Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X5 Pro


Setelah kemunculan OPPO Find X3 Pro di tahun 2021, kini saatnya pengguna merasakan sensasi menggunakan HP flagship dari OPPO selanjutnya. Ya, apalagi kalau bukan OPPO Find X5 Pro yang dirilis pada Maret 2022?

Tidak begitu banyak peningkatan yang ia bawakan, ini karena Find X3 Pro-nya sendiri saja sudah termasuk jajaran HP paling canggih sedunia. Anda tetap akan merasakan layar yang sama kerennya (bahkan lebih keren lagi), juga dengan balutan chipset flagship dengan lonjakan performa cukup tinggi dari sebelumnya.

Akan tetapi, PR OPPO di segmen flagship memang senantiasa sulit, karena harus melawan sejumlah rival yang tidak kalah bagusnya. Sebut saja seri Galaxy S, iPhone, dan juga Xiaomi seri angka (dulu, seri ini disebut seri Mi).

Jadi, sanggupkah OPPO Find X5 Pro menjadi flagship yang layak dipertimbangkan ketimbang para pesaingnya di luar sana? Untuk menjawabnya, mari simak beberapa poin kelebihan dan kekurangan yang telah carisinyal persiapkan berikut ini.

Spesifikasi OPPO Find X5 Pro

Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kelebihan OPPO Find X5 Pro

Di antara seri HP flagship lainnya, OPPO Find X series termasuk salah satu yang sering dipertimbangkan. Yuk, cari tahu kelebihan Find X5 pro melalui poin-poin di bawah!

1. Menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang Powerful

Snapdragon-8-Gen-1-1_

Seperti kebanyakan HP flagship lainnya, OPPO Find X5 Pro juga ditopang dengan chipset premium dari Qualcomm yang powerful, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Ini tentu merupakan peningkatan yang layak diapresiasi dibanding Snapdragon 888 yang mentenagai OPPO Find X3 Pro.

OPPO Find X5 Pro hadir dengan RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB dengan memori internal berstandar UFS 3.1 berukuran 256 GB. Tidak ada slot memori eksternal yang tersedia di HP ini.

Snapdragon 8 Gen 1 mengandalkan konfigurasi prosesor octa-core berformasi 1 + 3 + 4 yang terdiri atas satu unit Kryo Prime berbasiskan Cortex X2 (3 GHz), tiga inti kinerja tinggi Kryo Gold berbasiskan Cortex A710 (2.5 GHz), serta empat inti hemat daya Kryo Silver berbasiskan Cortex A510 (1.8 GHz).

Dibandingkan Snapdragon 888 yang hadir di OPPO Find X3 Pro, kekuatan CPU Snapdragon 8 Gen 1 mengalami peningkatan performa sebesar 20 persen dan efisiensi daya sebesar 30 persen.

Snapdragon 8 Gen 1 juga menghadirkan kartu pengolah grafis powerful berupa Adreno 730, sanggup beroperasi hingga frekuensi 818 MHz.

Jika dilihat dari perbandingan skor AnTuTu v9 di atas, OPPO Find X5 Pro merupakan yang terbaik di antara para rivalnya. Bagaimana tidak? HP ini menembus skor 1 juta untuk pengujian AnTuTu v9. Jauh lebih tinggi dibanding OPPO Find X3 Pro dengan skor 745.653 poin.

Ponsel ini bahkan terlihat lebih unggul ketimbang Xiaomi 12 Pro dan realme GT2 Pro, terlepas kedua ponsel rival tersebut menggunakan chipset yang sama.

Meski AnTuTu v9-nya menampilkan skor yang begitu tinggi, rupanya skor pengujian Geekbench 5 pada OPPO Find X5 Pro tidak setinggi beberapa rivalnya. Smartphone ini hadirkan skor 1002 untuk pengujian single core dan 3433 untuk multi-core.

Performa OPPO Find X5 Pro memang tidak perlu diragukan lagi setelah melihat hasil pengujian benchmark-nya, namun bagaimana dengan performa real-time saat bermain gim?

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan kanal YouTube lctfix.net, OPPO Find X5 Pro sanggup memainkan Genshin Impact, sebuah gim open-world paling berat di Android.

Saat diujikan pada pengaturan Medium di 60 FPS, permainan sungguh berjalan lancar dengan frame drop yang jarang terjadi. Pun pada adegan sengit seperti saat bertarung, gameplay tetap terasa fluid dan lancar.

Permainan akhirnya diujikan dengan pengaturan grafis lebih tinggi, yakni Highest – 60 FPS. Memang terlihat adanya frame drop yang lebih sering. Namun, most of the time, pengalaman gaming yang dirasakan tetap memuaskan.

Setelah pengujian gim, suhu OPPO Find X5 Pro tidak begitu mengalami peningkatan drastis. Di bagian layarnya, suhu hanya meningkat jadi sekitar 42 hingga 43 derajat celsius.

Range suhu ini masih terbilang normal dan tidak terlalu panas, karena belum mencapai lebih dari 44 derajat celsius. Saran kami sih jika ingin mainkan Genshin Impact hingga seharian lamanya, sebaiknya gunakan kipas pendingin eksternal.

GSM Arena pun turut mengujikan apakah performa OPPO Find X5 Pro menurun begitu drastis setelah menangani beban dalam waktu lama. Seperti yang diduga, ternyata tidak.

Performa menurun secara perlahan saat pengujian CPU Throttling pada 20 menit pertama. Setelah itu, performa smartphone hanya mentok di 70 persen saja, namun tetap stabil pada durasi-durasi pengujian setelahnya.

Bisa disimpulkan bahwa OPPO Find X5 Pro tidak hanya sekadar powerful, tapi juga mampu menjaga performa tersebut agar tetap sustained. Ini berkat kehadiran sistem pendingin next-gen, mencakup ruang uap (vapor chamber) yang 75 persen lebih luas ketimbang Find X3 Pro.

2. Tampilan Layar Memukau dengan Refresh Rate Dinamis

oppo find x5 pro layar_

Jika Anda sering membandingkan layar ponsel di kelas flagship, mungkin akan merasa spesifikasi layar OPPO Find X5 Pro ini tergolong biasa-biasa saja. Sama seperti sejumlah flagship lainnya, layar panel menggunakan AMOLED dengan kualitas tampilan, kejernihan, resolusi, dan warna yang luar biasa memukau.

Ketimbang generasi sebelumnya, OPPO Find X5 Pro mengalami peningkatan yang semula gunakan LTPO AMOLED kini menjadi LTPO 2.0 AMOLED. Karenanya, ponsel dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz secara lebih akurat lagi.

Layar ponsel mengusung ukuran 6,7 inci pada resolusi QHD+ alias 3216 x 1440 piksel, dengan sisi-sisinya yang melengkung sehingga mendapatkan rasio bodi-ke-layar sebesar 92,7 persen.

Aspek rasio layar ini sebesar 20:9 dengan tingkat kerapatan piksel 525 ppi untuk hadirkan ketajaman yang tinggi. Panel layar juga mengusung warna 10-bit, sehingga sanggup menampilkan sebanyak 1 miliar warna.

Yang cukup menakjubkan dari performa layar adalah caranya menangani refresh rate secara otomatis, berdasarkan aktivitas yang ditampilkan di layar. Menurut GSM Arena, layar smartphone ini menyediakan dua opsi laju penyegaran yaitu Standard dan High.

Standard akan membatasi refresh rate di 60 Hz (maksimal), sedangkan High berikan batas maksimal di 120 Hz. Kedua mode ini akan menyelaraskan refresh rate berdasarkan kegiatan.

Dan rupanya, penyesuaian laju ini juga bergantung pada tingkat pencahayaan. Jika brightness diatur ke level yang mendekati paling rendah pada saat layar statis, laju akan tetap maksimal di 120 Hz. Namun jika pencahayaannya mendekati maksimal, barulah laju penyegaran mencapai 1 Hz.

Jika pencahayaannya di tengah-tengah, maka layar ponsel akan menurunkan refresh rate hingga 5 Hz atau 10 Hz. Bagi kami, ini merupakan penanganan refresh rate yang pintar, karena benar-benar memerhatikan unsur baterai tanpa mengurangi pengalaman penglihatan.

3. Baterai Mumpuni dengan Fitur Pengecasan Lengkap

oppo find x5 pro fitur pengecasan lengkap_

Salah satu ciri khas utama yang dimiliki ponsel flagship adalah kemampuan baterai dan fitur pengisian dayanya. Dalam hal ini, OPPO Find X5 Pro sungguh menawarkan fitur beragam, mulai dari fast charging 80 W hingga wireless charging 50 W.

Bahkan, smartphone juga sediakan reverse wireless charging dengan daya 10 W. Yang ini cukup penting untuk mengisikan daya perangkat lain di kala darurat.

OPPO Find X5 Pro juga alami peningkatan kapasitas baterai menjadi 5.000 mAh, ketimbang Find X3 Pro yang suguhkan 4.500 mAh. Ponsel ini dapat bertahan dengan sangat panjang ketika diujikan aktivitas menonton video berdurasi 10 jam (dengan kondisi menyalakan mode “Do Not Disturb“, pencerahan di tengah-tengah, resolusi layar FHD+).

Diketahui, ponsel ini menyisakan sebanyak 32 persen baterai setelah selesai menonton video 10 jam tersebut, dilansir dari Roland Moore-Colyer, author di situs Tom’s Guide. Dari hasil pengujian tersebut, beliau juga memperkirakan Find X5 Pro dapat bertahan setidaknya 6 jam durasi on-screen.

Berdasarkan pengujian GSM Arena seperti yang bisa dilihat di atas, OPPO Find X5 Pro meraih endurance rating mencapai 101 jam, dengan durasi panggilan telepon hingga 26 jam 36 menit, browsing 14 jam 18 menit, serta pemutaran video playback selama 17 jam 21 menit.

Endurance rating HP ini, seperti yang bisa diduga, lebih baik ketimbang OPPO Find X3 Pro di skor pengujian 81 jam (4500 mAh) dan Xiaomi 12 Pro di 74 jam (4600 mAh).

4. Memiliki Antarmuka ColorOS yang Kaya akan Fitur

oppo find x5 pro coloros_

Jika berkaca pada OPPO Reno series (terutama OPPO Reno7), kita bisa mengetahui bahwa antarmuka yang disediakan brand ini adalah salah satu yang terbaik di industri. OPPO Find X5 Pro hadir dengan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka ColorOS 12.1 yang sudah fully customizable.

Desainnya sungguh menampilkan nuansa futuristik dengan ikon-ikon yang menampilkan sentuhan-sentuhan bayangan agar tampak 3D. Selain itu, pengguna disuguhkan fitur-fitur unik dan beragam.

Salah satunya adalah Omoji, di mana Anda dapat mengubah ekspresi wajah yang Anda tunjukkan menjadi sebuah avatar yang dapat dibagikan ke kolom pesan messenger.

Selanjutnya, smartphone ini juga sediakan fitur AirGesture yang memungkinkan Anda melakukan navigasi pada HP tanpa harus menyentuhkan jari ke layar. Baik itu untuk melakukan scrolling, mematikan alarm, maupun menerima panggilan telepon, semua bisa dilakukan dengan hanya melakukan gestur udara.

Untuk semakin memudahkan urusan produktivitas, OPPO Find X5 Pro juga memiliki fitur Multi-Screen Connect sehingga pengguna dapat menyinkronkan tampilan layar HP dengan monitor eksternal secara wireless. Mirip seperti Samsung Wireless DeX pada Galaxy S22 series.

Di sini, Anda dapat melakukan drag and drop pada file dokumen antar layar HP dan monitor agar bisa diedit di layar besar, serta menerima notifikasi pada monitor.

Fitur menarik lainnya adalah O-Haptics, yakni getaran haptic feedback yang gunakan X-axis linear motor sehingga Anda dapat merasakan getaran sentuhan yang menyerupai material asli di dunia nyata.

Anda pun dapat mengatur pola getaran yang berbeda untuk masing-masing nomor telepon yang ada di kontak Anda. Dengan begini, cukup dengan dengarkan getaran yang unik setiap kali menerima telepon, dan Anda pun bisa langsung tahu siapa yang menelepon.

5. Kemampuan 50 MP Triple Camera Kelas Flagship

oppo find x5 pro kamera_

Kalau dari jumlah kamera, OPPO Find X5 Pro mengalami penurunan dibanding Find X3 Pro. Tidak lagi tawarkan sensor mikroskopik, kini Find X5 Pro suguhkan kombinasi Triple Camera yang mencakup sensor 50 MP Sony IMX 766. Kamera tersebut memiliki ukuran sensor 1/1.56 inci, apertur f/1.7, dan menghadirkan stabilisasi 5-axis setingkat kamera SLR.

Pada kamera keduanya, tersemat sensor 50 MP Sony IMX 766 pada fungsi ultrawide dengan ukuran sensor 1/1.56 inci, apertur f/2.2, dan bidang keluasan natif sebesar 110 derajat. Masing-masing dari kedua kamera ini juga turut hadirkan PDAF segala arah (multidirectional).

Sebagai kamera ketiga, smartphone flagship ini hadirkan kamera 13 MP telefoto dengan apertur f/2.4 yang mendukung 5x zoom toptik hibrida serta 20x zoom digital. Sementara itu, zoom optik murninya hanya mendukung hingga 2x saja.

OPPO Find X5 Pro juga menghadirkan chip kamera bernama MariSilicon X besutan OPPO. Chip tersebut diketahui merupakan hasil kolaborasi dengan Hasselblad yang sekaligus juga menampilkan Natural Color Calibration untuk hasil warna lebih natural dan akurat.

Berkat NPU MariSilicon X tersebut, ponsel jadi memiliki peningkatan berlipat-lipat dari sisi videografi malam hari. Diketahui, MariSilicon X dibangun atas proses manufaktur 6 nm dengan daya komputasi AI sebesar 18 TOPS.

Kehadiran chip kamera ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam video di malam hari pada resolusi 4K dengan minim noise, eksposur yang terjaga, serta detail yang kaya. Selain itu, OPPO Find X5 Pro pun sanggup merekam video HDR dengan profil warna 20-bit. Yuk, simak sampel hasil foto Find X5 pro berikut ini!

oppo find x5 pro hasil kamera mode malam_Sumber: Tom’s Guide
Ultrawide low-light, perbandingan antara Find X5 Pro (kiri) dan Find X3 Pro (kanan)

Berdasarkan sampel di atas, terlihat bahwa Find X5 Pro memang tampilkan eksposur yang cenderung lebih gelap ketimbang pendahulunya. Namun, noise yang dihadirkan tampak jauh lebih minim, bahkan nyaris tidak ada sama sekali.

Menurut pantauan GSM Arena, nyaris tidak ada perbedaan antara mode Auto biasa dengan Night Mode, kedua mode sama-sama tampilkan kondisi detail dan kualitas hasil yang prima pada adegan minim cahaya. Selain itu, warna yang ditampilkan pada sampel foto siang hari di atas juga begitu cerah dan menyala.

6. Desain Bodi Keramik yang Elegan dan Tahan Air

oppo find x5 pro keramik_

Desain bodi OPPO Find X5 Pro tidak berubah banyak dibanding Find X3 Pro. Sama-sama hadirkan rancang bangun unibodi yang membuat modul kamera terlihat menyatu dengan keseluruhan bodi ponsel.

Bahan material OPPO Find X5 Pro terbuat dari keramik dan terbagi menjadi dua varian warna berbeda, yaitu Ceramic White dan Glaze Black. GSM Arena mengatakan, bodi ponsel HP ini terlihat dan terasa lebih premium ketimbang bodi belakang Samsung Galaxy S22 series.

HP ini memiliki bobot yang lebih berat dari Find X3 Pro. Sementara sang pendahulu hanya berbobot 193 gram, Find X5 Pro hadir dengan bobot 218 gram untuk varian keramiknya. Sebenarnya, Find X5 Pro juga memiliki varian dengan material kulit imitasi dengan bobot 195 gram, namun ini hanya tersedia di pasar Tiongkok.

Meskipun lebih berat, hal ini dapat diwajarkan mengingat kapasitas baterainya yang juga meningkat. Bodi ponsel juga niscaya kokoh dari goresan maupun kerusakan akibat terjatuh.

Ini karena di bagian layarnya sudah tersemat lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang tetap kokoh meski terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter. Sebuah peningkatan dibanding Find X3 Pro yang hanya andalkan Gorilla Glass 5.

Seperti HP flagship pada umumnya, Find X5 Pro juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang meminimalisir kemungkinan kerusakan meski sudah terjatuh ke air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Mengingat bodi belakang kemarik di HP ini dua kali lipat lebih keras dibanding kaca, GSM Arena mengatakan HP ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap baret.

Yang menjadi hal menarik pada desain bodi di HP ini adalah lokasi tombol fisik yang terpisah. Di bagian kiri terdapat tombol volume dan di sebelah kanan ada tombol daya. Juga, lokasi pemindai sidik jari di layar juga diletakkan agak lebih ke atas sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses sensor.

Ponsel ini juga menghadirkan stereo speaker yang terletak di atas dan bawah bodi. Sedangkan untuk sisi layarnya, mengusung desain curved display. Secara garis besar, OPPO Find X5 Pro adalah salah satu HP premium dengan desain bodi terbaik, baik itu untuk dilihat maupun dirasakan di tangan.

7. Memiliki NFC dengan Sudut 360 Derajat

oppo find x5 pro nfc 360 derajat_

Hal menarik lainnya dari HP premium yang satu ini adalah antenanya. Ya, HP ini dirancang untuk memiliki posisi antena yang mengelilingi keseluruhan frame. Hal ini berguna agar ponsel bisa menangkap sinyal jaringan seluler 5G dan WiFi 6E dengan lebih baik lagi.

Bukan hanya jaringan internet, pengguna juga turut dapat merasakan kemudahan ekstra saat gunakan fitur NFC. Mendukung sudut 360 derajat, Anda dapat menempelkan kartu eMoney tidak hanya pada bagian belakang panel, melainkan pada seluruh sisi ponsel. Sebuah fitur yang tidak semua flagship punya.

Kekurangan OPPO Find X5 Pro

Kendati punya fitur-fitur canggih yang membanggakan, nyatanya OPPO Find X5 Pro pun tidak luput dari sejumlah kekurangan. Ini karena perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga membuat persaingan di kalangan seri flagship menjadi begitu sengit. Berikut adalah poin-poin kekurangannya.

1. Hanya Hadirkan 2X Zoom Telefoto

oppo find x5 pro telefoto zoom_

Didukung dengan kamera ultra flagship, OPPO Find X5 Pro adalah salah satu ponsel terbaik di dunia yang punya spesifikasi kamera canggih. Kendati demikian, lensa telefoto miliknya memang memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan HP lain di kelasnya.

Ya, OPPO Find X5 Pro hanya mendukung zoom optik sebanyak hingga 2x saja. Itu pun dengan kualitas yang kurang mencerminkan kualitas HP flagship.

Ini disebabkan karena lensa jarak jauh yang dihadirkan hanyalah telefoto dan bukan persikop telefoto seperti yang dimiliki salah satu pesaingnya, yakni Samsung Galaxy S22 Ultra. Bahkan, HP Samsung ini mendukung hingga 10x zoom optik, lho.

2. Fast Charging Bukan yang Terbaik di Kelasnya

oppo find x5 pro fast charging_

Apakah fast charging 80 W termasuk cepat di kalangan HP flagship? Tentu iya. Toh, daya pengisian cepat yang dimiliki OPPO Find X5 Pro tersebut masih lebih unggul ketimbang daya 45 W pada Galaxy S22 Ultra.

Yang menjadi anehnya, kecepatan daya 80 W tersebut rupanya malah lebih lambat dibanding Find X3 Pro dengan daya pengecasan 65 W. Berdasarkan pengujian oleh GSM Arena, Anda perlu menunggu selama 40 menit untuk mengisi daya FInd X5 Pro dari 0-100 persen.

Padahal, dengan OPPO Find X3 Pro, ponsel hanya makan waktu 28 menit saja untuk mengisikan daya dari kosong hingga penuh. Sebuah fenomena yang mengherankan, padahal si generasi pendahulu ini menghadirkan daya pengecasan lebih rendah di atas kertas.

Hal ini diperkirakan karena misi OPPO dalam memperpanjang siklus ketahanan baterai yang disinyalir dapat bertahan hingga 1600 siklus pengecasan. Dan untuk menjaga supaya kesehatan baterai tetap terjaga di waktu panjang, kemampuan fast charging-nya jadi kena imbas.

3. Tingkat Pencahayaan Layar Kalah Saing

oppo find x5 pro pencahayaan layar_

Layar OPPO Find X5 Pro boleh jadi merupakan salah satu dengan akurasi warna terbaik. Namun, rupanya layar ponsel ini menawarkan tingkat kecerahan yang tidak begitu tinggi. Diketahui, hasil pengujian GSM Arena hanya mencatat kecerahan Find X5 Pro di angka 475 nit saat slider dimaksimalkan secara manual.

Sementara itu, kondisi pencerahan di mode Auto ketika di bawah terik matahari meningkat menjadi 762 nit. Secara kenyamanan, tingkat kecerahan ini sudah terbilang cukup untuk tampilkan konten layar di siang hari.

Namun, tentu tidak sebaik beberapa pesaingnya seperti Galaxy S22 Ultra ataupun iPhone 13 Pro Max yang sanggup menembus brightness 1000 nit.

Simpulan

Saat artikel ini ditulis, belum diketahui berapa harga rilis OPPO Find X5 Pro secara resmi di Indonesia. Namun, beragam sumber menyebut HP flagship ini memiliki harga rilis 1.300 Euro atau sekitar Rp20 juta lebih sedikit.

Di harganya tersebut, kami bisa bilang OPPO Find X5 Pro layak menjadi daily driver Anda berikutnya. Terlebih jika Anda memprioritaskan ergonomika desain, performa gim, dan juga fotografi di atas segalanya.

Ya, kemampuan fast charging-nya memang bukan yang terbaik di industri, pun dengan kondisi pencahayaan layar yang kalah saing. Akan tetapi, keunggulannya di sisi software, haptic feedback, dan NFC yang fungsional pada sudut 360 derajat membuat HP ini sulit ditolak.


https://actoncloud.com

Baca juga  15 Game Kerajaan yang Seru dan Terbaik di HP Android