Intip 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia X30 5G, HP Ramah Lingkungan


Tahun Baru, smartphone baru. Setiap tahun selalu smartphone yang telah muncul. Produsen sepertinya tidak pernah istirahat untuk terus menghasilkan keuntungan. Sedangkan Benar? orang tidak perlu mengganti ponsel mereka setiap tahun.

Mengganti ponsel lama yang masih berfungsi dapat menyebabkan dua hal buruk. Pertama, tentu saja, untuk dompet, dan kedua, untuk lingkungan.

Aspek lingkungan inilah yang tampaknya menjadi dasar bagi HMD Global, selaku pemegang lisensi HP Nokia, untuk menciptakan ponsel yang mampu bertahan lama. Kita berbicara tentang ponsel Nokia X30 5G. Ponsel ini resmi dirilis oleh HMD pada September 2022.

HMD mengklaim bahwa Nokia X30 5G memenuhi tiga aspek: umur panjang (panjang umur), daya tahan (perlawanan) dan stabil (dipenuhi dengan keberlanjutan/keramahan lingkungan). Apakah itu benar?

Jawaban Carisignal akan dijelaskan di artikel ini. Namun inti pembahasan bisa Anda lihat pada artikel Kelebihan dan Kekurangan Nokia X30 5G, seperti terlihat pada tabel berikut ini.

Keuntungan defisit
Bahan tubuh ramah lingkungan
Layar AMOLED cerah dan halus
Performa harian yang luar biasa
Kamera PureView
Daya tahan baterai yang cukup
Garansi pembaruan perangkat lunak 3 tahun
tidak ada pembicara stereo
slot microSD dan Soket audio menghilang
SoC kurang panas
• Harga relatif mahal

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan baca reviewnya sampai selesai! Di bawah ini adalah spesifikasi Nokia X30 5G yang bisa Anda simak sebelum membaca ulasan lengkapnya.

Spesifikasi Nokia X30 5G

Layar 6.43″ AMOLED
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori batin 128 GB, 256 GB
Kamera

50MP (lebar)

13 MP (ultra lebar)

Baterai polimer lithium 4200 mAh
Keuntungan Baca di sini

Manfaat Nokia X30 5G

Nokia X30 5G diposisikan sebagai ponsel kelas menengah. Di kelas ini, Anda sudah dapat mengharapkan beberapa fitur bagus seperti ponsel kelas atas. Apa saja fitur unggulan yang menjadi keunggulan Nokia X30 5G? Ini penjelasannya.

1. Bahan tubuh ramah lingkungan

nokia x30 5g

Desain Nokia X30 5G sebenarnya sangat basis. penutup belakang biasa bingkai datar juga pembuat lubang di tengah pojok atas layar. Fitur desain terletak pada material bodi yang digunakan.

HMD telah menyatakan bahwa casing Nokia X30 5G menggunakan bahan daur ulang. Terdiri dari 100% aluminium daur ulang (bingkai) dan 65% plastik daur ulang (penutup belakang). Tidak hanya itu, kotak atau karton yang digunakan dalam kemasan retail juga 94% kertas daur ulang.

Atas dasar ini, dikatakan bahwa HP ini memenuhi syarat sebagai smartphone bersih secara ekologis. Selain ramah lingkungan, bodi Nokia X30 5G juga sangat awet. Alasannya adalah karena bersertifikat IP67, yang berarti tahan debu 360 derajat dan tahan air 1 meter selama 30 menit.

Wartawan TV Stuff Tom Morgan-Freelander meninggalkan kesan yang baik tentang desain Nokia X30 5G. Menurutnya, plastik yang digunakan di bagian belakang ponsel terlihat sangat berkualitas. Sementara itu, bingkaisangat nyaman untuk disentuh.

Morgan-Freelander juga menilai ukuran HP dengan layar 6,43 inci yang pas di tangan Anda. Pernyataan ini seolah menegaskan bahwa dimensi 158,9 x 73,9 x 8 mm menjadikan Nokia X30 5G ergonomis yang baik. Pada saat yang sama, beratnya juga tidak besar – 185 gram.

Bagian depan Nokia X30 5G dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, sehingga tahan gores dan benturan. Sementara itu, ponsel ini hanya tersedia dalam dua pilihan warna: Cloudy Blue dan Ice White.

2. Layar AMOLED yang cerah dan halus

nokia x30 5g

HMD membekali layar Nokia X30 5G dengan panel AMOLED 6,43 inci. Layar ponsel ini memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2040 piksel) dan mendukung Perbarui frekuensi 90Hz.

Tingkat Perbarui frekuensi diatas 60Hz membuat tampilan konten di layar HP ini mulus. Terutama ketika pengguna menggulir dalam aplikasi jejaring sosial, cukup dengan menavigasi menu ponsel dan memainkan berbagai permainan.

Tingkat kecerahan maksimum yang dapat dicapai dengan membuka adalah 700 nits. Angka kecerahan cukup sehingga gambar di layar masih bisa terlihat dengan benar.

Chris Barraclough di saluran YouTube Tech Spurs mengatakan bahwa kualitas tampilan layar Nokia X30 5G sama bagusnya dengan layar AMOLED kelas menengah lainnya.

Sementara itu, Tom Morgan-Freelander mengakui bahwa layar HP ini mampu menghasilkan tampilan dengan kontras yang baik. Warna terlihat menangis panel AMOLED khas.

Layar Nokia X30 5G mendukung sensor sidik jari. Fitur keamanan biometrik ini dapat digunakan oleh pengguna sebagai alat pembuka kunci utama selain fitur pemindai wajah.

3. Performa harian yang luar biasa

nokia x30 5g

Snapdragon 695 adalah SoC bawaan Nokia X30 5G. SoC yang diproduksi oleh Qualcomm memasuki level chipset kelas menengah. Anda mungkin sudah tahu cukup banyak tentang Snapdragon 695.

Kami telah membahas SoC ini sebelumnya. Anda dapat membacanya di artikelApa yang setara dengan Snapdragon 695?Namun, kami akan memberikan gambaran singkat tentang SoC ini, Snapdragon 695 memiliki delapan inti prosesor dan dibuat menggunakan proses 6nm.

Delapan core CPU dibagi menjadi dua cluster. Cluster pertama berisi dua Kryo 660 Gold (berbasis Cortex A78: 2.2GHz) dan cluster kedua berisi enam Kryo 660 Silver (berbasis Cortex A75: 2.0GHz).

Kehadiran Cortex A78 di klaster kinerja inilah yang membedakan Snapdragon 695 dari SoC seri Snapdragon 600 lainnya. Saat SoC ini diluncurkan, Cortex A78 baru digunakan pada SoC kelas atas dan menengah ke atas.

Selain delapan inti CPU, komponen yang terdapat dalam Snapdraogn 695 antara lain GPU Adreno 619, prosesor gambar Spectra 346T, prosesor AI Hexagon 686, dan modem 5G internal bernama X51.

Snapdragon 695 kemudian dipasangkan dengan dua konfigurasi memori. Ada RAM 6 GB plus penyimpanan 128 GB, beberapa di antaranya memiliki RAM 8 GB dengan penyimpanan 256 GB. Teknologi RAM yang digunakan adalah LPDDR4X dan penyimpanannya adalah UFS 2.2.


https://actoncloud.com

Baca juga  10 Game Offroad Terbaik dan Menantang di HP Android