Kenali Kelebihan dan Kekurangan Itel Vision 3 Plus


Produsen Itel kembali memperkuat jajaran produknya di kelas ponsel Android murah miliknya dengan menghadirkan seri Itel Vision 3 Plus. Tidak tanggung-tanggung, HP terbaru ini hadir dengan sejumlah ubahan spesifikasi dibanding produk sebelumnya yakni Itel Vision 3, guna bersaing dengan produk ponsel entry-level lainnya. 

Spesifikasi yang dihadirkan pun cukup beragam dan mewah dan diklaim membuat performa HP Android ini berbeda dengan para pesaingnya. Perubahan yang cukup terasa tentu penggunaan RAM yang lebih besar, yang dapat ditambah hingga 7 GB.

Tidak hanya itu, HP ini juga dilengkapi layar refresh rate 90 Hz dan baterai 6000 mAh. Hal ini dimaksudkan agar HP ini bisa digunakan bermain game dengan lebih baik tanpa adanya lag.

Yang menjadi daya tarik lain HP ini ialah harganya yang cukup terjangkau. Pasalnya, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp1,5 jutaan di beberapa website toko online.

Tidak hanya itu saja, sejumlah sektor lain juga mengalami peningkatan. Nah, apa saja peningkatan spesifikasi yang ditawarkan Itel Vision 3 Plus? Jawabannya bisa kamu temukan dalam artikel kelebihan dan kekurangan Itel Vision 3 Plus ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi Itel Vision 3 Plus

Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)


2 MP
(AI)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.199.000

Kelebihan Itel Vision 3 Plus 

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Itel Vision 3 Plus. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel Android murah ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Lebih Segar

itel vision 3 plus

Bicara produk smartphone buatan Itel, kamu pasti akan langsung mengenali desain khas HP ini yang masih mirip HP Infinix ataupun HP Tecno. Hal ini tampak wajar karena ketiga produsen ini memang memiliki hubungan.

Begitu juga dengan desain Itel Vision 3 Plus. Penampilan HP ini cukup baik dan tidak mengecewakan meski dilepas di pasar ponsel entry-level. Bahkan, bagian bodi belakang ini tidak terkesan murahan. 

Desainnya memang tidak berubah banyak dari seri Itel Vision 3 biasa. Posisi kamera depan juga sama-sama berada pada bagian tengah atas layar. Kedua HP menggunakan desain kamera selfie yang sama yakni masih waterdrop.

Saat melihat sisi belakang ponsel, kembali tampak desain bodi yang lebih segar. Bodi belakangnya menyuguhkan tekstur plastik polikarbonat yang kokoh. Ada juga aksen visual cahaya yang mencuat dari arah modul kamera.

Modul kamera dibuat dengan desain yang sederhana dan tidak neko-neko. Hal ini membuat modul kamera layaknya smartphone mahal. Memang desain modul seri plus ini lebih besar dibanding seri biasa. Dibagian bodi be

Selain modul kamera yang berbeda, Itel Vision 3 Plus juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 171 x 78 x 9,05 mm dengan bobot 195 gram. Desain bodinya cukup kokoh untuk sebuah ponsel harga 1 jutaan. 

2. Layar 90Hz

itel vision 3 plus

Masih mengikuti tren layar lebar saat ini, layar Itel Vision 3 Plus mengalami kenaikan bentang sebagai konsekuensi peningkatan ukuran bodi. Kini sektor layar si ponsel memiliki bentang 6,82 inci, pendahulunya seri Itel 3 biasa hanya 6,6 inci. 

Baca juga  3 Cara Screenshot di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Anti Ribet!

Namun, bukan cuma itu peningkatan layar HP terbaru ini. Layar Itel Vision 3 Plus mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsive untuk bermain game maupun untuk sekadar browsing internet saja.

Layar ini sudah menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1640 piksel. Dengan ratio layar 20:9, layar ini terasa luas sehingga nyaman ketika digunakan bermain game atau sekadar browsing media sosial. 

Bezel yang dihadirkan di sekeliling juga cukup tipis, dengan bagian dagu yang agak tebal. Walaupun demikian hal ini tidak mengganggu pengalaman aktivitas menonton film maupun bermain game.

3. Fitur Keamanan 

itel vision 3 plus

Untuk sistem keamanan, HP itel Vision 3 Plus ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di bodi belakang. Penempatan fitur sidik jari ini memang model lama namun masih cukup memudahkan kamu dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat.

Bukan hanya pemindai sidik jari, Itel Vision series ini juga memberikan Anda membuka kunci layar dengan fitur pengenal wajah atau face unlock. Kombinasi ini diharapkan membuat HP tetap aman sekaligus menghadirkan kepraktisan karena tidak repot memasukkan PIN atau pola. 

Intinya respon dari kedua fitur keamanan ini tergolong baik, tidak terasa delay yang berarti.                                                                                                                                 

4. RAM dan Memori Internal Lega

itel vision 3 plus

Itel Vision 3 Plus menjadi ponsel dengan harga miring yang menawarkan fitur yang lengkap. Buktinya, kamu akan mendapatkan kapasitas memori internal 64 GB. Dengan memori yang besar, kamu dapat menyimpan banyak file dan aplikasi pada HP seharga Rp1 juta ini.

Memang tipe standar memorinya hanyalah eMMC 5.1 yang menjadi standar kelas entry-level. Untungnya, kamu masih bisa menambahkan kartu microSD hingga 128 GB di HP ini.

Untuk urusan RAM, HP ini menggunakan RAM 4 GB. Menariknya, produsen menambahkan fitur penambah RAM hingga menjadi 7 GB. Ini tentu menjadi kelebihan penting HP ini dibanding pesaingnya. Pasalnya, fitur ini hanya hadir di kelas ponsel mid-range hingga ponsel flagship.

4. Dapur Pacu Cukup Oke untuk Kelas Harganya

itel vision 3 plus

Itel Vision 3 series memang dipersiapkan sebagai sebuah smartphone harian dengan harga yang terjangkau. Walaupun demikian bukan berarti dapur pacu yang dihadirkan dibuat asal-asalan. Dalam bodi HP Android ini terpasang SoC UNISOC T606. 

Soc UNISOC T606 sendiri merupakan SoC kelas bawah. Chipset ini akan menghasilkan kinerja mumpuni sekaligus memaksimalkan usia baterai sehingga pengalaman multitasking bisa lebih lama dan dinamis, 

Bahkan performa SoC ini lebih baik dan lebih kencang dibanding chipset Exynos 850, Helio G25 atau Helio G35.

Chipset UNISOC ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core berbasis Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core berbasis Cortex A55 (1,8 GHz). Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57 MC2. Ada juga teknologi kamera AI terbaru hingga modul 4G terbaru untuk SIM 4G ganda.

Baca juga  Ini Berbagai Cara Screenshot di OPPO A17, Ada Smart Side Bar!

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh channel Youtube M.A Tech. Pada tes AnTuTu, Itel Vision 3 Plus mencetak skor 177.450.

Skor tersebut sudah cukup untuk memainkan game Mobile Legend dengan lancar dan pengaturan high. Menilik skor tersebut, chipset UNISOC T606 ini punya performa yang tidak jauh dengan Mediatek Helio P35. Hanya saja, skor performanya lebih baik jika mengacu perbandingan benchmark Nanoreview.

5. Kamera Fitur AI

itel vision 3 plus

Sebagai smartphone murah, ponsel itel terbaru ini memang dibekali sektor kamera yang biasa saja. Walaupun demikian, Itel menghadirkan teknologi AI terbaru dan teknologi image algorithm terbaru  yang membuat kamera HP ini bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi kamera HP ini. Untuk kamera utama, Itel memasang sensor Samsung 13 MP dengan bukaan f/2.0, dilengkapi autofokus. Ada juga kamera kecil berukuran 2 MP yang diklaim sebagai kamera AI. Terakhir mengenai kamera selfie, resolusinya 5 MP (f/2.0).Pada kamera ini, fitur autofokus kamera utamanya cukup cepat untuk kelas ponsel entry-level.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.  Kamu tidak bisa berharap banyak mengingat ponsel ini fokus di sektor multitasking bukan videografi maupun fotografi.

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Itel Vision 3 Plus ? foto jepretan kamera utama terlihat biasa saja di semua kondisi pencahayaan mengingat ini hanyalah ponsel murah 1 jutaan. 

Detail foto pun tampak biasa khas HP murah pada umumnya. Walaupun demikian, hasil foto dan video kamera Itel tampak cukup natural secara warna sehingga masih cocok untuk diposting di media sosial. Untuk kamera selfie, tangkapannya juga memiliki warna yang natural. Fitur bokeh di kamera selfie pun tampak cukup baik.

6. Fitur Fast Charging 18W

itel vision 3 plus

Itel Vision 3 Plus dibekali dengan baterai dengan kapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, berkat penggunaan chipset yang hemat daya serta penggunaan layar resolusi HD+, baterai ini mampu digunakan cukup lama.

Adapun Itel menyematkan teknologi pengisian cepat 18W. Dengan charger bawaan itu, HP Android 4G ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 2 jam dari 0–100%. Pengecasan dengan tempo ini memang terbilang lama di era fast charging. 

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Itel Vision 3 Plus mendukung konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFI, dan Bluetooth 5.0. Dengan modul 4G yang terdapat di SoC UNISOC, konektivitas 4G di HP ini cukup cepat dan akurat.

Kekurangan Itel Vision 3 Plus

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap Itel Vision 3 Plus. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

Baca juga  Inilah 7 Perbedaan realme GT Neo2 dan realme GT Neo 3

1. Sisi Minus Desain

itel vision 3 plus

Ponsel dengan layar di atas 6 inci umumnya punya bobot yang cukup berat. Hal ini tampak pada varian Vision 3 plus ini dimana memiliki berat 192 gram. Tak hanya berat, ponsel Android terbaru ini juga memiliki dimensi yang cukup besar. Hal ini tentu akan menyulitkan kamu ketika hendak membawa atau menyimpan HP ini dalam setiap kegiatan. 

Selain bobot dan dimensi, hal yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah desain kamera modulnya. Itel sudah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. Hanya saja, modul kamera ini sedikit terasa kosong meski kamera yang dihadirkan berukuran cukup besar. 

Selain itu, desain kamera depan juga sudah tampak kurang modern. Padahal di seri Itel Vision 2 sudah menggunakan desain punch hole.

2. Masalah Software

itel vision 3 plus

Itel vision 3 plus dibekali sistem operasi Android 11 dengan balutan software antarmuka Itel OS 7.2. sistemnya kurang update karena beberapa smartphone entry level sudah menggunakan Android 12.

Untungnya, ada banyak fitur menarik yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa. Beberapa di antaranya adalah fitur Extended RAM.

Kekurangan HP ini lainnya ialah ketidakjelasan akan update sistem Android juga menjadi kekurangan HP ini. Padahal beberapa produk HP lain sudah memberikan garansi akan mendapat update sistem hingga 2 tahun ke depan.

3. Tidak Ada Fitur Wifi Dual-Band 

itel vision 3 plus

Itel Vision 3 Plus hanya mendukung protokol Wifi dengan pita jaringan 2,4 Ghz. Yang jadi kendala, saat ini wifi di ruang publik menggunakan jaringan 5Ghz. Alhasil, ponsel ini tidak akan dapat terhubung ke wifi tersebut. 

4. Kamera yang Kurang Lengkap

itel vision 3 plus

Ada sejumlah fitur yang disematkan pada aplikasi kamera Itel Vision 3 plus. Mulai dari, short video, AI cam, Video, Beauty, Portrait, HDR, Time Lapse hingga Panorama. 

Sayangnya, HP ini hanya memiliki dua kamera yang aktif. Memang kamera utama 13 MP-nya cukup baik dikelasnya. Namun, saat ini pengguna mencari dan tertarik dengan HP yang memiliki kamera belakang lebih dari dua. Apalagi yang memiliki kamera ultrawide atau makro.               

Simpulan               

Sulit menemukan HP murah dengan spesifikasi yang cukup lengkap. Nah, Itel Vision 3 Plus hadir menjawab hal tersebut. 

Perubahan desain modul kamera dan bodi bertekstur benar-benar membuat tampilan HP Android 4G ini cukup menarik karena berkesan mewah. Apalagi, HP ini dibekali fitur RAM tambahan yang semakin membuat performa HP ini lancar untuk gaming maupun multitasking.

Tidak hanya itu, hadirnya fitur fast charging 18W juga cukup membantu pengisian baterai. Ini menjadikan HP ini menjadi HP entry-level dengan fast charging 18W. Sayangnya, game ini hanya bisa memainkan game kelas ringan saja. 

Dipasarkan dengan harga Rp.1.499.000,00 HP ini sangat cocok untuk anak muda yang mencari HP gaming murah tanpa memperhatikan sektor kamera. Walaupun murah, HP ini sudah memiliki spesifikasi layar yang mumpuni dan RAM besar yang dihadirkan. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com