10 Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED yang Perlu Diketahui


Layar AMOLED banyak digunakan di berbagai perangkat elektronik. Smartphone, tablet dan TV adalah contohnya. Jenis layar ini lebih disukai karena dapat menciptakan gambar yang indah sesuai dengan selera masyarakat modern.

Selain AMOLED, jenis panel layar lainnya juga digunakan pada produk elektronik, khususnya smartphone. Anda dapat mendengarkannya di artikel “Jenis layar di smartphone”.

Artikel ini berfokus pada AMOLED.

AMOLED adalah singkatan dari Dioda Pemancar Cahaya Organik Matriks Aktif. Sederhananya, layar ini adalah OLED, yang setiap pikselnya dikontrol secara aktif oleh transistor (TFT). Teknologi ini berbeda dengan P-MOLED (Passive-Matrix OLED).

AMOLED telah dikembangkan dan diproduksi sejak tahun 2006 oleh Samsung. Jadi jangan heran jika jumlahnya sangat banyak. smartphone Samsung menggunakan layar AMOLED. Namun, Samsung juga memasok produsen dengan layar AMOLED. smartphone Lain.

AMOLED terus berkembang sejak peluncuran pertamanya. Sekarang bukan hanya objek tampilan visual. Namun, AMOLED mendapatkan peningkatan fungsionalitas dan fitur tambahan, menjadikannya salah satu teknologi tampilan paling populer.

Nah, pada artikel kali ini Cari Signal akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan layar AMOLED. Anda dapat melihat gambaran atau ringkasan pada tabel di bawah ini.

Keuntungan defisit
Tampilan warna cerah
Sudut pandang lebar
Hemat energi
Mendukung kecepatan refresh dan resolusi tinggi
Waktu respons yang singkat
Desain yang lebih sederhana dan fleksibel
Sensor sidik jari dan kamera dapat dipasang
Hidup lebih pendek dari LCD
Beberapa orang menganggap warnanya terlalu cerah
Harganya lebih mahal dari LCD.

Jika Anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih detailnya, jangan lewatkan kesempatan untuk membaca artikel ini sampai habis. Yuk, simak pembahasan selanjutnya!

Baca juga  15 Laptop MSI Terbaru yang Siap Dibeli di Tahun 2022

Manfaat layar AMOLED

Apa yang populer berarti orang tertarik padanya. Sama dengan layar AMOLED. Tentu saja, layar ini memiliki kelebihan yang menjadikannya favorit. Lalu apa kelebihan AMOLED? Ini adalah jawabannya.

1. Tampilan warna cerah

Salah satu alasan utama mengapa orang memilih perangkat dengan layar AMOLED adalah kualitas tampilan. Dibandingkan dengan layar keluarga LCD, termasuk IPS, AMOLED menang dengan selisih yang lebar. Layar warna AMOLED sangat cerah.

Putih bisa sangat terang dan hitam bisa tampak sangat gelap. Ini karena rasio kontras layar AMOLED yang tinggi. Gamut warna layar AMOLED juga lebar. Biasanya mencapai 100% di DCI-P3 dan lebih dari 100% sRGB.

Ada beberapa alasan utama mengapa layar AMOLED lebih terang daripada LCD. Salah satunya adalah piksel AMOLED memancarkan cahaya dan warnanya sendiri.

Tidak seperti piksel LCD, yang membutuhkan lampu latar dan filter warna. Struktur ini membuat layar LCD relatif menyebarkan cahaya, sehingga warna yang dihasilkan kurang intens.

2. Sudut pandang yang luas

oppo menemukan layar x5 pro_

Poin ini masih terkait dengan kualitas tampilan. Layar AMOLED juga bagus karena memiliki sudut pandang yang lebar. Dilihat dari segala arah, tidak apa-apa. Tidak ada pergeseran warna. Karena itu, menonton film bersama teman di layar AMOLED sangat menyenangkan.

AMOLED diklaim memiliki sudut pandang hingga 180 derajat baik secara vertikal maupun horizontal. Nilai sudut pandang ini dua derajat lebih besar dari IPS LCD tercanggih (178 derajat).

3. Hemat konsumsi daya

layar poco f4 gt_

Layar AMOLED dan OLED lainnya memiliki cara mudah untuk menjadi hitam: mematikan piksel. Mematikan atau menghidupkan piksel berarti transistor tidak memasok listrik. Pengurangan daya otomatis.

Rendah dalam hal ini dibandingkan dengan layar LCD tipe IPS. Layar IPS akan selalu memiliki lampu latar, terlepas dari warna yang ditampilkan. Ini karena piksel pada layar IPS tidak memancarkan cahayanya sendiri.

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Sejumlah pihak mengklaim konsumsi daya layar OLED (termasuk AMOLED) 10 kali lebih rendah dibandingkan layar IPS. Namun, konsumsi daya layar OLED bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi masa pakai baterai perangkat.

Terkadang ada ponsel dengan layar IPS yang daya tahan baterainya bagus, bahkan melebihi smartphone dengan layar OLED. Sistem manajemen daya adalah kuncinya.

4. Mendukung kecepatan refresh dan resolusi tinggi

layar realme 9 pro plus

Perbarui frekuensi adalah jumlah gambar yang ditampilkan di layar dalam satu detik. Jadi, jika diketahui bahwa layar memiliki Perbarui frekuensi Pada 60 Hz, jumlah gambar yang ditampilkan per detik adalah 60. Jumlah 60 Hz adalah fitur standar di semua jenis layar saat ini.

Untuk penggunaan sehari-hari, 60 Hz cukup cocok. Alasannya kontennya banyak frekuensi bingkai di bawah 60 fps, seperti film. Namun, animasi gerak dalam game bisa menjadi sesuatu yang lebih.

Oleh karena itu, Anda akan menemukan layar pada perangkat dengan dukungan Perbarui frekuensi 90Hz, 120Hz, 144Hz, 165Hz dan seterusnya. Hampir semua jenis layar mendukung Perbarui frekuensi tinggi, termasuk AMOLED.

Selain mendukung Perbarui frekuensi tinggi, AMOLED mampu memberikan gambar yang jernih terlepas dari lebar layar. Ini karena jenis layar ini mendukung resolusi tinggi.

Resolusi Full HD dan 2K biasanya digunakan di smartphone yang mencakup layar di kisaran 6 inci. Kedua tingkat resolusi tersebut dapat memberikan kualitas gambar yang tajam dengan kerapatan piksel per inci layar (ppi) lebih dari 300.


https://actoncloud.com