Yuk, Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Layar TN TFT!


Saat memilih ponsel, monitor, atau laptop, kemungkinan besar Anda akan menemukan istilah “TN TFT” pada spesifikasinya. Biasanya hanya kadang disebut sebagai “TFT” saja. Padahal nama lengkapnya sebenarnya TN TFT. Karena TFT sebenarnya digunakan di panel IPS LCD dan PLS TFT.

Panel TN TFT sendiri artinya Twisted Nematic Thin Film Transistor Panel ini adalah yang tertua di dunia dan merupakan inovasi pertama yang menawarkan layar tipis setelah bertahun-tahun melawan CRT.

TN TFT dianggap sebagai panel “tercepat” di antara jenis panel lainnya seperti IPS LCD, PLS TFT atau VA. Seperti model panel lama, teknologinya juga tergolong sekolah tua dan memiliki harga pembuatan yang terjangkau.

Namun bukan berarti panel ini tidak memiliki kelebihan. Hingga saat ini, monitor dan laptop dengan TN TFT cukup populer. Simak kelebihan dan kekurangan TN TFT pada tabel di bawah ini.

Keuntungan defisit
Waktu merespon Lebih baik
Mendukung Perbarui frekuensi Di atas
Biaya produksi lebih murah
Lebih hemat energi
Mempertaruhkan Menulis ke atau Menyimpan gambar minimum
Reproduksi warna yang buruk
Sudut pandang lebar
Kualitas beragam
Rentan terhadap Piksel rusak
Rasio kontras lebih terbatas

Hingga saat ini, TFT TN telah banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik seperti komputer, laptop, monitor, ponsel, tablet, dan sistem elektronik. permainan. Untuk melihat apakah panel TN TFT tepat untuk kebutuhan Anda, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan TN TFT secara mendetail dengan membaca di bawah ini!

Keunggulan layar TFT TN

Pada prinsipnya, setiap panel layar itu bagus. Tergantung dari tujuan yang ingin dicapai oleh konsumen. Saat ini,Kali ini tim Caris Signal akan membagikan sejumlah keunggulan layar TN TFT yang disebut-sebut cocok untuk digunakan. permainan. Mari kita periksa yang berikutnya!

Baca juga  20 HP Xiaomi Terbaru yang Rilis Global (Juni 2022)

satu. Waktu merespon Lebih baik

Dibandingkan dengan IPS LCD atau PLS TFT, panel TN TFT menyediakan waktu merespon lebih baik, menghasilkan peningkatan kualitas gambar secara keseluruhan.

Di panel dengan waktu merespon lambat, layar akan ditampilkan mengaburkan. Ini karena ketidakmampuan piksel untuk bertransisi dengan cepat dari satu warna ke warna lain.

Oleh karena itu, banyak yang memilih panel TN TFT untuk tujuan tersebut permainanterutama yang kompetitif seperti CS:GO.

Panel TN TFT bisa dijangkau waktu merespon tidak lebih dari 4 milidetik. Faktanya, tidak jarang panel TN TFT mencapai 1 milidetik atau kurang. Panel IPS LCD biasanya hanya mencapai waktu merespon antara 1-5 milidetik.

2. Dukungan Perbarui frekuensi Di atas

Kecuali waktu merespon lebih baik lagi, panel TFT TN juga dapat mendukung Perbarui frekuensi di atas. Perbarui frekuensi atau kecepatan refresh mengacu pada seberapa sering layar diperbarui per detik.

Perbarui frekuensi sedikit seperti cara kerjanya frekuensi bingkai. Saat bermain game, kemampuan grafis laptop yang tinggi dapat memberikan frekuensi bingkai masih tinggi.

Misalkan permainan memiliki frekuensi bingkai 240 fps yang berarti mewakili 240 rotasi bingkai setiap detik. Jika sebuah frekuensi bingkai ditampilkan pada layar yang tidak mendukungnya, Anda tidak akan merasakan fluiditas yang dihadirkan pada 240 fps.

Benq.com bahkan mengatakan bahwa TN adalah satu-satunya panel yang dapat hadir Perbarui frekuensi hingga 240Hz. Ini membuatnya ideal untuk game yang bergerak cepat. Hal ini membuat TN TFT lebih unggul dibanding panel lain yang hanya bisa menampilkan rata-rata Perbarui frekuensi dari 150 hingga 200 Hz.

3. Biaya produksi lebih murah

Sementara PLS TFT memiliki biaya pembuatan yang lebih rendah daripada IPS LCD atau OLED, layar TN TFT bahkan lebih terjangkau. Biaya produksi panel ini dapat ditekan sedemikian rupa sehingga menjadi murah karena proses pembuatannya lebih sederhana.

Baca juga  Fluktuasi Adalah? Ini Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Contohnya

Teknologi Nematik bengkok lebih mudah diimplementasikan, yang memberikan kebutuhan produksi yang lebih terjangkau dan menurunkan harga jual panel TN TFT untuk produsen. smartphone.

Alhasil, TN TFT kerap digunakan sebagai alternatif pengganti IPS LCD dan AMOLED, terutama untuk perangkat seperti laptop yang berada di segmen harga tersebut. Tingkat pertama.

4. Lebih hemat daya

tn tft 240 Hz_

Teknologi TN juga tidak membutuhkan banyak daya untuk menampilkan konten layar. Panel ini beroperasi pada tegangan rendah dan tidak memerlukan arus untuk beroperasi.

Pada saat banyak produsen yang mendorong produk elektronik energi rendah untuk keamanan lingkungan, panel TFT TN telah menjadi sangat populer untuk digunakan pada masanya.

Selain itu, panel TFT TN juga cocok untuk perangkat murah yang hanya dilengkapi dengan baterai kecil. Kutipan dari OrientDisplayTN TFT memiliki efisiensi energi 15% lebih tinggi dari IPS LCD.

5. Risiko Menulis ke atau Menyimpan gambar minimum

Panel TN TFT memiliki keunggulan yang menentukan dibandingkan panel OLED karena tidak terlalu rentan terhadap masalah. tulis di atau penyimpanan gambar. Singkatnya, OLED adalah sebuah panel yang dapat menghasilkan cahaya secara organik.

Oleh karena itu, ketika elemen visual statis ditampilkan di layar untuk waktu yang lama (seperti elemen HUD yang menampilkan informasi tentang kehidupan dalam game), masalah dapat terjadi pada layar OLED. tulis di.

Menulis ke atau bayangan efek “redup” akan ditampilkan, yang membuat tampilan terlihat sedikit teduh. Menulis ke terjadi sepanjang waktu, sementara itu penyimpanan gambar lebih sementara. Bila terjadi retensi gambar, dapat diperbaiki dengan memindahkan konten layar ke lokasi lain atau dengan mematikan layar.

Karena TN TFT tidak berfungsi seperti OLED, ini berisiko tulis di apa yang terjadi pada panel ini juga cukup minim. Dapat disimpulkan bahwa panel TFT TN biasanya memiliki masa hidup lebih lama dari OLED.

Baca juga  10 HP dengan Layar Lebar & Besar Termurah (Desember 2022)


https://actoncloud.com