Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 4G


Sebelumnya, OPPO sudah mengeluarkan OPPO Reno8 5G yang merupakan HP mid-range dengan kamera berkualitas. Kini, waktunya OPPO Reno8 4G unjuk gigi ke pasar Indonesia. Ponsel ini hadir di Indonesia dengan banderol di atas Rp4 jutaan.

Masih berada di rentang harga menengah, OPPO Reno8 4G merupakan anggota dengan harga paling terjangkau ketimbang saudara-saudaranya yang lain (OPPO Reno8 5G, OPPO Reno8 Z 5G, dan OPPO Reno8 Pro).

Keistimewaan OPPO Reno8 4G sendiri terletak pada desainnya yang khas dan mewah, serta hasil kualitas kamera yang disinyalir menyamai DSLR. Nah, daripada Anda beli kucing dalam karung, alangkah baiknya simak kelebihan dan kekurangan OPPO Reno8 4G berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno8

Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


2 MP
(microscope)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Kelebihan OPPO Reno8

Apakah OPPO Reno8 4G mampu membuat Anda tertarik untuk membelinya? Ketahui jawabannya pada poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Desain Retro yang Ergonomis dengan Penampilan Memukau

oppo reno8 4g desain slim_

Seperti sejumlah ponsel sebelumnya yang berada di bawah naungan OPPO Reno series, Anda juga dapat menemukan desain bodi yang aesthetic pada Reno8 4G. Ia mengusung konsep desain yang dinamakan Ultra-Slim Retro Design.

Desain tersebut menghadirkan ketebalan yang begitu tipis di angka 7,66 mm. Selain itu, bobotnya yang seringan 182 gram juga membuatnya cocok untuk dibawa ke mana saja, dan memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya dengan satu tangan.

Makna “Retro” di sini tampaknya mengacu pada desain layar yang flat ketimbang melengkung. Meskipun layar melengkung seringkali diasosiasikan dengan HP premium, sebenarnya kini sudah banyak pula yang kembali ke layar datar.

Hal ini karena layar yang datar dianggap punya sisi value lebih tinggi dari sisi kenyamanan penggunaan, lantaran mudah digenggam tanpa takut tergelincir dari tangan.

OPPO Reno8 4G juga kembali mengusung teknologi desain OPPO Glow, sama seperti pada pendahulunya. OPPO Glow ini hadirkan jutaan berlian berukuran nano yang berikan efek berkilau pada permukaan bodi belakang.

Dengan begini, ponsel akan senantiasa terlihat glittery sehingga memberikan kesan mewah dan premium ketika dilihat banyak orang. Perusahaan OPPO juga telah bekali HP ini dengan ketahanan antigores dan tahan korosi.

Untuk membuktikannya, smartphone telah lolos pengujian ketahanan suhu dan kelembaban tinggi selama 14 hari, 2500 kali pengujian gesekan wol baja, serta 4 hari pengujian sinar ultraviolet.

Kemudian, di bagian kameranya, tersemat cincin cahaya bernama Orbit Light. Cincin tersebut akan menyala setiap kali menerima panggilan telepon, menerima pesan, notifikasi, dan sebagainya. Ini cocok bagi Anda yang sering menaruh ponsel dalam kondisi layar menghadap bawah.

HP ini tersedia dalam dua warna, yaitu Dawnlight Gold yang bersifat festive serta Starlight Black untuk Anda yang lebih suka desain warna elegan dan formil. Pokoknya, serahkan pada OPPO untuk hadirkan desain kece di atas rata-rata pada setiap produknya

2. Baterai Tahan Lama

oppo reno8 4g baterai_

Di kala banyak smartphone yang berbondong-bondong tawarkan baterai 5.000 mAh, justru OPPO Reno8 4G hanya dibekali dengan 4.500 mAh saja. Namun jangan salah, pemilihan baterai ini bukan tanpa alasan.

OPPO Reno8 4G dirilis sebagai ponsel berbobot ringan, dan pemangkasan kapasitas adalah salah satu cara mewujudkan hal tersebut. Meski begitu, OPPO Reno8 4G tetap sanggup menyuguhkan durasi penggunaan yang lama.

Dilansir dari Techbiz.id, perangkat ini hanya berkurang 6% ketika memainkan gim Mobile Legends selama 1 jam. Ini termasuk dalam ketahanan baterai yang baik.

Mengingat HP ini punya chipset dan kapasitas baterai yang sama dengan OPPO Reno7 4G, kemungkinan ketahanan baterainya pun sama.

Menurut ulasan GSM Arena, OPPO Reno7 4G memiliki endurance rating 127 jam. Lagi-lagi, ketahanan baterai ini masih tergolong baik; bahkan mengalahkan sejumlah HP dengan baterai 5.000 mAh seperti Galaxy A33 5G (104 jam) dan Redmi Note 11 Pro 5G (115 jam).

Baca juga  Inilah 11 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 yang Perlu Kamu Tahu

Selain punya baterai tahan lama, OPPO Reno8 4G juga terbilang unggul dari sisi kecepatan pengecasan. Menggunakan protokol charging SuperVOOC 33 W, perangkat ini bisa diisi dari 0-100% hanya dalam waktu 70 menit, dilansir dari Tabloid Pulsa.

OPPO Reno8 4G juga tentu sudah menggunakan port pengecasan modern USB Type-C 2.0 dengan dukungan reverse charging dan antarmuka OTG (on the go).

3. Layar AMOLED Cerah + 90 Hz

oppo reno8 4g layar_

Tampilan bagus tidak hanya terlihat dari sisi belakangnya, melainkan sisi depan juga. Ini karena OPPO Reno8 4G mengadopsi panel layar AMOLED dengan tingkat kecerahan tinggi. Panel AMOLED memang dinilai lebih baik dari IPS LCD, karena lebih hemat daya dan sanggup tampilkan kontras warna lebih baik.

Ukuran layarnya memang sedikit di bawah standar HP rata-rata yang sebesar 6,5 inci. Soalnya, HP ini “hanya” dimodali dengan layar 6,43 inci pada resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Entah alasan apa OPPO mengurangi ukuran layarnya. Namun jika diasumsikan, tampaknya ini sejalan dengan misi OPPO Reno8 4G untuk hadirkan bobot seringan mungkin.

Ketahanan layar ponsel ini juga didukung dengan Gorilla Glass 5 yang dapat meminimalisir kemungkinan baret. Selain itu, Gorilla Glass 5 juga juga meminimalisir kemungkinan retak saat terjatuh dari ketinggian tertentu. Ini sebuah peningkatan yang layak diapresiasi, mengingat sebelumnya OPPO Reno7 hanya gunakan Panda Glass.

Lebih lanjut lagi, layar ponsel juga memiliki aspek rasio 20:9 dengan kerapatan piksel 409 ppi (pixel per inch). Ada juga opsi refresh rate tinggi 90 Hz yang membuat tampilannya lebih mulus saat digulir.

Menganut tampilan desain punch hole, bezel di ketiga sisinya sangat tipis sehingga meraih screen-to-body ratio sebesar ~90,8%. Meninggalkan bezel sisi dagu yang cukup tebal sehingga tampilannya terlihat asimetris.

Agar membuat layar lebih cepat tanggap saat menerima sentuhan dari pengguna, ponsel pun hadir dengan tingkat sampling sentuh (touch sampling) sebesar 180 Hz untuk dua jari dan 120 Hz untuk lima jari.

Layar smartphone menyediakan dua mode gamut warna, yaitu Mode Vivid dengan cakupan 97% NTSC dan 95% DCI-P3, serta Mode Gentle dengan gamut sRGB. Layar ponsel juga diketahui mendukung kedalaman sebanyak 16,7 juta warna.

Saat berada pada mode normal, layar OPPO Reno8 4G meraih tingkat kecerahan tipikal 430 nit. Sementara itu, kecerahan tipikal yang diraih pada mode kecerahan tinggi adalah 600 nit.

Secara keseluruhan, tidak ada yang bisa dikeluhkan pada kondisi layar OPPO Reno8 4G ini. Anda sungguh mampu menikmati konten dengan immersive, entah itu saat menonton Netflix, YouTube, atau sekadar konsumsi konten pada aplikasi TikTok.

Jika memang ingin dicari-cari kekurangannya, mungkin di rentang harga segini sudah semestinya hadir dengan sertifikasi HDR10. Tapi, absennya fitur ini sebenarnya tidak mengurangi pengalaman visual layar.

4. Fitur Kamera yang Kece dengan Hasil Foto Membanggakan

oppo reno8 4g kamera_

OPPO Reno series memang dikenal akan kemampuan fotografinya yang di atas rata-rata. Pada OPPO Reno8 4G, Anda akan menemukan kamera utama Sony IMX 709 khusus flagship yang berkekuatan 64 MP (f/1.7).

Kamera utama ini juga memiliki focal length 26 mm dengan ukuran sensor 1/2.0 inci dan pixel size 0.7 ┬Ám. Fitur kamera utamanya adalah PDAF alias phase detection autofocus.

Tidak sendirian, kamera utama ditemani oleh dua lensa pendamping yaitu sensor microlens 1 MP (f/2.2) dengan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Mode pemotretan yang didukung oleh kamera belakang adalah mode malam, Pro, panorama, potret, slow motion, timelapse, stiker, microlens, dan pemindai teks.

Tidak lupa, tersedia pula fitur Bokeh Flare Portrait untuk berikan efek bokeh profesional pada bidikan foto, guna mencapai kualitas kamera DSLR. Pada sisi kamera depan, tersedia sensor Ultra-Sensing Selfie yang gunakan Sony IMX 709 berkekuatan 32 MP (f/2.4).

Baca juga  Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan iPad Air (2022) ini!

Baik kamera depan dan belakang sudah sama-sama gunakan fitur gyro-EIS. Ini supaya perekaman video jadi lebih stabil dan terbebas dari guncangan. Keduanya juga sama-sama mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS.

Saat Anda ingin ambil selfie sambil membelakangi sumber cahaya, bisa andalkan fitur Selfie HDR untuk menyelaraskan kontras cahaya latar belakang dan subjek.

Ketika berusaha memotret subjek yang bergerak begitu cepat, Anda bisa manfaatkan fitur Flash Snapshot. Fitur ini akan menangkap setiap gambar dengan detil yang jernih, cocok untuk menunjang aktivitas street photography.

Tersedia juga fitur AI Portrait Retouching yang dapat menganalisa usia, jenis kelamin, dan penampilan pengguna agar tampilan wajah bisa disesuaikan untuk jadi yang terbaik.

OPPO Reno8 4G juga menggunakan pendekatan micro photography melalui lensa mikroskopnya. Dengan sensor ini, Anda bisa menangkap tekstur sebuah permukaan dengan detil yang menakjubkan. Atau, bisa juga membuat benda berukuran kecil tampak begitu besar.

Berikut ini adalah sejumlah sampel foto yang dilansir dari beberapa sumber.

5. Konektivitas Unggul + Memiliki Slot Memori Eksternal

LOGO-NFC

Meski ia tidak menyuguhkan jaringan 5G, OPPO Reno8 4G ini juga punya fitur konektivitas yang lengkap dan cukup beragam. Ponsel ini sudah mendukung protokol WiFi 5 Dual Band (802.11 a/b/g/n/ac) serta Bluetooth 5.1 yang disertai kodek A2DP, aptX HD, AAC, SBC, aptX, LDAC, dan LE.

Juga, perangkat ini dilengkapi dengan NFC (Near Field Communication) yang dapat melakukan transaksi digital secara praktis.

Anda pun bisa mengekspektasikan sensor yang lengkap di sini, mencakup sensor pemindai sidik jari di layar, akselerometer, gyro, proksimitas, dan juga kompas.

Dan yang cukup unik, varian 4G ini menghadirkan slot microSD untuk memperluas penyimpanan storage. Ini merupakan fitur yang tidak tersedia pada versi 5G-nya.

6. Tahan Percikan Air

oppo reno8 4g ipx4_

Selain memastikan tampilan yang cetar baday pada bodinya, OPPO juga merancang bodi dengan optimal agar punya ketahanan baik. Setiap bagian dari perangkat benar-benar diuji dengan ketat agar benar-benar sesuai dengan standar.

Selain itu, perangkat juga mengantongi sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap percikan air dari segala arah. Ini dapat meminimalisir kemungkinan rusak saat ponsel terkena tumpahan air minum, gerimis, ataupun hal lainnya.

Kekurangan OPPO Reno8

Ada sejumlah hal yang mesti jadi perhatian Anda jika tertarik untuk membeli OPPO Reno8 4G, yakni seperti berikut.

1. Chipset Terlampau Underperform untuk HP Mid-Range

68094-snapdragon-680-4g_

Apakah Snapdragon 680 4G termasuk sebagai chipset yang bertenaga? Tergantung. Jika dimiliki oleh ponsel 1 jutaan seperti Redmi Note 11, tentu iya. Namun untuk ponsel seharga Rp5 juta kurang seribu seperti OPPO Reno8 4G, rasanya saja tidak lazim.

Apabila Anda menginginkan ponsel dengan chipset layak di harga Rp5 juta, masih banyak alternatif yang lebih baik. Misalnya saja realme GT Master dengan Snapdragon 778G, POCO F4 dengan Snapdragon 870, Xiaomi 11T dengan Dimensity 1200, dan masih banyak lagi.

Keberadaan Snapdragon 680 4G pada OPPO Reno8 4G menandakan bahwa HP ini memang tidak ditujukan untuk gaming. Pasalnya, Snapdragon 680 lebih umum digunakan pada ponsel 1 jutaan dan 2 jutaan saja.

Snapdragon 680 hadir dengan proses fabrikasi 6 nanometer (TSMC). Ini artinya, chipset memiliki tingkatan efisiensi daya setara dengan chipset flagship.

Snapdragon 680 mencakup delapan inti prosesor (octa-core) yang menganut formasi 4 + 4. Klaster pertamanya meliputi empat unit performa tinggi Kryo 265 Gold (berbasiskan Cortex A73) dengan kekuatan 2.4 GHz. Klaster keduanya mencakup empat inti hemat daya Kryo 265 Silver (berbasiskan Cortex A53) berfrekuensi 1.9 GHz.

Tak lupa, chipset yang diumumkan pada 26 Oktober 2021 ini juga ditenagai dengan kartu pengolah grafis (GPU) berupa Adreno 610.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 6 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

OPPO Reno8 4G juga disematkan dengan RAM 8 GB LPDDR4X dengan memori internal berkapasitas 256 GB pada standar UFS 2.2. Pengguna juga bisa melakukan ekspansi penyimpanan melalui slot memori eksternal yang tersedia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Tabloid Pulsa, perangkat ini meraih skor benchmark AnTuTu v9 yang menurut kami, cenderung underwhelming untuk seukuran HP mid-range: 285.281 poin.

Pengujian memainkan Genshin Impact turut mengamini kurangnya performa gim dari chipset ini. Dilihat dari video yang diunggah lctfix.net ke YouTube, masih terasa patah-patah (framing) pada permainan. Dan inipun dilakukan pada pengaturan grafis Low – 60 FPS.

Jadi, harap maklum jika OPPO Reno8 4G menyediakan pengalaman gaming seadanya untuk HP di harga Rp5 juta. Ekspektasikan lag yang akan terjadi sesekali saat memainkan gim berat Android ataupun emulator.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

oppo reno8 4g tanpa ultrawide_

Kemampuan OPPO Reno8 4G dalam hasilkan foto berkualitas tentu tidak perlu dipertanyakan. Hanya saja, rupanya ponsel ini memiliki kekurangan yang cukup fatal di mata para fotografer. Yakni, absennya kamera ultrawide.

Tanpa ultrawide, ponsel pun tidak dapat memotret pemandangan dengan optimal. Soalnya, yang dimuat dalam satu frame akan lebih sempit dibanding lensa ultrawide.

Pun ketika melakukan foto grup dengan banyak anggota, kemungkinan mereka harus lebih berdempet-dempetan agar semua bisa masuk frame. Hal ini bisa disolusikan dengan ultrawide yang punya FOV (field of view) lebih luas.

3. Hasil Re-Skin dari OPPO Reno7

oppo reno8 4g hasil reskin dari reno7 4g_

Sudah semestinya ponsel pada generasi berikut memiliki peningkatan fitur dan spesifikasi ketimbang pendahulunya. Yang cukup aneh, rupanya OPPO Reno8 4G punya begitu banyak kesamaan dengan OPPO Reno7 4G.

Tidak hanya sama dari sisi desain, jeroannya pun banyak yang tidak berubah. Keduanya masih pakai chipset yang sama, kapasitas baterai yang sama, konfigurasi kamera yang sama, bahkan hingga daya pengecasannya pun sama.

Nyaris tidak ditemukan perbedaan antara keduanya, kecuali pada varian warna dan pelindung layar (sebelumya pakai Panda Glass, kini jadi Gorilla Glass 5).

Jadi, hal ini akan mengurungkan niat pemilik OPPO Reno7 untuk melakukan upgrade. Apalagi mengingat kedua ponsel juga sama-sama dirilis menggunakan ColorOS 12.1 berbasiskan Android 12. Meng-upgrade ke OPPO Reno8 tidak akan memanjangkan masa support update versi Android.

4. Tanpa Stereo Speaker

oppo reno8 4g tanpa stereo speaker_

Di 2022, rasanya sudah tidak zaman ponsel kelas mid-range menggunakan mono speaker. Terlebih di saat ponsel-ponsel kelas 2-3 jutaan sudah banyak yang tawarkan stereo speaker. Hal ini lantas menjadikan OPPO Reno8 4G kurang menarik lantaran speaker-nya masih mono.

Apabila mengaku ke OPPO Reno7 yang sama-sama pakai mono speaker (diperkirakan kualitas suaranya pun sama atau tidak beda jauh), skor kelantangan suara yang dihasilkan adalah -29.7 LUFS menurut pengujian GSM Arena. Ini menempatkannya pada predikat Average alias rata-rata.

Simpulan

Sekian yang Tim Carisinyal bisa berikan perihal kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno8 4G. Mengikuti jejak para pendahulunya, HP ini lagi-lagi berhasil membuat beberapa mata melirik berkat desainnya yang super kece.

Tersedia pula kemampuan kamera yang dahsyat agar pengguna dapat hasilkan jepretan sempurna di segala situasi, baik itu siang hari maupun malam hari. Selain itu, perangkat pun hadir dengan bobot yang begitu ringan dan tipis agar bisa digunakan dalam waktu lama. Tanpa buat tangan lelah.

Sayangnya, OPPO Reno8 4G juga turut hadir dengan sejumlah kekurangan yang terbilang fatal. Absennya kamera ultrawide tampaknya akan bikin calon konsumen mencari alternatif lain.

Minimnya peningkatan dari generasi sebelumnya juga bisa menjadi sebuah deal-breaker. Semestinya ini jadi peluang OPPO untuk hadirkan chipset lebih bertenaga, atau setidaknya ubah konfigurasi mono speaker-nya menjadi stereo.

OPPO Reno8 4G bisa Anda beli sejak Agustus 2022 dengan banderol harga rilis Rp4.999.000,- untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Tertarik?


https://actoncloud.com