resolusi 1080p. Di bawah ini adalah beberapa hasil contoh fotonya.

Kekurangan POCO X4 GT

POCO X4 GT memang merupakan smartphone yang mumpuni di nyaris segala aspek. Tapi, bukan berarti HP ini memiliki segalanya. Anda perlu ketahui dulu beberapa kekurangannya sebelum membeli.

1. Penurunan Versi Gorilla Glass

gorilla glass victus

Meskipun beberapa aspeknya cukup meningkat drastis dibanding POCO X3 GT, rupanya sang penerus ini punya dua hal yang alami penurunan. Yang pertama adalah versi Gorilla Glass yang digunakan, di mana POCO X4 GT hanya dibekali Gorilla Glass 5 ketimbang Gorilla Glass Victus seperti POCO X3 GT.

Padahal, Victus merupakan generasi kaca pelindung terbaik yang dapat meminimalisir kerusakan layar dari kejatuhan pada ketinggian mencapai 2 meter ke permukaan keras. Gorilla Glass 5 hanya sanggup menjaga dari ketinggian 1,2 meter.

Kekurangan berikutnya adalah absennya sertifikasi IP53 yang sebelumnya hadir pada POCO X3 GT. Sertifikasi ini berguna untuk melindungi air dari kerusakan karena terkena tetesan tumpahan air.

2. Tanpa Slot Memori Eksternal

poco x4 gt ram memori_

POCO X4 GT memiliki kapasitas memori yang sangat memadai di kelas harganya, yakni RAM 8 GB dengan opsi memori internal 128 GB dan 256 GB. Namun sayanngya, perangkat tidak dilengkapi dengan slot microSDXC sama sekali, agak menyulitkan pengguna yang ingin memisahkan file foto, musik, dan film dari memori internal yang akan dikhususkan untuk menampung aplikasi.

3. Tidak Menggunakan AMOLED

layar poco x4 gt_

Layar POCO X4 GT, menurut GSM Arena, memerlukan kecertahan yang lebih tinggi dibanding AMOLED untuk mencapai tingkat readability yang baik di bawah terik matahari.

Tambahnya lagi, layar ponsel menawarkan kecerahan yang layak untuk sekadar membaca tulisan, chatting, dan browsing, namun masih kurang nyaman untuk menonton video atau melihat foto.

Pun dengan kontras rasionya, layar menghadirkan 1:1190 yang notabene masih kalah dibanding POCO X3 GT dengan kontras rasio 1:1425. Sebagai catatan, kedua ponsel ini sama-sama gunakan panel IPS LCD.

Banyak pesaingnya yang sudah menggunakan panel AMOLED, terlebih untuk kelas harga menengah. Dengan panel AMOLED, perangkat bisa mencapai kontras rasio tak terbatas lantaran sanggup menampilkan warna hitam yang paling pekat, contohna seperti POCO F4 GT dan Samsung Galaxy A52 5G.

Simpulan

Kadang untuk berikan yang terbaik di harga terjangkau, harus ada hal-hal yang mesti dikorbankan. Nyatanya, terlepas dari refresh rate 144 Hz yang disuguhkannya, POCO X4 GT hanya dimodali dengan panel IPS.

Meski kualitas tampilannya bagus, tapi ia tidak seperti mayorutas pesaingnya yang suguhan AMOLED dengan kontras rasio maksimal dan dukungan terhadap Always on Display.

POCO X4 GT akan sangat cocok jika Anda memerlukan refresh rate tinggi untuk aktivitas gaming profesional, ketimbang AMOLED yang lebih cocok untuk menonton atau pengeditan grafis.

Keberadaan WiFi 6 juga akan membuat pengguna mampu mendapatkan jaringan yang lebih stabil, baik saat streaming, mengunduh file besar, ataupun bermain online game kompetitif. Sebuah paket lengkap untuk keperluan gaming yang sekaligus punya ketahanan baterai panjang hingga 2 hari dalam satu kali pengecasan.

Varian termurah dari POCO X4 GT (8/128GB) adalah seharga 299 dolar Amerika Serikat alias sekitar Rp4,6 jutaan. Sedangkan untuk versi 8/256 GB, hadir dengan banderol harga 339 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp5 jutaan.


https://actoncloud.com