Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57 2022 Berikut Ini


Guna memperkuat posisinya di pasar smartphone dunia, Produsen OPPO kembali menghadirkan produk baru yakni OPPO A57 2022. Smartphone ini hadir dengan desain yang lebih segar dan sejumlah fitur baru untuk melanjutkan kesuksesan varian A series di kelas ponsel mid-range, terutama OPPO A55.

Produsen ini nampak masih mengusung konsep HP multitasking dalam seri ini. Maka dari itu dalam seri ini, OPPO menghadirkan upgrade di beberapa sisi Tidak tanggung-tanggung, OPPO A57 2022 sudah dibekali fitur RAM extension untuk menambah performa.

Selain itu, OPPO juga menghadirkan salah satu fitur premium ke ponsel harga Rp2 jutaan. Fitur itu adalah SuperVOOC 33W. Ini merupakan fitur fast charging buatan OPPO yang cukup handal mengisi baterai secara cepat dan aman. Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi HP dengan banderol Rp2.399.000 ini dibanding HP sekelas yang masih menggunakan fast charging 18W.

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dipunyai OPPO A57 2022? Simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi OPPO A57 2022

Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000

Kelebihan OPPO A57 2022

Ada enam poin kelebihan yang Carisinyal temukan pada OPPO A57 2022. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel Android terbaru ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Berkelas OPPO Glow

OPPO A57 cover

OPPO A57 memang dipasarkan dengan harga yang relatif murah. Walaupun demikian, HP ini memiliki desain yang mewah dibanding ponsel lain di kelas yang sama. Tidak tanggung-tanggung, OPPO menghadirkan desain premium bernama OPPO Glow.

Desain mewah nan ramping dengan teknologi ikonik ini awalnya diperkenalkan pada OPPO seri Reno. Dengan desain ini, bagian bodi belakang smartphone dapat nampak berkilau warnanya sesuai pencahayaan. 

Bodi belakangnya juga dilengkapi lapisan khusus yang membuat jamur dan sidik jari tidak mudah menempel. Tidak hanya itu, dibagian tepian bodi juga nampak sedikit menonjol. Hal ini bertujuan melindungi layar saat HP jatuh.

Penampilan bagian depan HP OPPO ini memang tidak berbeda jauh dengan ponsel Android yang ada di pasaran saat ini. Desain layarnya cukup lebar dengan posisi kamera depan yang pas dan tidak mengganggu bermodel waterdrop. 

Tidak hanya itu, kamera belakang HP OPPO terbaru ini memakai modul kamera yang minimalis. Di bodi belakang HP terdapat dua buah kamera besar yang berjejer ke bawah dilengkapi LED Flash.

Keunggulan lain ponsel ini ialah sudah dilengkapi sertifikasi IP54. Hal ini membuat HP lebih aman digunakan kala beraktifitas.

Selain desain bodi dan desain kamera baru, OPPO A57 juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 163,8 x 75,1 x 8 mm dengan berat 186 gram. 

2. Durabilitas dan IP54 

OPPO A57

OPPO A57 diklaim punya durabilitas yang baik. Menurut OPPO, perangkat ini telah lolos uji secara ketat. Tujuannya untuk menciptakan perangkat yang bebas khawatir yang tahan terhadap goresan. 

Perangkat ini tetap tangguh saat terjatuh, saat anak-anak menekan tombol, dan cuaca buruk. 

OPPO A57 juga punya kemampuan tahan dari air dan debu Tentu bukan IP58 atau IP57. OPPO A57 hanya dibekali fitur kemampuan tahan debu IP5X dan tahan air IPX4. Atau kalau digabungkan IP54.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X5 Pro

Adanya sertifikasi IP5X dan IPX4, membuat OPPO A57 bisa cukup tahan saat digunakan ketika terkena atas dari bagian tertentu, seperti dari bagian atas. Selain itu, angka IP5X menandakan kalau ponsel punya kemampuan tahan debu yang cukup baik untuk kelas harganya. 

Kemampuan serupa ini dimiliki pula oleh ponsel seperti OPPO A96 yang harganya lebih mahal. Karena itu, kehadiran IP54 di ponsel ini patut diapresiasi. Mengingat jarang ada ponsel Rp2 jutaan yang punya fitur serupa. 

3. Layar HD+ dan Pemindai Sidik Jari

OPPO A57

Sebagai sebuah smartphone yang ditargetkan untuk multitasking dan gaming, Produsen ini menghadirkan sektor layar yang mumpuni. Tidak hanya berukuran besar, Layar HP ini juga sudah dibekali sejumlah teknologi untuk menunjang pengalaman bermain game atau untuk sekadar menonton video.

Layar OPPO A57 2022 memiliki bentang 6,56 inci. Layar ini terbilang besar dan akan sangat nyaman digunakan untuk bermain game, browsing sosial media dan menonton video. Selain itu layar HP ini menggunakan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. 

Layar ini juga memiliki sudut penglihatan yang baik dan memiliki tingkat kecerahan yang cukup ideal. Menariknya, saat di kondisi gelap, kecerahan layar HP dapat diturunkan secara drastis hingga 2 nits dan layar masih bisa dilihat. 

Menurut penguji dari akun Youtube Taeku ,layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya cukup berimbang. Pasalnya, ada fitur 100% DCI P3, 96% NTSC dan 100% sRGB.

Meski masih menggunakan panel IPS, HP ini mampu menampilkan grafis game yang halus, dengan detail yang cukup memuaskan. Dukungan teknologi respon baru di layar juga membuat sentuhan di layar lebih cepat dan akurat. Alhasil, pengguna akan puas menggunakan HP OPPO terbaru ini.

Untuk sistem keamanan, OPPO A57 ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di bodi samping menyatu dengan tombol power. 

OPPO A57

Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan kamu dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat. Sensor sidik jari ini cukup sensitive sehingga akan mudah ketika digunakan.

4. Speaker Stereo Jernih

OPPO A57

Guna memberikan kepuasan lebih pada pengguna di kelas ponsel mid-range, OPPO juga menghadirkan fitur Ultra- linear Stereo Speaker pada perangkat ini. Tidak hanya itu, speaker dengan konfigurasi stereo ini sudah disokong oleh teknologi DIRAC 3.0 untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. 

Speaker utama OPPO A57 ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece. Menurut OPPO, Volume HP ini akan tetap jernih meski Volume dimaksimalkan ke 100%. 

5. Kamera Depan dengan Mode Malam

kamera depan oppo a57

OPPO berusaha menghadirkan sektor kamera dengan kualitas mumpuni agar pengguna ponsel Android 4G ini masih bisa memotret dan merekam dengan nyaman di HP ini. Maka, produsen memasang 2 kamera belakang dan sebuah kamera depan dengan spesifikasi kekinian.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera OPPO A57 4G ini. Untuk kamera utama, OPPO memasang sensor 13 MP. Kamera tersebut memiliki bukaan f/2.2, dilengkapi autofocus berteknologi open-loop focus motor. Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera AI. Kamera ini punya bukaan f/2.4. Mode yang ditawarkan memang sederhana termasuk Portrait, Sticker, Panorama, Pro Mode, Time Lapse dan Short Video.

Baca juga  Pengertian YOY, Fungsi, dan Contoh Perhitungannya Dalam Bisnis

Untuk kamera selfie, resolusinya 8 MP (f/2.0). Menariknya, OPPO menghadirkan fitur mode malam di kamera depan ini.

Perihal perekaman video, resolusi FHD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi FHD 30 fps. Menariknya, audio yang dihasilkan video cukup jelas dan bersih.

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera OPPO A57 2022? Dalam sampel yang diambil oleh akun Youtube Ashige Gadget, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di kondisi pencahayaan yang cukup. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi pencahayaan yang minim. 

Lanjut ke hasil jepretan kamera selfie, fotonya cukup detail di kelasnya. akurasi warna cukup natural dan white balance-nya juga baik. Warna kulit juga tampak natural.

6. SuperVOOC 33W

OPPO A57

OPPO A57 2022 dibekali dengan baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut terbilang standar ponsel masa kini. Baterai tersebut ternyata cukup lama digunakan untuk bermain game atau sekadar membuka media sosial. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus meski layar HP ini berukuran lebar.

Yang menjadi nilai jual, OPPO menyematkan teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W. Charger 33W beserta kabelnya disertakan dalam paket penjualan. Dengan charger bawaan itu, pengguna bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit untuk mengisi baterai kosong hingga 50%. 

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Tecno Pova 3 mendukung konektivitas yang lengkap di kelasnya. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFi dual-band, dan Bluetooth 5.3. 

Kekurangan OPPO A57 2022

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap OPPO A57 2022. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Desain Kamera Depan

OPPO A57

Sebagai ponsel mid-range terbaru di tahun 2022, tentu banyak pengguna smartphone mengharapkan adanya desain yang lebih segar di seri A ini. Memang untuk bodi belakang dan modul kamera, HP OPPO A57 4G ini tampil baru dan mewah.

Namun, ketika kamu melihat sisi depan, kamu akan menemukan desain kamera depan dan bezel yang sedikit mengganggu. Pasalnya, OPPO tidak menggunakan desain kamera depan kekinian, model punch hole, malainkan masih memakai model waterdrop. Bezel yang dihadirkan juga cukup tebal sehingga kesan HP murahan masih terlihat.

2. Layar 60 Hz

oppo a57 4g

Layar 6,5 inci yang diusung OPPO memang mampu menampilkan detail dan warna yang cukup baik untuk penggunaan harian. Namun, kalau dibedah lebih mendalam, HP ini hanya menggunakan refresh rate 60 Hz saja. 

Ini tentu sedikit mengecewakan karena di kelas yang sama, sudah banyak HP Android 4G yang menggunakan refresh rate lebih tinggi. Memang pengaruh fitur ini tidak terlalu signifikan. Namun, dengan refresh rate yang lebih tinggi, layar akan lebih nyaman digunakan.

Baca juga  Yuk Kenali 6 Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10a!

3. Chipset Bukan Untuk Gaming 

OPPO A57 Helio G35

Sebagai ponsel mid-range, OPPO A57 2022 diperkuat oleh SoC Mediatek Helio G35.

Soc Mediatek Helio G35 sendiri merupakan SoC kelas menengah ke bawah. Chipset ini akan menghasilkan kinerja tinggi sekaligus memaksimalkan usia baterai sehingga pengalaman gaming bisa lebih lama dan dinamis, 

Chipset Mediatek ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah empat core berbasis Cortex A53 (2,3 GHz) dan empat core berbasis Cortex A53 (1,8 GHz). 

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU IMG PowerVR GE8320 650MHz , teknologi HyperEngine, teknologi kamera AI terbaru hingga modul 4G terbaru untuk SIM 4G ganda. 

Pada dapur pacu Ponsel mid-range ini, Mediatek G35 ini didukung RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Untuk penggunaan harian, spesifikasi HP ini sudah cukup tangguh untuk multitasking. Ponsel mid-range ini juga dibekali teknologi RAM Expension yang membuat RAM bisa ditambah 4 GB menjadi 8 GB.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube Infofull. 

Pada AnTuTu 9, OPPO A57 mencetak skor 114.176. Skornya terbilang rendah namun masih cocok untuk bermain game maupun multitasking harian.

Hal yang perlu diperhatikan, di harga Rp2 jutaan, performa chipset ini kurang cocok untuk bermain game kelas berat. 

Kalau untuk sekadar bermain game ringan mungkin HP ini masih layak apalagi RAM yang digunakan sudah 4 GB. Tapi kalau kamu masih ingin bermain game berat, kamu hanya bisa memainkan game dengan pengaturan low graphics.

4. Kualitas Kamera Biasa Saja

OPPO A57 cover

Dipasarkan dengan harga 2 jutaan, OPPO A57 2022 ternyata memiliki kualitas kamera yang biasa saja dibanding para pesaingnya. Memang, HP OPPO ini sudah dibekali dua kamera belakang dengan kamera utama 13 MP dan 2 MP kamera AI. 

Namun, nyatanya hasil foto yang dihasilkan tidaklah semewah yang diharapkan. Apalagi bila kamu membandingkan kamera ini dengan kamera 50 MP yang digunakan OPPO di seri lainnya.

Untuk kamera utamanya memang memiliki fokus yang baik. Sayangnya, ketika pencahayaan kurang, hasil yang dihadirkan kamera 13 MP ini masih ditemukan kontras warna yang tidak sesuai dan noise yang mengganggu, meski tidak terlalu sering. Intinya, kamera OPPO ini masih sangat layak untuk foto di media sosial. 

Simpulan

OPPO mencoba mengangkat derajat seri A ke level yang lebih tinggi dalam seri OPPO A57 2022. HP ini hadir dengan spesifikasi yang cukup berimbang di kelasnya. Kamu akan mendapat layar lebar yang nyaman digunakan untuk sekadar bermain game maupun mengakses sosial media.

Sayangnya, performa smartphone ini tidak didukung chipset yang mumpuni. Alhasil membuat HP ini kurang nyaman digunakan untuk bermain game berat. Hal ini wajar mengingat ini adalah ponsel mid-range. 

Selain itu, baterai 5000 mAh yang dibawa sudah didukung dengan sistem pengisian cepat SuperVOOC 33W.

Untuk kamu yang cari HP desain premium dengan spesifikasi menengah, HP ini layak dimiliki. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel OPPO A57 2022 ini cukup menarik untuk dimiliki?


https://actoncloud.com